Semalam di Hotel Bisnis Bintang Lima Crowne Plaza Bandung

Assalaamu'alaikum...

Minggu (3/3/2019) lalu, setelah acara BloggerDay2019 selesai, kami putuskan untuk extend di Hotel Crowne Plaza Bandung selama satu malam. Karena BloggerDay2019 selesai di sore hari, kami perpanjang waktu tinggal kami di Bandung. Tau sendiri kan macetnya Tol Cikampek? Heheu..

Mengapa pilih menginap di hotel? Buat saya yang memiliki seorang balita, kualitas tidur balita jadi hal yang krusial. Tidur berkualitasnya seorang balita tentu harus didukung dengan kamar yang nyaman.

Alasan lainnya memilih hotel terkait lokasi dan fasilitas. Lokasi terletak di wilayah yang strategis. Fasilitas, karena punya anak kecil, keberadaan kolam renang anak tentu menjadi alasan utama memilih sebuah hotel. Nah, Hotel Crowne Plaza Bandung memiliki standar yang kami terapkan selama bepergian dengan balita.

Hotel Crowne Plaza Bandung, Hotel Bisnis dengan Lokasi Ideal

Hotel Crowne Plaza Bandung merupakan hotel bisnis bintang lima yang terletak di Jalan Lembong, Bandung. Wilayah ini sungguhlah amat strategis karena dekat dengan Jalan Braga, Jalan Merdeka, dan Jalan Asia Afrika. Ketiga jalan ini amat terkenal karena memadukan sejarah, hiburan, perjalanan kuliner, dan kehidupan malam di satu kawasan.

Saya menjajal betapa strategisnya lokasi Hotel Crowne Plaza Bandung. Malam setalah acara BloggerDay2019, kami makan malam di Jalan Braga. Kata orang, Jalan Braga ini semacam kawasan Kuta Legian-nya Bandung. Selalu ramai turis karena dikelilingi oleh hotel dan tempat inap berbudget rendah, aneka restoran kekinian yang buka hingga larut malam, juga berbagai potret kehidupan malam kota Bandung.

Karena di Jalan Braga katanya sulit untuk parkir kendaraan roda empat, kami putuskan untuk memesan ojek online. Waaah beneran deket banget, ya dari Crowne ke Braga! Kalau pergi si memang rada muter, tapi begitu pulangnya cepet banget. Nggak sampai lima menit sudah sampai di lobby Hotel Crowne Plaza Bandung. Kalau nggak bawa balita maaah saya jalan aja dari dan ke Jalan Braga sambil menikmati suhu udara Bandung.

Receptionist Hotel Crowne Plaza Bandung yang nampak mewah dan luas.
Fasilitas Kamar Deluxe Hotel Crowne Plaza Bandung

Hotel Crowne Plaza Bandung memiliki ... kamar dengan delapan tipe kamar: deluxe ....

Pada saat itu kami memesan kamar tipe deluxe dengan dua tempat tidur single yang terpisah. Ahahaha beda ya emang kamar di hotel bintang lima dengan nonbintang lima. Lantainya beralaskan karpet, kasurnya pun empuk banget. King Koil, maaak yang nggak bikin punggung sakit sehabis tidur di kasur. Wkwkwkw. Kurang kualitas apalagi coba tidurnya? Apalagi hotel ini mengusung konsep bisnis hotel. Cucok banget buat istirahat dari perjalanan bisnis.

Oh ya, kalau membawa balita begini biasanya saya tidak masalah dengan tipe kasur. Selagi ada kamar dengan tipe kasur double bed, saya akan piliih double bed. Akan tetapi, pada saat saya check in sekitar pukul 2.30, kamar deluxe dengan tipe doble bed belum siap. Maklum aja pas  malam minggu hotel full booked dengan grup. Jadi, masih tahap pembersihan.

Suasana kamar deluxe twin bed di Hotel Crowne Plaza Bandung. Meski tipenya twin, tapi kasur single ini lebar banget lho.
Akhirnya kami pilih kamar dengan tipe twin bed. Kami membayangkan dua kasur ini bakal kami jadikan satu (dirapatkan) supaya balita tetap bisa tidur di tengah tanpa khawatir bakal jatuh terguling ke lantai. Akan tetapi, hal itu tidak dapat kami lakukan di sini sebab ada perangkat listrik yang memisahkan antarkasur.

Selain soal tempat tidur, di kamar ini juga terdapat meja kerja beserta alat tulisnya. Ada pula sofa bed untuk santai-santai sambil nonton TV. Sementara televisi, Hotel Crowne Plaza Bandung menyediakan secara lengkap, mulai dari stasiun TV lokal sampai mancanegara.

Yang aku suka lainnya saat menginap di hotel yang berdiri sejak ... ini adalah kamar mandinya yang luas. Tentu ada wilayah basah dan kering. Jadi, begitu masuk ke kamar mandi, tamu akan dihadakan langsung dengan kaca kamar mandi yang besar. Di bawah kaca terdapat wastafel dan seperangkat toileteries, seperti sikat gigi dan odol, shower cap, trash bag, sabun batang untuk cuci tangan, dan sepasang gelas. Di loker toilet terdapat timbangan digital.

Sementara itu di bagian kanan kamar mandi terdapat bath tub dengan kaca yang tembus ke area kamar. Kalau pemandangan kamar mandi nggak mau terlihat, tamu bisa menarik tirainya dari dalam kamar mandi. Dia atas kamar mandi terdapat rak handuk. Adapun handuk yang disediakan masing-masing dua buah untuk ukuran kecil dan besar. Sementara itu, di sisi sebelah kiri kamar mandi terdapat shower. Shampo, body lotion, dan sabun cair pun sudah disiapkan dari pihak hotel di shower room ini.

Sayangnya di hotel ini belum ada fasilitas hair dryer dan sisir di kamar mandi. Kemarin saya lupa membawa sisir. Alhasil selama berada di Bandung, kami tidak menyisir rambut. Untuk muslimah seperti saya, keberadaan hair dryer sangat membantu untuk mengeringkan rambut dan harus buru-buru menutup rambut dengan hijab saat hendak pergi.

Bisnis Hotel dengan Fasilitas yang Kids Friendly

Fasilitas apa yang dicari dari sebuah penginapan saat membawa bocah? Yup, kolam renang! Maklum aja ya di rumah kami nggak punya kolam renang. Jangankan kolam renang, ruang untuk mandi di bak yang ditiup aja nggak ada. Hahaha.. Lah kok jadi curhat? Well justru di situlah serunya menginap di hotel. Ada sesuatu yang istimewa bagi anak-anak, yaitu kolam renang.

Mama bisa menjumpai kolam renang yang sangat luas punya Hotel Crowne Plaza Bandung di lantai lima. Kolam renangnya macem kolam renang infinity yang panjang banget, kedalamannya rata 140 cm. Di sisi kanan kiri kolam renang terdapat undakan lantai setinggi 50 cm alias sebetis balita.

Area kolam renang terbuka dari pukul 6 pagi hingga 6 petang. Areanya satu lantai dengan ruang Gymnasium. Kalau mau berenang di sini paling enak saat sore hari, mulai pukul 3 ke atas. Pun kalau mau pagi-pagi, baiknya sekitar pukul 6-8 pagi. Selain jam itu, siap-siap dengan panas matahari yang sangat terik.

Tapi yaah kalau anak kecil mau jam berapapun mereka enjoy aja buat berenang. Riyadh kemarin berenang pukul 11, setelah puas bermain di playground. Hadeeeh orangtuanya yang males nungguin karena kepanasan. Selesai berenang, ada ruang bilas yang terpisah antara perempuan dan laki-laki. haduk renang juga disediakan. Tamu hotel tinggal minta aja kepada penjaga kolam renang.

Nah, selain kolam renang, di lantai yang sama juga terdapat Kids Club, semacam mini playground indoor untuk anak-anak. Di dalamnya terdapat tempat bermain anak berupa kubikal-kubikal. Disediakan pula puzzle dan lego. Kalau anaknya suka mewarnai juga disediakan tempat duduk untuk mewarnai. Kertas bergambar dan pensil warna berasal dari hotel.

Anakku, Riyadh, yang lagi asyik mewarnai. Selain difasilitasi oleh lego, mobil-mobilan, dan berbagai buku bacaan, buat anak yang hobi mewarnai bisa banget nih disalurkan saat menginap di Hotel Crowne Plaza Bandung. Mereka menyediakan kertas untuk diwarnai beserta pensil warnanya.
Menurut penuturan salah satu pegawai Kids Club yang saya lupa tanyakan namanya, saat libur hari besar seperti Natal, Lebaran, dan Tahun Baru, Kids Club memiliki sejumlah aktivitas gratis untuk pengunjung yang membawa balita, seperti memasak a la chef junior. Kalau hari-hari biasa, anak-anak bisa seseruan dengan aktivitas origami. Mau baca buku juga boleh, lho. Ada tempatnya yang pewe banget untuk membaca.

Niatnya mau berenang. Karena melihat ada Kids Club, Riyadh belok dulu ke sini. Betah dia maiin smapai satu jam di dalam. Kalau bukan karena mau pulang dan kembali ke Jakarta, anaknya nggak mau keluar dari Kids Club Hotel Crowne Plaza Bandung.
Enaknya lagi, di Kids Club ini ada pegawai yang menjaga. Kalau orangtua bosan membersamai si kecil saat bermain, kita bisa duduk-duduk di pinggir kolam renang sambil menikmati pemandangan mengarah ke kolam renang dan gunung.

Lounge yang terletak di pinggir kolam renang ini asik banget suasananya buat hangout saat menginap di Hotel Crowne Plaza Bandung.

Meeting Room sampai Restoran yang Mampu Menampung Banyak Orang

Dari tadi aku bicarain tentang pengalaman menginap secara pribadi. Bagaimana dengan fasilitas grup di Hotel Crowne Plaza Bandung? Bukankah hotel yang termasuk jaringan InterContinental Group (IHG) ini melabelkan diri sebagai hotel bisnis?

Yup, bener banget, Ma. Buat mama dan/atau papa yang memerlukan venue untuk mengadakan meeting, gathering, ataupun pernikahan dengan melibatkan banyak partisipan, Hotel Crowne Plaza Bandung oke banget buat dijadiin venue.

Kemarin pada saat BloggerDay2019 yang melibatkan 100 peserta blogger, ditambah sejumlah panitia dan sponsor yang hadir, Lembong Meeting Room jadi saksi keberhasilan kami melaksanakan BloggerDay2019. Hal ini berkat fasilitas meeting room Hotel Crowne Plaza Bandung yang mumpuni, seperti lighting, sound system, projector, juga ketersediaan tempat untuk menaruh makanan prasmanan, WC pria dan wanita, serta musholla. Coba ya kalau fasilitas pendukungnya terpisah, bakal lebih banyak memakan waktu.

Hotel Crowne Plaza Bandung juga memiliki restoran yang sangat luas, berkapasitas lebih dari 200 orang. Mosaic nama restorannya. Kalau untuk sarapan, mama bisa menemui beraneka menu nasional dan asia di sini. Kemarin aku mencoba salad, sunny side up, dan beberapa potongan buah. Kalau kata suamiku, gulai kambingnya enak dan sangat recommended.

Salah satu sisi dari Mosaic Hotel Crowne Plaza Bandung.
Lainnya, mama dan keluarga bisa mencoba sereal, aneka jamu, nasi goreng kampung, mie goreng, spaghetti, skuteng, aneka puding, roti-rotian, omelet, bubur ayam, bubur kacang ijo/ketan item, tongseng kambing, rottatouli,  dimsum, pancake dan wafle, aneka jus buah, infuse water, air mineral, kopi/teh di waktu sarapan.

Area untuk sarapan di hotel ini dibatasi, mungkin tergantung pada kondisi jumlah tamu yang menginap. Area sarapan memang lebih mewah, nyaman, dan penuh persiapan dengan satu set peralatan makan di atas meja makan.

Aneka roti-rotian menjadi salah satu menu saat sarapan di Hotel Crowne Plaza Bandung.
Nah, buat mama dan kerabat yang kepengen makan siang bersama di hotel bisnis bintang lima daerah Bandung, mama bisa coba makan di Mosaic Hotel Crowne Plaza Bandung. Mereka punya konsep makan ala bancakan. Waktu acara BloggerDay 2019, kami makan siang dengan sistem bancakan. Bener-bener sensasi  makan yang berbeda. Ya suasana juga rasanya.

Karena melibatkan 100 peserta, Hotel Crowne Plaza Bandung menyediakan 5 row kursi agar setiap peserta bisa menikmati makan bersama-sama di atas selembar daun pisang, tanpa sendok. Biasnaya yang namanya bancakan, semua menu diletakkan di atas daun pisang, bersamaan dengan nasi liwet. Akan tetapi, ini berbeda.

Suasana bancakan di Hotel Crowne Plaza Bandung. Karena ini era digital, sebelum makan, kita pepotoan dulu donk! Apalagi pas ngumpul dengan 100 blogger di hotel bisnis bintang lima di bandung.
Seperti halnya makan di restoran padang, pihak Hotel Crowne Plaza Bandung hanya menyediakan seporsi nasi gurih di atas selembar daun pisang. Mereka meletakkan aneka rupa lauk-pauk di atas piring. Siapa mengambil apa, tinggal diambil seperlunya. Jadi tidak banyak lauk yang mubazir.

Jangan tanya soal lauknya, sungguh beraneka, mulai dari empal daging, balado kentang dan ati, tumis cumi, tumis pokcay, kerupuk, sayur asem, sambel, aneka lalapan. Tidak cukup sampai di situ, Hotel Crowne Plaza Bandung juga menyediakan aneka buah potong dan es cendol untuk cuci mulut. Waaah kami puas banget deh makan siang di sana walau denagn sistem bancakan, bukan buffet.

Kalau ini aneka jenis yang aku pilih saat bancakan di Hotel Crowne Plaza Bandung. Psst itu nasinya tampak putiih gitu aja padahal rasanya gurih enak banget!

Dari pengalaman menginap di Hotel Crowne Plaza Bandung, aku merasa cukup puas. Semua fasilitas yang child friendly, lokasi, juga keanekaragaman makanan benar-benar bikin betah. Yang penting lagi, hospitality-nya juga sangat ramah dan membantu tetamu yang menemukan kesulitan. Mau bikin acara dengan ratusan partisipan juga oke banget di sini. Beneran bikin #yourcrownemoment tak terlupakan!

Hotel Crowne Plaza Bandung
Alamat: Jl. Lembong No.19, Jawa Barat, Bandung - 40111, Indonesia 
Hotel Front Desk: 62-22-30002500 Fax: 62-22-30002550 
Email: rsvn.bdocp@ihg.com

1 komentar

Terima kasih sudah berkomentar dengan sopan :)