Kamis, Juni 01, 2017

Tips Ramadhan Sehat dan Praktis bersama Philips

Assalaamu'alaikum...

Jadi, gimana puasanya di minggu pertama ini, ukhti akhi? Tsaelahh.. Karena bulan puasa, mau ngomongin puasa jadi berubah bahasanya :p Eniwei maaf lahir batin yak. Selamat menjalankan ibadah puasa untuk pembaca akuh yang menjalankan. Mudah-mudahan puasa dan segala amal ibadah lainnya dilancarkan, dimudahkan, dan yang terpenting lagi diterima oleh Alloh SWT. Aamiin yaa robbal 'aalamiin.

Ngomongin soal puasa...
Puasa pada pada dasarnya menyehatkan jiwa dan raga. Percayakah Anda? Kadar gula dalam darah bagi penderita diabetes bisa turun setelah rutin berpuasa. Pun bagi mereka yang memiliki penyakit maag, tidak akan kambuh di saat berpuasa.

Bagaimana bisa? Sebab berpuasa turut melatih kedisiplinan diri seseorang. Yess disiplin waktu dan gaya hidup utamanya! Penurunan kadar gula dalam darah dan maag yang tidka kambuh saat berpuasa akan tercapai bila mereka menjaga pola makan selama puasa. Yang nggak menjaga alias pola makan alias balas dendam karena + 14 jam berpuasa, yaa BHAY aja sama status kesehatan. Ramadhan berlalu bisa jadi lingkar perut Anda bertambah. Hiiii...

Trus gimana caranya menjaga pola makan selama Ramadhan agar tubuh tetap sehat dan bugar? Yuk, baca lanjutan posting saya yang dirangkum dalam talkshow "Ramadahan Sehat dan Praktis bersama Philips" di Ballroom B, Ayana MidPlaza, Jakarta Pusat, Senin (15/5.2017) lalu. Dalam kesempatan tersebut, hadir pula dua orang narasumber: Rita Ramayulis DCN, M.Kes, (nutrisionis) dan Yongky Sentosa (Head of Personal Health Philips Indonesia).

Apa Itu Sehat?

Sebelum lebih jauh ngomongin tips, apa sih yang dimaksud dengan sehat? Dalam kamus gizi, sesuai yang disampaikan Ritas, sehat adalah suatu keadaan di mana tubuh terbebas diri dari segala macam penyakit dan risiko tinggi tidak terkena berbagai penyakit. Sehat tidak hanya berbicara soal jasmani, tetapi juga kesehatan psikologi. Stress akan muncul lebih rendah bila badan sehat.

Bagaimana cara mengetahui jika dirimu sehat? Ada banyak barometer yang digunakan untuk mengetahui sehat tidaknya suatu kondisi tubuh. Hal yang paling mudah diketahui adalah melalui pengukuran body mass index (BMI) atau bahasa kitanya indeks masa tubuh (IMT). IMT ini penting diketahui apakah tubuh sudah proporsional (dari segi perbandngan tinggi dan berat badan) atau justru overweight dan underweight.

Caranya mudah, Anda tinggal kalkulasikan angka tinggi dan berat badan ke dalam rumus tersebut, lalu lihat ada di kategori mana hasil perbandingan tersebut.



Cara sederhana untuk mengetahui proporsional tubuh. (sumber gambar dari sini)

Selain menghitung IMT, ada pula pengukuran tekanan darah, kadar gula dan lemak (LDL, HDL, trigliserida) dalam darah, pengukuran lingkar pinggang, banyaklah pokoknya. Yang terpenting untuk mendapatkan hasil yang bagus di setiap barometer kesehatan, kita harus perhatikan gaya hidup sehari-hari, mulai dari apa yang dikonsumsi, aktifitas fisik, dan olahraga.  Terkait soal makan, kata Rita, kita harus memerhatikan apa yang dikonsumsi sebab bisa berakibat puluhan tahun kemudian.

"Jadi, apa yang kamu makan sangat diperhatiin karena bisa berakibat puluhan tahun kemudian. Tidak hanya pada jasmani, kesehatan psikologi adalah fungsi badan sehat", papar Rita di hadapan puluhan blogger dan awak  media.

TIPS SEHAT SELAMA BERPUASA

Trus gimana mengondisikan makanan dan tubuh supaya sehat selama puasa? Puasa itu 'kan artinya secara sederhana kita tidak makan dan minum selama kurang lebih 12 jam (kalau di Indonesia). Selama itu pula kita tetap beraktifitas seperti biasa. Oleh karena itu, kecucukupan gizi dan elektrolit harus tetap  terpenuhi selama puasa.

Sudah tahukah Anda tentang 13 pedoman umum gizi seimbang (PUGS)? Sekarang Indonesia sudah tidak pakai 4 sehat 5 sempurna lagi, lho sejak tahun 2013. Silahkan tanya mbah Google ya rincian 13 dasar PUGS. Secara singkat 13 PUGS terangkum dalam piramida di bawah ini. PUGS ini lebih rinci dibanding 4 sehat 5 sempurna. Bukan hanya membincang makanan, melainkan aktifitas hidup sehat lainnya, seperti memantau berat badan, aktifitas dan olahraga yang cukup, mencucu tangan.

Tiga belas Peduman Umum Gizi Seimbang yang harus dipraktikkan untuk gaya hidup sehat. (sumber gambar: Gizi Depkes)

Di luar dari keterangan aktifitas fisik, baik saat berpuasa atau tidak, seseorang harus mencukupi porsi makan dan minum mereka selama satu hari sesuai dengan gambar. Jika lebih rinci lagi, berikut gambaran satu piring sekali makan.

Porsi sekali makan. (dok. Gizi Depkes)
Karena berpuasa tidak bisa kapanpun mengunyah, kita hanya memindahkan waktu makan saja. Tetap tiga kali sehari. Yang biasanya pagi, siang, malam; karena puasa diganti menjadi saat berbuka, selingan malam, dan sahur.

Buka Puasa

Menurut Rita, DUA prinsip makan saat berbuka puasa yang harus terpenuhi adalah mengganti elektrolit (cairan dalam tubuh) dan menaikkan kadah gula dalam darah (glukosa). Oleh karena itu, pada saat berbuka kita dianjurkan mengonsumsi kurma.

Kurma, bukan teh manis, apalagi sirup. Mengapa? Kurma menjadi pilihan utama saat berbuka puasa karena mengandung zat gizi yang lengkap, seperti glukosa, sukrosa, fruktosa, kalium, potasium, serat, beta karoten A, dan beberapa mineral lainnya. Sementara itu, teh manis tidak memiliki kandungan mineral, hanya sukrosa. Begitu dikonsumsi, gula dalam tubuh dengan cepat naik, tetapi cepat pula turun kembali. Adapun buah-buhan yang dianggap setara dengan kurma meliputi pisang, semangka, dan pepaya.

Dari mana kita mendapatkan asupan elektrolitnya? Ya dari jus buah yang dibuat sendiri tanpa tambahan gula ataupun susu kental manis, lho ya. Bagaimana dengan air putih? Air putih tidak mampu mengembalikan elektrolit dalam tubuh, lanjut Rita.

Makanan Selingan Malam 

Rita menjelaskan, prinsip dasar untuk makanan selingan malam adalah melengkapi gizi yang belum terpenuhi saat berbuka dan makan malam. Umumnya, jenis makanan yang baik dikonsumsi adalah makanan yang mengandung serat dan protein, seperti capcay seafood atau salad.

Jangan mengonsumsi terlalu banyak makanan yang megandung karbohidrat. Mengapa? Sebab karbohidrat jika dibawa tidur bisa menyababkan kesadaran lambat. Akibatnya, seseorang terasa berat saat bangun sahur.

Sahur

Bagaimana dengan sahur? Prinsip makanan yang dikonsumsi untuk sahur adalah makanan yang memiliki daya cerna lamat. Pilih protein rendah lemak. Kalaupun protein lemak tiggi, jangan diolah dengan menggoreng. Jangan lupa juga penuhi asupan elektrolit supaya tidak dehidrasi.

Jadi, dalam satu piring saat sahur, pilihlah karbohidrat dengan serat yang tinggi, misalnya berasa merah. Anda bisa juga mengombinasikan 1:4 antara nasi putih dan nasi merah. Bisa juga dikombinasi dengan agar. Lalu konsumsi sayuran yang megandung air tinggi.


RAMADHAN SEHAT DAN PRAKTIS BERSAMA PHILIPS

Dari tadi kita udah bicarakan tentang tips konsumsi makanan suapaya badan tetap sehat selama hingga akhir puasa. Yang namanya konsumsi makanan pasti lebih sehat dan enak kalau dibuat sendiri. Kita tahu asalnya dari mana, teknik pembersihan, pengolahan, hingga penyajian. Semuanya dalam kendali kita dengan peralatan yang mumpuni.

Selain membicarakan tentang apa yang dikonsumsi, dalam kesempatan tersebut Philips Indonesia juga memperkenalkan beberapa produknya yang menunjang gaya hidup sehat. Beberapa di antaranya air fryer, blender, juga juicer.

Air Fryer Philips

Apa sih air fryer? Air fryer bisa dikatakan sebagai penggorengan rendah lemak. Mengapa rendah lemak? Karena Anda bisa memanggang juga menggoreng dengan sedikit atau tanpa minyak sama sekali dengan bantuan air fryer.

Tahu dong kalau minyak sebagai salah satu sumber kalori terbesar bagi masyarakat Indonesia? Ingat gorengan? Aahhh, siapa yang tidak bisa menolak gorengan! Terlalu sering mengonsumsi makanan berminyak pula bisa menyebabkan kolesterol tinggi yang berakibat penyakit jantung koroner. Oleh karena itu, Philips menghadirkan air fryer sebagai solusi untuk kamu penyuka gorengan tapi tetap ingin bergaya hidup sehat.

Air fryer Philips yang bikin puasa kamu sehat dan praktis. (dok. Philips)


Kalau makanan nggak digoreng, apakah bisa menghasilkanan makanya yang renyah? Di situlah keunggulan lainnya air fryer Philips, tetap bisa menghasilkan makanan yang renyah di luar, tetapi lembut di dalam. Mengapa saya bisa katakan seperti itu? Karena dalam rangkaian talkshow berlangsung, terdapat pula demonstarasi pembuatan bola-bola ayam sayur dengan teknik masak menggunakan air fryer Philips.  Begitu dicoba, bola-bola ayam sayur renyah (garing) di luar dan matang (lembut) di dalam. Sehat dan maknyuslah!

Enaknya lagi kalau pakai air fryer ini, bisa masak secara otomatis. Niih ya bila kita memasak menggunakan penggorengan, tentu kita harus stand by untuk bolak-balik maskan supaya tidak hangus. Berbeda dengan air fryer Philips. Praktisnya, air fryer memiliki timer tersendiri. Begitu masakannya kita masukkan ke dalam wadah, lalu tutup yang rapat, atur waktu dan temperatur deh mau berapa menit dan sampai mana tingkat kematangannya. Sembari menunggu makanan matang, kita bisa mengerjakan pekerjaan lainnya tanpa kawatir masakan gosong.

Menggoreng kentang bisa tetap renyah dengan sedikit atau tanpa minyak bersama air fryer Philips.

Blender Philips

Ini produk yang paling yahud dari Philips. Buat saya saat masa MPASI anak pedana, berguna banget si blender ini. Ahahahaha. Sampai sekarang juga sih. Saya paling malas yang namanya ngulek. Cepaatnya, diblender sajalah ya. Nggak apa bumbunya terlalu halus. Toh, untuk dimakan sendiri :D

Philips sendiri punya banyak tipe blender. Saya sendiri punya yang tipe HR2102/00, Daily Collection Blender Problend 4 dengan kapasitas 1,5 L, tabung terbuat dari kaca. Sementara blender yang disediakan saat talkshow adalah tipe HR2116 yang memiliki empat warna unyu-unyu. Nah, kalau blender ini kepunyaan kakak saya. Saya juga sering menggunakannya saat blender saya rusak :D

Blender Philips tiper HR2116 yang bikin Ramadhanmu sehat dann praktis untuk membuat jus ataupun mengolah bumbu masakan. (dok. Philips)

Blender Philips memang diketahui memiliki daya yang tinggi. Pada tipe yang saya sebutkan di atas memiliki daya 400 watt. Akan tetapi, daya yang dimiliki blender Philips sebanding dengan penggunaannya. Jika tidak ada juicer, blender kerap dijadikan alat untuk membuat jus. Dengan 400 watt, blender Philips mampu memecah bongkahan es untuk ikut melebur bersama bahan-bahan jus. Bikin jus makin segerrr!

Jika kebanyakan blender menggunakan volume sebagai tingkat kecepatan memutar, blender Philips tipe HR2116 memberikan pilihan berbagai jenis bahan makanan yang akan diblender. (dok. Philips)
Berikut keunggulan lainnya yang dimiliki blender Philips tiper HR2116 atau HR2115:

  • 400 watt,
  • tabung kaca,
  • multi penggiling,
  • garansi dua tahun,
  • pisau bergerigi super tajam yang tahan lama,
  • tombol bersih cepat,
  • panel sentuh lembut yang mudah dibersihkan,
  • unit pisau lepas-pasang agar mudah dibersihkan, dan
  • semua komponen aman dicuci di mesin cuci piring, kecuali unit utama.


Juicer Philips

Nah, kali ini kita bahas sedikit tetnang juicer Philips. Produk ini tidak tertera secara langsung di meja para blogger. Akan tetapi berada di stand tersendiri. Di sela-sela acara saya sempat menyambangi stand ini, mencoba mengaplikasikan juicer untuk membuat jus nanas ples wortel yang ternyata rasanya seger banget yak!

Juicer Philips HR1863/00

Okeh, perbedaan juicer dan blender adalah juicer secara otomatis memisahkan ampas makanan yang telah dihaluskan. Apa yang kita dapat dari juicer, air yang terkandung dari bahan makanan tersebut. Lebih simpel kan?

Enaknya juicer Philips HR1863/00 ini adalah memiliki tabung yang besar untuk memasukkan bahan makanan yang berdiameter besar. Sebagai contoh wortel impor atau lobak. Kita tidak perlu memotong wortel atau lobak menjadi bagian lebih kecil supaya bisa hancur dijus. Masukkan saja secara utuh wortel dan lobak ke dalam tabung juicer, dorong, lalu tersaringlah ampas dan air yang terkandung di dalamnya.

 Juicer Philips HR1863/00 juga memiliki daya tampung hingga 2L. Jadi, kalau mau membuat jus dalam jumlah lebih banyak, oke banget pakai ini. Cukup dalam sekali proses. Ini nih kelebihan lainnya juicer Philips HR1863/00:

  •  teknologi QuickClean agar mudah dibersihkan,
  • cukup tuangkan air untuk pra-pembersihan cepat,
  • cukup tuangkan air untuk pra-pembersihan cepatAmpas secara alami jatuh ke dalam satu wadah,
  • motor 700 W yang kuat,
  • tabung pengisi XL (75mm),
  • mudah memeriksa ampas dengan wadah ampas tembus pandang, dan
  • perakitan komponen cepat dan mudah.

Oke banget 'kan peralatan dari Philips? Dalam kesempatan yang sama, Yongky menjelaskan, sebagai perusahaan yang telah berdiri lebih dari 20 tahun, Philips tidak hanya memunculkan produk, Philips yang dijuluki sebagai heatlch tech company terus berinovasi agar bisa mendukung gaya hidup sehat. Jadi, nggak usah ragu lagi donk untuk menjalankan secara total gaya hidup sehat selama bualan puasa ini, apalagi didukung dengan peralatan yang praktis dan sehat bersama Philips! ;)

Salam.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkomentar dengan sopan :)