e-Friend FWD MAX, Kemudahan Berasuransi Digital untuk Nasabah Korporasi dari FWD Life

Assalaamu'alaikum, Mama..

Buat para mama bekerja, ku mau tanya, apa sih standar penerimaan Mama untuk bekerja di suatu tempat? Kali ini kita ngomongin buruh perusahaan, ya. Bukan freelance yang tak terikat dengan aliansi. Apakah hanya mengandalakan gaji semata atau ada faktor X yang membuat Mama memutuskan, "oke, gue ambil tawarannya bekerja di sana"? Anyway, pertanyaan ini bukan hanya untuk para mama, tapi anak mama generasi milenial dan para esmud juga boleh kok menjawab.



Kalau saya, jujur nih sebagai genk millenial angkatan awal, wkwkwk. Dulu setelah lulus pengen langsung kerja hanya demi mendapatkan gaji. Jadi, yaa selain prestige nama perusahaan, yang kulihat hanyalah besaran gaji dan tanggung jawab pekerjaan. Wets, ternyata pemikiranku nggak sepenuhnya bener. Masih ada tanggung jawab perusahaan terkait kesehatan (asuransi) demi kelancaran dan kesuksesan pekerjaan para karyawannya.

Jadi, tuh waktu aku masih berstatus outsource, ya ampun maaaakk sangat terbatas banget biaya kesehatan yang dilindungi perusahaan. Kupernah jatoh dari motor saat hendak ngantor, ya udah diurut aja sama tukang urut ternama. Pernah juga sakit yang mengharuskan ke dokter, tapi ku malas urus klaim ke kantor outsource karena memakan waktu banget. Kantornya kan jauh. Bukan satu gedung dengan tempatku bekerja. Ya sudahlah, relakan. Alhamdulillah nya si selama bekerja, itungannya saya sehat aja. Sesekali tebus obat dan itu masih bisa teratasi.

Sebahagia ini kalau hidup nggak diribetkan dengan dokumen apapun. Sebab semua dokumen bisa dikerjakan dan dipantau secara online.
Pelajaran dari pengalamanku, selain gaji, perhatikan pula tunjangan kesehatan yang diberikan perusahaan. Lumayan kan buat yang pake kaca mata, bisa gonta-ganti kaca mata per tahunnya biar di wajah ada yang berbeda. Belum lagi kalau yang berkeluarga, tetiba anak sakit atau persiapan kelahiran isteri, harus dipikirkan banget deh tuh. Kalau tabungan cukup, alhamdulillah. Akan tetapi, kalau lagi minus, asuransi dari kantor sungguh bisa membantu demi keberlangsungan hidup bersama. Hihihihii..

Another lesson learned adalah karena sekarang serba digital, kuberharap perusahaan pun bisa bekerja sama dengan asuransi yang mendukung penuh layanan digital. Kebayang donk tahun 2010 internet baru booming dan harga paket data juga masih mahal. Karena malas klaim ke kantor pihak ketiga yang menaungi ku bekerja, akhirnya saya pilih membayar secara pribadi segala fasilitas kesehatan yang pernah digunakan.

e-Friend FWD MAX, Kemudahan Berasuransi Digital untuk Nasabah Korporasi dari FWD Life

Berbeda halnya dengan era 4.0 saat ini. Berasuransi pun jauh lebih mudah selama kita terkoneksi dengan jaringan internet. Adalah e-Friend FWD MAX, sebuah fitur yang disempurnakan oleh perusahaan asuransi pelopor digital FWD Life, menawarkan pengalaman nasabah korporasi menjadi lebih baik dengan proses berasuransi yang sederhana, mudah dipahami, cepat, dan transparan.

“Sejak kehadiran kami di Indonesia, kami telah secara agresif berkembang melalui teknologi digital. Untuk saluran distribusi yang peka terhadap harga, kami senantiasa mengembangkan teknologi yang kami miliki untuk meningkatkan layanan kami dan menawarkan proses berasuransi yang lebih cepat, mudah, dan nyaman bagi nasabah korporasi,” ujar Presiden Direktur FWD Life, Anantharaman Sridharan dalam acara Talkshow Inovasi Digital Fitur FWD MAX e-Friend Terbaru, Selasa (9/7/2019) di FWD Life, Pacific Century Place Lt. 39, Jakarta.

Anantharaman Sridharan, Presiden Direktur FWD Life saat menghadiri Talkshow Inovasi Digital Fitur FWD MAX e-Friend Terbaru, Selasa (9/7/2019) di FWD Life, Pacific Century Place Lt. 39, Jakarta.

Mendukung pernyataan yang dikemukakan oleh presiden direktur FWD, Maika Randini (FWD Life Chief Marketing Officer) menyatakan, fitur e-Friend FWD MAX yang diperbaharui ini mempermudah kerja departeman perekrutan karyawan (Human Resource Development - HRD) dalam hal mengurus klaim asuransi.

"Kalian bisa lihat manfaat perusahaan bagi member. Administrasi yang harus dikerjakan HR 'kan banyak. Dengan e-Friend FWD MAX, para karyawan bisa mengurus sendiri klaim asuransi melalui smartphone (telepon pintar). Mau sambil tiduran di malam hari pun klaim asuransi bisa tetap dilakukan", ujarnya.

Kemudahan lainnya apabila karyawan mengalami masalah administrasi di rumah sakit, tambahnya. Para karyawan tinggal klik menu "i'm in hospital". Dengan sigap, karyawan FWD Life akan menindaklanjuti kesulitan nasabah agar segera teratasi dengan pihak rumah sakit.

Fitur Pembaharuan e-Friend FWD MAX dari FWD Life

Memang apa saja fitur pembaharuan yang dimiliki e-Friend FWD MAX?.

  1. Tampilan baru yang lebih menarik, mudah, dan sederhana.
    Memudahkan pengguna menjadi tujuan utama FWD Life memperbaharui fitur e-Friend FWD MAX.
  2. Reimburse Claim tanpa menyertakan dokumen.
    Karena semua sudah dilakukan secara online, para nasabah tidak perlu lagi mengisi klaim asurnsi menggunakan kertas, termasuk mengirimkan klaim mereka menggunakan jasa pengiriman barang atau dokumen.
  3. Tracking Claim, untuk memonitor proses dan status klaim.
    Setelah mengirimkan klaim asuransi mam bisa memantau status klaim: apakah merah (ditolak), hijau (selesai diproses), atau kuning (sedang diproses).
  4. I’m in Hospital, untuk menginformasikan kendala yang dialami nasabah ketika berobat di jaringan rumah sakit rekanan FWD Life.
    Petugas FWD Life akan segera berhubungan secara online kepada rumah sakit rekanan apabila Mama memiliki kendala di rumah sakit tersebut.
  5. Pembayaran kelebihan klaim secara online yang pertama di Indonesia.
    Yang namanya berasuransi pasti ada limit pembayaran. Nah, kalau ternyata pembayarannya berlebih, Mama bisa banget langsung bayar di tempat pakai uang elektronik. Pada akhirnya, urusan administrasi kesehatan mama di rumah sakit bisa selesai saat itu juga. 


Tidak berpatokan pada besarnya premi yang diraih, FWD Life hadir di Indonesia dalam rangka memudahkan masyarakat untuk berasuransi melalui berbagai inovasi digital seperti aplikasi FWD MAX yang bisa diunduh di Google Play Store dan Apple Store.

Efisiensi Jadi Kunci e-Friend FWD MAX dari FWD Life


Yup, di era serba cepat dan digital ini, segalanya jadi efisien. Begitu pula dengan hadirnya e-Friend FWD MAX dari FWD Life. Arlius Telaumbanua, FWD Life VP-Head of Bussiness Development Corporate Care di kesempatan yang sama menjelaskan menyebutkan berbagai efisiensi yang bisa dilakukan nasabah melalui FWD MAX di antaranya:

  1. Klaim teratasi selama empat hari kerja
    Karena FWD MAX mengandalkan plikasi dan internet dalam bekerja, nasabah bisa melakukan kapan pun dan dimana pun utuk klaim asuransi. Dengan fitur yang tersedia, nasabah juga bisa memantau (tracking) klaim asuransi yang dilakukannya. Setidaknya empat hari kerja klaim asuransi sudah teratasi.
  2. Cost untuk kirim dokumen tidak ada karena semua bisa dilakukan secara online
    Kalau secara manual, nasabah harus mengisi berbagai form menggunakan kertas, lalu mengirimkannya kepada perusahaan asuransi. Dengan inovasi digital yang dilakukan FWD Life, nasabah cukup mengisinya dari aplikasi dan klik tombol kirim untuk ditindaklanjuti perusahaan asuransi tanpa memikirkan biaya dan lama pengirman.
  3. Tidak ada risiko hilang dokumen pada saat pengiriman klaim
    Karena dilakukan secara online, otomatis risiko hilang dokumen di tengah jalan tidak akan terjadi. Nasabah bahkan bisa mengecek proses klaim yang diajukan yang menjadi bagian dari pembaharuan e-Friend FWD MAX.
  4. Bukan hanya sebagai kartu asuransi, tetapi juga jadi lifestyle
    Nah, yang ini FWD Life menggunkan poin untuk setiap nasabah maupun nonnasabah dan memberi kesempatan kepada mereka untuk menggunakannya di merchant yang bekerja sama dengan FWD Life.
Tiga narasumber yang hadir di acara Talkshow Inovasi Digital Fitur FWD MAX e-Friend Terbaru: (kiri ke kanan) rlius Telaumbanua, FWD Life VP-Head of Bussiness Development Corporate Care, Maika Randini (FWD Life Chief Marketing Officer), dan Samuel Ray (HR Profesional).
Sementara itu, Samuel Ray, seorang HR Profesional, mengakui adanya e-Friend FWD MAX sangat memudahkan dan memangkas kerja karyawan departemen HR. Ia bercerita bagaimana tanpa aplikasi FWD MAX seorang karyawan bagian HRD bisa saja ditelepon malam-malam oleh karyawan bagian lainnya hanya untuk urusan asuransi kantor di rumah sakit.


Menurut penuturannya, "Kalau yang manual, biasanya kita tunggu orang asuran si datang untuk klaim asuransi. Aplikasi FWD MAX ini mem-by pass (memotong) antara HR sebagai mediasi karyaran dan suransi. Ini juga mengubah kebiasaan karyawan, tanpa harus demanding (bergantung) kepada HR". Samuel yakin, pembaharuan fitur eFriend FWD MAX bisa menjadi trend setter untuk perusahaan asuransi Indonesia lainnya.

Kalau ada yang simpel buat kerja di kantoran, ngapain harus berhubungan sama yang ribet. Cobain deh para HRD perusahaan menjalin kerja sama dengan FWD Life. Pekerjaan HRD lebih ringan dan karyawan jadi mandiri buat urus klaim.

Tentang FWD Life

FWD Life merupakan perusahaan asuransi yang telah berdiri sejak tahun 2013. Sejak empat tahun berdirinya, perusahan ini telah ekspansi ke delapan negara dengan total pendapatan mencapai Rp 22,8 milyar. Di Indonesia sendiri FWD Life sebagai pelopor asuransi digital dengan penjualan tanpa kertas. FWD Life juga sebagai asuransi pertama di Indonesia yang melindungi olahraga dengan risiko tinggi.

Arlius juga menambahkan, FWD Life bukan hanya menawarkan, melainkan mengubah cara pandang masyarat Indonesia dalam berasuransi. FWD Life terus-menerus melakukan inovasi digital bukan lagi bicara tentang "saya sakit, lalu harus bagaimana". Akan tetapi, inovasi dicari perusahaan karena kemudahannya.

"Case (kasus) nya bukan lagi premi dan benefit yang luar biasa. Yang paling penting, bagaimana karyawan dengan mudah memanfaatkan benefit dari asuransi kantor", pungkasnya.

Wajah sumringah habis cobain reedem voucher Chatime buat nonnasabah FWD Life. Caranya cuman unduh aplikasi FWD MAX di Play Store dan App Store trus kemarin kasih bukti kepada petugas yang bertugas.

Selain tentag inovasi digital, FWD Life juga memanfaatkan poin untuk nasabah maupun nonnasabahnya agar bisa berbelanja atau bahkan menyalurkan hobi mereka di merchant tertentu. Kalau nasabah FWD Life tidak pernah melakukan klaim, kamu bisa dapat poin, lho! Trus kamu unduh aplikasinya, kamu bisa dapat poin lagi. Poin-poin yang ada bisa kamu tukarkan ke merchant yang sedang bekerja sama dengan FWD Life, seperti Bakmi GM, sinema, ataupun Chatime. Aku yang belum menjadi nasabah FWD Life sempat merasakan kemudahan ini. Cukup unduh aplikasi FWD MAX, lalu reedem poinnya untuk mendapatkan satu gelas reguler Chatime. Hohohoho ^^

Buat tahu lebih lanjut dan merasakan sedniri berbagai kemudahan dari inovasi digital yang dilakukan oleh FWD Life, coba deh unduh aplikasi FWD MAX di Play Store ataupun Apps Store. Kalau mau tahu lebih jauh tentang FWD Life, bisa cek di situs mereka (www.fwd.co.id) follow aja Instagram FWD Life.

Saya bersama teman-teman Bloggercrony saat menghadiri Talkshow Inovasi Digital Fitur FWD MAX e-Friend Terbaru, Selasa (9/7/2019) di FWD Life, Pacific Century Place Lt. 39, Jakarta. Sejujurnya saya punya insgith baru dengan dunia asuransi di Indonesia. Thanks FWD Life dan Bloggercrony atas undangannya.


2 komentar

  1. Sekarang ini tuh serba dipermudah ya kak, apalagi soal urusan asuransi gini. Fitur e-Friend sangat memudahkan nasabahnya saat menggunakan FWD Max.

    BalasHapus
    Balasan
    1. IYAAAAAAHH.. HRD nya pasti kebantu banget ini sama persoalan asuransi. Hihihiii

      Hapus

Terima kasih sudah berkomentar dengan sopan :)