Tiffany Kenanga Hijab, Modest Moslem Fashion untuk yang Berjiwa Muda

Assalaamu'alaikum...

Mantan finalis Putri Indonesia, Yovita Lesmana, pernah mengatakan di suatu kesempatan, anak-anak Indonesia sebenarnya kreatif (dalam arti positif) sekali. Akan tetapi, kreativitas anak-anak yang tidak didukung oleh orangtuanya tidak akan berkembang. Beruntunglah anak-anak yang memiliki dukungan orangtua dalam setiap perbuatannya (yang baik).

Seiring perkembangan zaman dan teknologi, muncul para pebisnis muda di berbagai lini. Anak-anak muda berkreasi dan memasarkannya melalui internet. Tiffany Kenanga Mandalawangi adalah salah seorang anak Indonesia yang bisa meraih sukses berkat dukungan orangtua. Ia berani membuka bisnis di bidang pakaian pada usia yang masih sangat belia dengan media sosial sebagai media penjualan. Yuk, kita simak bagaimana proses kreatif Tiffany dalam membangun bisnisnya, Tiffany Kenanga Hijab!

Mengusung semangat jiwa muda, Tiffany Kenanga Mandalawangi membuat sebuah clothing line berlabel Tiffany Kenanga Hijab.
Tiffany Kenanga Hijab, Modest Moslem Fashion untuk yang Berjiwa Muda

Tiffany Kenanga Hijab bisa dikatakan brand baru dalam lini modest moslem fashion. Berawal dari ide seorang gadis belia usia 16 tahun untuk memiliki usaha, Tiffany Kenanga Mandalawangi, atau biasa dipanggil Tuwi di rumahnya, memberanikan diri untuk menjual hijab melalui akun media sosial (Instagram).

"Awalnya (aku menjual) hijab. Sudah tiga sampai empat bulan berjalan bagus. Lalu banyak yang bertanya, kenapa nggak bikin baju aja sekalian? Akhirnya bikin clothing line", ujar Tuwi yang ditemui saat soft opening Tiffany Kenanga Hijab House and Boutique, Senin (10/4/2017) lalu di Pejaten Barat, Jakarta Selatan.

Yang muda yang berkreasi. Berawal dari menjual hijab secara online, aktifitas bisnis Tiffany berkelanjutan hingga membuat clothing line. (dok. Tiffany Kenanga Mandalawangi)

Tuwi yang lebih dahulu dikenal sebagai penyanyi sangat antusias melihat perkembangan bisnis barunya. Sedari kecil, menurut mamanya yang juga seorang pemilik usaha beauty and spa berlabel Dian Kenanga Totok Aura, ia memang senang membuat sketsa.

"Kalau ditanya cita-citanya mau jadi apa, dia selalu jawab dokter, guru, desainer. Berubah-ubah tapi tetap di antara tiga itu. Dari kecil memang suka menggambar", ujar Salma Dian Priharjati yang ditemui di waktu yang sama.

Bermula dari hobi yang ditekuni, kini Tuwi bisa belajar mengelola keuangan melalui penghasilan bisnisnya.

Tuwi tidak sendiri. Untuk membangun sebuah bisnis yang terus berkembang, Tiffany Kenanga Hijab membutuhkan tim yang solid. Selain sebagai pemilik, Tuwi juga mengepalai tim produksi di lini clothing-nya, dibantu oleh mama, seorang cap desainer, para penjahit dan karyawannya di bidang penjualan dan pemasaran. Dukungan keluarga besar tidak lupa menyumbang kesuksesan Tiffany Kenanga Hijab.

Founder BloggerCrony dan tim produksi Tiffany Kenanga Hijab berfoto bersama saat soft launching Tiffany Kenanga Hijab House and Boutique, Senin (10/4/2017) di Pejaten Barat. (dok. +Wardah Fajri)  

Ke mana arah fesyen Tiffany Kenanga Hijab? Pada dasarnya Tuwi adalah anak yang tomboy. Hampir tidak pernah mengenakan sepatu berhak tinggi, tapi sangat menggemari sepatu sneakers. Oleh karena itu, gaya busana yang dimunculkan Tiffany Kenanga Hijab pun tidak memiliki banyak detail dan hiasan.

Mengusung semangat jiwa muda (youngster spirit), Anda yang berusia belasan (remaja) hingga 50-an tahun bisa, lho mengenakan koleksi busana Tiffany Kenanga Hijab. Gimana caranya? Di situlah keunikan Tiffany Kenanga Hijab. Tuwi tidak menampik ada peran besar sang ibu dalam bisnisnya ini. Oleh karena itu, busana yang diciptakan pun disesuaikan agar bisa dipakai dalam rentan usia tersebut.

Salah satu koleksi atasan (blouse) Tiffani Kenanga Hijab. Di foto atas sebelumnya, blouse ini juga dikenakan oleh sang mama. See, benarkan jika koleksi Tiffany Kenanga Hijab bisa dipakai dari usia belasan hingga 50an tahun? This is youngster spirit!

Dengan model casual masculine, koleksi busana Tiffany Kenanga Hijab bisa digunakan untuk acara formal dan semi formal, tanpa harus ribet dengan motif yang ramai, rumbai-rumbai, atau cutting pakaian yang lebar. Sangat simpel. Tidak harus muslim, nonmuslim pun bisa mengenakan koleksi dari Tiffany Kenanga Hijab.

"Aliran kita (Tiffany Kenanga Hijab) itu casual masculine, bisa digunakan dari 16 sampai 50-an tahun. Youngster spirit. Yang make pengen anak muda, tapi pengen juga yang ibu-ibu", ujar gadis yang sangat mengagumi karya-karya sang maestro di bidang fashion, The Row dan Balenciaga.

Deretan koleksi long dress Tiffany Kenanga Hijab. Mengusung casual masculine, long dress ini dibuat dengan model yang simpel, tidak ada motif, bahkan dapat memeberi kesan ramping bagi yang memakainya.

Tiffany Kenanga Hijab menampilkan koleksi busana (fashion apparel) yang lengkap, mulai dari atasan, bawahan, outer, hijab (pashmina dan scraf), termasuk pula mukena dan sajadah. Unik dan antimainstream adalah ciri khas produk ini.

Untuk kemasan mukena, menurut saya, sangat elegan dan berbeda dari lainnya. Bukan kemasan mukena biasa yang memiliki tali dah ditenteng-tenteng. Akan tetapi kemasannya lebih kepada bentuk pouch, tas wanita yang penggunaannya digenggam.

Deretan koleksi mukena dan sajadah Tiffany Kenanga Hijab. Mukena by Tiffany Kenanga Hijab menggunakan jenis bahan katun jepang berkualitas tinggi, sejingga konsumen tidak akan merasa panas saat mengenakannya karena bahannya yang lembut dan adem.
Saat ini produk Tiffany Kenanga Hijab memang lebih diperuntukkan wanita, tetapi tidak menutup kemungkinan akan ada produk untuk pria ke depannya.

Semua detail dari setiap koleksi Tiffany Kenanga Hijab sangat diperhatikan. Kualitas kontrol produksi menjadi andalan dari produk ini. Harga seluruh koleksi Tiffany Kenanga Hijab mulai dari Rp 75.000 hingga Rp 600.000. Sebuah harga yang sepadan jika dibandingkan dengan keunikan dan kualitas barangnya.

"Konsumen tidak akan menemukan jahitan yang miring, lepas, ataupun dedel dalam setiap koleksi Tiffany. Kalaupun ada, itu kesalahan mata manusia. QC (quality control)-nya gila-gilaan di sini", ujar Arvan, staf produksi Tiffany Kenanga Hijab, sambil menunjukkan beberapa koleksi Tiffany Kenanga Hijab. 

Arvan (kanan), salah seorang tim produksi Tiffany Kenanga Hijab, sedang menjelaskan kepada Founder BloggerCrony, Wardah fajri (kiri), bagaimana kontrol kualitas setiap produk yang dihasilkan Tiffany Kenanga Hijab.

"Tiffany Tales Collection"Jadi Cerita Hidup Tuwi dalam Berbusana

Sebagai koleksi perdana, Tiffany Kenanga Hijab meluncurkan "Tiffany Tales Collection", mewakili cerita kehidupan Tuwi dalam hal berbusana dari usia 16 tahun hingga selanjutnya dengan tidak menghilangkan kesan casual masculine pada dirinya. Warna-warna bumi (cokelat, mocca, latte) juga monokrom (hitam, putih, grey) mendominasi koleksi busana Tiffany Kenanga Hijab, sehingga bisa dipadupadankan secara acak antarkoleksi Tiffany Kenanga Hijab.

Ada yang spesial dari ini. Tidak hanya soal padu-padan, Tiffany Kenanga Hijab juga memiliki koleksi busana yang bisa dipakai dengan beberapa cara. Pernah terpikirkan jika pakaian Anda bisa dikenakan lebih dari dua cara? Pakaian bisa dikenakan bulak-balik itu biasa. Salah satu desain Tiffany Tales Collection bisa dikenakan tiga cara. Psst, ini jadi salah satu best seller item lho di Tiffany Tales Collection! Beruntung saya bisa memilikinya. Nanti yah aku buatkan videonya!

Ada pula koleksi yang seragam, maksudnya motif sama tetapi jenis pakaiannya berbeda. Konsumen bisa mengenakannya bersamaan atau dicocokkan dengan motif dari jenis pakaian lainnya koleksi Tiffany Kenanga Hijab.

Nabhan stripes pants and outer, salah satu bagian dari Tiffany Tales Collection yang memiliki motif sama, tetapi berbeda jenis tipe pakaian. Anda bisa mengenakan keduanya di saat bersamaan atau salah satunya saja. (dok. Tiffany Kenanga Mandalawangi)

Walaupun tidak mengambil sekolah desain, koleksi Tiffany Kenanga Hijab boleh dikatakan tidak kalah bersaing dengan clothing line lainnya. Untuk ide desain, Tuwi mencari inspirasi dengan berselancar di dunia maya, termasuk dari para desainer kesukaannya.

"Aku cari di Pinterest dan aku juga cari designer mana yang aku suka. Aku juga  suka cari inspirasi baju-baju yang cutting atau polanya unik karena itu salah satu kualitas yang kita cari. Bukan plek-plekan tapi kita ubah lagi dengan selera kita", jelas gadis yang ramah dan sopan, padahal saya baru pertama bertemu.

Scarf dan pashmina juga dijual di Tiffany Kenanga Hijab dengan berbagai bahan dan corak. Enaknya belanja di Tiffany Kenanga Hijab, satu corak ada yang buat pashmina (70x170 cm) juga ada scarf-nya. 

Setelah mendapatkan ide, tutur Tuwi, Tuwi bertukar pikiran dengan tim produksi untuk mematangkan konsep. Setelah fiksasi desain, Tuwi dan tim mencari bahan yang sesuai. lalu, menjahit satu contoh pakaian, trial and error. Jika bagus, barulah produksi massal. Eits, massal di sini bukan berarti banyak banget, hanya 20 potong pakaian di setiap modelnya. Jadi, kemungkinan pakai baju yang sama dalam satu acara itu kecil banget, kecuali janjian.

Rencananya, setiap tiga bulan akan ada koleksi baru dari Tiffany Kenanga Hijab. Per bulan, paling tidak ada empat desain baru. Kalaupun ada repeat order untuk sebuah desain, Tiffany Kenanga Hijab tidak akan membuat barang yang sama persis. Akan ada perbedaan pada bahan atau warna pada desainnya.

Derretan outer Tiffany Tales Collection di Tiffany Kenanga Hijab House and Boutique. 

Terkait fenomena anak muda yang berbisnis, Tiffany berpendapat, "Daya beli anak SMA sekarang luar biasa dan banyak yang berbisnis. Sama halnya dengan mereka, Tiffany Kenanga Hijab juga ditalangi sama orangtua untuk modal. Orangtua harus support

Enam bulan bisnis berjalan di media sosial, Tuwi memberanikan diri membuka toko offline yang beralamat di Jalan Pejaten Barat Raya No. 44 A/45 T, Kemang, Jakarta Selatan. Toko offline ini sekaligus menjadi kantor Tiffani Kenanga untuk meningkatkan kualitas produk dan pelayanannya.

Tidak perlu pergi ke berbagai butik, di Tiffany Kenanga Hijab House and Boutique, Anda bisa mendapatkan koleksi busana (fashion apparel) yang lengkap, termasuk peralatan ibadah yang nyaman untuk muslimah.

Satu langkah ke depan, Tiffani Kenanga menjadi bagian dalam ceremony tahunan Jakarta Fashion and Food Festival (JFFF) ke-14. Selain menggelar bazaar, Tiffani Kenanga Hijab juga akan menyelenggarakan fashion show "Tiffany Tales Collection" pada Sabtu (29/4/2017) pukul 17.00 WIB di forum Mall Kelapa Gading 3.

Dynamic, casual, dan made for you adalah tiga kata yang menggambarkan seluruh koleksi Tiffany Kenanga Hijab. Yup, Tiffany Kenanga Hijab "Made for You" memang dibuat untuk Anda yang senang baju sopan! Model, bahan, ukuran (yang juga bisa dipesan), padu-padan, dan tentunya kualitas produk yang sangat bagus dicipta agar konsumen nyaman mengenakannya.

Masih penasaran dengan koleksi Tiffany Kenanga Hijab? Datang saja ke bazaar Tiffany Kenanga Hijab di JFFF atau butiknya di Pejaten Barat, Jakarta Selatan. Buktikan bila Anda juga berjiwa muda! ;)

Follow juga akun media sosial
Instagram Tiffany Kenanga Mandalawangi
Instagram Tiffany Kenanga Hijab

Saya sedang melihat koleksi Tiffany Kenanga Hijab bagian bawahan pakaian. Benar-benar pakaian dengan kualitas bagus. Bahannya grade A, jahitannya rapi, dan memakainya juga enakeun.

Komentar

  1. "anak-anak Indonesia sebenarnya kreatif (dalam arti positif) sekali. Akan tetapi, kreativitas anak-anak yang tidak didukung oleh orangtuanya tidak akan berkembang."

    Benar nih,, sebenarnya kita sendiri tidak kalah dengan anak bangsa lainnya. bisa menjadi pelajaran bagi orang tua

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkomentar dengan sopan :)

Postingan populer dari blog ini

Merayakan Ulang Tahun Anak di Rumah

Merawat Kulit Wajah bersama Garnier Duo Clean Whitening-Smoothing

[My 1st Pregnancy] Tentang Jenis Kelamin di Minggu ke-21