Sabtu, Februari 07, 2015

Nih, Enam Tips SEO untuk Blogger dari DewaSEO!

  23 comments    
categories: , , ,
Assalaamu'alaikum..

"Kang Argun, tulisan saya di blog kok nggak naik-naik ya posisinya di halaman Google? Cenderung turun. Bagaimana caranya agar tulisan saya bisa naik, bahkan berada di halaman satu mensin pencari Google?" Kurang lebih seperti itulah pertanyaan dari salah satu bloger yang hadir di acara Kopi darat suka-suka Warung Bloger (#KopiSusuWB), Sabtu (24/1/2015) lalu.

Temans, apakah Anda bingung dengan pertanyaan tersebut? Tulisan naik? Tulisan turun? Google page rank? Apa pula itu? Hwehehhe... Jadi gini, sekarang kita akan membicarakan dunia SEO atau kependekan dari search engine optimization. Pada saat #KopiSusuWB, ada tuh sesi yang membahas tentang SEO untuk bloger bersama Kang Argun alias @dewaseo. Yuk, kita mulai! Tulisan ini sekaligus menjawab komen teman-teman yang penasaran dengan 6 tips SEO untuk bloger dari dewaSEO.


Apa itu SEO? SEO adalah usaha mencari pengunjung dari mesin pencari seperti Google, Yahoo!, Bing, dan sejenisnya. Pengunjung yang berasal dari media sosial, tidak termasuk dalam SEO.

sumber gambar: fmsonlinemarketing.com

SEO merupakan sesuatu paling banyak diincar oleh para netizen. Berbagai cara dilakukan netizen agar apapun yang mereka muat di internet berada di posisi nomer satu mesin pencari Google. Nah, kalau postingan Anda sudah berada di posisi nomer satu di halaman satu mesin pencari Google, biasanya banyak yang nge-klik, tuh! Efeknya bisa menambah hits pengunjung. Trafic naik, peringkat di Alexa juga bisa terdongkrak. Syukur-syukur nambah komen di blog. Habis itu dikontak sebuah brand untuk nulis. Siapa yang nggak happy? ;)

SEO juga biasanya diidentikkan dengan iklan di internet atau tulisan yang hanya mengejar klik, tetapi sangat kurang jika dilihat dari kualitas isi. Biasanya yaa.. Tidak selalu. Oleh karena itu, kita sebagai bloger perlu memahami teknik SEO supaya bisa memberikan informasi yang lengkap, aktual, faktual, dan konprehensif kepada seluruh netizen *tsahh bahasanya* Males banget 'kan, begitu mencari sesuatu dapetnya zonk. Heboh di judulnya doang. Jadi, mari mulai dari diri sendiri.

Menurut dewaSEO, pada dasarnya ada empat konsep SEO:
  • SEO branding company yang bertujuan memperoleh popularitas. Konsep SEO seperti biasanya dilakukan oleh perusahan-perusahaan atau politikus dalam masa kampanye juga selebritis. Yaa citra positifnya terangkatlah di dunia maya.
  • SEO e-commerce/online shop, bagaimana menciptakan sebuah thread di mesin pencari Google agar bisa mendatangkan pengunjung ke lapak pembeli sekaligus mengangkat popularitas dan jumlah pembeli barang dagang (konversi).
  • SEO publishing (monitize) diibaratkan dengan konten jebakan. Ini seperti yang saya bilang di atas, konten maaah apeu teuhh. Yang penting menarik pengunjung datang ke blog saya.
  • SEO blogging (sharing) yang biasa digunakan bloger. Karena bloger doyan sharing dan interaksi, secara otomatis isi yang ditulis harus faktual dan bermanfaat.
Dengan logat sundanya yang kental, Kang Argun (dewaSEO) memperkenalkan teknik SEO untuk bloger kepada pserta yang hadir di #KopiSusuWB. (dok. Warung Bloger)

Apa saja enam tips SEO untuk bloger?
  1. Friendly content SEO
    Buat artikel yang kira-kira banyak dicari atau dikunjungi oleh netizen. Anda bisa mulai melakukannya dengan menulis pengalaman atau opini yang aktual. Bisa juga membuat artikel seputar tips. Ya, tips apa saja sesuai dengan minat Anda. Tips SEO untuk bloger misalnya. Hehehe.
    Selanjutnya, pergunakan bahasa yang lazim digunakan, juga tulisan yang terstruktur. Jangan semau gue. Benar siih, ada pendapat yang mengatakan, "Blog, yaa blog gue. Suka-suka gue mau diisi apa". Akan tetapi, balik lagi ke tujuan Anda menulis di blog. Apakah ingin dibaca pengguna internet atau tidak? Jika ya, rapikan tulisan dan bahasa Anda. Pergunakan ilmu EYD biar tulisannya tidak jorok.
  2. Title
    Judul tulisan juga berpengaruh terhadap SEO. Buat judul yang lengkap, jangan nanggung, contoh "Tips Membuat Blog di Blogspot". Lebih spesifik. Jangan hanya menuliskan "Tips Membuat Blog".
  3. Description
    Tulis selengkap-lengkapnya apa yang ingin Anda jelaskan sesuai judul. Yup, lagi-lagi tentang isi yang konprehensif. Namanya bloger, harus mengutamakan konten dong, ya. Jadi tinggalkanlah judul-judul heboh, tetapi kualitas minus.
  4. Keyword density
    Tulis berulang-ulang di badan artikel tentang kata yang Anda gunakan di judul, misalnya Anda memberi judul "Wanita" pada artikel. Artinya, di badan artikel juga harus mengandung kata "wanita", bukan malah "pria" atau "cowok". Bingung juga nanti pembaca. Heheheh...
  5. Informative
    Tulisan tidak hanya sekadar curhat-curhat saja, tetapi juga memuat suatu pesan yang bisa bermanfaat untuk pembaca.
  6. Anchorlink dan anchortext
    Apakah anchorlink dan anchortext? Anchortext adalah kalimay yang dijadikan target sebagao kata kunci, sedangkan anchorlink adalah link yang menjadi targetnya. 
Nah, balik ke pertanyaan pertama di atas. Mengapa tulisan si bloger ini tidak naik-naik, bahkan cenderung turun di Google? Misal, setelah saya melakukan keenam tahap tersebut, mengapa tulisan saya masih berada di halaman 4 ke belakang pada search engine Google?

Kata Kang Argun, yang pertama dilakukan, cek siapa yang menduduki posisi 1 di halaman mesin pencari Google. Jika di sana nangkring sebuah tulisan maupun situs dari merk ternama, artinya Anda butuh cost lebih banyak untuk bisa terdeteksi oleh Google. Sebagai informasi, Google juga menjual posisi 1 di mesin pencarinya. Sekeras apapun usaha Anda, jika tidak ada modal yang lebih, jangan harap bisa menggeser posisi si perusahaan ternama.

Menurut Kang Argun, ada enam cara SEO untuk bloger: friendly content, title, description, keyword density, informative, dan ancorlink serta anchortext. (dok. Warung Bloger)

Kedua, cek apakah tulisan Anda sudah user friendly untuk mesin pencari Google? Jika belum, perbaikilah kualitas konten blog Anda juga rajin-rajinlah mengisi blog. Menurut Kang Argun, jika Anda rajn mengisi konten blog dengan konten yang orisinil, Google akan sering mengunjungi dan mengenali situs Anda. Wets, nggak rugi dong yaa kita ngeblog tiap hari? Hehehe.. 

Yang perlu diperhatikan juga saat mengecek posisi artikel di halaman mesin pencari Google, pastikan Anda tidak sedang berada dalam posisi sign in terhadap seluruh akun Google, seperti GMail atau Google Plus. Mengapa? Jika Anda mengecek dalam posisi akun GMail menyala, daftar halaman yang keluar adalah semacam link-link history yang pernah Anda buka. Rancu 'kan jadinya, peringkat mana yang murni di halaman Google dengan yang berasal dari history. Saya pernah mencoba hal ini. Di laptop yang sering dipakai untuk ngeblog, tulisan saya nangkring di posisi 4 halaman pertama mesin pencari Google. Lah, giliran di gadget yang berbeda, tulisan saya nggak ada malah. Hyaaah, mutung deh! >,<

Sementara itu,dalam kesempatan yang sama, Shintaries juga menambahkan, selain konten, layout desain blog juga menjadi pengaruh bagaimana Google "mengenali" tulisan Adadnan. Gunakan desain yang bersih seperti warna putih, tidak berat dibuka karena banyak pop up atau widget, juga desain yang minimalis. Sementara untuk layout gunakan dua bar. Bar sebelah kiri untuk posting tulisan, bar sebelah kanan untuk balong-balong juga widget-widget. 

Yang perlu ditekankan adalah ilmu SEO itu bukan ilmu yang pasti. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan tulisan naik turun di mesin pencari Google. Akan tetapi, ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk mencapai posisi teratas. Anda tinggal pilih saja :)

Salam.

Foto bersama para peserta #KopiSusuWB usai acara. (dok. Warung Blogger)


23 komentar:

  1. Kadang sy masih membuat judul yang belum pas dan terlalu generaly

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama belajar mbaaak :)
      Yuk, kita perbaiki lagi seluruh kualitas blog kita.

      Hapus
  2. wahhh keren hehe kita belum poto-potoan tapi kemaren :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nooovaa..
      kita nggak kenalan ya kemarin jadi nggak foto2an.
      Kalau ketemu lagi, kita foto yuuu ^^

      Hapus
  3. Keren nihhh,, sangat bermanfaat, perlu diterapkan ilmu seperti ini,,
    thanks sharing ny ya,, :)

    BalasHapus
  4. Tuh kan ni dah untungnya blogwalking, dapet ilmu lageee...ilmunya mantab pulak....makasiiihhh banyak ya mak...ngintip blog daku, belum ado apo aponyooo..hiks..
    Semangat berjuang... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuuuukk kita sama2 berjuang ngebagusin blog kitaaaa.
      Yaa sharing yg oenting. Kl bs mendatangkan rejeki, alhamdulillah yaa. Kl diharap2 suka ga dapet biasanya. Hehehe

      Hapus
  5. Oohhh ga nyimak yg pas info ttg ga boleh buka bareng account Google yg lagi sign in

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heehhee.. Itu ada di bagian tanya jawab sama bunda Yati, mak. Udah mau di akhir-akhir acara si.

      Hapus
  6. Waah asyik nih bisa ikutan acara Warung Blogger bareng Dewa SEO.. Saya cuman bisa lihat-lihat dari group facebook.. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak papa, Mas.
      Mudah2an reportase dari temen2, termasuk ane, bisa ngewakilin.
      Yang penting ilmunya. Hehehe

      Hapus
  7. Balasan
    1. sama-sama Mbak.
      Makasih ya audah berkunjung :)

      Hapus
  8. Kalo kata orang bijak "aku bisa karena terbiasa." Kalo kita rajin ngeblog, terbiasa nulis, sering blogwalking, pasti lama2 bakal nguasai apa itu SEO. Dikit2 kan lama2 jadi bukit.

    Makasih mbak Anesa Nisa sudah bagi2 ilmunya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betuuul. Mbuletnya dr semua proses itu adalah konsistensi :)

      Hapus
  9. makasihhh ilmunyaaa.. manfaat yaaaa mb nisaa... ^_^

    BalasHapus
  10. sangat bermanfaat cuma pengembangannya saja yg agak cukup sulit dalam seo

    mampir di mari ya

    http://guiltyanimenews.blogspot.com
    http://blackrockshot.blogspot.com

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkomentar dengan sopan :)