Selasa, Maret 24, 2015

Nyamannya Berkendara bersama New Mirage Matic

Assalaamu'alaikum...

Akhirnya saya kembali nulis setelah seminggu didera flu berat. Btw sekarang lagi musim banget flu. Yang sakit, semoga cepet sembuh. Yang sehat, tetap jaga kesehatannya ya.

Okay. Kali ini masih menyambung cerita saya di Kompasiana saat mengikuti Kompasiana Drive and Ride bersama Mitsubishi New Mirage. Setelah cerita seru-seruan acaranya, sekarang saya mau review nih satu-satunya jenis city car keluaran Mitsubishi, New Mirage dan New Mirage Sport.

Kenapa sih ada kata “new”? Yang lama kenapa?

Mobil juga harus mengikuti trend dong. Ya masa fesyen aja. Mitsubishi tentu ingin memuaskan pelanggannya, maka dari itu mereka meng-upgrade Mirage yang dahulu pertama kali keluar tahun 2012. Dengan mengeluarkan New Mirage ini, Mitsubishi juga merambah pasar yang lebih luas. Dulu 'kan imej Mirage pada wanita muda yang aktif. Sekarang anak muda juga bisa pede pakai New Mirage. Bahkan, New Mirage ini kompatibel untuk kompetisis slalom! Nggak cuman mobil tetangga aja keleuusss :p

Mbak Yayat bersama New Mirage Sporty.

Sebagai catatan, ada beberapa fitur yang ditambahkan Mitsubishi pada mobil yang baru diluncurkan Januari 2015 lalu. Selain itu, juga ada perubahan desain agar terkesan lebih dinamis, stylish, dan muda. Sisi kenyamanan dan keamanan tentu tetap menjadi perhatian utama Mitsubishi untuk para pengendara. Mobil New Mirage dan New Mirage Sporty ini hadil dalam tipe GLS dan Exceed, juga manual dan matic. Yup, itu semua demi pelanggan. Baik ‘kan Mitsubishi?

Bagaimana Desain Eksterior New Mirage dan New Mirage Sporty?

Baiklah. Tidak bisa dipungkiri, kesan pertama memang selalu datang dari tampak dari luar. Bagaimana impresi saya terhadap New Mirage dan New Mirage Sporty ini?

Tampak depan mobil New Mirage. Karena mobil yang saya kendarai ini bukan tipe exceed, sehingga tidak ada fog lamp. Penunjukkan fog lamp digambar hanya sebagai ilustrasi untuk mobil New Mirage tipe Exceed.

Simpel dan elegan, satu kata untuk New Mirage dan New Mirage Sporty. Mobil berkapasitas lima penumpang ini tidak terlalu memiliki banyak garis-garis lekuk. Body depannya tidak bermain banyak aksesoris. Pada New Mirage ada bumper yang disisipi gear dan fog lamp yang berfungsi sebagai penerang ketika Anda membawa kendaraan saat hujan atau berkabut. Begitu pun tampak belakang. Full bumper yang disisipi sensor parkir. Bagaimana dengan sisi samping? Juga tidak banyak lekukan atau garis.

New Mirage tampak belakang.
Sementara itu, pada New Mirage Sporty, sisi depan dan belakangnya terdapat front body kit yang menambah kesan gahar pada mobil mungil ini. Di bagian samping, New Mirage Sporty diberi satu garis yang menempel pada body. Hanya satu garis. Akan tetapi, look-nya jauh terlihat lebih sporty. Ya toh? Jadi, mau anak  muda atau orang tua bisa kok naik New Mirage dan New Mirage Sporty ;) 

New Mirage Sporty tampak depan.

Adapaun aksesoris pendukung desain eksterios New Mirage dan New Mirage Sporty meliputi: muffler cutter yang berlapis krom, kaca spion (khusus untuk tipe Exceed) yang bisa diubah posisinya hanya dengan menekan tombol dari dalam mobil, dan velg berukuran 15 inch. Oiya kaca spionnya juga ada lampu, sehingga kalau pengemudi mau belok, bisa lebih mudah terdeteksi oleh mobil di seberang.

Untuk warna, Mitsubishi New Mirage dan New Mirage Sport tampil dalam tujuh warna. Jadi nggak usah pusing kepala barbie karena warna kesayanganmu tidak didesain, ya!

Pilihan Warna New Mirage dan New Mirage Sporty.

Bagaimana Desain Interior New Mirage dan New Mirage Sporty?

Lega untuk ukuran city car, begitulah impresi saya terhadap mobil ini. Dengan tinggi saya yang mencapai 168 sentimeter, jok mobil terasa nyaman diduduki, baik yang berada di bagian depan maupun belakang. Saat harus mengemudi, lutut saya tidak mentok dengan kepala setir. Lutut saya juga tidak mentok dengan laci yang ada di dashboard depan saat menjadi penumpang di baris depan. Pun begitu saat menjadi penumpang di baris belakang, lutut tidak mentok dengan jok mobil penumpang depan.

Interior New Mirage lega untuk ukuran city car, sehingga menambah kenyamanan pengendara juga penumpang.

Mobil yang dibandrol dengan harga mulai dari Rp 148 juta ini memiliki dashboard yang luas. Meski demikian, kita tidak bisa sembarang meletakkan barang di dashboard karena bisa menghalangi pandangan pengemudi. Di depan kiri terdapat laci untuk menaruh barang. Space-nya tidak terlalu besar, tetapi cukup untuk meletakkan dokumen penting.

Kalau Anda ingin menyimpan botol atau cup minum di mobil, bisa diletakkan di bagian depan dan belakang perseneling. Mudah dijangkau untuk penumpang depan maupun belakang.

Posisi tempat meletakkan botol minuman di dalam New Mirage dan New Mirage Sporty. (sumber gambar: http://www.mitsubishi-motors.com/en/showroom/mirage/utility/)

Apa saja fitur kenyamanan dan keamanan berkendara yang dimiliki New Mirage dan New Mirage Sporty?

Kebetulan pada saat itu, semua mobil tersedia dalam sistem matic. Karena saya biasa mengendarai mobil manual, mengendarai mobil matic pasti lebih nyaman karena tidak harus pusing memikirkan perpindahan persneling. Asal ingat aja posisi persneling mobil matic. Salah perpindahan, bisa nabrak!

Persneling New Mirage yang didesain sporty.

Pada saat duduk di jok kemudi, Anda akan dihadapkan oleh combination meter cluster with MID (multi information display). Di sinilah letak informasi ketersediaan bahan bakar, aki, kecepatan kendaraan, adakah pintu mobil yang belum tertutup sempurna, hingga informasi seberapa hematkah Anda mengemudi.

Combination meter cluster with MID New Mirage memberikan informasi lebih dari sekadar kecepatan mobil saat berkendara.
Anda juga dengan mudah meraih centre panel, tempat pengaturan AC juga audio (radio, CD, koneksi USB, iPod, dan MP3 Player). Karena pada saat Kompasiana New Mirage dan New Mirage Sporty terdapat tantangan hemat berkedara, salah satu tipsnya menggunakan AC dengan suhu 25 derajat Celcius. Selama perjalanan, ruangan di dalam mobil cukup dingin.

Tadi saya sempat menyebutkan kaca spion (khusus untuk tipe exceed) yang bisa diubah posisinya. Nah, di dekat setir ini ada tombolnya. Tinggal tekan panah atas-bawah, kanan-kiri, spion kanan juga kiri akan berpindah sesuai kemauan pengemudi. Udah nggak perlu repot lagi kan “pinjam” tangan orang lain untuk membetulkan posisi spion?

Jangan khawatir tentang keselamatan. Air bag sudah disediakan Mitsubishi New Mirage sebagai bukti telah terpenuhinya standar mobil yang aman dikendarai.

New Mirage telah dilengkapi oleh Air bag dan centre panel yang mudah dijangkau pengemudi.


Bagaimana dengan bagasi? Mobil kecil pasti bagasinya kecil. Eits siapa bilang, New Mirage dan New Mirage Sporty punya ruang cukup luas untuk bagasi. Kalau mau keluar kota berlima masih cukup meletakkan tas bawaan Anda dan teman-teman.

Mobil kecuil bukan berarti bagasi kecil juga kan?


Irit nggak siih New Mirage dan New Mirage Sporty ini?

Sekarang kan lagi musim kampanye berkendara irit supaya tidak boros BBM. Tekniknya udah pasti ngelotok, dengan cara memainkan rpm-nya. pada angka 1500-2000 rpm. Nah, Mitsubishi menyediakan indikatornya nih. Bukti jika Anda telah berkendara irit. Pada layar dashboard, tulisan “ECO” ini akan menyala jika Anda hemat berkendara.

Capaian terakhir keiritan New Mirage setelah dibawa keliling Jakarta dengan jarak kurang lebih 80 km.

Sebagai informasi, pada saat Kompasiana Ner Mirage dan New Mirage Sporty, kelompok kami (4) menjadi pemenangnya. Hasil teririt konsumsi New Mirage mencapai 15,7 kpl untuk keliling kota Jakarta dengan jarak kurang lebih 80 kilometer.

Iritnya New Mirage dan New Mirage Sporty ini tentu didukung oleh mesin di dalamnya donk. Dengan mesin berkekuatan 1200 CC dan 12 katup tiga silinder, Mitsubishi memang sudah mendesain city car idaman untuk masyarakat. Bahan bakarnya khusus Pertamax, ya atau merk lainnya dengan oktan yang setara. 

Dari hasil menjajal New Mirage selama satu hari, saya rasa mobil ini cukup mumpuni sebagai city car anak muda, wanita muda yang aktif, juga orang tua. Desainnya stylish dan sporty, irit bahan bakar, desain interiornya nyaman dan aman, tjuss lah buat yang punya hajat mau membeli mobil baru. Paling asyik emang desain yang sporty sih, berasa #mudaterooos aja naik yang gahaar-gahr begitu. Hihihihiii.... ;)

Rahasia di balik iritnya New Mirage tersimpan di dalam kotak depan ini, lho!



2 komentar:

  1. pengen banget punya mobil matic..punyaku masih automatic soale....wkwkwkwk..sepatunya kerennn #ups gagal fokus maning :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. didoain maaakk biar punya mobil matic yaahh.
      Yoi, sepatunya murceu dari matahari. Buy 1 get 1 #eeaaakk

      Hapus

Terima kasih sudah berkomentar dengan sopan :)