Jumat, September 09, 2016

Tiga Destinasi Wajib Kalau Kamu Pergi ke Cipanas

  1 comment    
Assalaamu'alaikum...

Akhirnya long weekend datang juga, yaah.
Daripada membicarakan hal yang serius melulu *kapan nulis yang serius juga ya?*, kali ini saya mau kasih ide destinasi liburan. Yang deket aja, nggak usah jauh-jauh, apalagi punya bayi. Hihihihii.. Tjusss kita ke daerah Puncak, Jawa Barat..

Menikmati Kesejukan Puncak Jawa Barat

Yang namanya orang Jakarta tampaknya sudah terbiasa hidup dengan kesibukan yang tinggi dan lalu lintas yang luar biasa padat. Ditambah lingkungan yang berpolusi, tentu sangat menyenangkan bisa membayangkan bersantai di daerah hijau dan sejuk meskipun itu hanya duduk-duduk saja sambil menikmati kuliner hangat. Ye kan?

Kawasan wisata Puncak, Jawa Barat memiliki pesona alam yang memikat, sehingga banyak warga Jakarta yang berekreasi ke sini untuk menghilangkan penatnya kota megapolitan. (sumber foto: zonalibur.com)

Bagi warga Jakarta dan sekitarnya, kawasan wisata Puncak, Bogor tentu sudah tidak asing lagi. Setiap akhir pekan, tak sedikit para warga Jakarta menyerbu Puncak untuk menyegarkan pikiran. Yaa wajar aja sih. Selain lokasi yang terbilang paling deket dari Jakarta, kawasan tersebut juga memiliki pesona alam yang memikat, apalagi tidak memerlukan biaya mahal untuk bisa menikmatinya.

Kawasan wisata Puncak merupakan pilihan tempat wisata yang digandrungi oleh semua kalangan. Pasangan muda maupun pasangan yang sudah memiliki anak-anak akan segera memperhitungkan bagaimana cara mereka menikmati keindahan Puncak. Ada yang hanya duduk-duduk, jalan-jalan ke factory outlet sambil menikmati kuliner jalanannya seperti sekoteng, kue mochi, jagung bakar, lalu kembali pulang atau sengaja memesan penginapan agar lebih puas berada di Puncak. Ini nih beberapa destinasi wisata yang bisa Anda nikmati saat berada di kawasan Cipanas, Puncak Jawa Barat.

Berlian Resort

Jika Anda ingin mencari penginapan, Anda bisa mempertimbangkan Berlian Resort yang berada di Cipanas, Puncak Jawa Barat. Anda bisa berkendara 90 menit dari Jakarta dan 30 menit dari Bogor untuk mencapai tempat ini. Meskipun merupakan penginapan bintang dua, pelayanan yang diberikan sangatlah maksimal. Saat Anda menginap di sini, Anda akan diajak untuk merasakan suasana Puncak Jawa Barat yang lain dari biasanya.

Berlian Resort, penginapan yang menawarkan suasana lain dari Puncak, Jawa Barat. (sumber foto: berlianresort.com)


Suasana pegunungan yang hijau dan meneduhkan akan sangat terasa karena Berlian Resort berlokasi di antara Gunung Gede dan Gunung Pangrango. Jika Anda mau sedikit berjalan-jalan maka akan Anda jumpai tempat wisata yang tak kalah asri, yakni Istana Cipanas dan Kebun Raya Cibodas.

Bagi Anda yang merasa kurang lengkap menghabiskan liburan tanpa belanja, pilihan menginap di Berlian Resort tentulah tepat. Anda boleh berbahagia karena tak jauh dari penginapan terdapat factory outlet terbesar di kawasan Puncak, Jawa Barat yaitu DSE Factory Outlet. Wekekeke ketawan deh tempat belanja saya kalau ke Puncak.

Istana Cipanas

Berwisata nggak cuman hura-hura saja. Tempat bersejarah juga seru, lho untuk dijadikan sebagai destinasi wisata. Siapa bilang membosankan? Nggak percaya? Coba kunjungi Istana Cipanas, tentunya masih di kawasan Cipanas, Puncak Jawa Barat.

Tahukah Anda jika Presiden Republik Indonesia memiliki 6 istana? Orang Jakarta tentu sudah tak asing lagi dengan Istana Negara yang terletak di Jalan Merdeka Utara. Selain itu, ada Istana Merdeka, Istana Bogor, Istana Cipanas, Gedung Agung Yogyakarta, dan Istana Tampak Siring di Bali.

Khusus Istana Cipanas, tidak banyak orang mengetahui bahwa presiden Indonesia dan keluarga maupun pejabat-pejabat penting negara senang menghabiskan waktu di sini karena tempatnya yang sangat indah dan berhawa sejuk, khususnya Kawasan Hutan Lindung yang berada tepat di belakang areal Istana Cipanas.

Istana Cipanas kerap dijakdikan tempat peristirahatan bagi para presiden Republik Indonesia, bahkan menerima tamu penting negara. (sumber foto: kepustakaan-presiden.perpusnas.co.id)

Dari zaman Presiden Soeharto hingga Presiden Jokowi, Istana Cipanas sering menjadi tempat peristirahatan, bahkan menerima tamu-tamu penting negara. Jika para presiden, wakil, atau pejabat negara yang lain berkunjung ke Istana Cipanas, beliau-beliau selalu menyempatkan diri untuk jalan santai di Kawasan Hutan Lindung sambil mendengarkan kicauan burung yang sangat merdu.

Keberadaannya yang penting dan juga bagian dari bangunan bersejarah yang menjadi tonggak sejarah Republik Indonesia, kawasan Istana Cipanas amat terjaga kondisnya. Lingkugannya nampak begitu terawat, bersih, dan segar.

Kebun Raya Cibodas

Masih yang hijau-hijau, Anda bisa geser sedikit destinasinya ke Kebuh Raya Cibodas. Jika pernah mengunjungi Kebun Raya Bogor, maka Anda akan segera menemukan perbedaan yang cukup menyolok dari keduanya. Kawasan ini sangat indah. Bahkan, terdengar sebuah rumor bahwa Kebun Raya Cibodas adalah surganya Asia.

Tidak hanya menawarkan taman yang luas, Kebun Raya Cibodas juga mwmiliki air terjun, rumah kaca, air mancur, dan danau yang sangat menakjubkan. (sumber foto: krcibodas.lipi.go.id)

Anda bisa melihat beberapa air terjun di Kebun Raya Cibodas dengan airnya yang jernih sekali. Cocok untuk menyegarkan badan dengan mandi di bawahnya sambil bermain air. Tak hanya air terjun, Anda juga bisa mengunjungi rumah kaca (green house), lokasi lanskap, kebun pohon sakura, air mancur, danau yang semuanya sangat indah dan menakjubkan. Ohya, Anda bisa menyewa kuda untuk menikmati keindahannya, lho.

Menurut beberapa sumber, pada awalnya Kebun Raya Cibodas didirikan pada tahun 1852 oleh Johannes Elias Teijsmann. Ia adalah seorang ahli Botani Belanda yang menjadikan kawasan  ini sebagai cabang dari Kebun Raya Bogor. Selain keindahan dan kesejukan alamnya, Kebun Raya Cibodas memiliki koleksi pepohonannya yang banyak sekali jenis dan variannya. Anda juga bisa membeli tanaman hias yang banyak jenisnya seperti kaktus, aneka bunga, bonsai, sekulen, anggrek dan beberapa jenis tanaman lainnya.

Asyik 'kan? Sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui. Pesan satu tempat penginapan, beberapa destinasi keren bisa disambangi tanpa harus susah payah, apalagi jauh perjalanannya. Berlian Resort siap menyambut kedatangan Anda kapan pun. Pemesanannya cukup mudah. Anda tinggal klik situs travel online traveloka.com dan proses pemesanannya pun bisa langsung dilakukan.

1 komentar:

  1. Makasih mbak, ulasannya menarik, saya pasti ke Cipanas deh kalo udah tau segimana indahnya di sana. Hehehehe.

    Salam,
    Syanu.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkomentar dengan sopan :)