Kulit Sehat dan Cantik bersama ZAM Glow&Smooth Natural Skin Care Series

Assalaamu’alaikum…

Sebentar lagi usia saya menginjak kepala tiga. Sya ampuuunn begini ya rasanya! Ku bingung mengungkapkannya. Konon kata teman-teman saya yang sudah hidup lebih lama, proses penuaan mulai terjadi pada wanita di usia 30 tahun. Rasa lelah lebih cepat menghampiri, tulang mulai keropos, hingga elastisitas kulit sulit kembali ke bentuk awal. Huhuhuu.. Trus apa yang udah aku lakukan?

Ku lebih concern ke kulit, si. Karena menjaga elastisitas kulit itu nggak hanya cukup dari makan makanan bergizi, ada treatment lainnya biar kulit sehat. Sukur-sukur bisa bikin wujud ini lebih glowing. Hazeg :p

Kalau soal kulit, terutama kulit wajah yang menjadi look terdepan setiap manusia, ku mulai merawat diri dengan rutin membersihkan wajah dan pakai tabir surya setiap hari. Iyess, seminimal itu. Mengapa? Yuk, lanjut baca pengetahuan yang mau aku share saat menghadiri The Private Launch Event of ZAM Glow&Smooth Natural Skin Care Series, Selasa (28 Agustus 2018) lalu di Restoran Cerita Rasa, Kemang, Jakarta!

Kulit Sehat dan Cantik bersama ZAM Glow&Smooth Natural Skin Care Series


Tujuh Langkah Agar Kulit Sehat dan Cantik

Matahari punya yang namanya sinar ultraviolet. Ada ultraviolet A dan B. Keduanya berdampak buruk pada kulit. Oleh karena itu, merawat kesehatan kulit itu penting! Selain sebagai modal terdepan *hihihii fisik banget yak gue :p* juga supaya kita terhindar dari penyakit kanker kulit.

Ada enam goolongan warna kulit manusia, mulai dari warna kulit yang sangat putih sampai berwarna hitam. Jika dikaitkan dengan risiko terbakarnya sinar matahari (sun burn), semakin putih kulit sesorang, semakin mudah terbakar. Ada minusnya juga ya ternyata. Orang berkulit putih lebih gampang sun burns, sehingga risiko kanker kulit pun lebih besar.

Enam golongan warna kulit manusia. Kamu tipe yang mana? (dok. kaaffah.xyz









Akan tetapi tenang aja. Semua risiko yang terjadi sama kulit kita ini bisa diminimalisir melalui perawatan. Yuk, ikuti tujuh langkah dari dokter Refla Syarif, SpDV tentang merawat kulit supaya lebih sehat dan cantik!

1. Menggunakan tabir surya

Sebenarnya ku bukan tipe wanita yang ulet, tekun, rajin soal perawatan wajah. Kalau pernah baca post aku terdahulu tentang perawatan wajah, ku hanya pakai sabun pembersih aja setiap hari. Yaa paling nambah toner kalau sehabis bepergian dan mengenakan make up.

Ternyata oh ternyata, apa yang ku praktikkan selama ini kurang tepat! Menurut dokter yang berpraktik di RS Sari Asih, Karawaci ini seminimalnya perawatan  kulit wajah adalah mencuci wajah (maksimal 3x sehari) dan menggunakan tabir surya setiap beraktivitas, termasuk hanya memasak di rumah. Oo owwww!

“Saya termasuk orang yang rajin mengampanyekan penggunaan tabir surya. Seminimalnya perawatan kulit, pakailah tabir surya setiap hari walaupun aktivitas para kakak di sini hanya memasak di dapur. Tabir surya penting untuk mencegah penyakit kanker kulit akibat terpapar panasnya sinar matahari juga api kompor saat memasak”, tegas dokter yang telah memiliki sertifikasi bidang dermatologi dan venereologi.

Gambaran efek penggunaan tabir surya terhadap radiasi sinar UV pada kulit.

Pertanyaan selanjutnya, berapa SPF-kah yang harus dipakai untuk melindungi kulit wajah dari bahaya sinar ultraviolet? Dokter Refla menyarankan, minimal gunakan produk tabir surya dengan 30 SPF bagi yang berkulit putih. Kenakan 15-30 menit sebelum beraktivitas. Ulangi pemakaian setiap dua jam sekali selama matahari masih terbit.

Buat yang belum tahu, SPF (Sun Protection Factor) merupakan faktor penentu tingkat perlindungan kulit yang diberikan masing-masing produk pelindung kulit. Semakin tinggi kandungan SPF, semakin panjang kulit kita terlindungi dari paparan sinar ultraviolet. 1 SPF artinya produk tersebut mampu melindungi kulit dari radiasi sinar UV selama 5 menit. Kalau 30 SPF berarti produk bertahan hingga 150 menit.

2. CTM Method (Cleansing-Toning-Moisturaizing)

Cleansing yang dimaksud adalah kita harus menggunakan sabun pembersih wajah yang lembut dan sesuai jenis kulit maksimal 3x sehari. Pesan dokter, jangan sering-sering juga mencuci muka karena bisa mengganggu kelembaba kulit. Kalau kita memakai make up, bersihkan wajah dengan susu pembersih atau baby oil sebelum tidur. Ingat ya, tidak boleh bawa make up di wajah ke tempat tidur. Sengantuk apapun kita, yaa bersihkan wajah dahulu sebelum tidur.

Toning. Gunakan toner sesudah cuci wajah dan sebelum memakai pelembab. Toning ini berfungsi menyeimbangkan kondisi kulit setelah dibersihkan menggunakan sabun (cleanser) dan membantu menghilangkan debu atau tumpukkan make up yang tidak hilang saat cuci wajah.

Moisturizing berfungsi untuk melembabkan kulit agar tetap lembut, kenyal, dan halus. Selain wajah, kita juga dapat menggunakan lip balm pada bibir. Bibir kering juga nggak nyaman ya rasanya. Sakit pula. Huhuhuhuu

3. Scrubing and Massaging

Nah, kalau scrubing juga jangan sering-sering. Cukup 2x seminggu aja untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Lakukan massage pada wajah menggunakan soothing gel. Hal ini diperlukan untuk meningkatkan sirkulasi darah, memberi nutrisi pada kulit, dan membantu detoksifikasi kulit.

Langkah-langkah penggunaan produk perawatan kulit. Kata petunjuknya, gunakan produk perawatan kulit dari yang konsistensinya paling cair sampai yang agak padat. (dok. Pinterest)


4. Jaga Pola Makan

Jangan lupa ya konsumsi  sayur-mayur dan buah-buahan yang cukup. Sayu dan buah mengandung antioksidan, zat yang super penting untuk mencegah tumbuhnya sel-sel kanker dalam tubuh. Ingat, diet (pola makan) yang kita lakukan memiliki dampak besar terhadap kesehatan secara keseluruhan, termasuk kesehatan kulit.

5. Minum Air Putih

Minum air putih 6-8 gelas sehari untuk mencegah kulit dehidrasi dan melembabkan kulit dari dalam.

6. Less is More

Moto “less is more” ini lebih pas diaplikasikan pada make up kita. Artinya, gunakan make up yang mengandung sedikit pewangi, pewarna, nonkomedogenic, dan nonacnegenic. Salah satu aplikasinya, dokter menyarankan kepada partisipan untuk menggunakan bedak tabor ketimbang bedak padat sebab bedak tabur lebih nonkomedogenic dan nonacnegenic wicis lebih amamn untuk kulit wajah.

7. Jika kulit bermasalah, hubungi dokter spesialis kulit

Kalau kulit bermasalah, jangan asal pakai obat yang bersal dari “katanya, katanya”, ya Ma. Apalagi produknya nggak ada izin edar dari BPOM. Investasi mahal kalau kesehatan. Kelak dokter kulit akan member resep juga edukasi kepada kita bagaimana merawat kulit yang bermasalah ini supaya tetap sehat dan cantik.

Mau kulit wajah sehat dan cantik? Yuk, ikuti tujuh langkahnya dari dokter Refla Syarif!
Setelah mengetahui langkah-langkahnya, pertanyaan selanjutnya adalah produk seperti apa yang boleh digunakan untuk mencapai kesehatan kulit hasil maksimal? Kita harus memilih produk yang tepat dan cocok di kulit. Produk A tepat untuk saya, tapi belum tentu cocok untuk Mama, ya kan?

Selain soal tepat bin cocok, mama juga harus memerhatikan kandungan yang terdapat dalam setiap produk perawatan kulit. Ibarat kata, teliti sebelum membeli. Jadilah konsumen yang cerdas gitu.

Ciri-ciri produk perawatan kulit yang baik itu, di antaranya:
  • tidak mengandung bahan kimia sintetis karena produk seperti ini lebih berisiko efek sampingnya, terutama pada mereka yang memiliki riwayat alergi atau kulit sensitif;
  • tidak mengandung paraben (alergen) karena dapat menyebabkan kanker. Tahukah mama? Penelitian di Inggris pada tahun 2004 menunjukkan paraben ditemukan pada 18 dari 20 biopsi kulit kanker payudara. Ngeri yah sebegitu bahayanya!
  • berasal dari bahan alami seperti buah-bahan, bungam dedaunan, zat mineral, air, dan tanah;
  • tidak mengandung sodium lauryl suphate (SLS) atau deterjen. Ini bisa ditandai dengan semakin banyaknya busa pada produk pencuci muka.

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan. Selain terpapar sinar matahari, saat ini kita sering banget terpapar sama yang namanya AC. Akumulasi paparan AC dan matahari ini bisa menyebabkan kulit kehilangan lipid dan protein alaminya sehingga kulit mengalami dehidrasi. Oleh karena itu, kulit juga butuh pelembab supaya tetap dalam keadaan normal.

ZAM Glow&Smooth Natural Skin Care Series

Mams, apakah kalian mengetahui Zaskia Adya Mecca? Yess, public figure yang juga isteri dari sutradara film Hanung Bramantyo ini mengeluarkan sebuah brand produk perawatan kulit berbasis bahan alami dengan nama ZAM Glow&Smooth Natural Skin Care Series.

Setelah setahun sebelumnya menghadirkan lipcream halal, di bawah naungan perusahaan PT ZAM Kosmetik Indonesia, ZAM Glow&Smooth Natural Skin Care Series hadir melengkapi semua permasalahan jenis kulit yang terjadi pada manusia umumnya, mulai dari berjerawat (agne), kulit kering (dry skin), kusam, hingga penuaan (aging).

(tentang ZAM Lipcream Halal buatan Indonesia)

Bia, begitu panggilan akrab Zaskia, menjelaskan, ia sengaja memilih lima brand ambassador dari saudaranya karena mereka memiliki permasalahan kulit yang berbeda. Fery Ardiansyah dan Zaskia mewakili antiaging, Marsha Natika untuk brightening, dan Haykal Kamil yang berjerawat.

Masih ingat dengan tujuh langkah merawat kulit dari dokter? Yup, mostly item yang telah disebutkan di atas tadi dimiliki ZAM Glow& Smooth Natural Skin Care Series. Jadi, para mama sudah tidak perlu bingung lagi, pakai produk perawatan apa ya supaya kulit sehat dan cantik. Ada 5 varian produk ZAM Glow&Smooth Natural Skin Care Series (facial wash, toner, shooting gel, sun screen, dan serum) yang bisa kita gunakan sesuai urutannya.

Lima varian produk ZAM Glow&Smooth Natural Skin Care Series


Kalau brand serupa lainnya berkonsistensi cream dan lotion, ZAM hadir dengan terobosan baru dalam bentuk gel. Aku udah coba dua varian produk ZAM (facial wash dan shooting gel). Ternyata benar, keunggulan produk berbahan gel ini menyebabkan produknya lebih efektif diserap kulit karena berbasis air, nonkomedogenic, terasa dingin dann segar saat dipakai, tidak lengket apalagi terasa berminyak di wajah.

Kemasan facial wash ZAM ini terbilang unik. Ukurannya memang besar. Akan tetapi, pengaplikasiannya sangat mudah di wajah. Ujung tube facial wash ZAM memiliki sisir-sisir yang lembut untuk memijat-mijat wajah saat mencuci muka. Jadi yaa mengurangi PR kita untuk massaging, yak. Hehehe.. Terbuat dari 95% jeruk mandarin, facial wash ZAM berkhasiat mencerahkan kulit dan tidak membuat kulit kering.



Cara pemakaiannya, keluarkan gel facial wash secukupnya di tangan. Taro di beberapa titik di muka, lalu pijat wajah menggunakan sisir tube memutar searah jarum jam. Diamkan satu menit, bilas dengan air sampai bersih. Berbeda dengan sabun pencuci muka yang aku pakai, setelah memakai ZAM ini kulit terasa oily, licin. Sebenarnya bukan oily, tapi dia menjaga kelembaban kulit. Jadi, pasca cuci muka, wajah kita nggak yang kaku-kaku amat karena kulit terhidrasi dengan baik oleh kandungan yang ada di ZAM.

ZAM Glow Facial Wash.

Nah, sehabis mandi ini baru deh aku pakai shooting gel ZAM (d) alias memiliki kandungan seaweed rich gel. Maklum ya usia udah mau 30, jadi cari produk yang bisa menunda kerutan. Sesuai saran dokter, kalau mau paki skin care, maksimal 5 menit sehabis mandi karena itulah golden time bagi kulit untuk menyerap segala kandungan yang ada pada skin care.

Pakainya juga dikit aja sih. Tipis-tipis tapi merata aja gitu. Seger banget habis pakai shooting gel-nya ZAM. Berasa dingin di wajah. Abis pakai shooting gel, kupakai sunscreen deh kalau siang. Mau sun screen atau sun block juga boleh. Yang penting tabir surya biar meminimalisir risiko kanker kulit.

Abdul and The Coffee Theory, band favorit keluarga Zaskia Adya Mecca. Setiap peluncuran produk ZAM, pasti ada Abdul and The Coffee Theory :)

So far si aku cocok pakai ZAM Glow&Smooth Natural Skin Care Series. Nggak khawatir juga karena ZAM terbuat dari bahan alami, bebas alkohol, bebas paraben dan SLS, yang terpenting lagi halal. Selain bisa dipakai oleh para perempuan, skin care ZAM juga aman dipakai untuk para pria dan ibu hamil, lho!

Yuk, Mam coba pakai ZAM Glow&Smppth Skin Care Series produk buatan dalam negeri! Harganya affordable, mulai dari Rp 50 ribu hingga Rp 119 ribu untuk sun screen. Kamu bisa membelinya di Tokopedia ZAMCosmetics atau hubungi saja langsung akun Instagram ZAMCosmetic.

"Imej skin care artis mahal. Kia bukan tipe orang yang suka barang-barang mahal, tapi lebh ke ingridients (komponen) di dalamnya. Harga ZAM dimulai dari 59, 69, 79, 99 , 119 itu yang sun screen. Harga sangat affordable, tapi dipastikan terdiri dari 95 persen berbahan natural, free alcohol, dan halal", terang Zaskia saat konffeensi pers setelah peluncuran produk.

Dengan sentuhan putih dan emas, acara private launching ZAM Glow&Smooth Natural Skin Care Series ini terkesan mewah tapi penuh kehangatan. Hangat karena yang punya rumah ramah banget sama tetamu yang datang. Apalagi ada penampilan Abdul and The Coffe Theory, grup band kesukaannya keluarga Zaskia Adya Mecca.

Maafkan saya yang tertawa lepas banget :D Makasi banyak lho Mbak Early yang tak pernah melupakan Mbak Wawa.
Here we are with the first lady at ZAMCosmetics :)

2 komentar

  1. Ini skin care terbaru ya mbak. Aku kurang telaten orangnya mbak. Beli skin care mahal-mahal tapi nggak rutin aku pakai. Kadang emang males gitu pakai skin care.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, skin care terbaru buatan dalam negeri.
      Aku pun sama orangnya nggak telaten. Cuman pas dapet pencerahan dari dokter, aku rajinin dah pake skin care. Hanya sebatas pelembab dan day cream aja kalau siang. Cuci muka maah cuman sekali aja karena menurutku kebutuhannya emang segitu. Malemnya yaa pakai pelembab lagi. Terkadang pakai night cream. Heheh

      Hapus

Terima kasih sudah berkomentar dengan sopan :)