Tips Mendapatkan Keturunan dan Kehamilan yang Sehat bersama Theo Bebe Indonesia

Assalaamu'alaikum...

Siapakah di antara pembaca saya yang terbilang lama memiliki keturunan? Wesss, kalau pertanyaan ini saya sendiri bisa tunjuk jari, nih. Saya terbilang cukup lama menanti keturunan pasca menikah. Dua tahun pas usia pernikahan, alhamdulillah Alloh kasih hadiah dengan adanya janin dalam rahim saya.

Baca: [My 1st Pregnancy] 12 Minggu.. Alhamdulillah

Ternyata lamanya saya menunggu kehadiran si buah hati ini serupa dengan pengalaman yang dialami pasangan isteri Dhena Aldhalia dan Jhonatan Frizzy (si Ijonk, salah satu aktor yang memerankan sinetron Meteor Garden versi Indonesia di SCTV). Lalu, apa upaya yang dilakukan Dhena dan Dijonk untuk memiliki keturunan yang sehat? Yuk, lanjut baca tulisan saya saat menghadiri Parenting Journey Part 1, "Giving The Best for Your Baby" Healthy Pregnancy, Sabtu (29/7/2017) di Jakarta Convention Center, Cendrawasih Hall, Senayan, Jakarta. Acara yang diselenggarakan oleh Theo Bebe Indonesia--furnitur untuk anak-anak ini, juga turut dihadiri oleh Dokter UF Bagazi, Sp.OG (dokter ahli kandungan) dan Anik Widyawati (brand manager Theo Bebe Indonesia).

Talkshow "Parenting Journey Part 1, 'Giving The Best for Your Baby' Healthy Pregnancy", Sabtu (29/7/2017) di Jakarta Convention Center, Cendrawasih Hall, Senayan, Jakarta. Acara ini diselenggarakan oleh Theo Bebe Indonesia, furnitur untuk anak-anak.

Usaha Dhena Mendapatkan Keturunan

Memiliki keturunana adalah dambaan bagi setiap orang yang telah melangsungkan pernikahan. Akan tetapi, hal yang perlu diingat, keturunan adalah bagian rejeki dari Sang Maha Pencipta wicis datangnya berbeda-beda menurut waktu dan pengalaman setiap orang.

Dhena dan Ijonk pun merasakan hal yang sama. Beberapa bulan "kosong" pasca pernikahan, membuat mereka khawatir akan kesempatan memiliki keturunan. Mereka pun mengonsultasikannya kepada beberapa dokter ahli kandungan.

"Saya pergi ke beberapa dokter kandungan pada waktu itu. Iya, nggak satu. Dicek kesehatannya, mereka bilang nggak apa-apa. Pokoknya, kalau si dokter terlalu santai ngomongnya, 'Udah tenang aja. Nanti juga ada', tanpa memberi solusi, saya cari dokter kandungan lain yang lebih meyakinkan", cerita Dhena di awal sesi talkshow.

Dari kiri ke kanan: MC, dr. UF Bagazi, Sp.OG (dokter ahli kandungan), Dhena Aldhalia (public figure), dan Anik Widyawati (General Manager Theo Bebe Indonesia)
Karena bosan ke dokter kandungan dengan hasil yang belum memuaskan, akhirnya Dhena pasrah. Pasrah bukan berarti diam saja tanpa ikhtiar apapun. Dhena bersama suaminya sepakat untuk merubah gaya hidup mereka menjadi lebih sehat.

"Karena bosan ke dokter kandungan dan dicek tidak ada masalah, ya sudah lah ya. Kami putuskan untuk hidup sehat. Kita berdua lebih banyak makan sayur dan olahraga beberapa bulan sebelum saya hamil. Nggak lama kemudian ternyata saya hamil. Pas di-USG saat usia (kandungan) empat bulan, eh ternyata kembar", lanjut ibu yang kini telah memiliki tiga orang anak.

Dua tahun "kosong" pasca menikah, Dhena (kedua dari kanan) dan Ijonk dikaruniai bayi kembar berjenis kelamin laki-laki dan perempuan.

Tips Mendapatkan Keturunan dan Kehamilan yang Sehat

Apa yang diceritakan oleh Dhena, menurut dokter UF Bagazi adalah serangkaian tindakan yang tepat sebagai langkah awal untuk memiliki keturunan.

Dalam penjelasannya, dokter UF mengatakan, setiap pasangan yang ingin hamil harus melakukan tes kesehatan terlebih dahulu untuk memastikan ada tidaknya kelainan atau gangguan yang bisa menghambat terjadinya kehamilan. Adapun rangkaian tes kesehatan prakehamilan meliputi:
  • pemeriksaan umum,
  • tekanan darah,
  • tinggi badan dan berat badan (yang diketahui melalui tabel perbandingan Indeks Massa Tubuh),
  • pemeriksaan serviks (bagaimana bentuk rahim, ada tidaknya kista dalam rahim),
  • pemeriksaan payudara,
  • tes laboratorium (tes darah rutin, ada tidaknya virus TORCH, virus toxoplasma, kekentalan darah, dan lain-lain).
Dokter UF Bagazi sedang memberikan penjelasan tentang tips mendapatkan keturunan dan kehamilan yang sehat.

Setelah mengetahui serangkain dari hasil tes kesehatan, jika tidak ditemukan kelainan, dokter UF menyarankan agar pasien mau menjalani pola hidup sehat. Cukupi asupan makanan bergizi dan olahraga adalah kuncinya. Yup, cukup! Tidak berlebihan. Sebab olahraga berebihan pun bisa menghambat produksi esterogen wanita dan mempengaruhi bentuk sperma laki-laki yang bisa menghambat proses kehamilan. Pun begitu dengan asupan makanan berlebih.

Tahukah Anda? Asam folat adalah jenis zat gizi yang amat diperlukan tubuh bagi Anda yang sedang menjalani program hamil (promil). "Perbanyaklah konsumsi asam folat sejak tiga bulan sebelum hamil", pesan dokter UF. Berbagai macam buah dan sayur adalah sumber asam folat alami yang tinggi, terutama pada brokoli dan asparagus.

"Survey di Amerika Serikat pada sejumlah wanita usia subur menunjukkan, HANYA 7 persen wanita yang mengetahui bahwa asam folat harus dikonsumsi sebelum kehamilan untuk mencegah cacat lahir", UF Bagazi.

Dalam kesempatan yang sama, dokter UF juga menyampaikan seberapa besar porsi setiap zat gizi yang wajib dikonsumsi seseorang dalam gaya hidup sehat. Intinya, perbanyaklah variasi konsumsi buah dan sayur, cukupi kebutuhan karbohidrat dan protein (hewan dan nabati), batasi penggunaan minyak dan gula.

Mayo Clinic Healthy Weight Pyramid

Mengonsumsi sayuran, lanjut dokter UF, seperti brokoli dan asparagus yang didukung dengan olahraga yang cukup adalah baik untuk kesehatan. Sel telur yang biasanya nggak pecah, dengan keadaan seperti itu (perbanyak konsumsi buah dan sayur serta olahraga yang cukup) bisa pecah (sel telurnya). Artinya, bisa terjadi pembuahan. Hamil.

Selanjutnya, lanjutkan konsumsi makan makanan dengan gizi seimbang agar pertambahan berat badan selama hamil berada dalam batas wajar, tidak berlebih.

Tabel perkiraan kenaikan berat badan ideal bagi ibu hamil berdasarkan WHO Asia-Pacific.

Dokter UF menjelaskan secara rinci bagaimana tahap perkembangan janin dari usia 0 hingga 9 bulan. Stimulasi dini yang dilakukan orangtua pada janin sejak dalam kandungan sangat berpengaruh terhadap kecerdasan otak.

"EPA, DHA penting untuk kecerdasan otak. Sering memperdengarkan bayi terhadap musik Mozart terbukti mampu meingkatkan IQ sang bayi saat lahir", terang dokter berdarah timur tengah.

Untuk mendapatkan kehamilan yang sehat, dokter UF menyarankan agar para ibu hamil mengindari kontaminasi dari ujung rambut, yang dihirup, juga suntikan (injection). Ada beberapa wanita yang suka menggunakan krim pemutih wajah, cerita dokter UF. Saat mengetahui dirinya hamil, konsultasikan kepada dokter kecantikan, apakah krim oles yang digunakan aman untuk ibu hamil. Krim oles pun bisa berdampak terhadap perkembangan janin.

Selain krim oles, dokter UF menekankan pada kebersihan udara di lingkungan ibu hamil. agar kehamilan tetap sehat. "Smoking area pun akan berdampak panjang (bagi ibu hamil). Ada pasien saya yang setiap hari menghirup asap rokok. Tidak, ia tidak merokok. Suaminya perokok. Pas lahir, bayinya kecil sekali", ungkap dokter  yang juga menjabat sebagai direktur utama Brawijaya Women and Children Hospital, Jakarta.

Dokter UF Bagazi, dokter spesialis kandungan yang juga menjabat sebagai direktur utama Brawijaya Women and Children Hospital, Jakarta.
Dokter UF juga menyarankan penggunaan yang aman pada bahan dan proses pembuatan furnitur bayi jika ibu hamil menggunakan furnitur bayi kelak pada saat si janin lahir.


Di akhir penjelasannya, dokter UF memberikan kesimpulan tentang tips mendapatkan keturunan dan kehamilan yang sehat:

  • perlunya persiapan kehamilan,
  • perlunya nutrisi yang optimal,
  • hindari semua larangan,
  • kasih sayang sejak dalam kandungan, dan
  • stimulasi dini sejak dalam kandungan.

Theo Bebe Indonesia, Furnitur untuk Anak-anak yang Lengkap dan Aman

Nah, abis ngomongin program hamil, lalu hamil, fase selanjutnya adalah memikirkan perintilan barang untuk si jabang bayi. As a new mom, saya merasakan banget antusias bebelian barang bayi. Perempuan dan belanja gitu, lho! Hihihihihi...

Pakaian, diapers, toileteries, tas bayi, kereta bayi udah jadi barang wajib untuk si bayi. Akan tetapi, ada satu barang yang kerap terlewatkan, yaitu furnitur bayi! Yess, emang ibu bapanya aja yang perlu furnitur? Bayi juga perlu, donk! 

Lemari (kanan) dan tempat ganti popok (kiri) jadi salah satu kebutuhan furnitur untuk bayi.

Untuk menyimpan pakaian bayi, mau ditaro dimana hayooo? Mau menggantikan popok bayi, udah ada tempatnya belum yang ergonomis sama postur tubuh Mama? Kalau di kasur 'kan suka kependekan gitu, ya. Bikin cepet pegel si pinggang, apalagi kondisi membungkuk. Nah, kalau mau menidurkan bayi, mau pakai keranjang bayi atau digabung sama mama papa? Pemakaian ranjang bayi bisa melatih kemandirian anak sejak dini, lho.


Bagi saya pribadi, kalau mau membeli barang paling males pindah-pindah tempat. Pengennya satu toko aja, udah deh kelar semua urusan. Pun begitu dengan urusan furnitur. Dari semua jenis furnitur yang saya sebutkan di atas, Theo Bebe Indonesia punya koleksi lengkapnya. Selain lengkap, penggunaannya juga aman bagi ibu hamil, janin, juga anak. Bukankah keamanan penting banget agar semua anggota keluarga sehat dan selamat?

TheoBebe Indonesia, Furnitur untuk Anak-anak yang Lengkap dan Aman

Siapa sih Theo Bebe Indonesia? Yuk, kenalan!

Theo Bebe adalah merk furnitur untuk anak-anak yang telah berdiri sejak tahun 1997 di Perancis. Eropa tuh, eropa bagian timur. Meski berlisensi Perancis, tetapi pembuatannya termasuk bahan baku berasal dari Indonesia! Wesss, lagi-lagi buatan asli Indonesia bernilai internasional.

"Yang saya bangga dengan Theo Bebe adalah pembuatannya berasal dari Indonesia. Theo Bebe telah diekspor dari Indonesia sejak 20 tahun yang lalu. Saya jadi turut bangga jualan produk Indonesia", kata Anik Widyawati, brand manager Theo Bebe Indonesia saat mengawali sesi perkenalan dengan Theo Bebe Indonesia.

Anik Widyawati (yang sedang berdiri), brand manager Theo Bebe Indonesia, saat memberi penjelasan tentang Theo Bebe Indonesia.

Meski buatan Indonesia, semua jenis kayu yang digunakan Theo Bebe Furnitur adalah eksklusif, harus sesuai dengan standar Perancis juga Eropa. Hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas dan kehandalan produk.

Tidak hanya sekadar membuat barang, Theo Bebe juga sangat memerhatikan konservasi lingkungan. Pada proses finishing, Theo Bebe menggunakan air yang tidak beracun sebagai pengencernya (bukan spirtus atau thiner), apalagi meninggalkan bau cat hingga berbulan-bulan. Proses finishing yang dilakukan Theo Bebe sangat aman untuk karyawan (pembuat), lingkungan (bumi), apalagi ibu dan anak-anak sebagai konsumen utama. 

"Saya pun survei ke pabrik Theo Bebe di Perancis. Setelah dicat, furnitur ini dioven sebanyak tiga kali menggunakan mesin yang canggih, sehingga tidak menimbulkan bau cat yang menyengat. Pabriknya go green banget dan aman (dari segi proses juga produk)", ujar Anik.

Salah satu koleksi Theo Bebe Indonesia, anais (grey). Menggunakan warna grey pada furnitur Anda adalah pilihan yang tepat. Mau anak cewek ataupun cowok, bisa memakainya. Dekorasi ruangan seperti apapun, ya match aja dengan warna furniturnya. (dok. TheoBebe Indonesia).

Furnitur berlambang teddy bear ini telah hadir di Indonesua sejak Februari 2017. Di awal peluncurannya, Theo Bebe Indonesia mengeluarkan tiga seri: perle, anais, dan alice. Perbedaan tipe ini hanya pada warna: putih, grey, dan dark grey

Kelebihan warna monokrom pada Theo Bebe memudahkan para Mama untuk mix and match furnitur dengan desain ruangan. Mau didesain seperti apa ruangannya, kombinasi warna Theo Bebe ya masuk aja atulah ;) Jadi, kalau bosan tidak perlu ganti furnitur. Cukup ganti suasana kamar dengan merubah cat dinding atau wall paper saja. Lebih hemat biaya, ye kaaan?

Koleksi lengkap Theo Bebe Indonesia meliputi: tempat tidur (baby cot), lemari pakaian (wardrobe), box mainan (toys box), tempat ganti popok (changing table), rak geser (rolling shelf), dan bufet (chest of drawer).

Penggunaan furnitur Theo Bebe tipe alice membuat ruangan semakin terlihat bersih. (dok. Instagram Theo Bebe Indonesia)

Adapun kelebihan khusus dari tempat tidur Theo Bebe Indonesia adalah multifungsinya. Biasanya tempat tidur yaa cuman untuk tidur saja. Akan tetapi, tempat tidur Theo Bebe Indonesia punya lima fungsi. Bisa untuk tempat tidur bayi baru lahir, balita, anak-anak, dan juga sofa.

Selain itu, semua material koleksi Theo Bebe berasal dari kayu. Bayi yang sedang berada pada fase oral 'kan sering gigit-gigit. Nah, kalau sedang ditaro di ranjang bayi, pinggir ranjangnya aman digigit-gigit karena berasal dari kayu, bukan plastik, juga tidak mengandung bahan-bahan toksik.

5 in 1, kelebihan tempat tidur Theo Bebe yang tidak dimiliki tempat tidur merk lain.(dok. Theo Bebe Indonesia)

Di lain pihak, pintu-pintu di setiap furnitur (kotak mainan dan lemari) buatan Theo Bebe juga antikejepit. Jadi, aman banget kalau dimainin anak. Di setiap engsel pintu Theo Bebe memiliki penahan, sehingga pintu akan lebih lambat menutup.

Kotak mainan Theo Bebe seri perle. Kotak mainan ini aman banget untuk bayi karena antikejepit. Di bagian engsel pintunya terdapat semacam penahan yang membuat pintu pintu lambat menutup.
Sementara itu, berdasarkan pengalaman Dhena saat hamil anak pertama, ia mengeluhkan pembelian furnitur yang masih bau cat beberapa bulan ppasca penggunaan. "Pada saat lahir twin (kembar) saya bingung dengan box bayi supaya tidak sampai dua ranjang. Akhirnya aku pesan box sendiri. Ternyata 2-3 bulan bau catnya masih ada", keluh Dhena.

Pada saat anak kedua, lanjut Dhena, ia memilih Theo Bebe. Ia dann suami sangat menyukai Theo Bebe karena warna yang cantik (putih dan abu-abu) juga tidak berbau. Selain itu, tempat tidur Theo Bebe bisa ia gunakan untuk anaknya yang kini telah menginjak usia batita.

Dari sisi kesehatan, dokter UF menerangkan, bentuk, bahan, proses finishing sebuah furnitur harus jadi perhatian orangtua. Bayi hingga lima tahun mengalami fase oral, apa saja dimasukkan ke  mulut. Jangan sampai tempat yang ia tinggal itu berdampak bagi kesehatan. "Pilihlah segala sesuatu yang aman untuk bayi", tegasnya.

Nah, para mama yang tertarik dengan Theo Bebe, bisa lihat barangnya di Seibu Grand Indonesia, Jakarta. Kalau lagi iseng, boleh lho Mah cek instagram TheoBebeID dulu.

Sip, lengkap deh info yang saya dapat dari acara Parenting Journey Part 1, "Giving The Best for Your Baby" Healthy Pregnancy bersama Theo Bebe Indonesia. Terima kasih Theo Bebe atas undangan dan ilmunya. Healthy Mama, healthy children :)

Wassalaam.

Me with Mbak Desy Yusnita at Theo Bebe Indonesia booth on IMBEX 2017



Komentar

  1. Mba, aku mau punya satu itu kemari seri alice....warna-warna klasik nya bisa mensiasatj rumahku yg imut-imut ini jd kelihatan agak luas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyahhh.. aalagi warna putih yak. jadi clean and klincong ruangan ;)

      Hapus
  2. Akuuuu akuuu angkat tangan sedang mendambakan buah hati hehhehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga pakai cara ini bisa ampuh ya mbak Icha. Keep positive thinking jugaa. Semangatosss!

      Hapus
  3. bisa buat informasi untuk yang ingin membobot bayi

    BalasHapus
  4. Perlengkapan untuk kamar anaknya bagus-bagus ya, Mbak :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkomentar dengan sopan :)

Postingan populer dari blog ini

Merayakan Ulang Tahun Anak di Rumah

Merawat Kulit Wajah bersama Garnier Duo Clean Whitening-Smoothing

[My 1st Pregnancy] Tentang Jenis Kelamin di Minggu ke-21