Kamis, Juni 18, 2015

Tips Hemat Belanja Bulanan dengan Kartu Kredit Mega

  7 comments    

Tulisan ini saya buat setelah saya punya pengalaman menggunakan kartu kredit Mega

Pernahkah Anda mengalami over budget ketika belanja bulanan? Sepertinya iya, hampir setiap orang pernah mengalaminya. Apalagi zaman sekarang, orang-orang tidak lagi berbelanja seperti toko konvensional zaman dahulu. 

Dahulu, kita membacakan daftar belanjaan dan yang mengambilkan barang-barangnya adalah si penjual. Berbeda dari itu, sekarang, kebanyakan dari kita mendatangi swalayan atau supermarket setiap kali akan berbelanja bulanan. Godaannya tentu lebih besar. Mengapa? Karena kita leluasa mengitari barang-barang dan menaruhnya ke dalam keranjang belanja.
Astaga! Over budget

Setelah melihat tagihan di rumah, Anda mengulas kembali apa yang Anda belanjakan dan merasakan ada banyak barang yang tidak sesuai daftar. Jadi, bagaimana?
Pernah merasakan belanja over budget? Coba baca tips di bawah ini. (sumber gambar)

Tips Hemat Belanja Bulanan

Anda bisa tidak menyesal setelah berbelanja apabila menerapkan beberapa tips hemat belanja bulanan yang akan disebutkan di artikel ini. Nah, coba perhatikan baik-baik dan terapkan ya!

1. Belanja sekali sebulan

Mengapa harus sekali sebulan? Hal ini untuk mengurangi risiko berbelanja hal-hal yang tidak masuk daftar. Tentu saja godaannya semakin sering apabila Anda sering berbelanja pula, bukan? Jadi, Anda dapat membuat daftar belanja per bulan dengan menyusun daftar sedetail mungkin. Dengan begitu, Anda tidak akan kembali lagi ke supermarket dalam bulan yang sama. Andapun bisa menghitung dana Anda dengan pasti.

2. Konsisten dengan daftar belanjaan

Tadi sudah disinggung mengenai “berbelanja hal-hal yang tidak masuk daftar”. Ketika Anda sudah membuat daftar belanja, konsistenlah terhadap daftar tersebut. Untuk itu, kebiasaan mengitari setiap area belanja sebaiknya tidak dianggap sebagai ‘refreshing’ atau ‘memanjakan mata’. Fokuslah untuk berbelanja sesuai daftar dan segera ke kasir, jangan jalan-jalan lagi ya!

3. Membeli produk promosi
Tidak selamanya yang berlabel ‘diskon’ itu haram atau tidak diperbolehkan untuk dibeli. Selama memang produk tersebut ada dalam daftar rutin Anda, mengapa tidak? Justru dengan harga promo seperti itu akan membuat hemat belanja bulanan Anda. Sebagai contoh, mungkin ada promo buy 1 get 2, jadi Anda tidak perlu membeli lagi di bulan depan, ‘kan?

4. Miliki kartu kredit yang sesuai

Yap! Kartu kredit yang sesuai membawa pengaruh besar terhadap uang belanja Anda. Dengan menggunakan kartu kredit yang sesuai, Anda bisa mendapat potongan harga yang meringankan biaya belanja bulanan Anda. Sekarang ini, tidak jarang, supermarket bekerja sama dengan pihak bank menawarkan produk kartu kredit edisi supermarket. Atau, ada bank-bank tertentu yang ternyata berada di bawah satu naungan korporasi dengan suatu supermarket atau swalayan.

Menggunakan kartu kredit bisa menghemat pengeluaran bulanan Anda, lho asal Anda bisa memilih dan menggunakan kartu kredit dengan tepat. (Tribun Jabar/Gani Kurniawan)

Salah satu kartu kredit yang senantiasa memberikan penawaran untuk produk-produk rutin bulanan adalah Kartu Kredit Mega dari Bank Mega. Bank Mega khususnya memang memiliki kerja sama dengan Supermarket Carrefour dan Transmart. 

Mulai Mei 2015 kemarin terdapat promo Diskon 10% setiap hari untu semua produk termasuk produk-produk elektronik dan barang promosi lainnya. Uang belanja bulanan Anda jadi lebih hemat, bukan? 

7 komentar:

  1. terima kasih tips hematnya ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, mak Lidya.
      Semoga bermanfaat :)

      Hapus
  2. Tidak mau lagi berurusan dengan bank Mega, pelayanannya... Astaghfirullah...
    Kalau Suzan lebih pilih untuk menutup kartu kredit Bank Mega
    Btw terima kasih mbak tips-nya

    BalasHapus
  3. Beli produk promosi, eikeh bgd itu mak..hehehe

    BalasHapus
  4. Kerja di Bank Mega kah Mba? hihi. Nice tips :)

    BalasHapus
  5. Trik jitu emang sekali belanja dalam jumlah besar ya. Biar nggak haus mata. :D

    BalasHapus
  6. tipsnya menarik tapi kayaknya susah dipraktekin, ya gimana ga,,lha kalu sudah belanja bakalan lupa deh catatan,, yg inget cuma apa yang ada di depan mata heee

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkomentar dengan sopan :)