Bermain sambil Belajar di D'Kandang Amazing Farm

Assalaamu'alaikum...

Kali ini saya kembali dengan cerita jalan-jalan. Jadi, Rabu (28/2/2018) kemarin saya ikutan field trip bareng sekolahan keponakan saya. Dasar emak nggak ada kerjaan, nebeng-nebeng aja kerjaannya 😬

Salah satu agenda anak TK itu kan manasik haji. Selepas manasik haji biasanya extend buat halan-halan. Walau manasik haji di Ancol, fiel trip-nya di daerah Sawangan, Depok. Hakhakhak, ujung ke ujuuuung. Namun, saya sama Riyadh langsung ke Sawangan aja. Kita pergi ke D'Kandang Amazing Farm yang terletak di Pasir Putih, Sawangan, Depok. Apaan atuh D'Kandang Amazing Farm? Jadi ini semacam kawasan farm edutainment, mulai dari bercocok tanam hingga beternak. Wahana permainan anak juga ada pastinya. Ikutin cerita Amam Riyadh, ya!

D'Kandang Amazing Farm, Warmth Experience in Comfort.

Harga Tiket Masuk

Kami sampai di D'Kandang Amazing Farm tepat pukul 11.30 WIB. Untungnya siang itu nggak lagi terik banget. Matahari lagi malu-malu menampakkan cahayanya. Karena berkunjung di hari biasa, sudah banyak bus anak sekolah TK yang parkir di area parkir. Saya sendiri langsung ke kawasan parkir mobil pribadi, letaknya persis di depan pintu masuk D'Kandang Amazing Farm. Berjalan pun nggak sejauh mereka yang menggunakan bis sebagai kendaraan.

Berapa harga tiket masuknya? Dari papan yang saya lihat di loket, D'Kandang Amazing Farm membagi dua kelompok. Kamu bisa masuk dengan harga Rp 18.000 (bonus satu botol yoghurt) atau Rp 35.000 (bonus satu botol yoghurt dan topi rimba). Kalau berkunjung dalam acara gathering juga ada paketnya, contohnya seperti saya ini. Minimal Rp 500.000 untuk 4 orang dalam Fun Family Farmer, sudah termasuk pemimpin tur.

Untuk rombongan yang lebih besar lagi berapa? Detail harga untuk rombongan keponakan, saya kurang tahu si. Yang jelas saya masuk dengan harga orang dewasa, Rp 50.000 sudah termasuk makan siang. Lumayan kan nggak usah jajan lagi walaupun di sana ada restoran untuk makanan berat. Kalau mau lihat aneka paket D'Kandang Amazing Farm, bisa di lihat di sini.

Anak-anak siap eksplor D'Kandang Amazing Farm.

D'Kandang Amazing Farm untuk FarmEdutainment

Begitu masuk D'Kandang Amazing Farm, kamu akan menemukan area rumput sintetis. Kayaknya ini dipergunakan untuk tamu berleyeh-leyeh sesaat setelah tiba. Karena ikut rombongan, D'kandang Amazing Farm menyediakan semacam welcome drink (kemarin milo anget) dan jelly (sudah dikemas) di arena rumput sintetis.

Rehat sejenak, kami foto bareng di lingkaran air mancur dengan back ground bertuliskan D'Kandang Amazing Farm. Setelah itu, tour leader akan memandu rombongan ke pendopo yang telah disiapkan khusus rombongan.

Ada beberapa pendopo di sana. Rombongan TK kami ditempatkan di pendopo yang paling besar dan telah disekat menjadi empat bagian. Rasanya nyaman banget berada di pendopo sini. Walaupun tidak ada kipas angin, saya tidak merasa gerah saat duduk di pendopo. Konsepnya alam terbuka. Sambil duduk menghilangkan lelah, pengunjung bisa lihat delman berseliweran hilir-mudik mengantar pengunjung keliling arena peternakkan.

Tampaknya pengelola sangat memikirkan kemudahan mobilitas pengunjung. Setiap bangunan pendopo pasti berdekatan dengan WC dan musholla. Di pendopo yang saya tempati, musholla dan WC terbagi menjadi 2 antara laki dan perempuan. Ini bagus sekali menurut saya. Biasanya selepas anak-anak beraktivitas di D'Kandang Amazing Farm, mereka mandi, dan berganti pakaian. Kalau kamar mandi terpisah secara bangunan tentu kita (kaum hawa) lebih leluasa mempergunakannya, ya kan?

Tiba waktu makan siang. Lauk orang dewasa ada ayam bakar cabe, tumis sayuran, dan kerupuk. Sementara lauk anak-anak ada nasi dan ayam goreng tepung. Selesai makan, sholat, masuk me acara inti. Anak-anak dipimpin sama Kak Alif. Orangtua tidak diperkenankan memdampingi anak. Selama kurang lebih dua jam anak-anak diperkenalkan bagaimana bercocok tanam juga beternak, didampingi tour leader dan para guru. Bagaimana dengan buibunya? Tenang, ada game kecil-kecilan untuk buibu supaya nggak bosen menunggu anak. Usai sesi games, buibu diberikan waktu bebas untuk eksplor sendiri D'Kandang Amazing Farm.

Basicnya, di D'Kandang Amazing Farm ada tiga wahana: wahana edukasi, wahana kreasi, dan wahana permainan. Setiap wahana dikenakan charge bila mama mau bermain lebih jauh lagi di sana. Kalau cuman lihat dan mengelilingi saja  maaah gratis.

Rumah ala hobit di D'Kandang Amazing Farm.


WAHANA EDUKASI

Rumah Sosis

Anak siapa yang nggak suka sosis? Kayaknya kebanyakan anak-anak ssuka sama sosis, ya. Di D'Kandang Amazing Farm ini anak-anak bisa mengenal lebih jauh tentang sosis, mulai dari sejarah sosis, belajar membuat sosis, menyantap sosis di tempat, plus bawa sosis sebagai oleh-oleh. Kalau mama dan anak mau ikutan kelas sosi, ada waktu-waktu tertentu, nih Ma. Catet, ya!

Selain itu ada harga yang harus dibayar untuk berkunjung ke Rumah Sosis di D'Kandang Amazing Farm, yaitu Rp 55.000 untuk satu anak dan satu pendamping, Rp 35.000 untuk satu anak saja.

EduFarm

Banyak kegiatan yang bisa diikuti oleh pengunjung di D'Kandang Amazing Farm. Dari peternakkan, pengunjung bisa memberikan pakan kepada domba, ayam, kelinci, burung. Bisa juga menangkap ikan. Kalau mau mengenalkan anak bercocok tanam, Mama bisa ikutan kelas memanen sayuran, menanam tanaman hias, juga hydroponik kids. Tinggal dipilih aja sesuai dengan keinginan dan ketertarikan mama dan anak. Harganya bervariasi tiap wahana, mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 25.000.

WAHANA KREASI

Di Wahana Kreasi D'Kandang Amazing Farm, pengunjung bisa belajar berkreasi dengan tanah liat, melukis layang-layang, topi caping, kaos anak dan dewasa, juga berkreasi dengan boneka potty dan kokedema. Harga di wahana kreasi bervariasi, mulai dari Rp 35.000-Rp 75.000.

WAHANA PERMAINANAN

Sudah selesai eksplor di area edukasi dan kreasi, yang paling seru kita bermain nih, Ma. Kemarin si Riyadh naik delman karena lagi demen sama delman. Hampir tiap hari ngeliat gambar delman. Hakhakhak ini si mainan cemen ya buat orang dewasa, tapi buat anak-anak apalagi baduta ini pengalaman amazing.

Pengunjung bisa naik delman mengelilingi area peternakkan seharga Rp 40.000. Agak pricey si buat aku. Delman ini bisa dinaiki oleh 2 orang dewasa plus satu anak. Jujur ya, tempat duduknya sempit banget. Ditambah track nya nggak mulus, jadi bikin pegel juga naik delman. Naik delamannya nggak lama kok. Cuman 2 menit.

Kalau nggak mau naik delman, Mama bisa ajak anak naik kuda. Dengan membayar Rp 20.000, pengunjung juga bisa menaiki kuda. Track yang dilalui kuda dan delman ini sama. Bisa dipastikan, dalam waktu dua menit pun sudah kembali ke tempat semula.

Kebo Bule

Pernah lihat kerbau berwarna pink? Saya si belum pernah. Makannya, penasaran juga saat tour leader bilang, ada hadiah untuk adik-adik dengan hewan beerwarna.pink, tubuh nesar, berkaki empat. Kukira babi, ternyata ada kerbau bule di D'Kandanng Amazing Farm. Lokasinya berada di dekat pemancingan ikan.

Kerbau yang berusia 9 tahun ini memiliki bobot kira-kira 600 kilogram terlihat amat gagah. Tanduknya kekar sekali. Pokoknya kalau ibarat orang, kerbau bule ini ibarat Ade Rai gitu. Kalau anak-annak mau menunggangi kerbau bule dikenakan charge sebesar Rp 20.000. Kalau kita kemarin lihat aja.

Selain dua permainan yang saya sebut di atas, anak-anak juga bisa bermain ATV, flying fox, scooter, dan istana boneka. Kemarin kami nggak sempat eksplorasi lebih jauh nih permainan-permainan ini. Yaa secara anaknya juga masuk batas usia buat main seperti ATV.

Nah, begitu deh cerita jalan-jalan kami ke D'Kandanng Amazing Farm. Lumayan capek juga, ma kelilingin lahan seluas 6 hektare, apalagi mengikuti anak baduta yang seneng jalan. Kalau mama haus, ada warung-warung kecil di sana untuk makan dan minum. Restoran juga ada, si Ma. Kemarin kami sempat jajan es krim, jus, dan milk shake. Soal harga, yaa standarlah antara Rp 10.000 sampai Rp 15.000.

Oh ya, selain mengajarkan konsep farm edutainment, di D'Kandang Amazing Farm juga menyediakan aneka olahan susu dari peternakan mereka. Kemarin kami membeli susu kambing (ukuran 200 ml seharga Rp 18.000), yoghurt beraneka rasa (Rp 8.000), susu sapi dengan aneka rasa (Rp 8.000). Perlu diingat, kebanyakan olahan susu di sana dalam bentuk es alias masih beku. Jadi, bisa untuk oleh-oleh.

Buat anak-anak yang ikut rombongan, selain bisa jajan produk aneka olahan susu, juga diberikan oleh-oleh berupa bibit kangkung dan empat buah yoghurt stick beraneka rasa. Asyik kaan, udah nambah informasi tentang bertani, bisa bawa oleh-oleh gratisan juga. Yuk, ke D'Kandang Amazing Farm!

D'Kandang Amazing Farm
Alamat: Jl. Penarikan (Perum PGRI), RT07/02
Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan, Depok.
Telepon: 021 – 77887138
Jam buka: Setiap Hari mulai pukul 08.00-16.00 WIB
Website: https://dkandang.co.id/


23 komentar

  1. Bagus nih, banyak spot juga buat foto-foto. Ah, jadi pengen ke sini. 😱👍

    BalasHapus
  2. Wah sawangan, ga terlalu jauh dr rumah. Bisa nih kapan2 ke D'Kandang

    BalasHapus
  3. Enak banget ya, tiket masuk sudah termasuk makan siang, hehe. Lebih hemat dong.

    BalasHapus
  4. aku juga pernah ke D'Kandang tahun 2014. pasti banyak perkembangannya ya. makin cantik dan tertata. hewan2nya udah banyak ya mba. ada jenis apa aja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau jenisnya si masih ada kelinci, kerbau bule, kambing, ayam, bebek, kuda, sama ikan. Semua rerata ada wahana edukasinya. Enaknya gitu di D'Kandang

      Hapus
  5. Weekend nanti bisa mengajak Haidar berlibur ke D'kandang nih, terima kasih infonya yah mba

    BalasHapus
  6. waaa gw dah lama banget pengen ke sini tapi blom sempet2 Nes. Makasih yaa infonya, jadi inget lagi buat main ke sana.

    BalasHapus
  7. Tempatnya asyik untuk anak-anak dan keluarga

    BalasHapus
  8. Wahana permainan yang bersahabat dengan anak-anak ya mbak...

    BalasHapus
  9. mau ngajakin si bungsu ke dkandang suatu hari nanti :)

    BalasHapus
  10. tiket masuknya terjangkau yaa, trus juga deket nih. bisa jadi alternatif rekreasi

    BalasHapus
  11. Dah lama pengen ke D'Kandang, belom kesampean juga

    BalasHapus
  12. Temen2 udah pada kesini dan selalu bilang tempatnya asyik untuk anak2 apalagi ada latihan archery gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ada latihan memanah. untuk wahana yang main2 gini aku kurang eksplor kemarin. sepi juga. jadi rada missed juga si mbak amel

      Hapus
  13. Di Depok ada juga ya wahana wisata edukasi buat anak-anak. Noted mbak, kalau ada kesempatan main ke Depok gak bingung lagi mau kemana, makasih infonya :)

    BalasHapus
  14. waahh ada kebo bule juga. bagus ini tempatnya. belum pernah kunjung ke sini :) kapan - kapan kalau ada waktu boleh banget mbak berkunjung ke sini. thanks infonya yaa

    BalasHapus
  15. Dari dulu mau kesini ga pernah kesampaian sampe sekarang. Makin banyak orang yang review makin kepengen kesana....deket soalnya kan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayolahh kak Desss ajak nakanak ke sanaaaa. Si Shanum pasti demen deh even dia belum ngerti2 amattt :D

      Hapus
  16. tempat wisatanya cocok banget buat anak2 yang lagi perlu bgt bnyak pelajran tentang alam, kadang karna tinggal nya di area perkotaan gak tau proses bercocok tanam tuh seperti apa, tau nya beras udah jadi nasi aja.
    tiket masuknya lumayan murah juga ya, cuma kalo mau ambil kelas lain harus bayar lagi ya .

    BalasHapus
  17. Wih kayanya asik nih tempatnya buat main sekeluarga

    BalasHapus
  18. Di Surabaya gak ada wisata beginian, harus melipir ke Malang dulu x))

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkomentar dengan sopan :)