Optimalkan Tumbuh Kembang Anak dengan Sentuhan Cinta

Asaalaamu'alaikum...

Yuhuuuu... Menjelang lebaran nih, Ma! Sudah sampai mana persiapan lebarannya? Kue-kue lebaran, parsel, pakaian baru, angpao nakanak udah pada siap? Kalau kata temen saya yang baru lahiran, boro-boro mikirin lebaran. Mikirin diri sendiri aja nggak sempet karena baru lahiran. Masih jetleg sama bayi yang baru lahir, sakit pascamelahirkan, menyusui, dan bonus berat badan! *Sini, ku kasih pelukan*

Hehehe... Adakah para mama yang senasib dengan teman saya? Kalau ada, yuk kita bawa enjoy aja demi kenormalan hidup mama. Mama stress, bayi makin stress. ASI seret, bayi rewel, deh! Makin pusing, 'kan? Jadi, mau lebaran gini, mari kita ciptakan suasana menyenangkan dalam merawat bayi yang sudah dinanti-nanti selama sembilan bulan. 

Caranya bagaimana? Cukup dengan sentuhan. Yess, sesimpel itu. Minim alat, tapi efek jangka panjangnya warbiyasak untuk tumbuh kembang anak. Sentuhan seperti apa yang dimaksud? Lanjut baca, ya tulisan aku. Hasil menggali informasi dari acara #TUMBloggersMeetUp berasama Johnson's Baby "Manfaat Pijat Bayi bagi Perkembangan Si Kecil", Selasa (5/6/2018) lalu di Gudang Gudang Yoga Studio, Kemang, Jakarta.



Serba-serbi Sentuhan Cinta (Pijat) untuk Tumbuh Kembang Anak

Tahukah mama bila bayi baru lahir itu rentan banget sama penyakit? Hal ini dikarenakan belum berkembang dengan sempurnanya organ-organ bayi yang baru lahir. Ditambah, bayi masih menyesuaikan perpindahan alamnya, dari dunia rahim ke dunia sebenarnya. Jadi, bener banget tuh kata orang tua kita dulu, kalau belum 40 hari sebaiknya bayi tidak diajak bepergian jauh. Karena ya memang masa neonatus (dari bayi lahir hingga 28 hari kemudian) itu riskan sekali dengan penyakit.

Di sisi lain, walaupun organ bayi belum berkembang dengan sempurna, bayi selalu belajar melalui panca inderanya sejak dilahirkan. Ini dia, nih! Di tengah keruwetan mama pasca melahirkan, kita harus berdamai dengan diri sendiri atau paling tidak minta bantuan kepada orang yang ada di rumah kita untuk mempermudah masa penyesuaian mama pasca melahirkan. Untuk apa? Supaya mama bisa sering memberikan stimulasi ke bayi. 

Dokter Matahari Harumdini Sp.A (narasumber) bersama Sisca Baker (MC) saat menjelaskan manfaat pijat bayi untuk tumbuh kembang anak pada acara #TUMBloggersMeetUp berasama Johnson's Baby "Manfaat Pijat Bayi bagi Perkembangan Si Kecil", Selasa (5/6/2018) lalu di Gudang Gudang Yoga Studio, Kemang, Jakarta.

Stimulasi ini penting untuk tumbuh kembang bayi. Kata Matahari Harumdini (dokter spesialis anak di RS Islam Jakarta Cempaka Putih) yang menjadi narasumber kala itu, tumbuh kembang bayi yang terganggu dapat berpengaruh buruk pada kehidupan selanjutnya, termasuk gangguan kecerdasan, emosi, mental, dan fisik. Tentu nggak mau donk, Ma? 

Lantas stimulasi apa yang bisa Mama berikan pada bayi baru lahir? Stimulasi multisensori yang melibatkan banyak alat indera pada bayi: mata, hidung, mulut, telinga, peraba (kulit), termasuk pula keseimbangan. 

Kapan waktu yang tepat untuk memberikan stimulasi? Sedini mungkin. Sebenarnya selama dalam kandungan, kita sudah memberikan stimulasi pada jabang bayi, seperti memperdengarkan lagu-lagu klasik atau Al-Quran, mengajaknya bicara, memberikan sentuhan. Nah, stimulasi ini dilanjutkan setelah bayi lahir saat mandi, makan, main, persiapan tidur, juga pijatan atau sentuhan.

Sedang hamil usia enam bulan, MC Sisca Baker sangat antusias memandu acara ini. Ia menekankan kepada peserta yang hadir betapa pentingnya sentuhan cinta (memijat bayi sendiri) untuk tumbuh kembang anak di masa yang akan datang.

Masih dari penjelasan dokter Matahari, penelitian ilmiah membuktikan, mandi adalah waktu yang paling tepat untuk memberikan stimulasi multisensori pada bayi. Bagi saya, mandi jadi salah satu me time, apalagi untuk bayi yang pada awalnya memang hidup di dalam air (dibaca: ketuban). 

Lalu, bagaimana cara melakukan stimulasi yang baik dan benar pada bayi? Lakukan pijatan sebelum mandi pagi dan saat bayi akan tidur malam. Stimulasi pijatan atau sentuhan ini mengena banget sama bayi karena rangsangannya skin to skin dan melibatkan banyak indera. Skin to skin (sentuhan) kayak gini berhubungan banget sama psikologi dan emosional sang bayi. Ya ampun, Ma! Mama pasti seneng donk dibelai sama paksu, pun begitu anak dengan mama :) 

Bayi-bayi lucu dan menggemaskan pada ikutan juga lho Ma di acara #TUMBloggersMeetUp bareng Johnson's Baby. Sya ammpuuun, jadi kangen punya bayi jadinya. Ahahaha :D (dok. The Urban Mama)

Cucilah tangan Mama hingga bersih sebelum memijat (juga memegang) bayi. Ingat, bayi harus steril untuk menghindari nosokomial yang menempel di badan. Gunakan minyak khusus atau lotion bayi pada saat memijat agar tidak menimbulkan hipersensitivitas pada kulit bayi. Pijatlah bayi dengan teknik yang benar. Tekanannya tidak terlalu kencang agar bayi merasa nyaman, juga tidak terlalu lembut hingga tidak terasa.

Selain ajang tambah ilmu, acara #TUMBloggersMeetUp bareng Jhonson's Baby kali ini juga mengadakan sesi pijat bayi secara langsung menggunakan boneka bayi. Para mama bisa langsung praktik dengan benar cara memijat bayi karena turut didampingi oleh beberapa fisioterapi dari Johnson's Baby.

Ada enam area wajib untuk pemijatan bayi, di antaranya: wajah, dada, tangan, kaki, perut, dan punggung. Pemijatan sebaiknya dilakukan dari arah kiri ke kanan sebanyak 3x dengan total durasi 15-20 menit. Tidak ada paksaan dalam memijat. Kalau bayi merasa tidak nyaman dengan satu gerakan pijat, Mama bisa pindah ke bagian anggota tubuh lainnya.

Karena ini sudah zaman Youtube, Mama bisa searching teknik memijat bayi dari sumber yang terpercaya. Kalau ragu, Mama bisa konsultasikan hal ini kepada fisioterapi di rumah sakit. Mama belajar bagaimana teknik memijat bayi yang baik dan benar di sana. Setelah kuasai ilmunya, barulah dipraktikkan di rumah. Alhamdulillahnya di acara kemarin, kami praktik bareng bagaimana memijat bayi dengan baik dan benar. Duh, beruntung banget bisa hadir di sana!

Sebagai bantuan, saya kasih video yang terpercaya ya, Ma dari Channel Johnson's Baby untuk tutorial pijat bayi. Gerakan memijat ini pula yang diajarkan kepada kami saat hadir di acara #TUMBloggersMeetUp bersama Johnson's Baby.


Jangan lupa untuk mengajak bayi berbicara saat rutinitas memijat juga mandi. Mama juga boleh kok mengajak bayi bersenandung atau bernyanyi lagu yang mendayu untuk melatih indera pendengaran. Tak lupa untuk menatap mata si anak (jaga eye contact), sehingga indera penglihatan bayi terlatih. Pokoknya semakin banyak indera bayi yang dilibatkan, semakin bagus stimulasinya. 

Yang paling penting dari rangkaian stimulasi di atas adalah ciptakan suasana yang nyaman. Ya donk, mama dan bayi harus sama-sama senang dan rileks. Jangan pijat saat bayi sakit, kantuk, atau baru selesai makan. Udahlah, pasti cranky bayinya. Berikan sentuhan dengan penuh cinta kepada bagi supaya bayi merasakan kesenangan mama dalam merawat anak. 

Stimulasi memijat bayi pada bagian tangan dengan teknik memeras.

Mengapa pijat bayi paling ampuh? Selain alasan psikologis bayi yang telah disebutkan di atas, jika mama rutin melakukan pijat bayi sendiri dengan sentuhan cinta, insyaa Alloh bayi mama akan mengalami pertambahan berat badan, terbentuknya kemampuan komunikasi pada bayi, peningkatan imunitas, optimalisasi perkembangan sensorik dan motorik, juga perbaikan kualitas dan kuantitas tidur.

Gerakan ini dinamakan circle down. Ketika memijat area wajah, hindarkan penggunaan baby oil atau baby lotion, ya Ma! Jaga eye contact, ajak anak berbicara, beri berbagai macam ekspresi kesenangan pada wajah mama untuk bayi. Insyaa Alloh bayi anteng deh dipijat sama mamanya sendiri.

Ini bener banget, lho Ma! Pengalamaku waktu si Riyadh. Karen sering aku berikan sentuhan cinta sebelum mandi pagi salah satunya, alhamdulillah Riyadh tumbuh dan berkembang dengan normal. Riyadh melalui semua fase tahap perkembangan anak di bawah usia satu tahun (motorik sensoriknya bagus). Pertambahan berat badan Riyadh di enam bulan pertama kehidupan juga melesat cepat, seperti baby giant gitu dah dia dulu. Anaknya juga jarang banget cranky nggak jelas. Harus kuakui memang, saya baru berani pijat dan memandikan sendiri si Riyadh setelah mencapai usia lebih dari 40 hari. Itu karena ku belum tahu ilmu sentuhan cita sedari bayi lahir. Hiks.

Walaupun rada telat memulai gerakan pijat bayi sendiri, alhamdulillah aku bisa membiasakannya setelah 40 hari pasca Riyadh lahir. Tumbuh kembang sesuai dengan grafik di usianya. Ini foto Riyadh waktu usia 4 bulan. 

#SentuhanCinta, Program Johnson's Baby untuk Bantu Otimalkan Tumbuh Kembang Anak Indonesia

Nah, kalau tadi saya sudah bahas seluk-beluk sentuhan cinta untuk tumbuh kembang anak, sekarang saya mau cerita tentang "alat tempur"-nya. Wkwkwwkw, alat tempuuuurrr ... Mau perang kali ahk!

Jadi gini, Ma. Yang namanya memijat itu nggak mungkin dong dengan tangan kosong alias nggak pakai apapun. Yaa, kesat atulah gerakan pijatnya! Nggak lentur. Tukang urut langganan memijat saya dengan minyak khusus. Bahkan, saya lebih suka pakai minyak pijat dengan aroma terapi seperti wangi jasmine supaya baunya nggak terlalu nenek-nenek banget :D Itu saya--yang sudah dewasa, apalagi bayi, ye kan?

Setidaknya ada 3 prasyarat dalam memilih produk perawatan bayi menurut Wine Lukman (brand manager Johnson's Baby), di antaranya: mengandung pH balance (5-6), tidak pedih di mata, juga tidak menimbulkan alergi dan iritasi. Masih ingat 'kan Ma dengan penjelasan di awal tulisan? Masa neonatus itu sangat riskan. Jadi, orangtua harus selektif memilih produk untuk bayi.

Wine Lukman (brand manager Johnson's Baby)-kiri, saat menjelaskan kriteria produk perawatan yang baik untuk kulit bayi. (dok. The Urban Mama)

Mama bisa memilih produk dari Johnson's Baby, nih untuk praktik memijat bayi sendiri. Mama bisa gunakan produk body lotion dan/atau baby oil Johnson's Baby saat memijat bagian badan si kecil. Kalau Mama sedang memijat area muka, tidak perlu menggunakan apapun, ya Ma! Sekadar informasi, Johnson's Baby juga menyediakan aneka produk perawatan bayi lainnya, seperti sabun mandi bayi, bedak bayi, baby cream, baby cologne, dan perawatan rambut. 

Varian produk Johnson's Baby (baby lotion, baby oil, sabun mandi bayi, bedak bayi, baby cream, baby cologne, dan perawatan rambut) yang telah teruji klinis untuk kulit bayi. Jadi para mama tidak perlu khawatir lagi dalam menggunakannya.

Mengapa memilih Johnson's Baby? Pertama, Johnson's Baby merupakan produk perawatan bayi terkenal dan terjamin kualitasnya. Kedua, bicara tentang kualitas, setiap produk Johnson's Baby memerlukan penelitian, tinjauan, dan uji coba yang ketat. Sebelum produk baru dari Johnson's Baby tersedia di pasaran, produk harus terlebih dulu melewati proses uji keamanan lima tingkat yang dipadukan dengan Johnson's Baby Best for Baby Standard dari Johnson's Baby. Soal keamanan, no worries lah ya!

Selain bermanfaat untuk keluarga sendiri, memilih produk Johnson's Baby artinya kita ikut menyumbang terbentuknya generasi berkualitas untuk Indonesia. Duilehh, jauh amat bahasannya, yak! 

Dokumentasi program #SentuhanCinta Johnson's Baby yang dipamerkan di acara #TUMBloggersMeetUp bersama Johnson's Baby. Program #SentuhanCinta Johnson's Baby mendorong ibu Indonesia untuk mendukung pentingnya sentuhan cinta ibu (melalui pijat bayi sedini mungkin) dalam kesehatan dan perkembangan bayi.

Gini... Saat ini Johnson's Baby sedang mengadakan program #SentuhanCinta. Pernah denger nggak Ma, Indonesia akan mengalami bonus demografi pada tahun 2020-2030. Artinya, penduduk usia produktif akan mendominasi (diperkirakan mencapai 70 persen) Indonesia. Nah, bila kualitas penduduk Indonesia bagus di tahun itu, bonus demografi bisa membawa keuntungan sendiri bagi Indonesia, khususnya menggenjot perekonomian negara. Babaylah itu negara Jepang. Indonesia melesat maju bak roket pokoknya, aamin.

Tahun 2020 mungkin bisa dibilang masih jauh. Akan tetapi, yang namanya persiapan, apalagi menyangkut generasi bangsa harus dipersiapkan bertahun-tahun sebelumnya. Ada hasil penelitian yang mengejutkan, dari Survei Demografi Kesehatan Indonesia (SDKI) 2012 diketahui 70.000 bayi tidak bertahan lebih dari 28 hari. Sedih banget nggak, sih? 

Survei Demografi Kesehatan Indonesia 2012 menunjukkan sebanyak 70 ribu bayi tidak bertahan dalam waktu kurang dari 28 hari. Duh, sayang banget ini mah kalau tidak diperhatikan. Bonus demografi tidak akan maksimal untu kemajuan negara Indonesia.

Sejalan dengan bonus demografi yang akan terjadi dan peningkatan kualitas generasi Indonesia, melalui program #SentuhanCinta, Johnson's Baby mendorong ibu Indonesia untuk mendukung pentingnya sentuhan cinta ibu dalam kesehatan dan perkembangan bayi. #SentuhanCinta bertujuan untuk memberikan bayi di seluruh Indonesia kesempatan yang sama untuk hidup agar mereka dapat tumbuh, berkembang, dan menggapai impian mereka.

Apa yang dilakukan Johnson's Baby melalui program #SentuhanCinta? Bekerja sama dengan Save the Children di Indonesia, Yayasan Sayangi Tunas Cilik, Johnson' Baby membantu edukasi ritual pijat bayi dan mandi bayi kepada para ibu di Indonesia melalui program “Kesehatan Ibu dan Anak”. Yup, pemberdayaan ibu Indonesia intinya karena ibu kunci utama tumbuh kembang anak.

Menjadi seorang mama, baik itu memiliki anak laki maupun perempuan, ia akan tetap menjadi kunci untuk keberlangsungan generasi suatu bangsa,


Saat ini Johnson's Baby sudah  memulai perjalanannya dan mengadvokasi para ibu di wilayah Indonesia dengan angka kematian bayi relatif tinggi, seperti Maluku, Sumba, dan Sumatera Utara. Para mama bisa lihat nih update program #SentuhanCinta dari Johnson's Baby melalui akun Instagram mereka. Kalau aku, awalnya tahu saat postingan Instagram Mami Gessi. Lalu, baru kepoin akun IG Johnson's Baby. Ya ampuuun... Lucu, menggemaskan, campur haru dan bangga rasanya saat saya melihat ekpresi para ibu dan anaknya bersama keberagaman latar belakang cerita. 

Beberapa kegiatan #SentuhanCinta dari Johnson's Baby di Hative Besar, Ambon. Sebelum turun ke masyarakat, tim Save The Children Indonesia menemui para kader dan bidan untuk mensosialisasi program #SentuhanCinta sekaligus mengajarkan teknik pijat bayi yang benar. Ini dilakukan agar transfer ilmu bisa terus dilanjutkan ke masyarakat tanpa henti. (dok. Instagram Johnson's Baby)

Nah, buat mama yang kepengen ikut mendukung program #SentuhanCinta Johnson's Baby, yuk kita cari tahu ilmu tentang bounding ke anak melalui gerakan memijat bayi sendiri. Kalau di sekitar mama juga ada ibu yang baru melahirkan, kasih tau kampanye ini ya, Ma! Mari pijat bayi sendiri, bukan sama neneknya atau tukang urut bayi. 

Anak Mama sudah pada besar, tapi ingin ikutan kampanye #SentuhanCinta? Yuk, ikut berdonasi! Caranya, mama beli aja semua produk Johnson's Baby minimal senilai Rp 25.000 di Alfamart. Mama juga bisa membeli paket Johnson's Baby Care Collection di Tokopedia. Setiap transaksi ini, secara otomatis mama akan menyumbang Rp 500 untuk Save the Children dan membantu mereka mendidik ibu di seluruh Indonesia agar bayi mereka dapat tumbuh kuat dan sehat. 

Dengan membeli produk Johnson's Baby apa saja minimal senilai Rp 25.000 di Alfamart atau membeli paket Johnson's Baby Care Collection di Tokopedia, secara otomatis mama ikut menyumbang Rp 500 program #SentuhanCinta Jhonson's Baby untuk keberlangsungan hidup berkualitas generasi Indonesia di masa yang akan datang.

Mumpung bulan Ramadhan yang penuh kebaikan, yuk kita ikut mengampanyekan program #SentuhanCinta dari Johnson's Baby. Tinggal pilih aja mau pakai cara yang mana. Mudah-mudahan dari langkah kecil kita ini turut membantu keselamatan generasi Indonesia.
 

Terima kasih ya Johnson's Baby dan The Urban Mama atas acaranya. Hadir di acara tersebut, mengajak saya flash back saat anak pertama lahir. Di awal kelahiran dulu, saya takut untuk memijat bayi sendiri, juga memandikan. Padahal sebelum pulang dari rumah sakit, suster memberi tahu saya tentang tata cara memijat bayi.

Karena belum tahu sejuta manfaat bounding melalui sentuhan cinta itu, saya serahkan saja urusan mandi kepada kakak hingga 40 hari pasca melahirkan. Untungnya saya ibu rumah tangga. Setelah 40 hari, saya baru berani pijat dan memandikan si Riyadh. Huhuhuhuu :( Padahal Johnson's Baby itu udah produk familiar sama Riyadh. Waktu hamil besar, mamanya udah sering pake bahkan ciium-cium sabun batang Johnson's Baby. Pas udah lahir, Riyadh langsung saya pakaian Johnson's Baby top-to-toe wash.

Baiklah, nanti pas anak kedua seharusnya saya sudah lebih mahir memijat juga memandikan bayi sendiri. Sudah berpengalaman dan kemarin sempat udpdate serta praktik bersama juga cara memijat bayi. Sip, udah siaplah amam Riyadh buat anak kedua yang berkualitas! Hohohohoo ^^ 

Trims The Urban Mama dan Johnson's atas acaranya. Selain dapat teori, saya juga bisa praktik langsung tentang pijat bayi yang benar untuk bounding dan keberlangsungan generasi Indonesia kelak. Sukses, ya untuk program #SentuhanCinta-nya Johnson's Baby!
Buat info lebih terkini seputar program #SentuhanCinta Johnson's Baby, mama bisa ikutin akun media sosial Johnson's Baby di Instagram juga Facebook.

Komentar

  1. The power of touch, dulu tiap hari pijat bayi, bisa sambil ngobrol dan bonding makin kuat. Momen menyenangkan yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mbak wa. Pasti mbak wa inget banget momen2 pijat dayu setiap pagi. Sangat menyenangkan dan menyentuh.

      Hapus
  2. Wah sayangnya sekarang gak punya anak kecil lagi... dulu waktu anak masih kecil2 sering pake ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. No probs kang. Bisa buat cucuk nanti. hhehee. Keponakan juga bisa kalau sekarang mau beli produk Johnson. Biar keponakan merasakan manfaatnya, kang didno bantu bayi Indoesia supaya bisa gapai mimpi2 mereka.

      Hapus
  3. Sentuhan cinta emang dibutuhkan semua orang ya kak. Apalagi baby. Aku suka pakai Johnson juga... Padahal dah dewasa... Wanginya enak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga sukaaaa.. Aku suka bau sabun batangnya yang putih. khas bayiiiikk, ehehhe

      Hapus
  4. Programnya bagus yaa, kita bisa merasakan manfaatnya produk Johnson's sekaligus ikut menyumbang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betuuuull. Packaging nya itu lho Kak Mel yang paket buat donasi ini. Kemasan buat travel banget. Cocok buat mudiklaaah biar gampang dibawa kemana. Ringkes!

      Hapus
  5. Pijat bayi memang seru ya kak, nggak cuma membantu menstimulasi motorik anak tetapi juga memperkuat ikatan batin ibu dan anak. Duh sedih deh pas baca tentang survey demografinya, padahal tahun 2020 kan sebentar lagi ya. Semoga pemerintah dan pihak lainnya seperti Johnson bisa mengatasi ini yaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaamiin. Semoga segera ada perhatian khusus dari pemerintah. Johnson udah selangkah lebih dulu, nih kak.

      Hapus
  6. Anak aku klo udh dipijat bs ketiduran lho nes 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Serius mbak? Asyik beuttt.
      Riyadh kalau udah ngantuk aja bisa sampe tidur. selebihnya ON lagiiii :))))

      Hapus
  7. Iya dengan pijat si Kecil bisa jadi ada ikatan emosi dan bair si Kecil juga nyaman ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betuuuull..
      Ahhh kak kania pasti lebih tahu deh secara anaknya udah duaaa

      Hapus
  8. Manfaat pijat pada bayi memang banyak sekali. Terutama membangun bounding agar kelak dewasa nanti anak bisa lebih dekat dengan mamanya. Pastinya gunakan produk yang tepat ya saat memijat. Programnya bagus banget, kita bisa beli produknya sekaligus berdonasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Nurul. Riyadh sering ku pijat sampai sekarang kalau mau tidur. Manfaatnya banyak banget emang, terutama bounding. Riyadh kek lebih ngerti aja perasaan emaknya kalau lagi eror. Hehehe. Laff banget dah!

      Yuk, kita beli produk Johnson sekalian berdonasi. Bantu generasi Indonesia supaya bisa menggapai iimpian mereka.

      Hapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkomentar dengan sopan :)

Postingan populer dari blog ini

Merayakan Ulang Tahun Anak di Rumah

[My 1st Pregnancy] Tentang Jenis Kelamin di Minggu ke-21

[My 1st Pregnancy] 38 Weeks: Posisi Janin Posterior