Pengalaman Tes Swab PCR di Bumame Farmasi

 Assalaamu'alaikum...

Mama Riyadh terkonfirmasi positif covid-19 dari hasil pemeriksaan di Bumame Farmasi. Gejala covid-nya seperti apa, nanti akan Mama Riyadh ceritakan di postingan terpisah. Insyaa Alloh. Sekarang melalui postingan ini, mama Riyadh mau berbagi pengalaman tes swab PCR di Bumame Farmasi. Mudah-mudahan bermanfaat.


Kenapa Pilih Tes Swab PCR di Bumame Farmasi?

Setelah pergulatan batin *tsaaah, akhirnya saya memberanikan diri tes swab PCR, Kamis (7/1/2021). Pilihan tempat tes jatuh di Bumame Farmasi. Kenapa?

  1. Punya layanan drive thru di mana kita gak usah turun dari mobil dan meminimalisir kontak dengan banyak orang. Selain drive thru, di Bumame Farmasi Simatupang juga ada layanan walk-in.
  2. Lokasi terjangkau dari rumah. Saya pilih yang berlokasi di Simatupang, tepatnya setelah RSUD Pasar Minggu kalau dari arah Pasar Rebo. Lokasi lainnya ada di SCBD dan segera buka di Kuningan.
  3. Reasonable price and time result. Hasil searching dari aplikasi halodoc, Bumame paling reasonable buat harga dan hasil jadinya. Sediakan uang senilai Rp 968.000 untuk mendapatkan hasil 1x24 jam tes swab PCR.

Bagaimana Cara Tes Swab PCR di Bumame Farmasi?

Kita bisa langsung datang aja ke lokasi dengan membawa kartu debet dan KTP. Begitu memasuki pintu gerbang Bumame Farmasi, seorang satpam akan menanyakan keperluan kedatangan kita. Kemudian, ia akan menunjukkan arah untuk melakukan tes swab PCR drive thru. Ya udah, ikutin aja arahnya dan bersiap antre di dalam mobil.

Tak lama kemudian akan ada seorang pegawai yang menghampiri mobil dan mengonfirmasi kedatangan kita. Jika belum pernah daftar online, kita akan diminta menyebutkan identitas: nama dan nomer handphone sambil menunjukkan KTP.  Kemudian, kita diminta melakukan scan QR code yang langsung terafiliasi ke situs bumame. Isi kembali biodata kita di sini, termasuk password untuk log in. Kalau orang dewasa, sertakan nomer KTP saat pengisian identitas. Kalau ana-anak yang tes, dilongkapi saja bagian nomer KTP. Kemudian, bayar sesuai dengan jumlah melalui debet. Selanjutnya, tunggu sampai antrean terdepan dan tim swab PCR datang untuk pengambilan sampel nasofaring.

Saat mengantre di mobil untuk Bumame Farmasi Swab PCR

Begitu sampai di antrean terdepan, sebelum dilakukan pengambilan sampel, tim swab PCR akan memberikan tempat sampel yang masih dalam keadaan tersegel. Kita diminta foto tempat sampel tersebut. Misalkan hasil belum keluar pada waktunya, kita bisa kirim pesan melalui WA sambil menunjukkan tempat sampel ini.

Selanjutnya, ya sudah deh, silahkan bersiap untuk mendongakkan kepala hingga sampel di nasofaring terambil. Bedanya swab PCR dengan antigen, selain pada tingkat keakuratan, kalau swab PCR diambil 3 sampel: 2 dari nasofaring (lubang hidung kanan dan kiri), 1 di tenggorkkan.



Kapan Hasil Swab PCR Bisa Diketahui?

Berdasarkan pengalaman, kalau hasil tes PCR negatif, hasilnya bisa diketahui setelah 17 jam. Waktu itu kita tes pukul 15 WIB, mendapati SMS untuk melihat hasil pukul 8 WIB keesokoan harinya. Bagaimana yang positif? Pengalaman aku hasilnya 25 jam. Wkwkwk. Sumpah ya, bikin deg-degan banget karena hasil anak dan suami udah keluar, tapi hasil punyaku sendiri lama banget keluarnya. Yaa udah feeling so bad aja, sih. Meski demikian, keadaanku masih jauh lebih beruntunglah.

Bentuk alat pengambil sampel yang disediakan oleh Bumam Farmasi.

Gimana cara melihat hasil tes swab PCR?
  1. Hasil bisa dikirimkan langsung melalui pesan SMS. Di dalam pesan tersebut, ada link yang harus diklik untuk membuka hasil.
  2. Bagaimana kalau tidak mendapat SMS? Kan pas di awal mau cek, kita daftar akun di situs Bumame. Ya udah, tinggal log in aja dan ketahui sejauh mana progres dari pengambilan sampel. Seharian itu saya terus mengecek progres sampel saya, mulai dari collecting, processing, hingga akhirnya SMS itu dikirimkan. Yaah begitulah hasilnya, positif dengan CT rdrp gen 35.
Setelah mengetahui hasil, diskusi dengan saudara yang dokter, disukusi sama suami, lalu memutuskan isolasi mandiri. Keesokan harinya baru lapor RT. Doakan, ya semoga segera sehat paripurna. Sembuh tanpa menyisakan penyakit lainnya, aamiin yaa robbal 'aalamiin.

Kalau kalian punya pengalaman tes swab PCR di mana? Boleh share di kolom komentar, ya sekalian harga dan hasilnya diperoleh berapa lama.

Wassalaamu'alaikum.







Tidak ada komentar

Terima kasih sudah berkomentar dengan sopan :)