Senin, Agustus 31, 2015

Samsung Galaxy Note 5, Smartphone Handal untuk MomBlogger

  8 comments    
Assalaamu'alaikum...

Tiba-tiba sebuah pesan masuk ke Facebook Messenger saya dari seorang teman yang juga bekerja sebagai writerpreneur. "Nis, aku minta tanda tangan kamu dong buat klien aku. Jadi aku mau undang blogger untuk acara klien, cuman dia (klien) mau ada surat dukungan dari komunitas blogger untuk aktivitasnya. Nah, surat dari komunitas bloggernya itu harus yang memiliki kop surat. BloggerCrony (komunitas blogger yang saya kelola) punya kop surat 'kan? Kalau ada, aku minta dukungan kamu ya. Nanti aku buatin surat, kamu tinggal tanda tangan aja. Aku butuh cepat." Deg! Membaca pesan tersebut, langsung bingung deh saya memikirkan cara tercepat untuk mengabulkan permintaan teman saya.

Well, sejak smartphone (Samsung Ace 2) saya hilang, saya hanya bisa berkomunikasi dengan teman-teman via Facebook Messenger melalui Samsung Galaxy Tab 2-7 inc yang saya miliki sejak 2 tahun lalu. Menghadapi kondisi seperti ini, dengan layar dan kapasitas internal memori yang besar dari Samsung Tab 2, ternyata belum cukup memenuhi kebutuhan saya. Pada saat itu saya berpikir, andai punya smartphone yang memiliki fitur bisa dicorat-coret, termasuk membubuhkan tanda tangan di dokumen online, dan hasilnya bisa langsung diunggah ke internet untuk digunakan sesuai keperluan.
Saya ingin punya smartphone yang bisa membubuhkan coretan di dokumen online dan bisa mengunggahnya ke internet. (sumber gambar)
Saya bingung memikirkannya. Bagaimana tidak, di satu sisi saya ingin menolong teman, tapi apa daya saya tidak punya fasilitas lengkap untuk memenuhinya. Saya bisa saja mengunduh dokumen melalui perangkat personal computer (PC). Akan tetapi, di rumah saya tidak punya printer juga scanner untuk mencetak. Saya tidak dapat membubuhkan tanda tangan, mengubah dokumen menjadi sebuah foto (image), dan mengirim kembali dokumen ke teman saya. Sementara itu, teman saya membutuhkan waktu yang cepat. Secepat kami sedang berada dalam satu ruangan.

Dengan keterbatasan fasilitas, saya hanya dapat mengirimkan soft copy surat yang diminta teman. Sementara perihal tanda tangan, saya izinkan untuk diwakili oleh teman saya. Heheeeuu repot nih kalau keadaan seperti ini terjadi lagi.

***

Bicara tentang smartphone memang sangat menarik. Selalu ada saja yang baru dalam fiturnya. Karena kebutuhan manusia terus meningkat, secara otomatis fitur-fitur dan aplikasi yang ada pada smartphone pun harus semakin canggih, menyesuaikan kebutuhan manusia. Sebagai karyawan, dulu saya merasa cukup dengan segala fitur Samsung Galaxy Tab 2. Seiring dengan kegiatan saat ini, saya ingin sesuatu yang lebih dari yang saya miliki.

Saya seorang momblogger. Aktivitas harian saya sama seperti ibu rumah tangga pada umumnya saat berada di rumah. Tidak hanya itu, bersama seorang teman, saya juga mengelola komunitas blogger yang diberi nama BloggerCrony. Aktivitas mengelola komunitas ini lebih sering saya lakukan via mobile, di mana saja dan kapan saja melalui smartphone. Smartphone sangat menjadi andalan kerja saya.

Saat ada event liputan untuk blogger, saya pun kerap mengikutinya. Lagi-lagi samrtphone menjadi andalan alat kerja. Yaa untuk dokumentasi gambar, tulisan, juga live report via media sosial. Belum lagi kalau ada lomba blog di tempat (blog on the spot). Nah, dengan rutinitas seperti ini, sebuah smartphone handal sangat saya butuhkan untuk aktivitas saya yang kerap mobile, baik sebagai ibu rumah tangga juga (pengelola) blogger.

Selain bisa membubuhkan coretan secara online, saya juga ingin memiliki smartphone yang ukurannya tidak terlalu besar (seperti tab) tapi tidak terlalu kecil juga alias masih bisa digenggam oleh tangan, multitasking alias tidak lemot saat saya membuka beberapa aplikasi secara bersamaa, kamera yang bagus, daya tahan baterai yang lama, mudah sinkronisasi antara PC-smartphone, layarnya responsive saat disentuh. Yaa syukur-syukur ada keypad-nya juga biar nggak salah ketik. Hahaha maklum jari saya buntek alias gede-gede :p

Ini kriteria lengkap smartphone idamanku sebagai momblogger. Doakan ya semoga bisa memilikinya :) (dok. @ivybatuta dengan editan)
Tanpa berpikir panjang, saya ingin smartphone Samsung Galaxy Note 5. Kenapa? Mengamati twitterland, saya penasaran banget dengan hastag #StartwithNote5 yang digembar-gemborkan banyak seleb Indonesia belakangan ini. Memangnya ada apa sih dengan  Note 5 dengan yang dulu-dulu? Apa yang baru dari Samsung Galaxy Note 5?

Kalau soal merk saya sudah tidak meragukan lagi. Perusahaan asal negeri ginseng (Korea Selatan) ini tidak main-main dalam mengembangkan setiap smartphone yang dikeluarkannyaSaya termasuk pecinta Samsung semenjak bisa membeli handphone sendiri. Hingga kini sudah tiga generasi handphone Samsung yang saya miliki karena saking pewe dan awet dalam menggunakannya.

Ini dua gadget Samsung yang saya miliki. Sayangnya, smartphone Samsung Ace 2 hilang :( Semoga cepet mendapat penggantinyaaaa *kode*

Akhirnya saya kepoin twit para seleb tentang keunggulan Samsung Galaxy Note 5 termasuk menonton Samsung Unpacked 2015, yaitu video peluncuran Samsung Galaxy Note 5 di Lincoln Center, New York. Yang menarik dari acara ini adalah bisa disaksikan secara live melalui video streaming. Saya yang nggak bisa hadir ke New York *lahh emang diundang?*, bisa turut menyaksikan secara langsung peluncurannya di situs http://galaxylaunchpack.com/. Keren yee teknologi sekarang?

Yang namanya produk terbaru haruslah lebih baik dari produk sebelumnya. Ya kan? Hal ini senada nih dengan yang diungkapkan Jay Kay Shin, President dan CEO Samsung Electronics. Menurutnya, Samsung ingin memberikan sebuah produk baru yang lebih baik lagi berdasarkan hasil riset dari para pengguna Samsung. Fitur apa yang kurang, fitur apa yang dipertahankan, dan perlu ditambahkan, semua ada dalam genggaman Samsung Galaxy Note 5.

Jadi, apa dong yang baru dari Samsung Galaxy Note 5? Justin Denison, Vice President, Product Strategy and Marketing Samsung Electronics Amerika, menjawab rasa penasaran saya dalam video Samsung Unpacked 2015.

S-Pen

Namanya aja Samsung Note, berarti dia punya pena (kita sebutnya S-Pen) yang multifungsi. Pun begitu dengan S-Pen Samsung Galaxy Note 5 yang sangat fleksibel penggunaannya. Kalau untuk pilih-pilih menu udah standar lah ya penggunannya.

Tahu nggak, S-Pen ini bermanfaat banget untuk merekam segala ide yang ada di kepala kita. Hebatnya Samsung Galaxy Note 5, tanpa perlu membuka aplikasi apalagi kunci layar smartphone, kita bisa menuangkan ide-ide yang kerap datang tanpa diduga-duga.

 Justin Denison mendemonstrasikan penggunaan S-Pen Samsung Galaxy Note 5 yang tanpa membuka kunci layar smartphone. (sumber gambar)


Iya sebagai blogger, kalau lagi bengong di jalan atau memperhatikan lingkungan sekitar, suka ada aja tuh ide menulis di kepala saya. Yaa nggak cuman ide menulis aja si, pun begitu dengan ide konsep acara saat ingin mengadakan event blogger.

Bentuk visualisasinya pun unik, tidak melulu yang berupa tulisan lurus nan kaku. Saya bisa bikin dalam bentuk chart atau alur kerja supaya lebih mudah dipahami. Hasilnya? Bisa langsung dikirim dan didiskusikan bersama teman saya.

Kalau lagi browsing di Instagram, lalu menemukan gambar-gambar yang lucu, saya juga dengan mudah capture gambar. Tinggal gunakan S-Pen, saya bisa memilih gambar mana yang akan disimpan. Bak sebuah pensil dan kertas, saya bisa menggunakan S-Pen dan layar Samsung Galaxy Note 5 ini untuk menuangkan, menyimpan, dan membagi ide-ide.

Dari S-Pen ini juga saya bisa membubuhkan coretan secara online. Nahh ini yang saya mau! Saya bisa tanda tangan dokumen online. Jadi, kalau ada kasus seperti yang saya ceritakan di awal tulisan, fitur Samsung Galaxy Note 5 ini bermanfaat banget. Matching dengan apa yang saya mau!


Tangkap, tuangkan, simpan, atau bagi idemu ke teman-teman melalui sentuhan S-Pen Samsung Galaxy Note 5. (sumber gambar)
Smart Multitasking

Ini penting banget buat orang yang multitasking. Karena kebutuhan, saya kerap mengerjakan banyak hal dalam satu waktu. Males banget 'kan kalau punya gadget yang lemot begitu saya membuka beberapa aplikasi dalam satu waktu.

Misalnya saat datang ke acara gathering blogger. Di saat yang bersamaan, saya harus update kegiatan di beberapa media sosial. yaa Twitter, Facebook, Instagram, juga Path. Saya juga butuh mendokumentasi acara dimana saya harus membuka aplikasi kamera dan menulis detail acara (yang membutuhkan aplikasi Note).

Dari demontrasi Justin, rasanya dengan smart multitasking yang dimiliki Samsung Galaxy Note 5, saya tidak perlu khawatir soal lemot. Oh ya, Samsung Galaxy Note 5 juga bisa membuka beberapa aplikasi dalam satu layar. Jadi saya tidak harus buka-minimize-buka-minimize aplikasi dalam waktu yang bersamaan. So simple  dan menghemat waktu banget!

Refined Camera

Kamera Samsung Galaxy Note 5 ini kece banget buat foto juga video. Bayangin aja, dia punya 5 MP untuk kamera depan dan 16 MP buat kamera belakang. Hasil gambarnya jernih, tajam, jelas meskipun digunakaan saat memotret matahari terbenam. Kalau mau dibuat versi HDR juga bisa supaya lebih bright like a diamond  *ehh ini Rihanna ya*.

Asyiknya, kita juga bisa menggabungkan beberapa foto menjadi satu video. Lucu 'kan? Satu frame ada macam-macam ekspresi untuk dibagikan ke orang-orang terdekat. Yess, makin narsis kalau punya Samsung Galaxy Note 5!


Aaaww.. fitur kamera Samsung Galaxy Note 5 oke punya! (sumber gambar)

Sementara itu, beberapa bulan lagi saya akan memiliki seorang bayi. Sebagai ibu baru alias baru mau punya satu anak, dokumentasi anak di setiap momen pasti bakal saya lakukan. Supaya hasilnya kece untuk diunggah di media sosial dan dibagikan ke suami, fitur kamera Samsung Galaxy Note ini oke punya. 'Kan kalau hasilnya kece, saya bisa dapat banyak komen atau LIKE di media sosial *pamer* Nilai tambahnya, yaa bisa bikin suami cepet pulang karena kangen anak. Hihihhii..

Terkait dunia ngeblog, fitur kamera Samsung Galaxy Note 5 ini berguna banget untuk ikutan kompetisi instagram dalam sebuah event. Pengambilan sudut gambar yang pas dipadupadankan dengan fasilitas (kamera) yang memadai, pastinya usaha saya untuk memenangkan lomba instagram terbuka lebih lebar. Pun begitu dengan kesempatan mendapatkan hadiahnya. Ya 'kaaaann? :D

Kalau nanti anak saya lahir, saya bisa bikin video dari koleksi beberapa foto. Gemes gemes gemeeees! (sumber gambar)
Battery

Ahahaha kalau udah urusan nge-charge, tampaknya semua pengguna smaprtphone tak ingin berlama-lama, ya. Pun begitu dengan saya. Seiring berkembangnya profesi blogger, dalam satu hari kerap ada beberapa acara beruntun yang harus diliput blogger. Nah, di setiap acara itu pasti saya melakukan live tweet. Paling nggak update buat di media sosial aja maaah ada.

Pemakaian beragam aplikasi sosial media, aplikasi Note, juga kamera dalam satu waktu sudah pasti membuat smartphone cepat habis baterai. Akan tetapi, dengan beragam fitur yang dimiliki Samsung, salah satunya layar SuperAmoled, penggunan baterai Samsung Galaxy Note 5 tidak akan terlalu boros.

Nah, kalau sudah habis, senjata power bank terpaksa saya keluarkan. Daripada ribet sama kabel dan power bank, Samsung Galaxy Note 5 ini bisa nge-charge pake wireless. Kecepatan  nge-charge-nya juga mencapai 33 persen dari smartphone pendahulunya.

Wireless battery Samsung Galaxy Note 5 bikin saya nggak ribet sama kabel charger juga power bank kalau lagi mobile. (sumber gambar)

Layar Smartphone Terbaik

Pssst, tau nggak kalau layar Samsung Galaxy Note 5 dianggap sebagai layar smartphpone terbaik saat ini. Sesuai informasi yang dikutip dari DetikNet, menurut lembaga DisplayMat, meski memliki ukuran layar (5,7 inch) dan resolusi yang sama dengan pendahulunya, Galaxy Note 5 memiliki kecerahan terbaik dengan meningkatkan visibilitas layar secara signifikan dan mudah dibaca saat cahaya ambien tinggi.

Mengapa bisa demikian? Karena layar Samsung Galaxy Note 5 ini didukung oleh layar SuperAmoled dengan resolusi 2.560x1.440 QHD dan kedalaman 518 ppi. Layar SuperAmoled merupakan penyempurnaan dari Amoled (Active Matrix Organic Light Emitting Diode). Dengan teknologi SuperAmoled, layar pada Samsung Galaxy Note 5 mampu menciptakan sebuah gambar yang lebih hidup dan tajam dengan tingkat konsumsi energi yang rendah alias hemat penggunaan baterai.

Praktiknya dalam kehidupan saya, semakin besar layar smartphone, semakin puas melihat gambar dan video yang disajikan. Pun begitu dengan Samsung Galaxy Note 5 yang memiliki layar 5,7 inch. Sebagai seorang ibu dan blogger yang suka narsis dan mendokumentasikan berbagai kegiatan, layar besar ini memudahkan saya untuk melihat setiap detail dari foto dan video yang saya ambil. Ditambah teknologi SuperAmoled, wuiiiihh pastinya gambar dna video yang saya hasilkan nanti terasa begitu hidup. Makin doyan narsis dan eksis saja saya :p

Video Live Broadcast

Naah ini juga bagian dari keunggulan kamera Samsung Galaxy Note 5. Hare gene masih bingung dengan hubungan jarak jauh? Yaa pake aja Samsung Galaxy Note 5. Saat hamil begini tentu ruang gerak saya terbatas alias nggak bisa pergi terlalu jauh. Saya bisa menggunakan Samsung Galaxy Note 5 untuk meeting bersama calon klien dari jarak berjauhan. Di saat temen saya tatap muka dengan klien, saya tetap bisa mengikutinya via broadcast. Aaahh hidup begitu mudahnya!

Ini juga penting di era media sosial saat ini. Tau periscope? Itu semacam Youtube juga. Sekarang lagi nge-in banget tuh. Saya bisa gunakan periscope melalui fitur live broadcat Samsung Galaxy Note 5 ini.

Sidesync (PC-Phone Connection)

Naahh enaknya hidup di zaman digital gini, semua bisa diakses dalam genggaman tangan. Akan tetapi, tetap saja di beberapa kasus tertentu saya harus mengaksesnya melalui PC. Samsung Galaxy Note 5 ini mampu loh mengoneksikan PC dan smartphone dengan cepat. Jadi, ga musti kabel data untuk mensinkronkan, cukup pakai wireless aja.





Bener 'kan pilihan saya? Masih penasaran sehebat apa Samsung Galaxy Note 5? Saksikan acara reveal Samsung Galaxy Note 5 Lincoln Center, New York City. Atau kalau mau memahami lebih dalam lagi fitu-fiturnya secara perlahan plusss pre-order Samsung Galaxy Note 5, buka aja situs www.GalaxyLaunchPack.com dan subscribe untuk mendapatkan informasi paling update tentang Samsung Galaxy Note 5.

Eeeeerr, demi memaksimalkan kelancaran dunia emak-emak rumah tangga dan blogger versi saya, tampaknya semua harus #StartWithNote5. Doakan yaa biar saya punya Samsung Galaxy Note 5! :)

8 komentar:

  1. dariada bengong dijalan lebih baik posting aja ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. yoi. daripada bersungut-sungut, oret2 ide dan blog aja pake Note 5 :)

      Hapus
  2. Balasan
    1. doain akuu biar dapet galaxy note 5, biar jadi kado ulang tahunkuuuu ^^

      Hapus
  3. aamiin semoga dapat hadiah ultah buat gantiin ace 2 nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin *diaminin yang kenceng*
      makasiii mama rafiiii :*

      Hapus
  4. Amin. Didoain mak, saya juga jadi pengen neh hehe

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkomentar dengan sopan :)