Sabtu, Oktober 03, 2015

RoomToday, Mobile Booking Hotel Application in The Last Minute

Assalaamu'alaikum...

Pernahkah Anda berada pada situasi kepepet, butuh tempat menginap satu malam, tetapi tidak tahu harus bermalam di mana? Misal, saat sedang bepergian ke suatu tempat dengan jadwal kedatangan tengah malam. Lalu, Anda bingung harus bermalam di mana selain di bandara. Mau menginap di room hotel terdekat cukup mahal biayanya jika diperhitungkan dengan waktu singgah yang hanya beberapa jam saja.

Atau mungkin di lain kesempatan misalnya, seorang kerabat harus dirawat di rumah sakit, sedangkan semua kamar perawatan terisi penuh dan tidak ada tempat bermalam untuk si penunggu selain di lorong rumah sakit. Lalu, Anda (sebagai penunggu) merasa kurang nyaman jika harus bermalam di lorong rumah sakit dan mencari tempat menginap di hotel atau losmen sekitar rumah sakit. Pernah berada dalam kondisi serupa? Jika pernah, saat ini ada RoomToday, sebuah mobile apps booking room hotel in the last minute buatan Indonesia.

RoomToday, True Last Minute Hotel Bookings in Indonesia

RoomToday, Asyiknya Booking Hotel Saat Kepepet dan Urgent

Apa perbedaan RoomToday dengan aplikasi booking hotel lainnya? RoomToday bukan situs booking hotel online seperti pada umumnya atau online travel agen (OTA). RoomToday adalah sebuah aplikasi booking hotel berbasis mobile. Jika Anda ingin melakukan pemesanan hotel, ya hanya bisa dilakukan melalui aplikasinya dengan ikut menjadi anggotanya.

Bagaimana cara melakukan pemesanan? Sangat mudah!
  1. Unduh aplikasi RoomToday di Play Store. Yup, saat ini baru tersedia di Google Play Store karena umurnya yang masih baby (launching per 1 Oktober 2015). Next, aplikasi ini sedang tahap pengembangan agar pengguna iOS dan Windows bisa turut menikmatinya.
  2. Lakukan registrasi dengan mengisi nama dan alamat email.
  3. Email konfirmasi "bergabung" akan diterima pengguna dari RoomToday.
  4. Buka halaman utama aplikasi RoomToday. Di sana akan terpampang daftar hotel disertai dengan keterangan sekilas tentang lokasi hotel, grade hotel, harga kamar per malam, dan fasilitas yang didapat (free breakfast atau tidak).

    Daftar hotel yang telah bergabung bersama RoomToday di halaman utama.
  5. Pilih hotel yang diinginkan untuk melakukan pemesanan, misalnya saya memilih (klick) Royal City Hotel. Pada halaman ini jenis kamar akan lebih terdefinisikan dalam gambar. Lokasi dan fasilitas hotel lainnya juga lebih lengkap dirinci.

    Setelah melihat daftar hotel, Anda bisa klik hotel yang diinginkan untuk tempat menginap. Dalam kesempatan kali ini, saya memilih Rotal City Hotel di Roxy.
  6. Jika sudah menemukan hotel yang cocok, klik BOOK NOW.
  7. Anda akan terdireksi pada halaman pembayaran. Sebagai informasi, saat ini pembayaran hanya bisa dilakukan dengan metode kartu kredit. Ke depan, transaksi di RoomToday bisa dilakukan dengan ATM/transfer, internet banking, dan SMS banking.

    Halaman pembayaran booking hotel di RoomToday.
  8. Jika sudah lengkap pada form pembayaran, klik NEXT. Langkah booking hotel di RoomToday selesai dilakukan yang diikuti email konfirmasi dari RoomToday. Anda tinggal berangkat ke hotel tujuan dengan memperlihatkan hasil booking-an hotel di aplikasi.
Masih terkesan biasa dengan aplikasi ini? Ada yang unik dari aplikasi ini. Aplikasi mobile booking hotel ini selalu punya program harga spesial (best deal) setiap waktunya! Selain itu, aplikasi yang baru saja diluncurkan pada Kamis (1/10/2015) lalu ini memiliki sejumlah rekanan hotel yang letaknya strategis, seperti dekat dengan kawasan perkantoran, hiburan dan wisata, perbelanjaan, rumah sakit, bandara, terminal, atau stasiun.

Setiap waktu para hotel ini bisa memasukkan harga spesial mereka ke RoomToday. Jadi, begitu Anda butuh tempat inap mendadak dengan harga terbaik, buka saja aplikasi RoomToday dan dapatkan penawaran menarik  setiap waktunya.

Satu lagi. Karena Oktober adalah bulan promo, khusus konsumer yang memesan room hotel di aplikasi RoomToday, akan mendapat tambahan diskon sebesar Rp 100.000 dari RoomToday dengan memasukkan kode promo LAUNCH di laman pembayaran.

Harga promo dalam aplikasi ini berlaku untuk satu malam dan sudah harga nettNo tipu-tipu, sudah termasuk tax. Apa yang tertera dalam aplikasi, itulah yang dibayarkan kostumer. Saya paling males kalau ada harga++. Suka nggak kira-kira gitu plus-plusnya. Jika ingin perpanjang waktu menginap, Anda tinggal konfirmasi kepada pihak hotel. Harga akan ditentukan kemudian.

Akan tetapi, jenis kamar yang didapat kostumer pada aplikasi ini tidak dijelaskan secara detail, apakah kamar tipe superior, deluxe, suite, atau lainnya. Meski demikian, pihak hotel menjamin kenyamanan kamar hotel yang ditawarkan di RoomToday untuk para konsumer. Mereka tidak akan menjual harga kamar di atas yang semestinya.

Nah, di sinilah letak keuntungan bagi para kepepeters yang berada dalam keadaan genting, sedang dalam keadaan bingung mau inap di mana atau mau pilih room hotel mana. Mereka bisa saja mendapatkan harga terjangkau dengan fasilitas kamar mewah, jika beruntung.  Oh ya grade hotel yang bergabung di RoomToday berada di antara bintang dua hingga empat, bukan tipe hotel jam-jaman.

Suasana lobi dan koridor Hotel Ambhara, salah satu hotel rekanan RoomToday di Jakarta yang juga dijadikan tempat soft launching aplikasi RoomToday. (dok. Ambhara Hotel)

Misalnya saja saya memesan kamar di Royal City Hotel. Diskonnya gede-gedean, dari harga Rp 726.000 per malam menjadi Rp 264.000 per malam. Dengan kode promo LAUNCH, saya mendapatkan potongan lagi sebesar Rp 100.000 dari RoomToday. Artinya, saya hanya membayar Rp 164.000 per malam untuk hotel bintang tiga sekelas Royal City Hotel.

Jika saya seorang traveler, baru saja tiba di Jakarta, dan belum tahu menginap di mana, saya buka aplikasi RoomToday, pilih Royal City Hotel. Selain harga spesial yang didapat, letaknya juga strategis di pusat niaga Roxy dengan kemudahan transportasinya (dekat dengan halte Transjakarta).

Kalau soal kenyamanan, tentu tidak diragukan lagi. Hotel yang didominasi warna hijau ini bikin adem mata desainnya. Lelah berpetualang, saya bisa istirahat dengan nyaman di Royal City Hotel dan siap melanjutkan petualangan esok harinya. Aplikasi RoomToday benar-benar selektif dalam memilih hotel rekanan.

Selain Royal City Hotel, adapun 13 hotel yang telah bergabung bersama RoomToday sbb.
  • Ambhara Hotel (lokasi dekat dengan Terminal Blok M)
  • Business Hotel Tomang
  • Feodora Hotel Grogol
  • Grand Asia Hotel
  • Max One Hotel 
  • Sabang Nalendra Hotel
  • Nite and Day Hotel
  • Pomelotel Royal City 
  • Royal Kuningan 
  • Sparks Life
  • Swiss-Belhotel Airport (lokasi dekat dengan Bandara Soekarno Hatta)
  • Zest Hotel Airport
Ketiga belas hotel tersebut memang berada di Jakarta semua. Akan tetapi, secara bertahap RoomToday akan berkembang ke jaringan hotel di seluruh Indonesia. Tahun depan, RoomToday menargetkan membuka jaringan di Singapura, Malaysia, Thailand, bahkan asia. Asyik 'kan ada aplikasi booking hotel last minute buatan Indonsia dengan harga booking hotel murah?

RoomToday Bantu Hotel Menjual Kamar Kosong 

Tidak hanya memberi keuntungan kepada konsumer, RoomToday juga memiliki peran untuk para penglola hotel, lho! Karena sistemnya yang last minute, pengelola bisa menjual kamar-kamar kosong di RoomToday dalam waktu singkat (kurang dari 12 jam setelah terpublikasi di aplikasi RoomToday).

Para pengola hotel pasti paham jika ritme keramaian (kamar penuh) di hotel tidak menentu. Biasanya terjadi saat musim liburan. Pada saat low season, biasanya mengandalkan acara-acara perusahaan, seperti rapat besar, eksibisi dan event, gathering kantor. Lalu, bagaimana kalau tidak ada acara perusahaan? Apa yang pengelola hotel lakukan untuk memenuhi kamar-kamar kosong Anda?

Dump your availability room into RoomToday mobile booking hotel application, jawabnya! Yup, para pengguna hotel bisa memasukkan promo-promo mereka secara langsung ke RoomToday. Misal, hari Selasa ada 10 kamar deluxe dan 2 kamar suite kosong. Daripada kamar tersebut tidak terpakai dan tidak ada pemasukkan hotel, lebih baik masukkan promo kamar ke RoomToday. Siapa tahu ada pengguna yang sedang butuh tempat menginap, sehingga kamar terisi penuh.

Bagaimana cara pengelola hotel bergabung dengan RoomToday?
Kujungi situs RoomToday, isi formulir yang sudah disediakan. Pastikan alamat dan nomor telepon benar dan lengkap. Selanjutnya, staf RoomToday akan segera menghubungi dan mengkonfirmasi untuk memproses keanggotaan dan siap mempromosikan penawaran kamar hotel, baik di mobile application maupun media sosial RoomToday.

Hotel yang tergabung dalam jaringan RoomToday hanya dikenakan potogan 10 persen yang harus diberikan kepada RoomToDay dari setiap transaksi. Potongan mulai berlaku di bulan keempat setelah bergabung. Tiga bulan atau dua ratus kamar pertama (mana yang lebih dulu) tidak akan dikenakan charge apapun oleh RoomToday. Penawaran yang menarik bukan?

So, do you need room today? do you want to sell room today? Just pick RoomToday, True Last Minute Hotel Bookings in Indonesia! :)

Mau informasi lebih lengkap tentang RoomToday? Kunjungi:



5 komentar:

  1. berarti harus hari itu juga ya pesennya???? g abisa hari lain?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyessss itulah bedanya RoomToday dengan OTA lainnya, mak.
      Pesen hari itu juga untuk malam itu juga karena ini konsepnya booking in the last minute.

      Hapus
    2. ini bisa dijadikan solusi. disaat situs/aplkasi mobile sejenis yang cuma menyediakan booking jauh sebelum hari kedatangan. sangat membantu bagi yang kepepet ini.

      Hapus
  2. Wah kalo urgentv... Ini bisa sangat membantu

    BalasHapus
  3. Baru tau ada aplikasi ini... Semoga mampu bertahan bersaing dengan Aplikasi lainnya...

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkomentar dengan sopan :)