Selasa, Januari 10, 2017

Merayakan Ulang Tahun Anak di Rumah

Assalaamu'alaikum

Hola halooo..
Pengumuman! Riyadh sudah berusia satu tahun! Yeaaay *tepuk tangan*
Alhamdulillah masa-masa anak sering sakit berkurang (katanya). Alhamdulillah Riyadh juga udah lulus S2 ASI. Mudah-mudahan saya masih akan terus meng-ASI-hi sampai Riyadh usia dua tahun. Aamiin.

Biasanya anak pertama, ulang tahun pertama dibuatin acara syukuran. Ada ceremony apa di ulang tahun Riyadh yang pertama? Timbul pertanyaan.


Ulang tahun kok mukanya nelongso begitu, dek? :O
Sebagai ungkapan terima kasih *ceileh bahasanya udah kayak pidato*, kami bikinin acara syukuran nih di rumah. Standar aja, undang saudara dan anak-anak tetangga. Anak teman-teman emak bapaknya nggak diundang. Mohon maaf. Sungguhlah ini rencana yang super mepet, cuman empat hari buat nyiapinnya.

Karena emak bapaknya Riyadh juga nggak punya banyak waktu (read: malas ribet), kami pakai jasa pihak ketiga alias vendor. Buat seru-seruan aja sama bocil (bocah cilik) yang abis pusing tujuh keliling sama Ujian Akhir Sekolah.

Sebelum cerita detailnya, saya mau sharing hal-hal yang harus diperhatikan kalau Momies mau bikin pesta ulang tahun anak.


"HAPPAAAAHH.. aku hari ini ulang tahun?", tanya Riyadh.

1.  Budget


Yeaah ini jadi nomer wahid banget! Mau bikin sekecil dan sebesar apapun acaranya, semuanya kepentok sama budget. Beda halnya kalau ada sponsor, ya. Jadi nilai plus banget nget nget kalau ada sponsor.

Budget ini sangat menentukan sekali jumlah undangan, jumlah dan jenis makanan, isi acara, termasuk suvenir yang akan dibawa pulang oleh undangan. Makin besar budget yaa makin kipas-kipas alias makin cincay-lah urusan tetek bengek perintilan syukuran ulang tahun anak.


Tak bisa dipungkiri, budget alias uang masih menjadi unsur nomer wahid untuk melaksanakan suatu acara, termasuk pesta ulang yahun anak. (dok. diambil dari Samudrapost)

2. Undangan

Kalau budget minim, kita bisa undang saudara atau keluarga dekat aja. Siapa sih saudara dekat? Yaa kakak adik beserta anak-anaknya, juga ibu bapak dari pihak kita juga pasangan. Boleh lah yaa undang tetangga yang nempel banget sama lingkungan rumah karena biar bagaimanapun kita hidup sama tetangga. Jadi, baiknya undang mereka di luar list keluarga.

Kalau masih ada budget lagi, boleh ajak anak-anak yatim berbagi kebahagiaan. Jangan lupa, sebagaian dari rejeki kita ada hak anak yatim di sana. Keikutsertaan anak yatim ini bisa dilakukan dengan mengundang mereka ke tempat acara atau kita hanya bawakan makanan dan suvenir ulang tahun ke yayasan yatim piatu.

Kalau budget-nya masih lebih banyak lagi, yaa Momies bisa undang anak teman-temannya Momies. Nggak pernah ketemu anaknya? Yowes rapopo, yang penting kumpul teman. Anak mengikuti orangtuanya aja. Mweheheh..


Ilustrasi undangan ulang tahun anka versi cetak (dok. diambil dari mobelos)


3. Tempat

Jika rumah sendiri masih memungkinkan, syukuran bisa dilakukan di rumah sendiri. Kalau nggak, yaa bisa pinjam rumah saudara atau orangtua, tergantung pada kapasitas undangan. Tentu kalau mau pinjam harus sesuai izin mereka dahulu, ya.


Mengadakan acara di rumah sendiri atau saudara harus memikirkan effort-nya. Yaa dekorasi ruangan, belanja suvenir, belanja bahan makanan jika ada makan bersama, memikirkan konsep acara, lalu mempersipakan body untuk membersihkan rumah pasca acara. Apa Momies siap? Kalau nggak mau repot, Momies bisa sewa venue.

Biasanya kalau sewa venue gini sudah sekaligus dengan event organizer-nya. Kita si empunya hajat tinggal datang bawa body. Urusan tetek bengek syukuran ulang tahun sudah ditangani oleh event organizer. Setelah acara pun kita nggak perlu capek beberes rumah yang berantakkan.

Jika rumah memungkinkan, Momies bisa merayakan pesta ulang tahun di rumah dengan konsekuensi mau beberes pasca acara.

4. Isi Acara


Menurut saya, dalam syukuran ulang tahun yang penting si DOA. Berdoa yang baik-baik dan yang terbaik untuk yang puunya hajat. Setelah itu acara bisa dilanjutkan dengan potong kue, games, door prize, atau langsung makan bersama.

Seseruan bersama magic show di ulang tahun anak.

5. Jumlah dan Jenis Makanan

Budget jet jet, penting banget, kan? Mulai deh tentukan berapa tamu yang diundang untuk menentukan jumlah makanan. Jenis makanan mengikuti jumlah makanan. Emang jenis makanannya apa aja untuk syukuran ulang tahun gini? Ini sih sebagai gambaran aja, ya. 

a. Kue ulang tahun

Hal yang paling ditunggu sama bocil saat syukuran ulang tahun adalah pembagian kue ulang tahuuun! Bocil antusias banget antre atau duduk manis sambil nungguin pembagian kue ulang tahun. Kue ulang tahun ini bisa dibuat dengan karakter khusus (tiga dimensi). Tinggal pesanasja maunya dibikin bentuk apa atau berapa tingkat kue ulang tahunnya. Catat! Kue ulang tahun dengan desain khusus pastinya lebih mahal dari kue ulang tahun biasa.

Oh ya, bentuk kue ulang tahunnya ini juga ada dua: mau yang whole cake atau sejenis cup cake yang langsung dibagiin satu per satu ke undangan tanpa harus acara potong-memotong kue. Kalau kamu pilih whole cake, pikirkan juga besar kuenya. Kalau kue mau dibagi rata ke undangan, makin banyak undangan makin besar ukuran kue. Jadi, doble harga deh: untuk karakter juga ukurannya. Lagi-lagi bergantung pada budget.

Akan tetapi, menurut saya dari semua serba-serbi kue, yang terpenting adalah soal RASA! Buat apa pesan yang mahal dan bagus kalau nggak enak dimakan, yekaaan? Kue ulang tahun berkarakter hanyalah bonus (hiasan). Bagi saya itu nggak terlalu penting. Yang penting soal rasa, bocil suka dan habis makan kuenya.  

Kue ulang tahun Riyadh yang standar karena lebih mengedepankan rasa.

b. Nasi kuning (tumpeng)

Belum makan orang Indonesia kalau nggak kena nasi. Mwehehe... Nasi kuning ini jadi ciri khas banget untuk ulang tahun. Baiknya lagi kalau di agama saya, nasinya ini ikut dibacain doa. Jadi insyaa Alloh berkahnya juga kebagi-bagi sama para undangan.

Sekarang udah ada tumpeng mini, bisa searching di Instagram, bisa dijadikan suvenir ke undangan.
Bisa aja kue ulang tahunnya dimakan di tempat syukuran, tumpeng mininya dijadikan paket suvenir. 

Lagi-lagi soal rasa. Pesan yang jelas-jelas rasanya enak. Kalau udah dibagiin dan nggak dimakan, yaa mubazir aja menurut saya.

Nasi kuning tumpeng untuk yang berulang tahun.

c. Makanan ringan untuk suvenir ulang tahun

Ini sejenis chiki, wafer, agar-agar, susu cair, dan teman-temannya itu, lho. I know i know mostly ini makanan yang nggak baik, tapi udah tradisi banget. Ehtapi, jajanan yang nggak sehat ini bisa juga diganti dengan camilan sehat seperti skutel yang dikemas bagus. Cari di mana? Cari aja di Instagram sesuai dengan kata kuncinya.

d. Snacking di tempat syukuran (untuk dimakan langsung)

Bedanya dengan poin c, makanan ini sejenis jajan pasar, yaa seperti kue-kue basah gitu. Gunanya untuk sekadar ganjal perut buibu yang anter anaknya ke syukuran ulang tahun. Namanya sekadar yaa jumlahnya juga nggak terlalu banyak. Asal ada aja.

Conoth kuenya berupa risoles, sosis solo, naga sari,  putu ayu, lontong, and so on.

Di dalam kantong ini terdapat makanan dan barang pakai untuk dibawa pulang oleh tamu undangan.


6. Suvenir

Semacam barang-barang yang dijadikan oleh-oleh untuk para undangan. Suvenir ini bisa berupa makanan atau barang yang bisa dipakai. Kalau makanan bisa berupa tumpeng mini, cup cake, aneka makanan ringan yang sudah disebutkan di atas.

Jika ingin menambah barang guna pakai sebagai suvenir bisa banget, loh Moms. Apa aja contonya? Ada tas, mainan, cooler bag, tempat makan, dan lain-lain. Suvenir makanan bisa habis dalam sekejap, suvenir barang guna pakai bisa dijadikan kenang-kenangan oleh undangan.

Suvenir yang akan dibagikan untuk teman-teman Riyadh. Untuk kemasannya bisa dari yang termahal (kain tebal dengan gambar animasi) hingga yang termurah (plastik transparan).

Nah, kira-kir enam hal itu yang harus disiapkan jika Momies mau bikin pesta ulang tahun anak. Sekarang saya mau sharing paketan ulang tahun si Riyadh pada Minggu (11/12/2016) lalu. 

Disclaimer dulu: ini bukan tulisan sponsor!

Ulang Tahun Pertama Si Riyadh 

Jadi ceritanya saya pakai KFC sebagai vendor untuk memeriahkan syukurannya si Riyadh. Sekalian kumpul keluarga, biar lebih leluasa dan kebetulan ada (numpang) tempat, kami gunakan jasa KFC untuk dipanggil ke rumah.

Saya pakai KFC cabang Plaza Pondok Indah atas rekomendasi saudara. Ini terkait MC-nya aja si yang bikin acara jadi renyah. Kalau soal paket ulang tahunnya mungkin sama ya antar-KFC. Saya udah merasakan jasa KFC Pondok Indah Plaza di ulang tahun sepupu. Kesimpulannya, saya reorder aja gitu. 

Nah, berapa prakiraan biaya ulang tahun menggunakan jasa KFC Pondok Indah Plaza di rumah?


Nama Paket
Harga Paket
Harga Tambahan
Menu
Fasilitas
Keterangan
Thematic Birthday 
(Bisa ditanyakan 
temanya apa yang 
lagi kerja sama 
dengan KFC)

Rp 938.000
(min. 20 anak)
Rp 46.900 per anak
  • ayam 
  • nasi
  • ovaltine 
  • ice cream
  • Dekorasi, 
  • topi
    ulang tahun, 
  • kartu undangan, 
  • souvenir
    untuk tamu, 
  • hadiah si ultah, 
  • hadiah games, 
  • balon
Berlaki setiap hari,
outdoor juga indoor.
Untuk outdoor, harga sudah
termasuk tambahan biaya 
( Rp 150.00 – semacam 
jasa transportasi untuk
persiapan syukuran).
Thematic Birthday 
at Home/School 
Rp 1.557.000
(min. 30 anak)
Rp 46.900 per anak
  • ayam
  • nasi
  • ovaltine
  • pudding

**untuk pudding 
bisa dipesan khusus, 
tanpa atau dengan 
fla susu.

Fantastic birthday 
for weekday
Rp 1.275.000
(min. 30 anak)
Rp 42.500 per anak
  • Drumstick
    (paha atas)
  • nasi
  • ovaltine 
  • ice cream  
  • Dekorasi, 
  • topi
    ulang tahun, 
  • kartu undangan, 
  • souvenir
    untuk tamu, 
  • hadiah si ultah, 
  • hadiah games, 
  • balon.


Berlaku Senin-Jumat, 
tidak untuk hari libur
Fantastic birthday 
at home/school
Rp 2.275.000
(min. 50 anak)
Rp 42.500 per anak
  • Drumstick
    (paha atas)
  • nasi
  • ovaltine 
  • pudding 
**untuk pudding 
bisa dipesan khusus, 
tanpa atau dengan 
fla susu.

Berlaku outdoor. 
Sudah termasuk 
tambahan biaya Rp 150.00, semacam jasa transportasi
untuk persiapan syukuran).

Note: Tidak menyediakan sound system untuk acara outdoor.

Kalau Momies mau ada tambahan lainnya, KFC Pondok Indah Plaza juga menyediakan rekanan untuk jasa:
  • Sulap (Rp 600.000)
  • Badut karakter (Rp 500.000)
  • Akrobat (Rp 1.000.000)
  • Puppet Show (Rp 750.000)
  • Face Painting (Rp 550.000)
  • Photo boot langsung jadi (Rp 2.500.000)
  • Video shooting (Rp 1.000.000)
  • Photo album (Rp 1.300.000)
  • Pinata/backdrop (Rp 500.000)
Yang lagi seru liat magic show sampai tertawa.

Sebenarnya syukuran ulang tahun Riyadh bisa dibilang mendadakdotcom. Maju mundur syantik pengadaannya mengingat kakek-kakeknya Riyadh lagi pada sakit, sehingga nenek kakeknya nggak ada yang bisa hadir.

Saya baru mendatangi KFC Pondok Indah Plaza H-4. Alhamdulillah mereka availableDi sana saya langsung bertemu dengan Mbak Nia, MC di acara syukuran ulang tahun Riyadh. Saya jelaskan
kebutuhannnya dan Mbak Nia merincinya. 

Waktu itu saya ambil paket thematic birthday, temanya film Ice Age. Kenapa pilih itu? Suvenirnya! Kalau makanan ya standar lah ya. Kalau thematic itu suvenirnya mangkok yang pake tutup. Kalau suvenir paket fantastic adalah tempat makan Chaky. 

Waaa ada meja terbaaaang!

Kenapa juga saya pilih KFC sebagai suvenir makanannya? Karena jenis ayam goreng krispi sudah pasti dimakan oleh anak-anak. Yaa kebanyakan anak seperti itu. Pernah di ulang tahun keponakan, suvenirnya nasi kuning lengkap dengan teman-temannya. Karena bikinnya kebanyakan, rasa masakannya nggak karuan. Alhasil di rumah nggak dimakan sama sekali. Sayang, kan?

Selesai urusan administrasi, saya berikan sejumlah uang kepada Mbak Nia (bisa lunas atau hanya DP minimal 30 persen). Suvenir guna pakai dan kartu undangan dibawa pulang duluan oleh saya. Suvenir dibawa pulang terlebih dahulu oleh saya karena akan digabungkan dengan suvenir tambahan (makanan ringan) dalam satu kantong.

Selesai bagian acara ulang tahun, tugas saya selanjutnya di rumah adalah belanja tambahan suvenir makanan dan mempersiapkan makan siang untuk makan bersama keluarga besar.

Nasi kuning, cake, juga birth announcement yang terpasang di meja turut menghiasi acara ulang tahun.


Tambahan suvenir makanan syukuran ulang tahun Riyadh berupa: Biskut Better, agar-agar, Teh Botol Sosro versi kotak, permen Milkita, Oreo Sponge Cake, kacang polong, dan Levita Drink. Saya pakai teh karena dari KFC sudah mendapat susu. 

Saya juga memesan nasi kuning tumpeng ukuran besar biar nggak masak-masak di rumah. Soal rasa, saya udah percaya banget sama si pembuat nasi kuning. Nasi kuning ini digunakan untuk acara makan siang bersama kerabat. Tambahannya ada bakso juga soft drink.

Satu hari sebelum acara, Mbak Nia datang bersama partner-nya ke rumah saya untuk dekorasi ruangan. Sore hari, Mbak Nia memasang balon di beberapa tempat. Dia sudah tahu berapa banyak balon dan titik mana saja yang akan didekorasi. Untuk backdrop, KFC bisa meminjamkannya hingga usai acara.


Sneak peek ualng tahun Riyadh yang pertama. Riyadh di antara bebalonan yang siap mendekorasi rumah.
Pada saat hari H, Mbak Nia membawa kekurangan perlengkapan ulang tahun, seperti topi ulang tahun dan suvenir makanan khas KFC. Sound system disediakan sendiri oleh saya. Saat acara belum mulai, penulisan nama di topi undangan dilakukan oleh Mbak Nia. Akan tetapi, saat acara sudah berlangsung, penulisannya diserahkan kepada yang punya hajat. Pada saat acara syukuran dimulai, Mbak Nia langsung  mencairkan suasana bersama anak-anak yang hadir. 

Layaknya syukuran ulang tahun, Mbak Nia menyediakan beberapa games. KFC menyediakan hadiahnya (sejenis cetakan agar-agar satuan berbentuk ayam Chaki). Momies mau menambah hadiah untuk anak-anak juga boleh banget. Atau untuk orangtua yang hadir juga boleh. Jadi, anak dan orangtua kebagian rejeki masing-masing. 

Riyadh yang lagi seru melihat acara ulang tahunnya.

Biarkan Mbak Nia yang atur sesi games untuk anak-anak. Untuk orangtua, Momies bisa sediakan door prize atau pertanyaan seputar anak, ayah, ibu dari anak yang sedang berulang tahun. Selesai acara, anak-anak berbaris rapi menunggu giliran pembagian suvenir dan balon yang disediakan KFC.

Naah, begitu deh gambaran mengadakan syukuran ulang tahun anak di rumah. 
Selamat menabung dan berkreasi, Momies ;)


Foto bersama Riyadh and friends. Iya temennya Riyadh udah gede-gede :D

3 komentar:

  1. Ulang tahun murah tapi meriah..

    https://m.youtube.com/watch?v=_ukjZo-Bb8w

    BalasHapus
  2. wah, hemat ya mam.keren mam,pengen jadinya. mam total kira kira abis berapa mam?

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku lupa sih mom habis berapanya :D
      waktu itu bikin untuk 100 orang abis 5 juta lebih.
      100 paket KFC, 80 bungkus suvenir, kue ulang tahun, nasi tumpeng, dan bikin makanan untuk makan siang.

      Hapus

Terima kasih sudah berkomentar dengan sopan :)