Sabtu, November 26, 2016

Potong Pengeluaran Bulanan dengan Tiga Cara Ini!

SPONSORED POST

Kenaikan harga kebutuhan sehari-hari di pasar merupakan salah satu hal yang tidak dapat dielakan dari semua penduduk Indonesia. Inflasi ekonomi Indonesia yang terus meningkat di setiap periode membuat beban pengeluaran setiap individu semaking berat. Baik itu kebutuhan pokok ataupun tidak, semua harga akan meningkat seiring dengan waktu. Ditambah lagi, kadar kenaikan gaji per tahunnya rata-rata belum mengimbangi inflasi yang terjadi di Indonesia, sehingga mengakibatkan daya belanja masyarakat berkurang secara perlahan.

Ilustrasi dari shutterstock

Dengan fakta inflasi yang terjadi di negara kita setiap tahun dan kadar kenaikan gaji yang belum setara, bukan berarti Anda akan selalu menjadi korban dari sistem ekonomi ini. Salah satu jalan keluar terbaik yang dapat dilakukan adalah memiliki pemotongan di pengeluaran bulanan, baik individu maupun keluarga. Jika Anda belum pernah mencoba, beberapa cara berikut mungkin bisa menyelamatkan dompet Anda.

1) Manfaatkan Kartu Kredit Semaksimalnya

Jangan selalu berpikir kartu kredit akan mencekik Anda dengan utang atau akan selalu menggoda Anda untuk berbelanja nonstop. Jika memang demikian, Anda belum mengetahui bhawa kartu kredit merupakan salah satu penyelamat dalam keuangan.

Terlilit utang memang benar ada jika Anda tidak bijak dalam menggunakan kartu kredit. Selalu terlambat membayar tagihan dan ketidakmampuan mengelola keuangan akan menghancurkan denda tagihan yang bisa membuatAnda tercekik dengan utang.

Lalu, bagaimana cara kartu kredit dapat mengurangi pengeluaran bulanan? Manfaatkan fitur kartu kredit! Jika Anda belum sadar, kartu kredit memiliki beberapa tipe: ada yang khusus untuk travel, hemat BBM, bisnis, ataupun berbelanja. Masing-masing kartu ini memiliki fitur yang unik, tidak peduli dari bank manapun. Melalui cash back Anda dapat menikmati potongan pada tagihan seperti diskon ataupun reward point dimana Anda dapat kumpulkan dan dapatkan hadiah menarik atau ditukarkan menjadi voucher diskon.

Semua fitur itu dapat berkontribusi meringankan pengeluaran Anda di setiap bulannya jika Anda cerdas dalam mengajukan kartu kredit terbaik untuk Anda. Perlu diketahui, membayar tagihan bulanan seperti listrik, air, dan telepon dengan kartu kredit terkadang juga dapat potongan dengan kartu kredit. Ditambah lagi kartu kredit sering memiliki promo diskon di outlet atau toko tertentu di Indonesia yang akan menghemat pengeluaran Anda lebih banyak. Oleh karena itu, jangan pikir kartu kredit hanya merupakan alat transaksi dengan cara kredit.

2) Selalu Periksa Untuk Promo atau Sale

Saat Anda telah memutuskan untuk melakukan pengeluaran, ada baiknnya Anda memeriksa promo atau sale yang tersedia sekarang atau yang akan datang, baik itu pengeluaran berupa entertainment, travel, kesehatan, ataupun makanan di setiap harinya. Pastikan Anda berbelanja di saat yang tepat. Promo atau sale dari merchant yang Anda inginkan dapat mengurangi pengeluaran Anda secara drastis karena jumlah potongan yang diberikan dapat bervariasi dan sebagian dapat mencapai setengah harga.

Pertanyaan berikutnya pastilah bagaimana cara mencari tahu promo atau sale yang tersedia sekarang? Anda dapat selalu menggunakan website yang memberikan info promo seperti salah satunya Groupon. Anda juga dapat mengunjungi langsung website merchant yang terkait sebelum berbelanja. Apabila promo tidak tersedia sekarang, mungkin ada baiknya Anda menunggu hingga saat promo atau alternatif lainnya.

3) Bandingkan, Bandingkan, dan Bandingkan

Jika Anda selalu membeli barang tertentu dari toko yang sama, mungkin kini saatnya Anda coba menghentikannya. Untuk meminimalisasikan pengeluaran Anda, selalu bandingkan harga barang dari beberapa toko dan pastikan Anda membeli barang dengan harga termurah dengan kualitas sama. Beberapa toko dapat menjual dengan harga yang lebih murah dibanding toko lain walaupun itu dari supermarket seperti Indomaret.

Langkah terbaik yang patut Anda lakukan, selalu siapkan daftar barang yang paling sering Anda beli dalam satu bulan dan kemudian bandingkan harganya dari beberapa toko. Setelah itu, pastikan Anda pergi ke toko yang tepat untuk kebutuhan sehari-hari Anda.

Demikianlah tiga cara mudah memotong pengeluaran bulanan. Tentunya masih banyak cara lain yang dapat Anda lakukan untuk berhemat, tetapi Anda dapat mencoba cara tersebut terlebih dahulu. Setelah mengetahui tiga cara ini, apakah kini Anda siap untuk menghadapi inflasi di Indonesia?

Sumber dari AturDuit Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkomentar dengan sopan :)