Covid Test Terdekat Lewat Halodoc

Assalaamu'alaikum, Mama.

Memasuki pertengahan tahun, beberapa mama ada yang punya kesibukan baru di bidang pendidikan. Yup, apalagi kalau bukan urusan pendaftaran murid baru atau kenaikan kelas. Biasanya para mama rada rempong nih sama urusan beginian. Hihihii..

Menyesuaikan keadaan di masa pandemi corona, selain formulir biodata, beberapa institusi pendidikan ada yang menambahkan surat pernyataan bebas Covid-19 sebagai syarat wajib untuk masuk ke "wilayah" mereka. Nah, lho! Tes covid di mana nih yang aman, harga terjangkau, dan minim berinteraksi dengan banyak orang? Tahu sendiri 'kan di masa pelonggaran PSBB ini peningkatan jumlah pasien teridentifikasi Covid-19 mencapai angka seribuan per harinya? Hiii... seram!

Inilah yang menjadi pertanyaan sekaligus kekhawatiran kakak ipar saya ketika harus mengembalikan lagi anak semata wayangnya ke pondok pesantren.

Covid Test Terdekat Lewat Halodoc
"Sekarang sebelum balik ke pesantren, kita (orangtua santri dan santri) harus ikuti protokol kesehatan dari pesantren, Mama Riyadh!", kata kakak ipar membuka perbincangan.

Lanjut cerita kakak ipar, sepuluh hari sebelum keberangkatan, para santri harus melakukan karantina mandiri. Selain itu, para santri wajib menyertakan surat pernyataan bebas Covid-19. "Bisa tes di mana ya, Mama Riyadh? Pengennya covid test terdekat aja. Di klinik gitu juga nggak apa. Kalau harus ke rumah sakit besar masih ngeri, ah! Belum lagi antrinya", cerita si kakak.

Sayangnya, pada waktu itu saya belum bisa menjawab pertanyaan kakak ipar. Saya belum tahu kalau ada aplikasi yang memberi tahu tempat-tempat di sekitar kita yang dijadikan rujukan oleh pemerintah untuk melakukan tes Covid-19, baik PCR maupun rapid test. Eits, nggak cuman daftar panjangnya aja, kita juga bisa mendaftar secara daring jika hendak tes Covid-19. Apa hayo nama aplikasinya? Halodoc!

Buat Janji Tes Covid-19 lewat Halodoc!
Covid Test Terdekat lewat Halodoc
Mama sudah pernah dengar aplikasi Halodoc? Halodoc merupakan sebuah aplikasi kesehatan dari  startup atau perusahaan rintisan yang didirikan oleh Jonathan Sudharta pada tahun 2016 silam melalui MHealth Tech. Di awal kemunculannya Halodoc dikenal sebagai aplikasi konsultasi kesehatan gratis bersama para dokter yang kompeten di kekhususannya. Nah, seiring berkembangnya zaman, Halodoc bertransformasi menyesuaikan kebutuhan masyarakat di bidang kesehatan.

Setelah menyediakan layanan konsultasi gratis, Halodoc juga menyediakan layanan pembelian obat-obatan di toko kesehatan, membuat janji kunjungan ke RS supaya terhindar dari antre berlama-lama, pemeriksaan laboratorium, menghitung indeka massa tubuh (IMT), melakukan penjadwalan minum obat agar teratur, hingga konsultasi seputar kesehatan mental.

Tidak hanya itu, di tengah pandemi corona yang telah merebak sejak Desember 2019 lalu, Halodoc berinovasi kembali dengan menyediakan layanan buat janji kunjungan RS untuk pemeriksaan Covid-19. Layanan ini cocok banget untuk para mama dan/atau kerabat yang butuh covid test tanpa antre yang diiringi dengan rentetan layanan administrasi, seperti cerita kakak ipar saya di atas. Gimana caranya pemakaiannya? Yuk, lanjut baca tulisan aku!

Langkah-langkah Covid Test lewat Halodoc

Yang paling gampang, Mama unduh terlebih dahulu aplikasi Halodoc di Google Play Store atau Apple Store. Logo aplikasinya terlihat jelas sekali, kok dengan warna krimson yang dominan dan lambang stetoskop berwarna putih. Setelah unduh, buka aplikasi, dan masukkan nomer telepon untuk aktivasi sekaligus eksplorasi Halodoc.

Mama akan terhubung dengan halaman utama Halodoc. Di halaman utama terpampang jelas aneka layanan kesehatan yang disediakan oleh Haldooc. Berhubung kita akan buat janji kunjungan rumah sakit untuk pemeriksaan Covid-19, klik saja menu "Tes Covid-19".



Salah satu kelebihan Halodoc adalah kita dapat menemukan tempat-tempat layanan kesehatan berdasarkan lokasi. Penandaan lokasi ini bisa berdasarkan alamat secara "live" pada saat kita menggunakan aplikasi atau kita sendiri yang menentukan lokasinya.

Contohnya saya yang menonaktifkan penandaan lokasi secara riil. Saya menggunakan aplikasi Halodoc berdasarkan alamat. Oleh karena itu, saya ketik alamat keberadaan yang diinginkan, misalnya Setiabudi, Kuningan saat ini. Kemudian klik alamat terdekat dari posisi kita saat ini. Setelah diklik pilihan wilayahnya, Halodoc akan menghubungkan pada daftar berbagai tempat layanan kesehatan yang bisa melakukan covid test berikut harganya. Sungguh bervariasi, ya ternyata paket pelayanan dan harga covid test. Ku baru tahu. Hohoho.

Nah, setelah muncul daftar tempat layanan kesehatan untuk covid test, mama klik aja tempat yang diingini sesuai kebutuhan dan anggaran biaya. Saya misalnya pilih covid test di RS Bunda, Menteng karena harga yang paling murah di antara lainya seputaran Setiabudi, yakni senilai Rp 350.000. Selanjutnya, mama tinggalkan jadwalkan saja hari, tanggal, dan jam berkunjung untuk pemeriksaan Covid-19. Untuk pembayaran, kita bisa lakukan pembayaran di RS ataupun menggunakan dompet elektronik yang disediakan oleh Halodoc.

Gimana? Simpel banget 'kan covid test lewat aplikasi Halodoc? Andai saya tahu sejak awal peluncurannya, saya beri tahu kakak ipar deh. Halodoc, Simplifying Healthcare.






Tidak ada komentar

Terima kasih sudah berkomentar dengan sopan :)