Staycation di Clove Garden Hotel Bandung

Assalaamu'alaikum..

Awal Oktober 2019 lalu Mama Riyadh sempet quick gateway ke Bandung. Amazing banget ke Bandung cuman dalam waktu 3 jam. Wohoooo! Trus kita nginepnya di Clove Garden Hotel Bandung. Awal mula pemilihan hotel ini nggak ada alasan apa-apa, si. Cuman ngikutin abang iparku aja yang udah booking hotel ini lebih dahulu. Akan tetapi, begitu tiba di hotel dan merasakan sensasi menginap di sini, waaa.. nggak salah deh piliih hotel bintang empat ini. Apa yang menarik dari Clove Garden Hotel Bandung ini? Simak ya pengalaman Staycation di Clove Garden Hotel Bandung ala Mama Riyadh!



Clove Garden Hotel Bandung, Hotel Bintang Empat yang Tenang dan Penuh Kehangatan

Clove Garden Hotel Bandung terletak di Jalan Awiligar Raya, Cimenyan, Bandung. Secara kawasan, sebenarnya saya nggak tau daerah Cimenyan. Wkwkwwk. Cuman pas tanya sama receptionist-nya by phone, kawasan Clove Garden Hotel Bandung terletak di belakang Dago Pakar. Oke, dengan mengandalkan Google Maps, kami tiba di Clove Garden Hotel Bandung tepat waktu Maghrib.

Saya sarankan untuk sampai di lokasi hotel sebelum matahari terbenam sebab selama perjalanan tidak ada pencahayaan yang cukup di jalan. Hanya mengandalkan lampu sorot mobil dan temaram dari rumah-rumah penduduk. Hotel bintang empat ini letaknya memang jauh dari keramaian. Cocok untuk para keluarga yang butuh ketenangan, tidak ingin disibukkan dengan hingar-bingar kota, pokoke hanya ingin menikmati sejuknya kota Bandung.

Pemandangan  Bandung dan sekitar Awiligar dilihat dari kedai kopi yang bersebelahan dengan lobi Clove Garden Hotel Bandung.
Begitu tiba di lobi hotel, suasana nyaman dan tenang langsung kerasa. Eits, bukan tenang karena nggak ada tamunya. Yaa emang pembawaan hotelnya seperti ini. Di pojok kiri lobi hotel terdapat sebuah kedai kopi kecil. Tamu maupun nontamu hotel boleh mampir ke sini. Kedai kopi ini tidak terintegrasi dengan hotel. Jadi, kalau tamu hotel mau ngopi di sini, yaa tidak bisa dikenakan charge dari biaya menginap. Harus bayar cash secara terpisah. Dari kedai kopi ini, pengunjung bisa bercengkrama sambil menikmati hangatnya secangkir kopi susu ditemani pemandangan kota Bandung dari atas daerah Cimenyan. Dingin boook berada di sini! Kusarankan pakai sweater deh yaa.

Kedai kopi yang berada berdampingan dengan lobi hotel. Pemandangan malam harinya kece banget dari sini. (dok. Clove Garden Hotel Bandung)
Suasana malam hari dari kedai kopi sekaligus lobi Clove Garden Hotel Bandung.
Pemandangan Kota yang Keren dari Junior Suite Room Clove Garden Hotel Bandung

Sebelum pasti memesan, kami sempat membandingkan harga booking langsung dengan online travel agent (OTA). Well lagi-lagi harga lebih murah via OTA. Akhirnya saya booking satu kamar tipe deluxe melalui aplikasi burung biru. Proses reservasi di hotel berlangsung cepat. Saya hanya menyerahkan KTP sebagai identitas tamu. Oh ya, sang receptionist meminta uang deposit yang saya lupa besarnya. Karena saya nggak pegang uang cash, akhirnya KTP saya ditahan selama menginap di sana (wicis cuman semalam).

Suasana receptionist Clove Garden Hotel Bandung
Luas deluxe king room Clove Garden Hotel Bandung pas banget nih buat berduaan (21 m2). Hihihihi.. Karena datang berempet (3 orang keluarga inti dan satu orang sopir), kami pun meng-upgrade tipe kamar menjadi junior suite room (43 m2). Waaaah bener aja luas dan pemadangan kamar saya amat affordable.

Junior suite room Clove Garden Hotel Bandung
Seperti biasa, setelah kelar urusan barang, hal selanjutnya yang saya lakukan saat pertama kali tiba di kamar hotel adalah membuka gorden kamar. Saya selalu excited dengan pemandangan di balik gorden hotel. Something mysterious aja gitu. Wkwkwkw. Dan begitu saya buka, hoaaaaaa keren banget!

Golf view dan kolam renang! Serba hejo dan seger aja gitu penampakannya! Saya pun mengenali persis bangunan InterContinental Bandung yang terletak di daerah Dago Pakar nun jauh di seberang sana. Sementara di sisi lain, temaram lampu kota dan rumah penduduk memenuhi area pemandangan kamar saya dari tingkat enam. Bener-bener nggak salah pilih tipe kamar, nih! Kami bisa berleha-leha di teras kamar menikmati view from top kota Bandung daerah Cimenyan.

Pemandangan dari kamar saya. Kolam renang, golf, dan di seberang sana ada Hotel Intercontinental Dago.
Bagaimana dengan fasilitas kamar? Alhamdulillah ada sofa bed untuk sopir aku tidur nyaman. Selain itu juga ada meja kerja, telepon, charger listrik yang berfungsi dengan baik, televisi disertai rentetan channel dari dalam dan luar  negeri. Pihak hotel juga menyediakan kopi, gula, dan teh serta dua botol air mineral. Kalau kurang air mineral, tenang aja ada teko lsitrik untuk masak air. Sementara untuk toileteris terbilang lengkap, termasuk air hangat.

keren kan city view dari junior suite room Clove Garden Hotel Bandung?

Aneka Fasilitas Hotel yang Kids Friendly di Clove Garden Hotel Bandung


Traveling with kiddos pastinya kami mencari hotel-hotel yang kids friendly. Kelebihan lain dari Clove Garden Hotel Bandung, selain letak dan ambience-nya, adalah hotel ini memiliki fasilitas-fasilitas yang memadai untuk anak-anak. Apa saja fasilitasnya? Mulai dari kolam renang anak, kids club, hingga taman yang luas dan asik buat gegoleran.

Lepas Maghrib, saya iseng berkeliling hotel. Taman hotel di bawah sana sungguh menarik hati saya sejak pertama kali menginjakkan kaki di hotel yang terdiri dari delapan lantai. Sepertinya hotel ini kerap dijadikan tempat untuk pesta. Konsep pesta kebun cocok banget soalnya di sini. Dengan modal bertanya ke receptionist, kami mencari jalan menuju taman hotel. Agak berliku memang jalannya kalau dari receptionist.

Lepas banget rasanya saat berada di taman. Si Riyadh emang  nggak gelian sama rumput, langsung saja melepas sendalnya dan berlari ke sana ke mari di arena taman. Di taman juga disediakan bean bag, sehingga tamu hotel bisa santai duduk atau bahkan tiduran di taman hotel sambil memandang langit Bandung. Mau melatih keseimbangan dengan bermain egrang? Hayooo dicoba di sini! Mama Riyadh jelas ga bisa, deh! Belum juga berdiri sempurna, udah jatoh aja dari egrang. LOL.

Satu wilayah dengan taman juga terdapat kolam renang. Kalau malam emang gelap banget arena kolam renang. Sepertinya tidak disarankan berenang di malam hari di sini. Lagian udara malam aja dingin, apalagi airnya! Wkwkwkwk. Jadi, selepas sarapan, kami pun langsung bermain air di sini.

Kolam renang Clove Garden Hotel Bandung terbagi menjadi 3 bagian: kolam jacuzzi, kolam renang anak, dan kolam renang dewasa. Jadi, nggak usah takut kedinginan, ya! Karena sehabis bulak-balik renang, mama dan anak-anak bisa menghangatkan tubuh di kolam jacuzzi. Akan tetapi, si Riyadh kurang terlalu suka. Dia prefer untuk berjemur di pinggir kolam renang aja buat menghangatkan tubuh. LOL. Nah, selesai berenang, mama bisa ke bagian pojok kanan area kolam renang untuk meminjam handuk. Handuk kolam renang harus dikembalikan pada saat itu juga. Tidak diizinkan membawanya ke dalam kamar hotel.

Bagaimana dengan kids clubKids club ada saat liburan akhir pekan atau occational gitu macem long holiday sekolah, lebaran, natal dan tahun baru. Mama bisa mencari info kegiatan kids club di akun Instagram Clove Garden Hotel Bandung. Karena kami berlibur bukan di saat musim liburan, yaa tidak ada aktivitas kids club pada saat hari itu.

Yang nggak kalah pentingnya saat menginap di hotel adalah urusan makanan. Menu sarapan di hotel ini terbilang bervariasi, mulai dari roti-rotian, buah dan salah, omelet dan sunny side up, bubur ayam, teh, kopi, dan cokelat panas yang bisa direfil sesuak hati, cereal, tumis-tumisan, nasi putih, mie goreng, sosis, ayam, jamu-jamuan, aneka jus, sushi. Soal rasa makanan, untuk tumisan cocok bagi kamu yang nggak suka asin. Sementara suhsi-nya agak keras, ya. Karena banyak pilihan, anak-anak pun bisa lebih oke memilih makanan. Bahkan, di hari biasa pun area restoran hotel penuh pada saat sarapan. Akhirnya, pihak hotel membuka tempat lagi di bagian meeting room.

Suasana Verbena Cafe and Lounge, tempat hotel menjamu para tamunya.
Yup, itu dia pengalaman mama Riyadh menginap di Clove Garden Hotel Bandung. Berdasarkan fasilitas dan eksperimen mama Riyadh, hotel ini bisa menjadi rekomendasi para mama yang mau menginap di Bandung dengan suasana yang tenang, penuh kehangatan bersama keluarga, tapi juga kepengen daerah yang sejuk.

Ada satu minus si buat Mama Riyadh di Clove Garden Hotel . Baju renang Riyadh ketinggalan di sana. Saya pun sudah berhubungan dengan bagian lost and found hotel. Akan tetapi, hingga saat ini barangnya belum juga dikirim walaupun sudah diberitahu jika saya yang menanggung ongkos kirim. Sudah ditanya beberapa kali via WhatsApp, belum juga ada balasan. Sepertinya, pihak hotel hanya menyediakan fasilitas pengambilan di hotel untuk barang yang tertinggal, tapi tidak untuk layanan pengiriman.

-------------------------------------

Clove Garden Hotel Bandung
Jl. Awiligar Raya II, Cibeunying, Kec. Cimenyan, Bandung, Jawa Barat 40191
Nomer Telepon: (022) 82526363
Akun Instagram: Clove Garden Hotel Bandung
Situs: https://www.clovegardenhotel.com/

View tampak depan Clove Garden Hotel Bandung (dok. Clove Garden Hotel Bandung)

16 komentar

  1. Hotelnya cozy banget siiih. Ntar kalo ke Bandung mau coba hotel ini aahhh

    BalasHapus
  2. Eh design interior sama eksteriornya keren banget wew, terkesan nyaman dan ademm gitu behhh. Makasih banget infonyaaa 😘

    BalasHapus
  3. Keren banget hotelnya Mba, vewnya cantik banget!
    Hotel di Bandung, kayaknya keren-keren ya, apalagi cuacanya juga lebih adem ketimbang kota lainnya :)

    Btw, kalau saya sampai kamar hotel, hal pertama yang dilakukan adalah foto-foto, kadang videoin hahaha.

    Dasar mamak haus konten, jadi sekalian liburan sambil nyetock modal foto buat konten :D

    BalasHapus
  4. Wah nyamannya...
    Bikin betah di dlm hotel
    Bnrn cocok buat staycation ni

    BalasHapus
  5. Wow keren
    Baru tau kalo di Awiligar ada hotel sekeren itu
    Jadi pingin nyobain juga

    BalasHapus
  6. Hotelnya keren yaa. Tampilannya kayak kelas eksekutif gitu

    BalasHapus
  7. Pemandangannya bagus banget, bakalan betah stay disana. Cocok buat liburan

    BalasHapus
  8. Wah viewnya juara banget, pas buat nambah referensi di musim liburan ini

    BalasHapus
  9. Teman saya tu pernah bilang, bagi siapa pun yang pernah tinggal di Bandung, pasti sudah terbiasa dengan panorama yang menawan. Sehingga ketika datang ke daerah lain sering standar bagusnya beda. Tapi memang sih,setiap kali membaca review tentang Bandung berikut hotel dan fasitasnya memang keren yaa...jadi pengen nyoba main ke Bandung...

    BalasHapus
  10. wahhhh rekomendied bgt ini hotel, liat dari foto-fotonya berasa syahdu bgt dan tenang, ditambah udara bandung yang sejuk. BTW kolam renangnya instagramable juga ya kak, dan kamarnya mayan luas itu nice info kak

    BalasHapus
  11. Kolam renangnya gedeeee..
    Kemaren nyebur berapa kali?

    BalasHapus
  12. Wah di belakang dago pakar yah lokasinya, sejuk-sejuk enak dong ini. Boleh juga rekomendasinya kalau ke bandung.

    BalasHapus
  13. Lamaaa ga ke Bandung, btw busa juga nih staycation di Awiligar kalau ke kota kembang Amin

    BalasHapus
  14. asik banget udah ada kolam renang jacuzzinya. Bisa ngerileksin badan banget itu di sana. pasti nyaman. mupeng...

    BalasHapus
  15. Aku pernah nih staycation disini jaman anakku masih bayik, kita ramean sekeluarga besar nginep disini. Dulu mikirnya karena ini gede banget dan bagus tempatnya. Jadi ingin mengulang untuk staycation kesana lagi.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkomentar dengan sopan :)