Jumat, Oktober 20, 2017

"Weekend" Rasa Baru di Kepulauan Seribu

Assalaamu'alaikum...

Siapa di sini orang (yang tinggal di) Jakarta, tapi belum pernah ke Pulau Seribu? Hayo, ngacung! Apaa? belum pernah? Ahh, kamu ketinggalan perahu kalau belum ke Pulau Seribu berarti! Hehehe. Iyalah ketinggalan perahu. Masa ke Kepulauan Seribu naik kereta? :p *jayus*

"Weekend" Rasa Baru di Kepulauan Seribu


Akhir Pekan Rasa Baru di Kepulauan Seribu

Baiklah. Selain dipenuhi oleh berbagai mall dan museum, Jakarta juga punya laut kaliii yang bisa direnangi. Apa? Kotor? Waa berarti kamu belum menjelajah ke yang namanya Kepulauan Seribu. Destinasi wisata yang terletak di utara Jakarta ini memiliki gugusan pulau yang di dalamnya terdapat zona konservasi berupa taman laut bernama Taman Nasiona Laut Kepulauan Seribu. Pengunjung nggak cuman bisa berenang aja, tapi juga melihat keanekaragaman biota laut di wilayah Teluk Jakarta, flora juga fauna laut pastinya.

Tahu Pulau Onrust yang di dalamnya terdapat bangunan bersejarah berupa benteng tua di zaman Belanda dan dijadikan barak karantina haji? Lokasinya ada di Kepulauan Seribu. Tempat ini sering banget kok dijadikan pengambilan gambar para penyanyi. Ibarat sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui, berwisata ke Kepuauan Seribu, selain memanjakan mata dengan konservasi laut, juga tambah pengetahuan denagn mengunjungi beberapa pulau di Kepulauan Seribu yang dijadikan sebagai suaka taman purbakala.

Pulau Onrust yang pernah dijadikan sebagai barak karantina haji. (dok. dream.co.id)

Sejak tahun 2003, Kepulaun Seribu sudah menjadi kabupaten Administrasi Jakarta Utara dengan pusat pemerintahan di Pulau Pramuka. Khusus destinasi wisata, ada 20 pulau yang bisa wisatawan kunjungi, diantaranya: Pulau Kahyangan, Pulau Pabelokan, Pulau Bidadari, Pulau Onrust, Pulau Edam, Pulau Kelor, Pulau Rambut, Pulau Ayer, Pulau Puteri, Pulau Matahari, Pulau Sepa, Pulau Pantara Barat dan Pantara Timur, Pulau Bira Besar (Bira Island), Pulau Kotok, Pulau Pelangi, Pulau Papa Theo, Pulau Laki, Pulau Pamagaran, Pulau Sabira, Pulau Saktu dan Pulau Penike.

Sementara pulau-pulau tujuan penyelam meliputi: Pulau Kotok, Pulau Papa Theo, Pulau Peniki, Pulau Matahari, Pulau Gosong, Pulau Sepa, Pulau Semak Daun, Pulau Pantara. Sebenarnya masih banyak lagi pulau kecil yang ramai akan penduduk, seperti Pulau Tidung, Pulau Untung Jawa, Pulau Pramuka, Pulau Pari, Pulau Harapan, Pulau Kelapa.

Menanti matahari terbit di Pulau Tidung. Wisatawan sudah ramai duduk di pinggir jembatan yang menghubungkan Pulau Tidur Besar dan Pulau Tidung Kecil.

Bagaimana Berwisata ke Pulau Seribu?

Saat ini sudah banyak travel agent yang membuka paket wisata ke kepulauan seribu. Berbagai macam paketnya: ada yang 2 hari 1 malam (2D1N), ada juga 3 hari 2 malam (3D2N) dengan 2-3 pulau yang dikungjungi. Kamu tinggal pilih aja sesuai budget-mu.

Ada beberapa pelabuhan atau dermaga yang bisa kita pilih menuju Kepulauan Seribu, yaitu Kaliadem, Keronjo, Muara Angke, dan Marina Ancol. Jika ingin cepat sampai dan budget lebih besar, kamu bisa memilih paket wisata Kepulauan Seribu dari dermaga Marina Ancol dengan menggunakan speedboat. Namun, apabila Anda ingin menghemat biaya, menggunakan kapal motor adalah pilihan yang tepat meskipun memakan waktu lebih lama.

Sekitar tahun 2010, saya pernah memilih paket 2D1N untuk berwisata ke salah satu pulau di Kepulauan Seribu, Pulau Tidung. Waktu itu saya bersama 10 teman. Semakin banyak jumlah orang, semakin murah biaya wisata, termasuk ongkos naik kapal. Keberangkatan melalui Muara Angke pukul 07.00. Jadi, sehabis sholat Subuh di hari Sabtu, saya bersama teman sudah pergi naik taxi menuju Muara Angke. Sampai di sana pukul 06.00, dermaga sudah ramai oleh wisatawan.

Perjalanan menuju Pulau Tdung menggunakan kapal motor yang memakan waktu dua jam.

Perjalanan ke Pulau Tidung memakan waktu sekitar dua jam. Aktifitas yang bisa dilakukan di sana berupa bermain sepeda menyusuri perkampungan Pulau Tidung, berenang di pantai, menyeberang ke Pulau Karang Beras. Pada Sabtu malam kami melakukan barbeque ala-ala ikan laut. Ikannya sudah disediakan oleh agen travel. Seruu banget, apalagi sama teman-teman!

Menyantap ikan yang dibakar dalam sepiring ber.... berberapa orang ini ya? hehehe :D

Nah, wisatawan yang berasal dari luar Jakarta, bisa menggunakan transportasi umum seperti bus atau taksi online dari Bandara Internasional Soekarno Hatta menuju ke dermaga atau pelabuhan terdekat. Supaya lebih mudah, pilih saja paket wisata yang dilengkapi dengan akomodasi untuk mengantar hingga ke dermaga atau langsung menuju Kepulauan Seribu.

Piliihan lainnya, bisa juga kamu tiba satu hingga dua hari sebelum waktu penyeberangan ke Kepulauan Seribu. Eksplorasi wisata (kuliner dan travel) di daerah Jakarta Utara juga tidak ada salahnya, ye kan? Jangan lupa pesan tiket pesawat dan tempat menginapnya di Traveloka. Mengapa?

Menyendiri di Pulau Karang Beras


Paket Wisata Hemat bersama Traveloka ke Kepulauan Seribu

Buat kamu yang berada di luar kota Jakarta, seperti Bali, Surabaya, Makassar, Medan tapi pengen liburan hemat ke Pulau Seribu gampang banget caranya! Langkah pertama memesan tiket pesawat dulu, dong. He eh pesawat. Udah mah lebih cepet nyampe, harga tiket pesawat juga nggak jauh beda dengan alat transportasi lain yang memakan waktu perjalanan lebih lama.

Selesai pesan tiket pesawat, pasti cari tempat nginep, ye 'kan? Nah, daripada kamu bolak-balik buka situs online travel agent (OTA) untuk cari satu per satu tiket pesawat, matching harga dan waktu. Lalu, buka OTA lagi buat cari tempat nginep, ngebandingin harga dan waktu lagi. Zzzz wasting time banget! Zaman now, mending langsung buka aja situs Traveloka. Di sana ada paket wisata Traveloka ke Pulau Seribu yang menawarkan pemesanan tiket pesawat dan tempat nginep secara bersamaan.

Mudah booking-nya, hemat waktunya, lebih murah harganya kalau kita pilih paket wisata Traveloka.

Sebenarnya aku juga baru tau sih kalau ada layanan kayak gini di Traveloka. Wekekek. So far nyari-nyari tiket dan tempat nginep yaa sendiri-sendiri. Karena udah kelamaan, banyak mikir, akhirnya gagal melulu liburan ke luar kota. Kalau satu paket gini bisa langsung eksekusi. Mood boster banget 'kan liburan itu.

Apa sih untungnya pesan paket wisata Traveloka ke Pulau Seribu? Secara otomatis lebih praktis dari soal waktu ya, seperti yang aku jelaskan di atas. Lainnya, harga juga lebih murceu, cyiiiin dibanding pesan sendiri-sendiri. Yang lebih asyik lagi, meski namanya paket, kita bisa otak-atik sendiri jadwal dan maskapai penerbangannya juga jadwa dan tempat nginepnya. Jadi, deh liburan dengan budget yang kita inginkan. Oh, ya paket wisata Traveloka ini nggak cuman untuk ke Pulau Seribu, ada pula ke Lombok, Yogya, Bali, Dieng, Karimun Jawa, Bandung, Pulau Tidung, dan paket honeymoon. Ihiy!

Nih aku kasih tau cara booking paket wisata Traveloka ke Pulau Seribu.

  • Buka situs Traveloka, lalu ke bagian Paket Wisata Traveloka ke Kepulauan Seribu,
  • Masukkin deh rencana liburan kamu, mulai dari pemesanan tiket pesawat hingga tempat nginep. Misalnya, saya pilih penerbangan dari Surabaya menuju Jakarta untuk two way tickets (26/10/2017 dan 19/10/2017). Lalu, saya pilih hotel yang ada di Jakarta (26/10/2017 hingga 28/10/2017). Saya sengaja pilih tiba dua hari sebelum waktu penyeberangan ke Kepulauan Seribu karena ingin menghabiskan waktu di wahana Ancol dan menikmati kuliner laut di Muara Angke.

Pesan tiket pesawat dan hotel dalam satu online travel agent sungguh menghemat waktu, kawan! Tjuss buka situs Traveloka aja!

  • Klik "search packages"
  • Nanti akan muncul list nama hotel yang ada di Jakarta. Kalau kamu sudah tahu tempat nginep yang dituju, langsung klik saja namanya, tidak perlu kota tujuan. Dalam contoh ini, saya ambil room budget near Ancol. Karena pergi liburan sendiri, jadi lebih fleksibel aja waktu dan tempatnya.

Saya pilih budget room yang berdasarkan review lokasi strategis.


  • Setelah memilih jadwal terbang dan tempat menginap, isilah biodata diri dengan benar, lalu proses ke pembayaran.
  • Selain memberi kemudahan paket wisata, Traveloka juga memberi kemudahan pada proses pembayaran. berbagai tipe pembayaran bisa dilakukan, seperti saya yang nggak punya kartu kredit, bisa lakukan transfer ATM.
Ahh mudah dan simpel banget ya menggunakan paket wisata Traveloka. Kalau nggak punya ide mau ngapain dan destinasi apa yang wajib dikunjungi di suatu tempat, Traveloka punya artikel untuk merekomendasikannya. Mau cari tiket pesawat dan tempat menginap, Traveloka punya paketnya. Lebih murah harganya, lebih hemat waktunya, banyak cara pembayarannya. Kamu sudah coba belum? Yuk, dicoba! Kita liburan ke Kepulauan Seribu biar kulit makin hitam eksotis ;)

Wassalaam

5 komentar:

  1. Asyik ya wisata ke Kepulauan Seribu? :) Pakai Traveloka emang pilihan yang tepat

    BalasHapus
  2. Jadi kangen wisata ke situ. :D Itu di kapal desak2an gitu, ya? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyah kalau yang murceu.
      Ini naik dari Angke. Dulu siii per orang 30 ribu, kalau nggak salah inget yahh. Hehhe naanya juga traveling gara ransel. Minimalisiiiiirrrr budgetnya :p

      Hapus
  3. Aku pernah ke Pulau Pari. Seneng banget di sana. Kayak bebas aja gitu ngelilingin pulau pake sepeda.

    Tapi aku sekarang jadi mikir dua kali mau ke sana sejak ada kasus kapal tenggelam itu :'( Kalo dipikir-pikir dulu nekat juga ya naik kapal tanpa pelampung. Dan itu sempet tidur lagi biar gak mabok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. HAAHH? Aku ketinggalan info yang itu.
      Dulu emang nggak pernah mikirin soal safety, yah. Hihihii. Bener juga si. Harusnya semua penumpang pakai pelampung kalau naik kapal. Kalau ada apa-apa upaya menyelamatkand iri lebih optimal.

      Hapus

Terima kasih sudah berkomentar dengan sopan :)