Sabtu, September 09, 2017

Jual Beli Halal bersama Duniahalal.com

Assalaamu'alaikum...

Siapa di sini yang suka jual beli secara online? Hayo, ngacuung!
Imbas positif dari zaman serba digital seperti saat ini berefek pada majunya bisnis e-commerce. Baca aja nih, berdasarkan data sensus ekonomi yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS), industrial e-commerce di Indonesia dalam sepuluh tahun terakhir tumbuh sekitar 17 persen dengan total 26,2 juta usaha. Wuihhh, jumlahnya nggak main-main, puluhan juta!

Sementara itu, berdasarkan data Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), nilai bisnis e-commerce di Indonesia pada tahun 2015 mencapai US$ 3,56 miliar atau setara dengan Rp 46 triliun. Pastinya nominal ini akan terus berkembang setiap tahun, mengingat semakin pesatnya dunia e-commerce.

Di tengah kegalauan umat Islam dalam jual beli secara online, situs dan aplikasi jual beli online bernama duniahala.com hadir sebagai solusi.

Akan tetapi untuk umat muslim, dari sekian banyak e-commerce dan transaksi yang kita lakukan, sempat terbayang nggak masalah halal haram dalam proses jual beli di sana? Pernah terpikir nggak, barang yang dijual oleh penjual berasal dari mana? Misalnya nih, ya. Kalau kita beli daging, pernah terpikir nggak gimana cara penjagal memotong hewan? Apakah tebas gitu saja atau menggunakan mesin potong atau dilakukan sesuai dengan syariat Islam?

Lalu, bagaimana dengan sistem pembayarannya? Apakah kita membeli barang tersebut secara tunai, kredit dengan bunga, atau kredit tanpa bunga? Sudah tahu belum, membeli barang dengan kredit ples bunga adalah haram hukumnya secara syariat Islam?

Menjawab semua pertanyaan galau di atas, kini umat Islam tidak perlu ragu lagi untuk melakukan jual beli secara halal melalui dunia online. Kamu bisa melakukannya di duniahalal.com. Yuk, kenalan lebih dekat!

Peluncuran e-commerce duniahalal.com pada Rabu (6/9/2017) di Plaza 89 Kemang, Jakarta. (dok. Dede Ariyanto)

Apa sih duniahalal.com?

Duniahalal.com adalah e-commerce pertama di Indonesia yang menjamin kehalalannya dalam setiap proses jual beli, mulai dari produk skrining hingga sistem pembayaran.

Ditemui saat launching duniahalal.com pada Rabu (6/8/2017) di Kemang 89 Jakarta, Ndang Sutisna (presiden direktur PT Galaksi Dunia Halal) mengatakan, mereka menjamin kehalalan jual beli di duniahalal.com mulai dari produk skrining hingga sistem pembayaran.

Aplikasi duniahalal.com yang tampak pada layar smartphone.

Ndang mengambil contoh jual beli daging. Sebelum menjadikan daging sebagai salah satu komoditi, pihak duniahalal.com melakukan penelulusuran kepada calon mitra penjual. Prosesnya mulai dari tahap pemeliharaan hewan ternak, pemotongan, hingga proses pengemasan. Jika semua proses sesuai dengan syariat Islam, duniahalal.com akan memasukkan daging tersebut ke dalam etalase digital mereka.

Lebih lanjut Ndang menjelaskan, mitra penjual duniahalal.com terbagi menjadi dua: perusahaan dan UKM. Kalau perusahaan biasanya mereka sudah memiliki lisensi halal di setiap produknya. Inj sudah tidak dipermasalahkan. Di lain pihak, duniahalal.com turut mendampingi para UKM yang memiliki produk halal dan belum bersertifikasi halal, tetapi ada niatan untuk melakukan sertifikasi halal. Jadi, duniahalal.com tidak hanya mendukung perusahaan besar untuk semakin sukses, tetapi juga para industri rumah tangga melalui jalur yang disesuaikan dengan syariat Islam.

Ndang Sutisna, presiden direktur PT Galaksi Dunia Halal sedang menjelaskan dari sisi apa duniahalal.com mengusung e-commercer halal pertama di Indonesia. (dok. Wardah Fajri)


Produk apa saja yang diperjualbelikan di duniahalal.com?

Mengusung spirit memajukan perekonomian umat Islam, duniahalal.con menyediakan beraneka produk islami yang bisa didapat secara online, di manapun dan kapanpun kita berada selama terkoneksi dengan jaringan internet.

Ada sebelas kategori produk yang berada di etalase duniahalal.com, di antaranya: pakaian (pria dan wanita), sayur-mayur, herbal, (peralatan dan perlengkapan) ibadah, elektronik, kecantikan, perlengkapan bayi dan anak, rumah tangga, otomotif, galeri (lukisan dan kaligrafi), termasuk pula wisata halal.

Peluncuran duniahalal.com turut dihadiri oleh para awak media, blogger, juga puluhan marchant yang sudah bergabung dengan duniahalal.com. (dok. Dede Ariyanto)

Coba selami lebih dalam lagi setiap produk yang ditawarkan. Ada beragam pilihan produk menarik. Saya paling excited dengan kategori wisata halal. Di dalamnya terdapat berbagai macam promo menarik untuk berwisata ke tempat-tempat bernuansa islami. Paket umroh sudah pasti ada. Selain itu, untuk saat ini duniahalal.com juga menawarkan paket wisata islami ke benua Eropa.

Masih dari kategori Wisata Halal, ada pula subkategori masjid. Di menu ini kamu bisa mengetahui letak masjid terdekat yang berada di wilayah tempat wisata. Sudah nggak bingung-bingung lagi nanti mencari masjid di saat waktu sholat.

Buat saya, duniahalal.com ibarat one stop islamic shoping karena semua ada di sini. Aplikasi dan situs duniahalal.com masih terus dikembangkan untuk kenyamanan para pengguuna. Ke depannya, duniahalal.com juga akan menyediakan fitur Halo Ustadz. Fitur ini akan memuat jadwal para ustadz yang bekerja sama dengan duniahalal.com, termasuk pula range harga. Fitur ini sangat bermanfaat bagi masyarakat untuk menghubungi ustadz yang bersangkutan terkait jadwal tausiah.

Nah, selain urusan jual beli, duniahalal.com juga mempermudah para konsumennya untuk melakukan berbagai macam pembayaran kebutuhan rumah tangga, seperti pembelian pulsa, pembayaran listrik PLN, air PDAM, dan asuransi BPJS.

Salah satu halaman dalam situs duniahalal.com yang menawarkan paket perjalanan wisata halal.

Dalam rangka promosi momen peluncuran, duniahalal.com menyediakan diskon hingga 80 persen untuk para pembeli yang telah registrasi dan berbelanja di duniahalal.com. Konsumen mana yang nggak mau sama diskon, ye kan? Apalagi sampe 80 persen!

Kamu bisa berbelanja online secara syariat Islam dengan mengunduh aplikasi duniahalal.com di Google Play Store atau berselancar melalui situs resmi mereka di www.duniahalal.com. Bagaimana dengan pengguna iOS? Aplikasi duniahalal.com masih dalam tahap pengembangan supaya para pengguna iOS turut bisa berbelanja di duniahalal.com melalui aplikasi.

Duniahalal.com, berawal dari halal, semoga semua yang terlibat di dalamnya bisa membawa keberkahan. Aamiin. Happy (islamic) shoping!

Saya dan teman-teman dari BloggerCrony yang turut hadir dalam peluncuran duniahalal.com


6 komentar:

  1. Pas banget deh belanja sekarang udah bisa dimana aja tanpa harus ke store apalagi duniahalal pasti produknya halal jadi udah gak khawatir lagi pasti aman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, mbak. sistem pemyarannya juga no kredit2 gitu. sebagai muslim jadi lebih secure aja. hehehe

      Hapus
  2. Perumpamaan jual-beli daging yg dipaparkan benar-benar mudah dipahami. Memang, mulai dari sumber, cara atau proses, dan akadnya harus sesuai Islam. Dan itu ada di dunia halal. Bermanfaat dan baik buat umat. Lanjutkan.. 👍😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. yess, mas. aku suka sama semangatnya. membangun perekonomian umat.

      Hapus
  3. Ah suka deh penutupnya. Aamiin usaha supaya hidup di dunia jd lebih berkah dgn melakukan transaksi onlen lewat marketplace kyk duniahalal ini ya mbk :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup, mbak. usaha maaah harus sesuai dengan syariat Islam. selanjutnya tinggal Alloh yang atur :)

      Hapus

Terima kasih sudah berkomentar dengan sopan :)