Jumat, Februari 03, 2017

Family Trip di Kampoeng Wisata Rumah Joglo

Assalaamu'alaikum...

Akhirnya saya nulis tentang jalan-jalan lagi, yess! *mamaksenang*
Desember 2015 lalu, saya bersama keluarga dari tim kreatif Bloggercrony mengadakan family trip ke Bogor. Kami sengaja pilih tempat yang nggak terlalu jauh dari Jakarta. Yang penting mudah dijangkau transportasinya oleh kami semua, termasuk yang punya bayi kayak saya ini. Ke mana dan ngapain aja di sana? Yuk, dibaca lanjutan cerita saya. Pokoknya jalan-jalan kali ini penuh manfaat, keriaan, dan nggak hilang nuansa silaturrahim kekeluargaannya *berat banget bahasanya yak* Sekaligus ini jadi rekomendasi destinasi buat yang mau family trip seperti kami ini.

Foto bersama tim kreatif Bloggercrony aka. Bloggercrony Network dengan masing-masing keluarganya. (dok. Wardah Fajri)
As you know, setahun ini saya full di rumah mengurus bayi kicik. Punya bayi yang belum berusia satu tahun emang lagi masa-masanya repot bahagia. Anak kicik mau jalan juga belum jejek kakinya. Akan tetapi di saat yang bersamaan, dia juga udah sering naik-naik kursi dan tangga. Anak kicik mau makan fast food atau warteg juga belum boleh karena ginjalnya yang belum sempurna.

Belum lagi kalau bepergian. Kenyamanan si anak kicik jadi nomer wahid. Saya dan suami harus memikirkan jarak, kondisi jalanan, kemungkinan ketersediaan pengolahan MPASI, hingga atmosfer lingkungan dari destinasi yang dituju. Apalagi, tipe si Riyadh yang agak gampang sakit. Pergi ke mall dalam waktu 3-4 jam, seminggu kemudian dia sakit. Waa pokoknya serba repot bahagia gitu deh.

Kata orang-orang terdahulu, bayi yang belum berusia satu tahun memang lebih sering sakit karena mau banyak kebisaannya (duduk, merangkak, berdiri, jalan, ngomong). Lepas setahun anak sudah jarang sakit. Sekarang, Riyadh sudah masuk usia mau 14 bulan dan ternyata benar apa yang dikatakan orang-orang terdahulu. Alhamdulillah Riyadh, anakku, sudah jarang sakit.

Riyadh usia 12 bulan yang lagi liburan di Kampoeng Wisata Rumah Joglo, Bogor.

Nah, akhir Desember 2015, saya pede untuk ajak Riyadh halan-halan. Usianya kan udah setahun lewat dikit, ya. Kebetulan pas kepengen, pas ada yang nawarin *enaknya kalau hidup serba ngepas begini ya*

Mari flash back dulu. Lepas setahun resign dari Kompasiana, saya bersama Mbak Wawa memutuskan untuk membuat grup blogger bernama Bloggercrony. Kalau mau tau lebih dalam tentang Bloggercrony, gabung aja di grup FB-nya, ya. Eits ini KHUSUS blogger! Alhamdulillah grup ini sudah berjalan setahun lebih. Untuk penyegaran dan upgrade ilmu, tim kreatif Bloggercrony bikin family trip, dua hari satu malam. Halan-halannya nggak jauh dari Jakarta, masih di daerah Bogor, dekat IPB Dramaga, sehingga yang nggak bawa mobil pribadi tetap bisa keangkut. Kampoeng Wisata Rumah Joglo jadi pilihan kami.

Kenapa pilih Kampoeng Wisata Rumah Joglo?

Ternyata nggak salah banget kalau kami memilih Kampoeng Wisata Rumah Joglo sebagai lokasi family trip kali ini. Karena bernama family trip, otomatis kenyamanan seluruh anggota keluarga setiap tim kreatif Bloggercrony jadi yang paling utama, mulai dari anggota keluarga yang kicik kayak si Riyadh hingga yang dewasa muda (soalnya nggak ada yang dewasa mendekati jompo di sini, hihihi).

1. Lokasi Mudah Dijangkau

Dari segi lokasi, Kampoeng Wisata Rumah Joglo mudah dijangkau. Kebetulan pada perjalanan kali itu saya nggak cuman bawa anak dan suami, tetapi juga keluarga kakak saya. Kami mengendarai mobil dari Jakarta. Melewati Tol Jagorawi, kami keluar di pintu tol Sentul Selatan, lalu melewati Ring Road Bogor, hingga menuju arah Dramaga. Kampoeng Wisata Rumah Joglo ada sekitar satu kilometer setelah IPB Dramaga. Sungguhlah perjalanannya mudah dicapai. Hanya mengandalakan Google Maps, tanpa tersesat. Kami berangkat di Jumat siang pukul 14 dan sudah tiba pukul 16 WIB. Perjalanan kala itu tidak macet. Jadi, anak kicik masih betah duduk di mobil hingga pulas tertidur.

Selain mengendarai mobil pribadi, pada kesempatan tersebut tim kami juga ada yang ngangkot, lho. Jadi dari Jakarta naik kereta api menuju Stasiun Bogor. Dari Stasiun Bogor, kita bisa naik angkot 03 jurusan Baranangsiang-Bubulak/Laladon atau 02 Sukasari-Bubulak/Laladon (warna hijau muda), berhenti di Bubulak/Laladon. Dilanjutkan dengan angkot 05 (warna biru) jurusan Kampus Dalam/Ciampea/Leuwiliang hingga ke Institut Pertanian Bogor.

Karena lokasi Kampoeng Wisata Rumah Joglo agak jauh dari jalan raya, kesepakatan bersama, Mas Satto jemput di IPB Dramaga buat angkoters. As I told you, Kampoeng Wisata Rumah Joglo jaraknya nggak jauh dari IPB Dramaga. Supaya memudahkan, IPB saja jadi titik temu untuk menjemput.

Ini alamat lengkap Kampoeng Wisata Rumah Joglo.

Kampoeng Wisata Rumah Joglo
Jl. Situ Hayang No. 1B, Kampung. Tegal Waru,
Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor.
Email : kampoengwisatarumahjoglo@gmail.com
Telp  : (0251) 862 0698

2. Tersedia Berbagai Tipe Rumah dan Kamar Sewa yang Nyaman

Asyiknya family trip di Kampoeng Wisata Rumah Joglo adalah mereka punya berbagai tipe rumah dan kamar yang bisa disewa, mulai dari buat sendiri atau pasangan hingga keluarga besar berjumlah 50 orang. Apa saja tipenya?

  • Joglo besar memiliki fasilitas: kamar sistem barak (tempat tidur seperti matras), sarapan pagi, kolam renang, TV, AC, dan kamar mandi dalam (Rp 130.000 per orang).
  • Joglo mini memiliki fasilitas: tempat tidur berjumlah satu atau dua, sarapan pagi, kolam renang, TV, AC, dan kamar mandi di luar (Rp 300.000 per joglo).
  • Joglo VIP memiliki fasilitas: tempat tidur berjumlah satu atau dua, sarapan pagi, kolam renang, TV, AC, dan kamar mandi berada di dalam (Rp 500.000 per kamar).

Nuansa ruangan di dalam Joglo Besar berkapasitas 20 orang. Di dalamnya terdapat fasilitas matras (sesuai jumlah tamu), satu kamar mandi, satu unit dispenser, satu unit TV, dan dua buah AC @ 1 PK.

Joglo VIP seperti hotel yang tak kalah nyaman dengan hotel bintang lima. (dok. Wardah Fajri)

Cuaca di Kampoeng Wisata Rumah Joglo terbilang sejuk. Panas nggak, dingin seperti tinggal di kaki gunung juga nggak. Yang jelas di sini banyak pepohonan yang bikin nuansa jadi adem dan sangat njowo. Meski banyak pohon, kalau malam  nggak banyak nyamuk, lho.

Nuansa asri di salah satu sudut Kampoeng Wisata Rumah Joglo. Ini adalah barisan enam Joglo Mini yang letaknya saling berhadapan.


Kondisi kamar mandi di salah satu joglo besar. Kamar mandinya bersih. Di dalam kamar mandi tersedia closet duduk, ember besar penampung air, dan wastafel.
3. Fasilitas Bermain Anak yang Lengkap

Selain lingkungan, kalau lagi family trip gini saya biasanya mencari lokasi yang dilengkapi dengan fasilitas bermain anak. Paling minim banget ada kolam renangnya. Yaa anak kecil sama air 'kan betah banget. Kalau saya berniat nggak pergi ke mana-mana saat nge-trip gini, kolam renang jadi fasilitas nomer satu biar anak betah.

Kalau menginap di Kampoeng Wisata Rumah Joglo, kolam renang sudah jadi fasilitas si penginap. Artinya kita nggak perlu bayar lagi. Selain kolam renang, ada beragam fasilitas bermain anak lainnya di Kampoeng Wisata Rumah Joglo yang seru dan terjamin keselamatannya. Loh, emang ada yang bahaya? Bahaya si nggak, hanya cukup memacu adrenalin anak-anak aja.

Kolam renang jadi arena paling digemari anak-anak saat liburan. Untuk pengunjung yang menginap, penggunaan kolam renang ini bebas biaya (dok. Wardah Fajri)

Buat yang senang ketinggian, anak-anak bisa mencoba flying fox dengan tambahan biaya Rp 25.000 per anak. Selain flying fox, anak-anak juga bisa bermain perahu air (Rp 10.000 per anak) atau adu ketangkasan menggocek bola melalui futsal (Rp 35.000 per jam). Bosan dengan permainan yang konvensional? Pengunjung juga bisa belajar kesenian jawa dengan membatik: batik tulis (Rp 50.000 per kain) dan batik jumputan (Rp 75.000 per orang).

Lapangan luas yang bisa difungsikan untuk bermain futsal atau kemah.

Nah, si Riyadh emang masing terlalu kecil saat ke sini. Dia baru bisa menikmati sejuknya udara di Kampoeng Wisata Rumah Joglo. Untung saya bawa keponakan yang usianya lebih dari balita. Mereka betah banget di sini. Bisa berenang puas dari pagi hingga menjelang siang hari. Lalu, menjelang siang mereka naik flying fox. Ada juga yang riang dengan menaiki ayunan.

Karena ada yang suka memancing, yaa ada yang mancing juga, termasuk suami saya. Hehehe. Untuk arena pemancingan ini, Kampoeng Wisata Rumah Joglo menyediakan beragam jenis ikan. Ada ikan patin, nila, lele, gurame, juga emas. Biaya pemancingan dikenakan untuk setiap kilogram ikan yang ditangkap dan dibawa pulang.

Kolam pemancingan di Kampoeng Wisata Rumah Joglo (dok. Kampoeng Wisata Rumah Joglo)
4. Fasilitas Lengkap Pendukung Lainnya 

Kampoeng Wisata Rumah Joglo juga menyediakan restoran buat pengunjung yang hanya mampir alias tidak menginap. Biar liburan lebih seru, Anda juga bisa menyewa organ tunggal full, BBQ, juga api unggun.

Agar liburan lebih berisi, di sini kami tidak hanya berlibur, tetapi juga menuntut ilmu. Jangan dibayangkan jika kami menuntut ilmu seperti di institusi. Maksudnya sharing berjamaah, gitu. Terkait kegiatan sharing, Kampoeng Wisata Rumah Joglo menyediakan aula yang dilengkapi proyektor.



Kelengkapan fasiltas yang dimiliki Kampoeng Wisata Rumah Joglo sangat memudahkan kami. Layaknya workshop mini, sang mentor menggunakan laptop (yang dibawa sendiri) yang diproyeksikan ke proyektor, sehingga peserta bisa lebih mengerti dari apa yang dijelaskan oleh mentor. Saat itu kami sharing berbagai hal, tentang pengembangan Bloggercrony, tips ngeblog dan SEO, layout blog, juga sedikit tentang konten kreatif.

Kami tentu tidak sewa sound system karena partisipan tidak banyak. Jika Anda mau, Kampoeng Wisata Rumah Joglo bisa menyewakannya.

Selain difungsikan untuk workshop (seperti yang kami lakukan), aula Kampoeng Wisata Rumah Joglo sebenarnya bisa juga digunakan untuk seminar, pesta pernikahan, meeting dengan jumlah partisipan lebih dari 200 orang. Banyak banget ya kapasitasnya.

Yup itulah cerita perjalanan saya bersama keluarga dari tim kreatif Bloggercrony. Liburan paket komplit (merasakan suasana baru sekaligus tambah ilmu ngeblog) bareng tim kreatif Bloggercrony yang didukung oleh Kampoeng WIsata Rumah Joglo. Saya senang, Riyadh nyaman, keluarga juga ikut menikmati liburan ala saya bersama tim kreatif Bloggercrony. Ini merupakan pertemuan akbar kami yang pertama meskipun teteeeup ada beberapa orang yang nggak bisa hadir karena kepentingan yang tidak bisa ditinggalkan. Such an unforgetable family trip bersama Kampoeng Wisata Rumah Joglo.

5 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaaahhh. seruuuu ajak ke sanaaa. paket komplit deh

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkomentar dengan sopan :)