Senin, Agustus 08, 2016

Tips Atasi Stress pada Ibu Hamil dan Janin bersama Sweety Gold

Assalaamu'alaikum...

Kehamilan adalah salah satu hal yang paling diidam-idamkan dalam sebuah keluarga. Saya sendiri merasakan sekali bagaimana penantian sebuah masa yang bernama kehamilan. Maklum, setelah dua tahun menikah, alhamdulillah Alloh kasih kepercayaan kepada kami untuk memiliki Riyadh yang saat ini sudah berusia delapan bulan.

Selama masa kehamilan tersebut, ada satu pesan yang selalu diingatkan oleh kakak, "Kalau lagi hamil, lepasin aja semuanya. Jangan banyak mikir negatif, apalagi sampai stress. Karena itu semua akan berpengaruh ke (calon) bayi".

Yaa karena belum ada pengalaman, saya nurut aja. Sometimes kedengarannya sangat mudah. Akan tetapi, pada kondisi tertentu ada saja pemicu stress walaupun sedikit. Begitu ingat pesan kakak, saya langsung berusaha meminimalisir segala pemicu stress.

Alhamdulillah hal-hal positif yang saya lakukan selama hamil berbuah manis. Riyadh lahir dalam keadaan sehat dan sempurna. Begitu pula dengan saya. Pengalaman yang saya rasakan rupanya selaras dengan ilmu kehamilan yang saya dapatkan pada Sabtu (30/7/2016) lalu. Akhir bulan Juli saya mengikuti talkshow "Kenali Stress Bayi dalam Kandungan", diselenggarakan oleh majalah Mother&Baby bersama popok Sweety Gold.

Acara yang turut diisi oleh artis cantik Titi Kamal dan dokter Taufik Jamaan, SpOG sangat informatif. Nuansa keemasan memdominasi dekorasi tempat. Para momies hadir cantik-cantik, berpakaian nuansa emas.

Yuk, langsung aja kenali lebih jauh lagi tentang stress bayi dalam kandungan.

Nuansa keemasan mendominasi acara talkshow "Kenali Stress Bayi dalam Kandungan", Minggu (30/7/2016) di Igor's Pastry, Wijaya, Jakarta Selatan.

Ada apa dengan Stress pada Bayi dalam Kandungan? 

Apa sih stress pada bayi dalam kandungan itu? Stress pada bayi dalam kandungan artinya si janin merasa kehidupannya terancam selama dalam kandungan. Kamu kira bayi tidak bisa merasakan stress? BISA! Ini dikarenakan apa yang dirasakan ibu turut pula dirasakan oleh janin. Ibu hamil yang stress memicu perubahan hormon yang ikut masuk ke janin melalui plasenta. Pada akhirnya, ibu stress, janin juga stress.

Lalu, apa faktor stress pada bayi dalam kandungan? Dokter Taufik Jamaan yang juga ahli fertilisasi di klinik embrio RS Bunda, Menteng ini menjelaskan, ada delapan faktor stress pada janin yang meliputi:
• Gangguan aliran darah dan oksigen dari ibu ke janin
• Ibu yang anemia
• Gangguan asupan kalori ke janin
• Air ketuban kurang
• Ibu stress atau depresi
• Lamanya proses persalinan
• Ibu sakit
• Bayi terlilit tali pulsar, dsb.

dr. taufik Jamaan, SpOG memberikan penjelasan seputar stress bayi dalam kandungan.
Tau drimana kalau si janin stress? Ini bisa dideteksi pada usia janin di trimester kedua dan ketiga dari pemeriksaan USG, CTG, dan kurva pertumbuhan janin. Percaya nggak pada saat USG, ekspresi bayi stress juga bisa terdeteksi. Dokter Taufik memperlihatkan ekspresi janin yang stress. Janin tampak cemberut, tidak senyum ceria. Di lain pihak, pada janin yang dalam keadaan sehat, ekspresi mukanya tampak tersenyum. Kontraksi dini pada ibu hamil dan janin yang tidur terus juga menjadi pertanda janin stress.

Apa akibatnya bila janin stress? Janin stress jangan dianggap sepele karena bisa mengakibatkan kelainan organ tubuh hingga yang paling parah adalah kematian bayi.

Ngeri bacanya? Jangan dulu! Karena dokter Taufik juga mengulas bagaimana tips atasi dan cegah stress janin dalam kandungan.

Kalau bayi sudah stress, apa yang bisa dilakukan? Sembuhkan ibunya! Yess, pangkal utamanya adalah ibu sebab janin masih amat tergantung pada ibu, seperti penyediaan makanan, darah, oksigen, termasuk gerakan dalam kandungan.

Wanita hamil itu banyak sekali perubahan yang dialami, mulai dari perubahan tubuh hingga emosional yang kerap naik turun. Saya juga bingung sih awalnya waktu hamil dulu. Kok yaa cepet banget tersinggung atau nangis gitu, ya. Padahal masalahnya biasa aja.

Bagi Ibu pekerja, tumpukan pekerjaan di kantor, kondisi jalanan yang macet, teman kerja yang tidak mengasyikkan bisa menyumbang stress. Berbagai macem tagihan yang belum terbayar juga mampu memicu stress pada ibu rumah tangga. Jika calon Ibu tidak siap atas perubahan yang terjadi, bisa saja stress kerap menghampiri.

Untuk mengobati dan mencegah stress pada ibu hamil, lingkungan amat berperan. Suami sebagai orang terdekat harus senantiasa menaruh perhatian lebih kepada isteri yang sedang hamil. Ini jadi obat yang paling mujarab buat isteri. Memijat, membelai, juga mengelus perut isteri sambil mengajak bicara si janin bisa meredakan stress pada ibu hamil. Jadi, kalau isteri minta dipijat, turuti saja ya, pabapak :)

Ibu hamil juga harus terbuka tentang apa yang dirasakannya selama hamil. Jika perlu, ceritakan saja segala hal aneh yang dialami saat hamil kepada orang yang dipercaya. Dokter, orangtua, suami, teman, atau saudara-saudara yang pernah hamil sebelumnya. Bila terlalu banyak hal yang disimpan ibu hamil, bisa menambah beban pikiran dan tentunya memicu stress.

Me time bisa jadi cara lainnya untuk mencegah stress pada ibu hamil. Memanjakan diri sendiri dalam beberapa waktu tertentu, seperti melakukan perawatan tubuh untuk ibu hamil, mendengar musik yang tenang, termasuk lagu rohani, berenang, dipercaya mampu mengembalikan suasana hati ceria sang ibu hamil.

Berkomunikasi dengan janin dan melihat benda-benda untuk bayi bisa menumbuhkan aura positif dalam diri ibu hamil. Ya, dengan berkomunikasi, Anda mengajak janin untuk bekerja sama menumbuhkan suasana yang riang dan menyehatkan selama kehamilan. Sambil mengelus perut, Anda ajak bicara si janin. Janin pun merasa tenang karena kehadirannya begitu dinanti oleh orangtua.

Last but the important things is menjaga kesehatan dan kebugaran ibu hamil. Hal ini bisa dilakukan dengan memperhatikan asupan nutrisi ibu hamil setiap hari. Ini dikarenakan berkaitan dengan pertambahan berat badan ibu dan janin.

Tahukah ibu jika pertambahan kalori pada ibu hamil mencapai 300 kalori per hari? Hal ini bisa dicapai dengan pemenuhan gizi seimbang, tidak terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak atau bernergi tinggi. Jangan mentang-mentang harus naik berat badannya, sebelum tidur ibu hamil kondumsi nasi padang. Ditakutkan kenaikan berat badan (12-15 kg untuk BB normal sebelum hamil) akan melampaui batas yang bisa memperburuk proses persalinan kelak. Lainnya, istirahat yang cukup, dan olahraga ringan yang diperuntukkan Ibu hami juga turut meminimalisir stress, seperti yoga.

Sweety Gold Bantu Atasi Stress Ibu Hamil dan Janin dalam Kandungan

Momok menakutkan lainnya yang membuat ibu dan bayi stress dalam kandungan adalah kejadian pasca melahirkan. Bagi saya, menjadi ibu baru sungguhlah tidak terbayangkan. Apa yang akan saya lakukan setibanya di rumah dengan bayi?

Sejuta pertanyaan berkecamuk, mulai dari cara menggendong bayi yang benar, cara mengganti popok, cara menenangkan bayi saat menangis. Belum lagi memikirkan proses pemulihan kondisi saya yang baru saja melahirkan. Tentu saya juga harus cukup istirahatnya demi menyukseskan ASI Eksklusif.

Adanya seseorang yang membantu di rumah, seperti kerabat atau asisten rumah tangga, sangat membantu menghilangkan kecemasan ibu hamil pasca melahirkan. Ibu hamil merasa tidak sendirian. Ia tahu di mana tempat bertanya yang tepat dalam mengurus bayi.

Cara lainnya untuk mengatasi stress pasca melahirkan adalah persiapan melahirkan yang matang. Biasanya di bulan ketujuh, ibu hamil akan membeli sejumlah barang yang dibutuhkan untuk bayi. Tidak usah berlebihan, cukup yang dibutuhkan saja, seperti toileteries, baju dan celana bayi, kain bedong, popok sekali pakai (jika mau).

Sejumlah barang yang perlu dipersiapkan pasca melahirkan (sumber gambar: id.theasianparent.com)
Yess, pemilihan popok sekali pakai yang tepat jadi salah satu cara untuk mencegah ibu dan bayi stress. Satu sampai dua bulan usia bayi yang baru lahir memang masih didominasi dengan aktivitas tidur. Eits, siapa bilang mamak bisa banyak istirahat meski bayi tidur terus?

Untuk bayi yang sensitif dengan basah, pemakaian popok yang tidak bagus daya serapnya bisa mengganggu tidur bayi. Padahal, kualitas tidur bayi mempengaruhi tumbuh kembang bayi juga, lho. Belum lagi masalah ruam pada kulit bayi akibat buruknya daya serap popok. Oeh karena itu, lepas usia 40 hari, saya pakaikan Riyadh popok sekali pakai (pospak) saat malam hari. Kalau Anda ingin memakaikannya sejak lahir juga tidak masalah. Kuncinya, pilih popok yang nyaman untuk bayi.

Sweety Gold adalah popok sekali pakai (pospak) buatan Indonesia yang memiliki daya serap terbaik dan nyaman digunakan oleh bayi, termasuk baru lahir. Ini nih yang terpenting di antara berbagai macem pospak merk buatan luar negeri.

Awalnya saya berpikir, popok ini termasuk kategori popok yang kurang bagus karena jarang digunakan oleh orang-orang sekitar. Beruntunglah saya datang ke acara tersebut, sehingga bisa melihat langsung keunggulan popok Sweety Gold.

Pospak Sweety Gold tiper Pants size XL ini bwgitu lembut dan elastis.
Secara kemasan, pospak berlambang Hello Kitty ini memiliki dua tipe kemasan: perekat dan pants (celana). Popok Sweety Gold tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari newborn (< 5 kg) hingga L (8-13 kg) untuk tipe perekat) dan XXL (>17 kg) untuk tiper pants. Meski berlambang Hello Kitty, pospak ini tetap bisa digunakan untuk cewek maupun cowok.

Ada tiga macam keunggulan popok Sweety Gold yang sudah diuji oleh Australian Dermatologist sebelum diproduksi massal.

Pertama, Sweety Gold memiliki daya serap yang tinggi karena adanya teknologi lapisan diamond. Teknologi lapisan diamond ini membuat cairan dalam popok menyebar alias terdistribusi dengan baik alias tidak menumpuk di satu sisi. Berdasarkan hasil uji, Sweety Gold memiliki daya serap 15 persen lebih baik ketimbang popok merk lainnya.

Dalam acara tersebut, turut didemonstrasikan bagaimana pendistribusian cairan pada Sweety Gold dibanding merk lain. Kedua pospak dituangkan cairan + 600 ml. Hasilnya, lapisan pospak Sweety Gold lebih kering ketimbang merk lain saat disentuh.

Pendemonstrasian cairan pada Sweety Gold. Hasilnya, lapisan pospak Sweety Gold terasa lebih kerung ketimbang merk lain.

Kedua, Sweety Gold memiliki bahan yang lembut, baik pada bagian pinggang juga lapisan cairan di dalamnya. Kelembutan bahan yang digunakan ini membuat perekat pospak dapat digunakan erulang kali, sedangkan kelembutan pada lapisan cairan membuat nyaman kulit bayi saat menggunakannya, sehingga turut membuat tidur bayi berkualitas.

Ketiga, elastisitas yang oke punya. Sweety Gold tipe pants memiliki karet yang lembut dan elastis. Karena elastis, karet Sweety Gold begitu lentur mengikuti besar pinggang juga lingkar paha si bayi sesuai dengan ukuran.

Tiga keunggulan yang dimiliki pospak Sweety Gold. (dok. Sweety Gold Care)

Sweety Gold sudah berinovasi sedemikian rupa, sehingga menjadi produk premium yang begitu nyaman dikenakan para bayi. Teman saya yang juga hadir dalam acara tersebut, Sally Fauzi, menuturkan delapan tahun lalu ia tidak bisa mengenakan Sweety Gold untuk anaknya karena karet pinggang yang kasar dan daya serap yang buruk. Akibatnya, kulit anaknya yang pada dasarnya sensitif kerap timbul ruam. Namun, inovasi teknologi lapisan diamond ini mengubah semua paradigma buruk yang pernah dialami Sally.

Bagaimana dengan Riyadh? Yup, Riyadh juga begitu nyaman mengenakan pospak Sweety Gold tipe pants. Keunggulan-keunggulan yang diungkapkan pada saat acara banyak yang terbukti.

Sweety Gold jadi teman setia buat Riyadh saat bermain. 


Sweety God memiliki wet indicator. Bila pospak sudah terkena cairan, garis wet indicator akan berubah warna menjadi hijau. Semakin tua warna hijau, artinya cairan yang ditampung Sweety Gold ssmakin banyak. Orangtua harus segera mengganti popok.

Kemudahan juga saya rasakan begitu melepas pants dengan merobek bagian samping kanan dan kiri. Untuk keamaanan pembuangan pospak, Sweety Gold pants juga dilengkapi dengan (semacam) tali pengikat pospak (disposable tape). Jadi, begitu pembuangan pospak, kotorannya tidak akan ke mana-mana dan sangat mudah terurai dalam beberapa hari.

Bagaimana soal harga? Menurut saya harganya masih terjangkau. Harga Sweety Gold masih terbilang menengah. Tidak semahal popok merk lainnya. Yaa iya sih ada harga, tentu ada kualitas. Namun, demi kenyamanan bayi dan kualitas istirahat ibu, apalagi ibu yang baru melahirkan, harga beli Sweety Gold terbayar dengan kenyamanan yang saya rasakan.

Karena begitu nyaman, Riyadh pun tertidur pulas menggunakan pospak Sweety Gold.

Jadi, sudah lebih tahu sekarang dong tentang tips atasi dan cegah stress pada ibu hamil dan bayi dalam kandungan? Yuk, dukung ibu hamil untuk selalu sehat jiwa dan rasanya. Karena ibu hamil yang sehat dan ceria akan menghasilkan calon generasi yang cerdas.

Foto bersama para Momies dan pengisi acara usai talkshow .


3 komentar:

Terima kasih sudah berkomentar dengan sopan :)