Semalam di Amanuba Hotel & Resort Rancamaya yang Instagramable

Assalaamu’alaikum…

Liburan ke Bogor jadi alterntif warga Jakarta buat melepas penat. Selain daerahnya yang masih di “bawah” (ketimbang Puncak), Bogor juga menyediakan banyak tempat-tempat hiburan keluarga, termasuk tempat penginapan. Libur Tahun Baru Imlek lalu, saya bersama Riyadh, abang, dan mama menginap di Amanuba Hotel & Resort Rancamaya.

Go show gitu aja si rencananya, bukan yang direncakan matang dari jauh-jauh hari. Searching via online travel agency (OTA), dapet harga murah bagus, review bagus, booking deh! Lantas, gimana pengalaman saya menginap di sana? Simak ya ceritanya!



Semalam di Amanuba Hotel & Resort Rancamaya

Alasan kami memutuskan booking kamar di sini adalah harga yang terjangkau dengan bermacam fasilitas dan lingkungan yang asri. Waktu itu kami mendapat harga Rp 588.000 untuk satu kamar, satu malam, dan free pass sarapan untuk dua orang.

Dari segi lokasi, Amanuba Hotel & Resort Rancamaya terletak di sebelah luar kawasan perumahan Rancamaya, Bogor. Meski demikian, akses ke Amanuba tetap bisa melewati perumahan Rancamaya. Kalau keluarga Mama datang dari arah Batu Tulis juga bisa. Ikutin ajalah pokoke rute Google Maps. Gampang banget kok direktorinya dan nggak macet pula jalanannya. Padahal saat itu kan weekend panjang. Ku sungguh senaaaaang saat menjabat sebagai sopir keluarga!

Setelah berkeliling daerah Bogor Tengah, kami sampai di Amanuba Hotel & Resort Rancamaya pukul 18.00 WIB. Udah nggak keliatan pemandangan apa-apa saat tiba. Kami disambut oleh seorang receptionist pria. Konfirmasi reservasi pun dilakukan. Setelah memenuhi syarat reservasi, akhirnya kami mendapatkan kunci kamar.

Menimbang kondisi mama yang kesulitan berjalan jauh, kami putuskan untuk menginap di lantai 1. Yaaa ada lift si di sana, tapi takut lift mati atau something happend gitulah yang menyulitkan kami evakuasi. Jadi pilih lantai satu aja kamarnya. Kamar 101. Eeeh ternyata walau nginepnya di lantai 1 tetap naik tangga boook! Jadi model bangunanya emang begini. Setiap memasuki daerah kamar, akan menaiki sekitar 10 anak tangga. Pun begitu dengan lantai 2, 3, 4, dst.

Fasilitas Kamar Amanuba Hotel & Resort Rancamaya

Kami memesan kamar yang standar. Dari segi luas, benar apa yang tertera di OTA, ukuran kamar Hotel & Resort Rancamaya memang lebih besar dari ukuran kamar di resort lainnya walau memesan kamar yang ukurannya standar. Tempat tidurnya juga lebih luas. Fyi, kami kan datang berempat. Tanpa menambah extra bed, kami tidur semuanya dalam satu ranjang tempat tidur.

Ada dua pintu yang harus dilewati sebelum benar-benar masuk ke kamar. Seperti gerbang rumah, pintu pertama kamar merupakan gerbang peralihan antara daerah luar (teras) dan foyer (ruang peralihan).



Lorong kamar yang berada di Amanuba Hotel & Resort Rancamaya.

Di foyer ini, tamu resort biasa meletakkan alas kaki di atas lantai berlapis batu koral. Setelah itu, barulah kita bisa membuka pintu kamar dengan pintu sliding. Tanpa perlu memasukkan kartu kamar, tamu resort langsung bisa menyalakan semua peralatan elektronik sebagaimana biasa saat berada di rumah.

Di dalam kamar terdapat fasilitas yang lengkap, mulai dari meja kerja, AC, TV dengan beberapa stasiun TV lokal dan internasyenel, lampu baca, handuk kimono, lemari pakaian terbuka beserta gantungan baju, brankas, kulkas kecil, cermin, sepasang sandal hotel. Amanuba juga menyediakan dua botol air mineral ukuran 600 ml, beberapa sachet kopi, teh, gula putih dan merah, cangkir, sendok minum, beserta teko listrik.

Di depan tempat tidur terdapat kaca yang luas. Kamar yang memang sudah luas terkesan tambah luas lagi dengan penambahan kaca.

Lantai kamar terbuat dari keramik. Entah bagaimana, waktu saya datang ke sana, keramiknya agak berminyak. Akan tetapi, secara keseluruhan, semua ruangan termasuk kategori bersih.

Amanuba Hotel & Resort Rancamaya juga punya kamar mandi yang luas. Panjangnya sepanjang area kamar. Kalau buka pintu dari arah kamar, sisi kiri akan berhadapan dengan shower dan sisi kanan toilet.
Sisi kanan kamar mandi Amanuba Hotel & Resort Rancamaya diisi oleh area kering, hanya tersedia toilet dan kran.

Beralih ke kamar mandi, Amanuba Hotel & Resort Rancamaya juga memiliki kamar mandi yang luas. Di kamar mandi kami terdapat shower dan keran yang memiliki air panas dan dingin. Tempat mandi dibatasi oleh pintu kaca agar tidak bercampur dengan wastafel dan toilet yang merupakan area kering. Di dalam kamar mandi terdapat sepasang handuk besar, satu keset, toileteries tanpa sisir, dan hair dryer.

Sementara sisi tengah kamar mandi, tamu akan menemukan kaca yang panjang dan wastafel beserta toileteries.


Meski kamar tidur kami berada di pojok, wilayah Amanuba Hotel & Resort Rancamaya tidak terkesan spooky sama sekali. Kami menginap di sana dengan rasa nyaman dan pulas tertidur. Paling kebangun karena sering ditendang-tendang Riyadh. Maklum doi kalau tidur rada jabrah alias lasak.

Sarapan di Amanuba Hotel & Resort Rancamaya

Pagi pun tiba. Waktu sarapan di Amanuba Hotel & Resort Rancamaya dimulai pukul 6 hingga 10 WIB. Saya, mama, dan Riyadh memilih stay di kamar karena si bocil belum bangun. Akan tetapi, abang saya memilih untuk keliling wilayah Amanuba Hotel & Resort Rancamaya.

Selain diperuntukkan menginap, Amanuba Hotel & Resort Rancamaya juga biasa dipergunakan untuk resepsi pernikahan karena memiliki pendopo dan taman yang luas. Jangan tanya soal tempat parkir, lahannya pun luas sekali dan nyaman.

Suasana sarapan di Amanuba Hotel & Resort Rancamaya.


Untuk sarapan tetamu yang nginap, Amanuba Hotel & Resort Rancamaya menyediakan tempat di lantai dua, satu gedung dengan wilayah kamar penginapan. Restorannya tidak terlalu luas. Hanya terdapat tiga bagian deretan makanan dan deretan kursi yang menampung sekitar 50 orang. Bersebelahan dengan tempat reservasi, terdapat arena mencuci piring dari piring-piring kotor yang telah digunakna tamu resort.

Varian makanannya sendiri tidak terlalu beragam. Ada nasi putih, nasi goreng, roti, bihun goreng, tumis aneka sayuran, daging teriyaki, pojok salad, bubur ayam, susu dan seral, buah-buahan (semangka, melon, pepaya) dan puding. Kalau mama ingin memesan ommelet ataupun sunny side up juga bisa. Soal rasa tidak ada yang spesial.

Ini adalah bangunan tempat tetamu sarapan. Yang ditutupi kanopi adalah tempat sarapan. Bawahnya semacam tempat untuk ngopi santai, cocok di malam hari.


Waktu saya berkunjung, Amanuba Hotel & Resort Rancamaya tidak menyediakan tempat untuk mengambil aneka saos dan kecap. Abangku sempat meminta kepada pramusaji. Akan tetapi karena sibuk melayani, sepertinya mereka lupa.

Outdoor Facilities

Ini yang saya suka dari Amanuba Hotel & Resort Rancamaya. Outdoor facilities-nya luassss banget! Taman, kolam renang, pemandangan sawah, dan tempat duduk pertunjukkan (maap kutak tau istilahnya) adalah sejumlah item yang menarik buatku saat melihat di OTA. Yaa maklum aja bawa bocah. Kalau liat kolam renang dan hamparan rumput luas udah enak ajalah!

Pendopo Amanuba Hotel & Resort Rancamaya yang bisa dipergunakan untuk pesta pernikahan.


Amanuba Hotel & Resort Rancamaya punya kolam renang yang luas, terbagi atas dua wilayah: untuk anak-anak (70 cm) dan dewasa (160 cm). Air kolam terkesan berwarna hijau, tapi bersih dan tidak pedih di mata. Aman banget kalau berenang tanpa kaca mata renang. Kalau mau pinjam ban berenang yang besar juga disediakan di sini.



Kolam renang terletak di sisi receptionist dan restoran bukan untuk tamu yang nginap. Di sisi kolam renang terdapat tempat duduk-duduk untuk para penunggu, baik yang berbentuk kursi panjang juga semacam ayunan sarang burung. Bersebelahan kolam renang terdapat hamparan rumput yang luas disertai kursi bantal warna-wani, cucok buat santai-santai yang instagramable.

Karena keasikan berenang, tak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 10  WIB. Kami segera bergegas menuju kamar. Waktu menginap, kami kehabisan handuk bilas setelah berenang. Alhasil, kami harus mengeringkan pakaian terlebih dahulu. Lalu, berjaan menuju kamar yang terletak di lantai 1. Untungnya setiap kamar di Amanuba Hotel & Resort Rancamaya punya teras. Kami bisa menjemur sebentar pakaian renang agar tidak terlalu basah saat packing nanti.

Habis berenang, tamu bisa santai-santai sejenak di sini. Kalau cuacanya mendung, adem banget duduk di sini.


Karena cuaca mendung juga, tak banyak foto yang kami abadikan di outdoor facilities lainnya. Akan tetapi, secara keseluruhan, menginep di Amanuba Hotel & Resort Rancamaya ini oke banget. Walau untuk sekelas resort, menu sarapannya kurang beragam menurut saya, tapi untuk fasilitas lainnya oke banget dengan harga yang terjangkau.

Tertarik menginap di sini? Ajak-ajak aku, yaa!
Wassalaamu'alaikum...

Mandatory. We were here, at Amanuba Hotel & Resort Rancamaya!

Tidak ada komentar

Terima kasih sudah berkomentar dengan sopan :)