Achievenment Unlocked: Riyadh Bisa Gowes Sepeda Roda Dua di Usia 3.5 Tahun

Assalaamu’alaikum, Mama.

Penghargaan terbaru baru aja diraih Riyadh. Ngahahaha segitu bangganya ejkeeeh. Mari ucapkan maasyaa Alloh tabarokalloh dulu buat Riyadh. Ini bukan penghargaan yang gimana-gimana, si. Cuman penghargaan motorik kasar dia yang menurut gue udah lebih dulu dari umur yang seharusnya.

Di usia 3.5 tahun Riyadh udah bisa naik sepeda roda dua! Yasss, achievement unlocked! Temen-temen main Riyadh di rumah baru pada bisa naik sepeda roda dua pas usia 5 tahun. Si Riyadh 1.5 tahun lebih cepat. Emaknya aja baru bisa gowes sepeda pas mau masuk SD. Itu juga nunggu mamaku beliin sepeda yang agak besaran juga si, dari duit nabung di tempat pengajian :D Masih alhamdulillah juga.

Sepeda Roda Empat Riyadh

So, Riyadh sudah diperkenalkan dengan sepeda sejak ulang tahun kedua. Dia kan punya banyak sepupu, ya. Sepupunya ini punya sepeda lipat (seli). Kalau main ke rumah nenek (panggilnya mama-juga), sepupunya ini suka main sepeda di dalam rumah. Si Riyadh suka diboncengin. Mulai tertariklah Riyadh dengan sepeda. Pasca ultah yang kedua, kita kelalang-keliling nyari sepeda yang cocok model dan harganya.

Riyadh saat ulang tahun kedua. Semoga sehat dan sukses selalu yadh di dunia dan akhirat.


Mamanya Riyadh udah suggest buat beli balance bike. Cuman karena itu sepeda belum dianggap umum, pandangan rangorang semacam …. “apaan sih? O.O”, “itu (balance bike) cuman bentaran doang. Sayang kalau nggak kepake”, “Masa sepeda nggak ada sadelnya?” Ya udahlah, ya. Akhirnya pilihan jatuh pada United Aero Magnesium. Kita nyari sepeda sampe ke BSD. Eeee ketemunya di pinggir Jalan Arteri Pondok Indah. Wkwkwkw.

Jauh sebelum sepeda, Riyadh udah diperkenalkan dengan motor-motoran roda dua (kado ulang tahun pertama) dan tiga (kado ulang tahun kedua). Jadi memang dia udah familiar dan lihai keseimbangannya dengan mainan seperti ini.

Motor-motoran hadiah ulang tahu kedua dari uwaknya.


Buat awal-awal anak pasti belum tahu gimana cara memakai sepeda. Begitupun sama Riyadh. Pas di awal dia belum tau gimana cara mengayuh sepeda. Kakinya juga belum nyampe-nyampe amat buat ngayuh secara full. Alhasil dia mengayuh sepeda cuman sampai setengah putaran trus ditarik lagi ke belakang supaya dia bisa mengayuh lagi dan sepeda bisa bergerak maju. Duh, susye yaa jelasinnya. Ngerti lah yaa pokoknya. LOL.

Seiring kebiasaan dan usia, akhirnya kakinya nyampe juga buat ngayuh sepeda secara full. Kakinya udah sampe juga ke tanah? Yaa belom! Sampai sekarang--usia Riyadh 3,5 tahun, dia masih jinjit kalau pake sandal saat menunggangi sepeda. Alah bisa karena biasa, mams paps. Jadi, pede aja anaknya.

United Aero Magnesium 12 inch, sepeda pertama Riyadh hadiah ulang tahun kedua. Ini sepeda paling keren di antara lainnya sebab catnya dove gitu. Di sepedanya udah ada botol minum di baguan belakang dan jam tangan kecil di bagian stang. Akibat pemakaian, jamnya udah lepas. Botol minum dicopot karena ribet. (Dok. Shopee)

Balance Bike Sewa


Karena anak usia 3 tahun udah kenal main, Riyadh suka kelilingan main sepeda roda empat ataupun motor-motoran. Kadang dia main sendiri yang dibuntutin emaknya. Sering kali pula dia main sama teman-temannya di sekitar rumah.

Menjelang usia 3,5 tahun, temannya Riyadh ada yang udah bisa sepeda roda dua. Cowok, usianya 5 tahun btw. Karena usia dan tubuh lebih besar, skill bersepeda juga lebih upgrade dong, ya. Nah, si Riyadh suka ketinggalan kalau ngebuntutin teman-temannya bersepeda. Jadilah dia tuker sepeda roda empat ke motor-motoran roda tiga supaya bisa jalan bareng, apalagi zona turunan.

Riyadh and his rent-balance bike. Baru bangun tidur yang kedua kalinya, langsung ngacir si anak buat main sepeda.

Karena ku ngeliatnya kasian, Riyadh yang terbelakang gitu. Pertengahan Mei ku cari-cari tempat penyewaan balance bike yang dekat dengan tempat tinggal. Ketemulah si Toyzilla yang kebetulan punya temen SMA gue. Ceritanya pinjam tu sepeda selama sebulan. Dari pertengahan Ramadhan sampai Syawal.

Namanya barang baru, di awal dia butuh penyesuaian. Inget banget waktu itu dia kebetulan bangun sahur. Trus tau ada sepeda baru di kamar. Pagi-pagi saat mama papapnya ngantuk karena kekenyangan sahur, dia malah kelilingan sendiri naik balance bike. Berusaha ngelancarin. LOL. Akhirnya dikurungin sama tetangga dan balik tidur di kasur :p

Bangun tidur abis kelilingan, belom mandi pun udah ditaekin lagi tu balance bike. Gairahnya masih tinggi dengan barang baru. Udah lancar di jalan datar, Riyadh jajal di turunan. It worked very fast n smooth! Beneran nggak ada luka karena jatoh dari sepeda. Ngeliat dia swing-swing main sepeda juga enak banget. Lentur aja badannya.

Balance bike merk London Taxi yang disewa Riyadh. Kita udah lihat-lihat ni sepeda di Kemang Village. Liat barang dan coba secara langsung emang paling benerlah walau kita nggak jadi beli kala itu. Harga balance bike 1.5 tahun lalu hampir 2 juta. Barusan kucek di Tokopedia uah satu jutaan lewat dikit.

Sebenernya ada juga niatan emaknya minjemin balance bike ini. Supaya Riyadh cepet naik roda dua. Ngahahaha.. Berhubung kakinya aja belom nyampe ke tanah, yaa we’ll see lah ya setelah peminjaman ini. Niatnya malah mau ngebeliin dia balance bike. Lagi-lagi masih mikir-mikir soal harga. Heheheu.

ACHIEVEMENT UNLOCKED!

Hari ini (Rabu, 20/6/2019) tepat hari dikembalikannya si balance bike. Dari awal ku sudah sounding ke anaknya, “Ini sepeda roda dua pinjam sama temen mama. Kalau pinjam, berarti nanti dikembalikan”. Pun begitu saat tiba hari pengembalian. Ku sounding berkali-kali ke anaknya dari dua hari sebelumnya kalau sepeda roda dua (balance bike) ini akan dikembalikan. Yaa nggak gimana-gimana juga si anaknya. Shantay bae keliatannya. Pukul 9.30 WIB, balance bike has been picke up by driver. BHAY, balance bike!

Memori Riyadh belajar sepeda roda empat di IG story Mama.

Riyadh pun kembali main dengan sepeda roda empatnya. Karena saking entengnya si balance bike (around 3 kg), Riyadh jadi kebawa sama sepeda roda empatnya. Saat ini dia lebih seneng angkat dan memuter posisi sepeda ketimbang didorong untuk memutar. Riyadh sempat minta sama saya untuk dilepaskan kedua roda kecilnya, tapi yaa kataku ntar-ntaran ajalah. Kakinya belum nyampe secara full ke tanah. Kalau bapaknya lebih khawatir lagi, takut Riyadh mainnya kejauhan kalau udah mahir sepeda.

“Biar kayak As**, Mah sepedanya roda dua”, rengek Riyadh menjelang siang.

Nggak tau gimana ceritanya, jam 1 siang dia laporan ke mamanya kalau rodanya patah. Ku yang baru bangun tidur semacem, “Doh, ada2 aja yang rusak!” Kuperiksa rodanya, ternyata bener. Patah! Nggak bisa disambung karena jari-jari roda kecil terbuat dari plastik. Maklum namanya juga  tinggal di kampong, banyak yang nungganin sepedanya. Bisa jadi ini karena overload.

Ya udah daripada Riyadh main sepeda roda 3, miring-miring nggak jelas, ku buka aja kedua roda kecilnya. Biarin aja Riyadh belajar, nemuin celahnya sendiri supaya bisa mengayuh beneran sepeda roda dua.

“Udah kamu belajar sendiri. Kan udah belajar seimbang pake balance bike. Coba belajar sendiri”, kataku.

"Iyadh takut jatoh, Ma. Pegangin!”, balas Riyadh.

“Nggak apa jatoh. Kan Riyadh pake celana panjang. Kalaupun jatoh, yaa lututnya masih ketutupan sama celana”, kataku lagi.

Akhirnya aku pegangin Riyadh dari sisi samping sambal dia belajar mengayuh sepeda. Ya Tuhaaan, yang ada gue yang ngeri kalau dia jatoh. Dilepas sedikit, oleng. Dipegangin terus, yaa pegellah tubuh mamak. Akhirnya ku menyerah.

Dari sana muncullah teman-teman main Riyadh yang bersedia membimbingnya. Tadinya kularang karena kupikir mana mereka kuat megangin Riyadh main sepeda. Badannya aja  nggak jauh lebih besar dari Riyadh.

Temen Riyadh yang perempuan megangin Riyadh dari sisi samping. Yang laki-laki ngasih contoh gimana cara mengayuh sepeda. Karena ku belum sholat Zuhur, kuputuskan masuk dulu ke rumah. Proses belajarnya Riyadh pun berpindah tangan ke abang tetangga yang usia 7 tahun. Pas aku selesai wudhu, hendak sholat Zuhur, Riyadh udah teriak lagi dari luar, “Maa, Iyadh udah bisa naik sepeda! Liatin, Ma!”, pamer anaknya ke sang emak.
Emaknya pun surprise secepat itu. Bener aja, lho dia udah bisa mengayuh sepeda roda dua. BRAVO! Ngahaha pikiran emaknya pas sholat udah kacau sebenanrnya. Pengen lihat lebih lama gitu, beneran bisa nggak tuh anak. Akhirnya pas udah selesai sholat, ku abadikanlah melalui video one step a head Riyadh’s milestone! *Standing applause*

Sekian cerita milestone Riyadh kali ini. Di awal kelahiran Riyadh, mamanya pengen rutin nulis per bulan milestone Riyadh sampai usia minimal setahun. Niat tinggal ucapan. Terlaksana pun tidak. Malah baru update ini lagi setelah sekian bulan lamanya. LOL.

Jadi,

  1. Balance bike, YAY or NAY? YAY!
  2. Balance bike atau sepeda roda empat? Kalau Riyadh maah punya sepeda roda empat dulu, balance bike-nya nyewa sebulan doang. Bakal masih kepake sampai usia Riyadh 5 tahun. Kalau mau punya balance bike sampai 5 tahun juga gak apa trus baru beli sepeda anak ukuran 16 mungkin?
  3. Gimana dengan sepeda roda 3? Nggak usah belilah! Ngayuhnya juga susah buat si anak. Beneran!
  4. Semakin sering anak terpapar, makin cepet kebisaannya. Riyadh itu di rumah banyak temen jadi keterpaparan sama sepeda sering banget. Yaa biasalah anak kecil, “Si A punya ini si A bisa ini, aku juga mau, Ma!” Selama itu baik dan anaknya bisa, yaa turutin aja.
  5. Si Riyadh baru tahap bisa mengayuh. Kemampuan ngerem belum bisa. Kekuatan jari tangan masih belum full. Nalar kapan rem, kapan ngayuh, kapan lepas rem juga belum dapet. Pelan-pelan lah yaa.


Wassalaam.

Semoga anak-anak kita sehat ceria selalu. Menjadi penyejuk mata dan hati kedua orangtuanya. Aamiin.



5 komentar

  1. Wah semangat ya Riyadh belajar sepedanya. Pasti bisa hihi. Pokoknya nggak boleh pantang menyerah :D

    BalasHapus
  2. Wah keren banget nih si kecilnya sudah bisa belajar sepeda hehe

    BalasHapus
  3. Wah si kecil ini pinter banget, masih usia 3,5 tahu sudah mau belajar sepeda

    BalasHapus
  4. Wah seru banget nih sepertinya Riyadh sudah mulai belajar gowes hehe

    BalasHapus
  5. Dulu saudara saya juga belajar sepeda waktu umur kurang lebih sih 3,5 tahunan

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkomentar dengan sopan :)