Sabtu, Agustus 29, 2015

CipikaBookMate, Perpustakaan Buku Digital Berlangganan yang Murah dan Berkualitas

Assalaamu’alaikum...

Masih ingat dengan Cipika Store? Sebuah e-commerce milik Indosat yang diluncurkan pada Mei 2014. Dengan semakin berkembangnya dunia digital dan smartphone, Cipika membuka sebuah layanan baru yang berhubungan dengan buku digital (ebook). CipikaBookMate namanya.

Senin (24/8/2015) lalu, Indosat meluncurkan CipikaBookMate di Wayang Bistro, Kota Kasablanka Jakarta. Dalam acara tersebut, turut pula hadir Nukman Lutfie (pakar media sosial), Sofie Navita (penulis buku), Salman Faris (CEO Bentang Pustaka), Simon Dunlop (Founder Book Mate), dan Carlos Karo-Karo (Division Head of Digital Commerce Indosat) sebagai pembicara dalam sebuah mini talkshow berjudul “E-Book as a Lifestyle”.

Peluncuran CipikaBookMate di Wayang Bistro, Jakarta, Senin (24/8/2015). (dok. CipikaBookMate)

CipikaBookMate adalah portal online (aplikasi dan situs) berupa perpustakaan buku digital yang bisa diakses semua pengguna smartphone dan kartu Indosat. Cipika (Indosat) dalam hal ini bekerja sama dengan BookMate, sebuah platform e-book berlangganan asal Rusia dan Britania. Meski baru diluncurkan, CipikaBookMate telah memiliki ratusan ribu koleksi buku digital: 500 ribu buku dari luar negeri dan 4000 buku lokal.

Tujuan dikembangkan aplikasi CipikaBookMate ini adalah untuk meningkatkan minat baca penduduk Indonesia. Indosat melihat betapa maraknya penggunaan smarthone dan media sosial di kalangan remaja Indonesia. Oleh karena itu, CipikaBookMate ingin menyasar para pengguna smartphone usia 18-25 tahun untuk rajin membaca. Melalui CipikaBookMate, kegiatan membaca tidak harus membawa-bawa buku secara fisik dengan ratusan lembar halaman. Membaca bisa dilakukan di mana pun dalam sebuah genggaman smaartphone.

Carlos mengakui jika koleksi buku lokal di CipikaBookMate masih sedikit. Oleh karena itu, pada kesempatan tersebut, ia mengajak para penerbit dan penulis buku lokal untuk bergabung bersama CipikaBookMate. Selain sebagai sarana pemasaran ebook yang lebih luas, kehadiran CipikaBookMate juga diharapkan mampu membuka jendela dunia untuk semua penggunanya, khususnya di Indonesia.

Apakah kehadiran ebook akan membunuh keberadaan buku yang dicetak (print)? Salman Faris, CEO Bentang Pustaka, menyambut baik terobosan yang dihadirkan oleh Indosat. Menurutnya, ebook bukanlah sebuah saingan untuk buku cetak. Kehadiran ebook justru menambah varian bentuk buku untuk dibaca. Karena memang dunia digital semakin berkembang, ebook menjadi pelengkap dari varian buku cetak.

CipikaBookMate, perpustakaan buku digital berlangganan yang murah dan berkualitas


Bagaimana Cara Menggunakan CipikaBookMate?
  • CipikaBookMate bisa diunduh melalui Google PlayStore, App Store, dan Windows Store melalui aplikasi yang bernama BookMate. 
  • Installah aplikasi dengan sempurna.
  • Buat akun menggunakan nomer Indosat. 
  • Masukkan kode verifikasi yang didapat dari SMS Centre CipikaBookMate.
  • Beli paket langganan “Bayar 1x Baca Sepuasnya”
  • Cari buku favorit Anda dan selamat membaca :) 

Oh ya, meski hadir dalam sebuah perpustakaan digital, fitur-fitur CipikaBookMate sangat user friendly. Mari saya beri tahu kemudahan-kemudahan menggunakan aplikasi CipikaBookMate dalam perangkat android saya.

Di sebelah kiri atas, ada pilihan menu secara drop down: My Books (untuk melihat buku-buku yang telah dan sedang dibaca), Library (kumpulan koleksi buku-dalam dan luar negeri-yang dimiliki CipikaBookMate), dan Activity (rekomendasi berbagai macam judul buku dari para pengguna Book Mate).

Pada saat Anda membuka lembar demi lembar sebuah buku yang hendak dibaca, di bagian bawah layar terdapat fitur-fitur membaca. Fitur ini akan muncul bila Anda tap.

Fitur “A” digunakan untuk memilih jenis huruf menurut kenyamanan mata pembaca. Sementara itu, jika ingin memperbesar/kecil tampilan teks buku digital, Anda bisa menarik/mengulur tombol buletan biru. Nah, bila Anda ingin memberi rating terhadap buku yang dibaca dan membaginya di media sosial, klik ikon smile berwarna kuning.

Oh ya, menurut pakar sosial media, Nukman Lutfie, bila seorang anak muda yang memiliki banyak pengikut nge-share buku yang sedang atau telah dibacanya di sosial media, hal ini bisa berpengaruh terhadap kenaikan penjualan buku sebesar 10 persen. Mengapa? Karena sifat pengguna media sosial masa kini adalah mengikuti apa yang orang lain baca/gunakan.

Yang lebih enak lagi, CipikaBookMate juga bisa Anda akses melalui desktop dalam satu akun. Caranya, cukup buka situs https://cipika.co.id/books/, lalu ketik username dan password. Setelah itu, Anda bisa akses berbagai macam koleksi buku seperti di aplikasi smartphone Anda.

Lantas. bagaimana cara melakukan pembayaran atas semua koleksi buku yang ingin dibaca? Ahhh di sinilah nilai plus yang saya suka dari CipikaBookMate. CipikaBookMate menggunakan konsep "bayar satu kali, baca sepuasnya".

Ada paket pembayaran bulanan atau tahunan untuk ratusan ribu koleksi buku digital CipikaBookMate. Di samping itu, pembayaran pun dilakukan tidak harus menggunakan kartu kredit. Maklum, saya tidak punya kartu kredit :D

 Jadi, untuk pembayaran dari SEMUA koleksi buku CipikaBookMate, Cipika bisa memotong jumlah pulsa yang Anda miliki atau menggunakan saldo Dompetku. Bisa juga melalui kartu kredit, paypal, Google Payment, App Store Payment, serta Promo Code.

Pssst, saat ini CipikaBookMate sedang memiliki promo. Dengan membayar Rp 39.000 per bulan, Anda sudah bisa mengakses ratusan ribu buku CipikaBookMate. Setiap bulan, CipikaBookMate secara otomatis akan meng-upgrade koleksi buku-bukunya yang langsung terhubung dengan perangkat Anda. Simpel ‘kan? Kita tidak perlu membayarnya per koleksi buku, tapi all in.

Oh well, dengan CipikaBookMate, kita bisa membaca buku apa saja, di mana saja, dengan harga yang murah dan berkualitas, tanpa ribet menggunakan kartu kredit, dan ratusan ribu buku keren ada dalam genggaman kita. Yuk, tjusss diunduh! ;)

(dok. CipikaBookMate)


15 komentar:

  1. Wah seru! Mantap bngt infonya.
    TFS maaak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama maaak.
      Terima kasih sudah mampiiiirr :)

      Hapus
  2. Wah asyik nih kalau bisa beli ebook tanpa CC. Thanks for sharing Mak. Btw saya follow blognya ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mak. aku yang ga punya CC seneng bener :D
      Siaaapp aku follow balik yaa. Tengkyuuu :)

      Hapus
  3. langsung daftar deh biar bica baca-baca ebook di cipika

    BalasHapus
  4. Iya bener tanpa kartu kredit jadi gak ribet ya Mbak soalnya saya juga gak punya kartu kredit hehehehe.. ya, ebook menambah variasi media bacaan.. itu Mbak sofie novita yang presenter ya Mbak yang istrinya Mas pongky jikustik, baru tahu penulis buku juga ya... hehehehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samaaaa aku juga baaru tau kalo dia udah nulis 5 ebook dan 2 buku cetak :D rata2 sii ttg dunia wanita gitu isinya. kata beliauuuu..

      Hapus
  5. Semakin berkembangnya dunia digital mencari buku bacaanpun lebih mudah tanpa harus keliling2 beberapa toko buku
    E-book jd jalan pintas bagi yg hobi membaca tp tdk punya banyak waktu utk mencari2

    BalasHapus
  6. Jadi makin praktiss klo membaca..lewat tab dengan cipikabookmate pun bisa. Thank youuu mba nisa infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sami samiiii winpuuusss.
      kalo mau cari buku resep mungkin bisa pake aplikasi ini nihh :D

      Hapus
  7. sampe kapan itu mak promonya? bakal betah deh aku download terus hihihih

    BalasHapus
  8. terima kasih atas informasinya, sangat bermanfaat untuk baca baca buku tentang hijab

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkomentar dengan sopan :)