Kamis, April 07, 2016

Riyadh Usia 3 Bulan

Assalaamu'alaikum

Alhamdulillah nggak terasa satu triwulan terlewati buat tumbang Riyadh. Sekarang Riyadh udah berusia 3 bulan. Karena bulan ini nggak ada jadwal imunisasi, jadi aye tak tahu berapa pertambahan berat dan panjang badan Riyadh. Iya, Riyadh juga nggak ikut PIN kemarin.

Okeh, kira-kira udah bisa ngapain aja ya si Riyadh di tiga bulan pertama kehidupannya? Oiya, tiga bulan di sini terhitung dari 3 bulan 0 hari hingga 3 bulan 29 hari.

BISA TENGKUREP

Yeaaay.. Ini kemajuan banget! Di pertengahan dua bulan, si Riyadh udah mulai belajar miring-miring, tapi belum bisa tengkurep. Masih susah angkat kepalanya. Keseringan, saya bantu dorong kepalanya supaya bisa tengkurep sempurna.

Awalnya, saya juga agak terkejut. Tiba-tiba si Riyadh udah belajar posisi miring aja. Apa karena belakangan sering saya kelonin. Whatever it is, pas di usianya yang ke tiga bulan, dia bisa tengkurep sempurna. Good job, Riyadh!

Bahkan, kalau diletakkan di kasur, sudah buru-buru tengkurep. Sekarang memakaikan baju harus rebutan sama keinginan Riyadh untuk tengkurep. Tak jarang, Riyadh ngambek dan nangis kejer karena ingin tengkurep, sedangkan saya belum selesai memakaikannya baju. Dalam kondisi antara marah dan kasihan melihatnya.  Kalau tidur, nggak lama-lama posisi miring apalagi terlentang. Pokoknya tengkurep rep reppp.

BELAJAR MERAIH BENDA

Jadi, jangkauan penglihatan Riyadh bisa lebih jauh saat posisi tengkurep. Nah, posisi ini saya manfaatkan untuk menstimulasi Riyadh dalam meraih benda. Awalnya cuman diliatin. Lama kelamaan, sampe juga 'tu benda diraihnya.

Riyadh kurang tertarik kalau saya berikan play gym. Ituloh mainan yang digantung di atas tempat tidur. Karena baginya, kasur adalah tempat tengkurep sehingga dia cenderung abai sama mainan yang digantung. Again, pokoknya tengkurep rep repp!

LEBIH EKSPRESIF

Riyadh udah bisa diajak bicara, senyum, apalagi tertawa. Riyadh paling sering senyum atau tertawa tanpa suara saat dimandikan. Paling seneng bagian disabunin. Meski suka menggeliat karena geli, tapi dia menjunjukkan ekspresinya kegembiraannya.

Kalau lagi mood, Riyadh juga udah banyak ketawanya. Biasanya inj terjadi kalau diledekkin dengan orang-orang di kehidupannya sehari-harinya.

Selain itu, Riyadh udah bisa menunjukkan ekspresinya marah atau nggak nyaman. Sometimes, kalau saya bersholawat, dia seolah-olah ikut bersholawat. Memgekuatkan suara dengan bahasa bayi yang hanya dia dan Tuhan yang tahu.

ANGKAT KEPALA DAN POSISI SETENGAH DUDUK

Yess dia udah bisa angkat kepala kalau digendong menghadap depan. Nggak betah aja gitu kalau kepalanya bersandar di dada. Bukan hanya itu, Riyadh sudah dalam posisi duduk dengan badan condong ke depan atau serong ke kiri.

Kalau digendong hadap belakang (posisi memeluk), kepala Riyadh juga udah tegak.

BATUK PILEK (LAGI)

Hayah... Ini virus entah dari mana datangnya. Tau-tau si Riyadh hidungnya meler, disusul dengan batuk. Awalnya batuk kering, begitu saya minum es cendol, Riyadh jadi batuk berdahak. Tak jarang, ia muntah atau gumoh pasca disusuin. Masa iya, emaknya minum es lalu anaknya jadi batuk?

Yang lebih kasihan saat menyusui, hidungnya mampet. Kalau aliran susunya nggak deres, dia nangis-kesal kelamaan mungkin. Kalau aliran susunya deres, Riyadh kelabakan. Berpacu antara aliran susunya, menghisap, danengatur nafas yang mamfet. Poor Riyadh :(

Kalau digendong, badannya agak enteng. Keseringan nangis mungkin. Banyak energi yang keluar. Mudah-mudahan ini pertanda ada kemajuan dalam tumbuh kembang Riyadh. Biasanya gitu. Aamiin.

Terus doain Riyadh ya teman-teman biar jadi anak yang sholeh, taat atas segala perintah Alloh, Rasululloh, dan malaikat. Semoga menjadi anak yang berbakti kepada orangtua dan kehidupannya kelak membawa manfaat dalam hal positif untuk banyak orang. Aamiin

FIRST RIME SWIMMING

Yeaayy di bulan ketiga ini si riyadh berenang. Jadwal imunisasi Riyadh itu jatuh pada 3 bulan 27 hari. Yaa daripada lama nunggu doter, saya ajak dia untuk baby spa di rumah sakit. Riyadh seneng banget lhoo bisa berenang dan main air :)

Tampang serius riyadh waktu awal-awal nyemplung ke kolam renang buatan. Selanjutnya, riyadh hepi banget :)


1 komentar:

Terima kasih sudah berkomentar dengan sopan :)