Belajar "Daily Make Up" bareng Kania Safitri

Assalaamu'alaikum..

Siapa di anatara pembacaku yang nggak suka atau bahkan jarang bersolek? *aku sendiri langsung ngacung, wkwkwk* So yeah, bapaknya Riyadh tipe suami yang nggak terlalu suka liat istrinya dandan, di rumah sekalipun. Jadi, kalau bepergianpun aku nggak yang terlalu dandan amat. Sering kali cuman sunscreen dan lipstik merah aja. Hihihiii. Lipstik merah penolong sekali untuk muke yang tak bermake-up.

Tapi tapi tapi yaa.. Yang namanya perempuan pasti ngerasa pengen donk bisa bersolek. Pernah liat muke sendiri di foto kondangan, astagaaa kebanting bener sama tetamu yang lain. Kulit wajah aku bener-bener keliatan aslinya. Kurang bercahaya gitu karena kurang pulasan make up. Untung aja pas acara Indonesia Senayan Festival (ISeeFest) 2019 kemarin, ada kelas daily make up di booth Bloggercrony bareng beauty blogger Kania Safitri. Tjusss, aku ikutan di acara yang dikasih nama Beauty Hacks bareng Kania Safitri!

Belajar "Daily Make Up" bareng Kania Safitri
Belajar Daily Make Up bareng Kania Safitri

Sebelum aku kasih tau langkah-langkahnya, adakah yang sudah kenal atau bahkan tahu siapa Kania Safitri? Iya, bener Kania adalah seorang ibu dari dua anak yang menekuni dunia ngeblog dengan pengkhususan kecantikan. Kalau kamu buka rumah mayanya di Beauty Diary Kania, beuuh banyak banget tuh tulisan-tulisan seputar pengalaman dia mencoba berbagai produk kecantikan, mulai dari make up, skin care, juga spa dan salon kecantikan. Nggak cuman pintar menulis, Kania juga telah mendapatkan certified Make Up Artist (MUA). Yang butuh didandanin personal, coba aja kontak kakak cantik dan rendah hati ini ;)

1. Bersihkan Wajah sebelum Make Up

Oke, kita masuk ya ke tahapan daily make up!
Sebelum kita make up, otomatis tahap pembersihan adalah tahap yang paling pertama dilakukan. Cucilah tangan hingga bersih sebelum pegang-pegang muka. Lalu, masuk deh ke tahap pembersihan muka. Ngomong soal bersihin muka, kita nyerempet donk ngomongin skin care. Penekanannya untuk skin care juga make up, kata Kania, tahapan-tahapan yang ada juga merk-merk yang dipakai saat praktik kala itu disesuaikan saja dengan kondisi kulit wajah masing-masing. "Make up soal kenyamanan", gitu katanya. Tidak semua orang cocok dengan produk yang dipakai orang lain.

Nah, masih dalam tahap pembersihan muka, Kania menyarankan untuk mebersihkan muka sehari dua kali, pagi dan malam. Di malam hari, Kania sangat menghimbau partisipan untuk melakukan doble cleansing. Artinya, selain menggunakan pembersih-pembersih di botolan, bersihkan juga muka dengan hal-hal yang bersangkutan dengan air, yaitu menggunakan facial foam. Khusus untuk pagi, Kania hanya mengaplikasikan micellar water pada wajah karena malam sebelum tidur sudah dibersihkan dengan berbagai tahapan.

Kalau udah ngomong soal make up dan skin care, langsung ngariung asik deh partisipannya. Saling bertukar rekomendasi dan pengalaman, hihihii.

"Minimal untuk pagi, setelah bersihkan muka pakai micellar water, kalian pakai sunscreen kalau emang nggak pergi ke mana-mana. Sunscreen itu wajib dipakai walau kita hanya berada dalam rumah. Jangan lupa aplikasikan sunscreen sebanyak dua ruas jari", terang Kania.

Saya jadi nggak merasa bersalah, nih. Keseharian di rumah emang gitu doang sehabis mandi pagi, bersihin muka plus sunscreen aja udeh. Lipstik yaa suka pake, suka nggak :D

Di pagi hari, lanjut Kania, tubuh membutuhkan perlindungan. Oleh karenanya, sunscreen wajib dipakai. Akan tetapi di malam hari, kulit wajah butuh nutrisi. Maka dari itu, selain membersihkan wajah sebelum tidur, Kania menggunakan pelembab juga eye serum untuk mencegah kerut, mengingat usianya yang sudah di atas 30 tahun. Hehehe nggak keliatan yak usianya udah kepala 3. The power of skin care ;)

2. Pemakaian Foundation

Rasanya nggak afdol kalau ngomongin make up tapi nggak praktik. Hihihii. Pada kenyataannya emang partisipan nggak ada yang praktik. Kami fokes dengan apa yang diajarkan dan diaplikasikan Kania pada salah satu model. Kak Nurul Dwi Larasati alias Mama Gie yang kali ini jadi modelnya.

Foundation bermanfaat untuk menutupi noda bekas di wajah, entah itu jerawat, bopeng cacar, atau flek hitam. Tips dari Kania saat mengaplikasikan foundation adalah pilih foundation yang warnanya satu tingkat lebih cerah dari warna kulit kita. Hal ini diperuntukkan agar wajah tidak terlihat pucat. Kalau foundation-nya terlalu terang? Akali dengan pengaplikasian bedak yang satu tingkat lebih gelap dari kulit wajah. Kalau nggak ada foundation, bisa juga pakai BB Cream, CC Cream, atau chusion.

Nah, wajah yang terbiasa dirawat juga bakal terlihat pasca pengaplikasian foundation karena foundation tampak nempel alias ngeblend atau membaur di wajah. Efeknya, make up semakin terlihat natural.



3. Eyebrow

Orang bilang, alis itu jadi kunci pada wajah. Hihihiii, jujur aku nggak pernah bisa yang namanya memakai eye brow. Kebetulan alis aku udah lebar, bahkan kelebaran si sebenernya >,< Jadi, kalau dandan, tinggal bikin ekornya aja versi aku.

Nah, gimana sih ngalis yang bener? Menurut Kania, kalau membuat alis itu harus dibuat bingkainya terlebih dahulu dari bagian tengah ke arah luar, menggunakan pensil alis berwarna gelap (coklat tua). jadi, nggak perlu dibagi tiga bagian alis. Saat membingkai alis bagian luar, jangan sampai ketinggian ya bingkainya karena bisa bikin kita tampak lebih tua. Mulailah arsir di bagian tengah ke luar menggunakan warna pensil alis yang lebih muda. Selanjutnya gunakan sikat alis untuk mengarsir bagian dalam (ujung dekat alis yang lain) agar alis tampak natural.

4. Contouring

Waktu didandanin sama teman abang, saya pernah dipesan untuk belajar pakai contouring. Maklum, dia kesulitan membentuk alis saya yang lebar tanpa harus mencukurnya. Buat apa sih contouring? Contouring berguna untuk mempertegas dan menyamakan kulit wajah. Misalnya nih, hidung kita nggak terlalu mancung. Contouring deh tuh batang hidung agar terlihat jelas tulang-tulangnya. Contouring juga bisa diaplikasikan di rahang kanan dan kiri untuk mempertegas tulang wajah.

Nah, buat yang alisnya berlebih seperti saya, kata Kania, bisa juga pakai contouring untuk menutupi area alis yang tidak masuk dalam bingkai alis. kalau nggak punya contouring, bisa juga pakai foundation. Hasil memang agak berbeda, lebih natural bila menggunakan contouring.


5. Eyeliner

Selanjutnya pakai eyeliner untuk memertegas mata. Kania memberi notif untuk tidak menarik eyeliner terlalu tinggi bagi kamu yang suka menggunakan model cat eye. Pilih juga eyeliner yang antiair agar tidak luntur saat kena keringat dan hujan.

6. Bulu Mata Palsu

Setelah aplikasi eyeliner, Kania mengpalikasikan bulu mata palsu pada mata Nurul. Untuk make up harian atau pergi ke acara blogger gathering, kata Kania, gunakan bulu mata palsu yang biasa aja atau bisa juga menggunakan mascara. Nah, bulu mata palsu ini kalau sudah dipakai, masih bisa disimpan, lho! Bahkan, bisa sampai 3x penggunaan. Jadi, jangan langsung dibuang ya selama masih bisa menempel dengan baik.

7. Bedak Tabur   

Saya pernah mendengar, lebih baik menggunakan bedak tabur ketimbang bedak padat saat make up. Katanya, bedak padat bisa menutup pori-pori wajah. Akhirnya, saya langsung mengganti bedak padat dengan bedak tabur.  Hal ini senada dengan yang disarankan oleh Kania. Penggunaan bedak tabur membuat riasan lebih awet.

Hasil make over dari tangan dingin Kania Safitri


Makeupuccino, Toko Beauty Product Lengkap dan Terpercaya di Bandung

Nah, itu tadi langkah-langkah daily make up. Acaranya seru banget! Baru itu deh belajar make up sambil ketawa-ketawa lucu tapi tetep banyak informasi yang bisa diraih. Karena di acara tersebut, nggak cuman Kania aja yang jadi beauty blogger, tapi juga ada Kak Olin dan Kak Tya, sehingga bisa saling tukar pemikiran termasuk rekomendasi brand kosmetik dan skin care yang terjangkau buat dipraktekkin di rumah. Mantuuull!


Oh ya, masih dari event Beauty Hack bareng Kania Safitri, surprisingly semua partisipan dapet beauty box beserta isinya, lho dari Makeupuccino! AHHAAHA, alhamdulillaah nambah lagi perintilan make up, kuuu ^^.

Namanya aja beauty box, berarti tempat untuk meletakkan perintilan make up juga skin care. Pas banget, nih! So far aku naronya di kantong kanvas aja. Trus pada akhirnya aku taro di luar, tanpa kantong di dalam lemari karena ribet nyarinya kan di kantong gitu. Keuntungan beauty box gini udah tempatnya besar, ada pengunci yang nggak bisa dibuka Riyadh (bocah kesayanganku). Hohoho. Makin semangat merawat aset pribadi, alias wajah.


Buat yang belum tahu Makeupuccino, Makeupuccino adalah beauty store terpercaya di Indonesia. Awalnya mereka mendirikan online store pada tahun 2011. Delapan tahun kemudian mereka udah punya dua offline store di Bandung & Jatinangor. Berkah giat dan tekun dari pemiliknya, tuh!

Makeupuccino selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik kepada sisterpuccino (panggilan
sayang kami untuk pelanggan) seperti kemudahan berbelanja, kualitas barang yang bagus, harga
yang sangat terjangkau, dan juga bonus lain seperti giveaway serta program-program promosi
menarik lainnya.

Makeupuccino menyediakan berbagai beauty product, seperti makeup, skincare, beauty tools, dll.
Sampai saat ini, ada ratusan merk terpercaya yang mereka jual, baik produk lokal maupun impor.
Sisterpuccino tidak perlu khawatir dengan produk yang dijual, karena semua dipastikan merupakan
barang asli dan harga juga sangat bersahabat.

DISKON! Makeupuccino bertabur diskon di bulan Oktober ini dalam rangka merayakan hari jadinya yang ke-8. Tjuus intip akun instagramnya!
 Jadi, kalau lagi ke Bandung, jangan lupa mampir ya ke offline store Makeupuccino! Selain bisa belanja perintilan beauty product, juga bisa mamam cantik. Soalnya fasilitas beragam banget di sana, mulai dari beauty store, cafe, studio room, sampai makeup class. Makeupuccino juga rutin membuat berbagai acara offline seperti beauty class, demo makeup, beauty talkshow, beauty gathering, dll. Mereka juga menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, seperti beauty brand, komunitas beauty blogger/vlogger, MUA, dsb.

Memasuki usia 8 tahun di Oktober ini, Makeupuccino berharap dapat makin mendekatkan diri dengan sisterpuccino dan berbagai pihak yang selama ini mendukung Makeupuccino. Banyak program acara, pesta diskon, dan promosi menarik yang akan dihadirkan Makeupuccino selama bulan Oktober 2019.

Hwaaaa andai Makeupuccino juga hadir di Jakarta, ya! Mariii kita doakan di ulang tahun yang kedelapan ini, semoga Makeupuccino semakin jaya dan melebarkan sayapnya ke wilayah luar Jawa Barat. Aamiin! Nah, buat kamu yang kepo sama Makeupuccino, langsung aja intip mereka di online store-nya atau datang langsung ke offline store-nya!

Wasaalaamu'alaikum warohmatullohi wabarokaatuh.

Makeupuccino
Website: www.makeupuccino.com

Instagram: @makeupuccino dan @rumahmakeupuccino
WA: 082126.221162
Line: @makeupuccino

Shopee: makeupuccino1
Store 1: Jl. Bengawan No. 15, Bandung
Store 2: Jl. Raya Jatinangor 194


Tjuuusss, langsung ku sisi beauty box-nya dengan perintilan make up dan skin care yang kupunya. List nya bakal nambah lagi, nih karena ada beberapa item yang habis dan belum punya utnuk daily make up yang dijelaskan kak Kania.


3 komentar

  1. Wah seru banget nih Mbak acaranya, bisa main make up make up an nih ya hihi

    BalasHapus
  2. Enak nih ya Mbak kalau make up bareng sama teman gini hihi. Saya juga suka tuh Mbak sama hasil make up nya

    BalasHapus
  3. Wah bagus banget nih Mbak produknya, cocok banget ya memang untuk yang belajar make up hihi

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkomentar dengan sopan :)