Makan Plus-plus di Telaga Sampireun

Apa yang ada di benak Anda saat mendengar "Telaga Sampireun"? Biar saya tebak. Pasti kebanyakan dari Anda akan membayangkan sebuah resort nun jauh di Garut, Jawa Barat sana. Bener nggak? Hehehe.. Yup, kalau benar, tebakan Anda tidak salah memang. Di Garut ada sebuah resort (restoran dan hotel) mewah dan sangat terkenal bernama Kampung Sampireun. Namun, kali ini, saya akan membahas Telaga Sampireun yang terletak di Bintaro, pinggir jalan ke arah pintu masuk tol gerbang Pondok Ranji.

Persisnya, Telaga Sampireun terletak di Jalan Blok B7/N1 Blulevard Bintaro Jaya Taman Menteng/Kawasan Niaga Bntaro Sektor 7. Setiap akhir pekan, rumah makan Telaga Sampireun selalu ramai dikunjungi orang. Bahkan, sewaktu saya datang, Sabtu (1/9/2013) siang lalu, tempat parkir mobil yang tersedia di dalam restoran ini tak cukup menampung kendaraan. Alhasil, saya pun parkir di pinggir jalan. Hhhm, mari kita tahu, apa yang membuat restoran ini ramai.



Pertama kali berkunjung, saya tidak tahu di mana pintu masuk restoran ini. Dengan ilmu sotoy, saya terus berjalan ke arah jalan raya. FYI, restoran ini letaknya di pinggir jalan, tapi untuk parkir kendaraan, kita masuk dulu menuju Perumahan Menteng Bintaro. Sepanjang langkah menuju lobi restoran, saya melihat di dalam restoran tersebut ada arena bermain anak-anak. Aha, rupanya rumah makan ini memadukan konsep tempat makan sekaligus wahana rekreasi keluarga. Kami pun terus berjalan hingga kami sampai di lobi Restoran Telaga Sampireun.

Di lobi restoran, bak di hotel, begitu datang, saya langsung ke meja receptionist. Di sana sudah ada seorang wanita cantik yang akan memberitahu Anda untuk memberi info tentang ketersediaan tempat makan. Berhubung saya datang berdua, maka saya ditawarkan olehnya, ruangan indoor atau outdoor. Akhirnya kami memilih outdoor (ruang terbuka).

Receptionist tadi langsung memberi kami secarik kertas sebagai tuntunan lokasi kami duduk. Lalu, kertas tersebut diserahkan ke pramusaji yang berdiri tak jauh dari receptionist. Kami pun diantar ke tempat duduk kami. Kebetulan, tempat duduk kami terletak di dekat pos pelayanan. Kami pun langsung diberi daftar menu dan harganya. Hhhm, sekilas dilihat, semua menunya menggoda selera. Kami pun pesan gurame saus mangga, kangkung terasi, dan sayur asem.


Kelebihan makan di sini adalah, pelanggan dijamin untuk tidak menunggu terlalu lama. Waktu maksimum yang dibutuhkan untuk pelanggan hingga makanan datang adalah 30 menit, minuman 20 menit. Dan benar saja. Setelah saya memesan makanan, saya tinggal sholat. Tidak sampai 30 menit, semua makanan sudah tersaji lengkap.

Dengan perut lapar, kami segera melahap makanan. Gurame bumbu mangga adalah makanan favorit saya. Saya pun ingn mencoba cita rasa di restoran ini. Well, sayangnya, rasanya agak kurang enak. Ya, ikannya sudah terasa tidak segar lagi. In my opinion, tampaknya di restoran ini, ikannya memang sudah digoreng dari tadi. Begitu ada pelanggan yang pesan, tinggal disajikan di piring lalu disiram dengan saus mangganya. Begitu saya mencicipi, ikannya sudah dingin dan ada rasa-rasa nggak enak juga. Seperti ikan yang sudah tidak segar. Agak kecewa sih saya. Oiya, seporsi ikan gurame saus mangga ini harganya Rp 79.000.

Gurame Bumbu Mangga ala Restoran Telaga Sampireun (dok. pribadi)

Hal ini hampir serupa dengn kangkung saus terasi. Setau saya, kangkung tauco maupun kangkung terasi disajikan dengan cara diaduk. Tapi, berbeda di Restoran Telaga Sampireun ini. Kangkung saus terasi disajikan terpisah dimana saus terasi disiram di atas kangkung rebus.Walhasil, menurut saya, rasanya jadi kurang enak. Kangkungnya sudah keburu dingin dan rasanya juga jadi rada aneh karena kangkung dan bumbu terasi tidak menyatu, apalagi meresap. Seporsi kangkung terasi ini dapat Anda nikmati seharga Rp 24.000

Kangkung Saus Terasi ala Restoran Telaga Sampireu (dok. pribadi)

Perihal sayur asem, sama halnya dengan sayur asem khas sunda, di Telaga Sampireun ini sayur asemnya sama rasanya, ada manis asemnya. Saya cukup menyukainya. Harga sayur asem di sini Rp 9.000.
Kalau bicara soal harga, makanan di sini memang agak mahal. Mungkin hal ini menyesuaikan dengan fasilitas yang ada.

Well, selain bicara soal makanan, Telaga Sampireun memang memadukan konsep tempat makan dan berkumpulnya keluarga. Selain makan, Anda dapat bersantai menikmati pemandangan danau yang mengelilingi restoran ini. Pengunjung juga dapat memberi makan ikan-ikan yang ada di sekitar danau. Selain itu, ada pula arena permainan anak-anak. Anda perlu merogoh kocek lagi ya untuk menggunakan arena bermain dan memberi makan ikan. Berhubung tidak bersama keluarga besar, saya hanya melewati arena permainan saja. Dari hasil pengamatan, di arena bermain anak-anak terdapat mobil-mobilan yang dijalankan menggunakan remot kontrol. Anak-anak jika ingin menaikinya, akan diikuti oleh petugas yang ada sebagai pengendali remot kontrolnya. Selain itu, ada pula perosotan.

arena bermain di Restoran Telaga Sampireun (dok. pribadi)


Tak jauh dari arena bermain, juga ada tempat jajan cemilan. Jadi, para penunggu atau pengantar anak-anak juga tidak keisengan dan tetap bisa menikmati jajanan. Tentu tersedia pula Musholla dan Toilet yang bersih.

Dari segi saungnya, juga tidak mau kalah. Anda bisa memilih saung yang menggunakan AC ataupun non-AC. Sebaiknya, jika memang Anda dan keluarga besar Anda berniat makan di sini, Anda lakukan reservasi terlebih dahulu supaya di sana nggak kelamaan nunggu. Konon katanya, kalau malam pemandangan di sini jauh lebih menarik karena ditamani oleh cahaya-cahaya lampu yang brsinar.

Okay, saya ucapkan selamat mencoba makanan dan menikmati suasana di restoran ini. 


Telaga Sampireun
Blok B7/N1 Boulevard Bintaro Jaya Taman Menteng/Kawasan Biaga Bintaro Sektor 7
Telp: 021-745 3999
Fax: 021-745 5197
Email:  reservation@telagasampireun.com 
Semua harga belum termasuk service 5 persen dan pjak 10 persen.

Info lebih lanjut, klik Telaga Sampireun

Tidak ada komentar

Terima kasih sudah berkomentar dengan sopan :)