Belanja Bisnis Rumahan? Segari Aja!

 Assalaamu'alaikum...

Pandemi COVID-19 memang merubah segalanya, termasuk keluar dari zona nyaman. Saya yang biasanya senang bepergian ke luar rumah, harus mengatur cara agar tetap bertahan #dirumahaja. Yang biasanya senang berbelanja keluar untuk menyiapkan keperluan bisnis kecil-kecilan, saya ubah juga sebagian menjadi belanja daring. Emang bisnis apa dan belanja daring di mana? Bisnis makanan di anesacooking dan berbelanja di Segari. Hihihii.. Ikuti ceritanya, ya!

Belanja Bisnis Rumahan? Segari Aja!

Lika-liku Belanja Bahan Dagangan di Tengah Pandemi

Sebenarnya saya baru aja secara official membuat brand anesacooking. Anesacooking adalah merk makanan buatan saya dengan pengkhususan pada produk pasta panggang (maccaroni schotel, lasagna, spaghetti brulee) dan puding hias. Ide sudah berlangsung sejak setahun yang lalu. Akan tetapi sempet gota-ganti konsep dan resep, sehingga baru diseriusi mulai Februari 2021 ini.

Karena konsepnya makanan fresh from kitchen dengan sistem pre-order, mau nggak mau saya sering keluar rumah untuk membeli bahan makanan. Beberapa bahan makanan kering bisa saya stok, sehingga bisa mengurangi frekuensi keluar rumah. Akan tetapi, untuk bahan basah seperti daging sapi giling dan buah-buahan, yaa harus dibeli maksimal H-1 sebelum pembuatan. 

Beruntungnya rumah saya dekat dengan pasar tradisional, sehingga bisa membeli daging giling sapi walau harus berangkat ke pasar di pagi hari sebelum pembuatan pasta panggang. Namun, di lain sisi, saya agak keteteran saat berbelanja buah untuk pesanan puding. Biasanya saya berbelanja di supermarket buah grade A. Sukanya berbelanja di sana karena buah-buahannya segar dan bervariasi, sedangkan dukanya kantong jadi jebol. Ngahahahaa, semacam over budget gitulah. Yaa maklum, pesanan baru sedikit tapi beli buahnya kelebihan. 

Spaghetti panggang alias brulee dengan hiasan tomat cherry yang saya dapatkan dari Segari. Segar, ya?


Kenapa bisa berlebih? Karena ada jenis buah yang memang sudah dibungkus dari supermarket, tidak bisa beli sesuai kebutuhan dan harganya juga lumayan. Hehehe. Kalau ditotal-total sama ongkos tenaga, parkir, dan bensin perjalanan, nambah banyak modalnya. Belum lagi kalau mata ini ikut jajan begitu melihat barang yang lain. Duh, gawat! Huhuhuuu.

Dari suka-duka ini, saya ingin ada layanan situs belanja online bahan segar untuk melayani kebutuhan belanja bisnis rumahan saya di tengah pandemi. Kan enak, ya tinggal sentuh-konfirmasi-bayar aja. Eeeh besoknya barang sampe, deh ke rumah ;)

Perkenalan dengan Segari

Menjawab kegalauan saya tentang kebutuhan belanja bahan segar, saya pun diperkenalkan oleh Segari. Perkenalan saya dengan Segari berawal saat salah seorang tim marketing mengirim pesan ke saya melalui Instagram. Mereka hendak mengirimkan produk Segari ke rumah. Kala itu, saya memang membutuhkan bahan makanan segar untuk dikonsumsi akibat keterbatasan akses ke penjual bahan segar. Alhamdulillah rejeki nggak ke mana.

Meski jatuhnya barang gratisan, mereka nggak main-main lho soal kwalitas produk. Segari mengirimkan bahan makanan segar, seperti namanya Segari. Mereka menggaransi 15 jam dari panen ke rumah untuk menjaga kesegarannya. Sayur-sayuran (bayam hijau,pakcoy, salada air, horenzo, tomat cherry, cabai merah besar) tampak masih segar. Buah (baby cavendish  dan pir) juga segar, tidak ada yang berwarna hitam. Setiap jenis belanjaan dikemas rapi di dalam plastik terpisah. Kumpulan berbagai jenis belanjaan dijadikan satu di dalam kardus besar berlabel Segari berikut invoice pembelanjaan. Rapi banget deh kerjanya! 

Berawal dari pengalaman pertama yang mengesankan, saya putuskan berbelanja buah-buahan segar di Segari untuk persiapan membuat puding hias. Oh ya, kalau mau lihat pengalaman pertama saya mendapat barang dari Segari, bisa klik di InstaStory Instagram @anesanisa.

Bagaimana Belanja di Segari?

Saya senang belanja di Segari karena menggunakan situs, bukan aplikasi (yang mana saya malas mengunduh). Selain itu, kita tidak perlu mendaftarkan ID saat hendak berbelanja. Maklum, saya paling males isi-isian data seperti itu. Belum lagi kalau tetiba dapat email blast terkait promo. Singkatnya, belanja di segari itu cuman buka situs, pilih-pilih barang, ketik alamat, bayar. Barang akan tiba keesokan harinya :)

Supaya lebih jelas, ikuti langkah berikut ini buat kamu yang kepengen tahu cara belanja di Segari!

  1. Buka situs segari.id.
  2. Pilih bahan segar yang ingin kamu beli. Pesanan akan diproses jika berbelanja minimal Rp 50.000.
  3. Jika sudah selesai memilih barang, klik "Lanjut".
  4. Kamu akan tiba di halaman "Informasi Pembeli". Isi dengan benar nama, nomer WhatsApp, dan alamat pengiriman, termasuk titik terdekat lokasi kamu di Peta Google. Jika sudah, klik "Selanjutnya"
  5. Pilih metode pembayaran yang dilakukan, apakah bayar di tempat, transfer bank, atau berbagai macam uang elektronik. Jika kamu punya kode promo, masukkan di halaman ini. Lumayan lho dapet potongan dari Segari!
  6. Cek kembali daftar pesanan.
  7. Klik "Pesan Sekarang", bayar, duduk, dan tunggulah barang tiba esok pagi.
Cara Berbelanja di Segari. Gimana? Mudah banget 'kan?

Mengapa Belanja di Segari?

Nah, selain pengalaman pertama saya yang mengesankan dan kesegaran produk yang memang sudah dijamin oleh Segari, saya punya beberapa alasan untuk belanja di Segari. Apa aja? Yuk, simak!

1. Barang Cepat Sampai

Segari menggaransi layanannya dengan "Pesan hari ini sebelum pukul 17.00 WIB, besok pagi barangnya sudah sampai". Apakah sesuai dengan kenyataan? Pada pengalaman saya yang pertama, jam 7 sudah sampai, sedangkan pesanan kedua tiba sekitar pukul 7.30 WIB. Oke banget kan, pagi-pagi udah sampai sayur online ke rumah? Dari Segari sendiri menetapkan prakiraan pesanan sampai pada pukul 7.00-10.00 WIB. Alhamdulillah sejauh ini nggak pernah lewat dari pukul 8.00. Pas sampainya di rumah saya!

Ketepatan waktu ini penting banget menurut saya untuk menghias pudding. Kalau buahnya masih segar, tampilan di puding juga bagus, kan. Good food brings good mood. Jadi ya bahan-bahannya segar, look-nya oke, insyaa Alloh bisa meningkatkan mood dan menambah manfaat kesehatan bagi yang mengonsumsinya.

Pesan maksimal pukul 17, kamu akan menerima barang yang dipesan di Segari keesokan harinya!

2. Barang yang Diperoleh dalam Keadaan Segar dan Rapi Pengemasannya

Kalau soal kesegaran, yaa jangan ditanya. Dari Segari sendiri menggaransi kesegaran barang yang dikirim. Catatan dari saya, segera simpan di lemari pendingin pesanan dari Segari, terutama sayur-sayuran sebab cepat sekali layu. Hal ini pernah saya alami saat menerima barang dari Segari pertama kali. Saya tidak segera menyimpannya di lemari, sehingga ada beberapa bagian sayuran yang layu. Berita baiknya, berarti bener ini selogan Segari "15 jam dari panen ke rumah". setibanya di rumah, kita langsung simpan di lemari pendingin atau mengolahnya, sehingga kandungan nutrisi di dalam bahan makanan tidak rusak atau hilang.

Selain itu, enaknya belanja di Segari bagi saya yang bukan tipe food preparation adalah setiap barang sudah ada plastiknya sendiri. Hal ini memudahkan saya untuk menyimpan di lemari pendingin. Khusus makanan beku, mereka membungkus produk menggunakan plastik berbahan aluminium, dibarengi dengan ice gel untuk menjaga suhu barang. Rapi deh pengemasannya!

Puding hias yang saya buat menggunakan buah-buahan dari Segari. Karena hanya satu pembuatan, jadi masih sedikit juga buah yang dipakai. Oleh karenanya, Segari memudahkan saya belanja bisnis rumahan.

3.  Harga Terjangkau

Kalau saya perhatikan tidak ada perbedaan harga untuk aneka buah-buahan di supermarket grade A yang biasa saya datangi dengan Segari. Makannya saya senneg banget bisa belaja buah di Segari untuk keperluan bisnis rumahan saya. Beneran menghemat ongkos, tenaga, juga waktu. *terharu akutu*

Sementara itu, untuk barang kebutuhan lainnya, menurut saya harganya bersaing dan masih rasional jika dibandingkan dengan tenaga, waktu, dan biaya parkir saat pergi ke pasar atau supermarket. Di waktu-waktu tertentu, Segari juga menyediakan harga yang lebih murah dibandingkan harga pasar. Pokoknya, rajin-rajin cek, ya situs Segari. Hihihii.

Nah, ini hasil belanjaan saya di Segari untuk keperluan pembuatan puding hias juga konsumsi pribadi.

4. Gratis Ongkos Kirim untuk Pengiriman Wilayah Jakarta dengan Belanja Minimal Rp 50.000

Konsumen mana yang nggak suka dengan ongkos kirim? Hihihiii. saya suka banget! However gratis ongkos kirim jadi nilai plus banget, sih. Konsumen bener-bener dimanjakan dengan kemudahan melalui smartphone, lalu tinggal duduk manis menunggu barang denga tiba tepat waktu dari Segari tanpa membayar ongkos kirim. 

5. Kemudahan untuk Komplain Produk

Segari menetapkan tiga langkah mudah untuk komplain produk mereka jika produk yang diterima tidak segar. Cukup foto, kirim ke WhatsApp CS Segari, kemudian Segari akan menggantinya. Hal ini lebih mudah menurut saya, ketimbang harus komplain di surel.


6. Suka Ada Program Flash Sale atau Promo di Situs Segari

Selain ongkos kirim gratis, naah ini juga penting soal flash sale. Saya pernah mendapatkan barang promo untuk bawang brebes senilai Rp 5.000 saja ukuran 250 gram! Berapa harga di pasar? Saya beli di hari yang sama, ternyata harganya Rp 12.000. Huhuhuu. Jauh, ya bedanya! Sayang juga si, pembelian di Segari dibatasi untuk 1 unit saja. Hiks.

Beruntungnya saya mendapat harga bawang brebes sebesar Rp 5.000 untuk 250 gram.

Itu dia sederet kemudahan berbelaja di Segari. Selain tentang kemudahan, saya juga punya saran untuk Segari:
  1. Semoga Segari bisa menyediakan pilihan menu akun virtual untuk layanan bayar menggunakan bank. Hal ini agar konsumen nggak salah input jumlah rupiah belanjaan. Hehehe. 
  2. Mudah-mudahan jangkauan Segari semakin luas, ya agar banyak masyarakat Indonesia yang meraskan garansi dari produk Segari. Untuk sementara ini baru mencakup wilayah DKI Jakarta, Tangerang Selatan, dan Tangerang Kota. Saat saya share belanjaan di Segari di WhatsApp Story, teman saya di Tasik menanyakan layanan pengirimannya. Huhuh sayangnya belum terjangkau oleh Segari.
  3. Semoga barangnya semakin bervariasi. Hahaha terutama untuk kebutuhan pasta (terkait dengan bisnis rumahan saya), wkwkw. Alhamdulilah tadi saya lihat sudah masuk item keju di Segari :)
Well, belanja bisnis rumahan? Segari aja! :) 

Unboxing Segari.





9 komentar

  1. kemarin aku liat ada booth Segari di Central Park, lagi ada promo kalo belanja 50rb bisa bawa pulang minyak goreng Sania hehhe.. menarik banget penawarannya

    BalasHapus
  2. sayanganya pasti gak ada di Surabaya nih mba, masih area Jakarta kan ya mba?

    BalasHapus
  3. Aku udah berkali-kali belanja di segari, memang yang bikin nagih itu harganya, ditambah kualitas barangnya juga segar banget. Yang pasti ada free ongkir juga.

    BalasHapus
  4. Aku udah pernah cobain buah dan sayur dari Segari, semua barang yg sampe seger dan matangnya pas, happynya lagi murah dan ada promonya

    BalasHapus
  5. Cuma ada di area Jakarta aja ya kak? Aku pengen belanja kayak gini karena enak gitu, praktis. Tapi disini jarang ada huhuhu

    BalasHapus
  6. Wah Bandung belum ada juga ya? Padahal pengen coba juga belanja di segari.. Lihat foto produknya beneran kelihatan fresh nyaa.. Semoga segera buka juga d Bandung, supaya bs coba jugaa hehe

    BalasHapus
  7. Harus dihapalin nih maksimal jam pemesanan, sebelum jam 5 sore ya, biar besok pagi bisa datang pesanan kita. Solusi di masa pandemi ini sih, juga bila kitanya gak sempat cari bahan makanan bisa langsung ke web nya aja, simple

    BalasHapus
  8. Wah semakin banyak pilihan berbelanja daring buah dan sayur yaam semoga semakin meluas jangkauan Segari.

    Sukses buat anesacooking ya Mbak Nesa

    BalasHapus
  9. seneng ya mbak, sekarang jadi gampang ada layanan belanja praktis begini, kita juga aman di ruamh aja dan gak repot hehe :) semua bahannya juga msh segar :)

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkomentar dengan sopan :)