Selasa, Februari 24, 2015

Membedah Mobil Daihatsu New Sirion Facelift 2015

Assalaamu'alaikum...

Apa yang Anda cari dari sebuah city car? Kenyamanan, keamanan, desain, atau yang penting irit bahan bakar? Mmm mungkin juga keempatnya penting bagi Anda? Hehehe... Jika saat ini dihadapkan pada sebuah pilihan, kira-kira city car merk apa yang akan dipilih untuk bisa memenuhi keinginan dan kebutuhan Anda dan keluarga? Masih bingung menjawabnya? Mari saya bantu. Pilih saja Mobil Daihatsu New Sirion Facelift 2015. Mengapa? Ikuti cerita saya saat menghadiri peluncuran Daihatsu New Sirion Facelift 2015, Sabtu (14/2/2015) lalu di Parkir Selatan Senayan, Jakarta. Eits, nggak hanya jadi penonton, di sana saya juga sempat test drive dan merasakan sensasi slalom bersama mobil mungil nan lincah ini.
Daihatsu New Sirion Facelift 2015
Berawal dari keinginan memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap city car, Daihatsu Indonesia mencari informasi tentang city car yang ideal bagi masyarakat Indonesia. Dari informasi dan tren yang berkembang, desain eksterior menjadi alasan utama masyarakat dalam memilih city car. Selain itu, perhatian dan kebutuhan masyarakat terhadap fitur-fitur keamanan dalam sebuah city car pun semakin meningkat. Nah, berlatar pengetahuan tersebut, diciptakanlah Daihatsu New Sirion Facelift 2015 sebagai kendaraan yang trendy, nyaman, dan aman untuk berkendara keliling kota. 

"Berlatar belakang informasi bahwa desain eksterior menjadi alasan utama bagi konsumen dalam memilih city car. Selain itu juga, awareness (kepedulian) dan kebutuhan costumer (konsumen) terhadap fitur-fitur keamanan semakin tinggi, New Sirion hadir sebagai mobil yang stylish and fun to drive city car", jelas Eko Priyanto, Promotion Head Department Domestic Marketing Astra Daihatsu Motor saat konferensi pers bersama puluhan blogger di acara Launching Daihatsu New Sirion Facelift 2015, Sabtu (14/2/2015), di Parkir Selatan Senayan, Jakarta.

Lantas, seberapa stylish, nyaman, dan amannya sih Daihatsu New Sirion Facelift 2015? Mari kita bedah! Ketiga poin ini sekaligus mempertegas fitur-fitur baru yang terdapat di Daihatsu New Sirion Facelift 2015 jika dibandingkan dengan Sirion edisi sebelumnya.

Fitur Eksterior 

Saya langsung jatuh hati begitu pertama kali melihat Daihatsu New Sirion Facelift 2015. Meskipun ukurannya mini, tetapi terkesan sporty, terutama di bagian depan. Grill Daihatsu New Sirion Facelift 2015 tampak lebih besar dari edisi sebelumnya. Hal ini memberi kesan Daihatsu New Sirion Facelift 2015 lebih gahar dan maskulin di balik body-nya yang mungil.

Perluasan area grill dan penambahan lampu LED pada bumper dan grill menambah kesan gahar, maskulin, dan modern pada Daihatsu New Sirion Facelift 2015.

Selain penambahan area grill, lampu depan yang terletak di bumper dan grill Daihatsu New Sirion Facelift 2015 pun telah menggunakan lampu LED. Biasanya lampu mobil menggunakan halogen di mana konsumsi listrik lebih besar. Akan tetapi berbeda halnya dengan lampu LED yang membuat konsumsi listrik lebih kecil dengan ketahanan yang lebih lama dan daya lebih besar. Penggunaan lampu LED ini juga diterapkan pada lampu bagian belakang Daihatsu New Sirion Facelift 2015.

Beralih ke body mobil bagian belakang. Rear spoiler dan muffler cutter turut menambah kesan sporty pada mobil yang mengadopsi model facelift Perodua Myvi di Malaysia. Sementara itu, pemasangan velg sebesar 14" memperkuat karakter New Sirion sebagai kendaraan yang sporty dan stylish.

Manekin aja ngelirik pada penambahan lampu LED pada sisi depan New Daithasu Sirion Facelift 2015. Masa kamu nggak? 
Sisi menarik lainnya, Daihatsu New Sirion Facelift 2015 hadir dalam pilihan empat warna. Satu dari empat warna tersebut adalah warna favorit saya, ozy orange. Pemilihan warna orange ini sangat pas untuk berbagai kalangan pengemudi sebab warnanya tidak terlalu menyilaukan mata tetapi tetap memberi kesan elegan pada mobil. Pun tidak kalah dengan tiga warna lainnya electric blue, icy white, dan gliterring silver.

Pemilihan warna ozy orange pada Daihatsu New Sirion Facelift 2015 memberi kesan elegan. Pun begitu dengan tiga warna lainnya: electric blue, icy white, dan gliterring silver.
Fitur  Kenyamanan

Faktor utama kenyamanan berkendara bagi saya adalah posisi tempat duduk. Pada saat test drive, saya merasakan betapa nyamannya duduk di kursi Daihatsu New Sirion Facelift 2015, baik sebagai pengemudi maupun penumpang. Meskipun mobil kecil, posisi dudukannya tidak terlalu pendek bagi saya pemilik tubuh 168 sentimeter. Sementara itu, jeda antara kursi belakang dan depan juga tidak terlalu sempit. Buktinya lutut saya tidak beradu dengan kursi bagian depan. Untuk maju-mundur kursi depan, tray-nya ada di bagian bawah kursi. Nuansa sporty juga masih terasa pada interior kursi yang menggunakan material baru khas racing style.

Till T stiring adalah salah bentuk kepedulian Daihatsu terhadap para pengemudi mobil. Setir Daihatsu New Sirion Facelift 2015 ini bisa disesuaikan dengan postur tubuh pengemudi. Hehehe jangan khawatir buat Anda dengan tubuh yang tidak terlalu tinggi, menyeter menjadi kegiatan yang sangat nyaman dan menyenangkan bersama Daihatsu New Sirion Facelift 2015.

Desain interior pada kursi Daihatsu NEw Sirion Facelift 2015. (dok. Daihatsu Indonesia)
Macet adalah permasalahan utama masyarakat kota. Kondisi macet saja sudah membosankan, apalagi kalau ditambah nyetir sendirian dalam keadaan hujan. Sudah deh, melelahkan dan ngebosenin banget berada di dalam mobil. Namun demikian, dengan penambahan fitur kenyamanan di dalam mobil bisa loh mengurangi stress saya di jalan. Daihatsu New Sirion Facelift 2015 mampu mengakomodirnya.

Audio jadi pelarian utama bagi saya saat setir sendirian. Audio pada kendaraan yang saya gunakan saat ini hanya memiliki fitur radio/CD/AUX. Berbeda halnya dengan Daihatsu New Sirion Facelift 2015 yang punya fitur audio lengkap, 2 din audio namanya. Mau dengerin suara penyiar favorit dari radio bisa. Mau dengerin lagu-lagu favorit pilihan kita juga bisa banget melalui fitur CD/MP3/AUX/USB/Bluetooth. Semua fitur audio ini ada pada satu bagian audio di dalam mobil Daihastu New Sirion Facelift 2015.

Masih terkait sama audio, Daihatsu New Sirion Facelift 2015 juga memiliki audio steering switch. Jadi, kalau Anda ingin merubah volume, stasiun radio, atau pilihan lagu, nggak perlu repot-repot lagi memindahkan tangan dari setir ke bagian audio. Sebab, semua pilihan menu tersebut juga terpasang di setir Daihatsu New Sirion Facelift 2015 bagian kiri. Yup, menyetir sambil pindahin channel radio atau lagu mudah banget dilakukan di Daihatsu New Sirion Facelift 2015.

Komponen dashboard pada Daihatsu New Sirion Facelift 2015 ini tampak nyaman sekali. Dilengkapi dengan fitur audio yang lengkap dan posisi persneling di dekat audio (untuk Sirion yang matic). Selain itu, di sisi kiri setir juga menambah kenyamanan. Pengemudi tetap bisa fokus mengemudi tanpa harus memindahkan tangann sambil merubah volume atau mencari radio dann lagu kesayangan.
Fitur kenyamanan Daihatsu New Sirion Facelift 2015 lainnya adalah retractable outer mirror. Bahasa gampangnya, pengemudi bisa dengan mudah merubah (ke atas-bawah juga ke dalam-luar) posisi spion dengan tombol instruksi di dekat kemudi. Ini memudahkan pengemudi saat berada di jalan kecil (gang) ataupun parkir. Pengemudi tidak perlu lagi minta tolong teman sebelah atau susah-susah membetulkan posisi spion di sebelah kiri, yang letaknya berseberangan dengan posisi pengemudi. Semakin nyaman kan bersama Daihatsu New Sirion Facelift 2015?

Di sisi lain,  Daihatsu New Sirion Facelift 2015 hadir dalam dua tipe, manual dan matic. Untuk manual, persneling berada di bawah, seperti mobil pada umumnya. Sementara itu, persneling matic berada di dekat centre of audio.

Fitur Keamanan

Fitur keamanan ini penting banget untuk semua kendaraan. Pengennya sih ya ada mobil yang aman dari kecelakaan juga maling. Pada saat konferensi Daihatsu bersama blogger, salah seorang blogger ada yang menanyakan trik Daihatsu untuk melindungi mobil dan konsumennya dari maling. Bagaimana caranya?

Immobilizer key adalah cara Daihatsu melindungi produk mereka dari maling. Daihatsu hanya memproduksi satu kunci untuk satu kendaraan. Kalau kunci hilang? Yaa Anda bisa pergi ke dealer Daihatsu dan minta dibuatkan yang baru. Kunci ini akan dibuat di pabrik Daihatsu. Ribet? Yaa itu semua demi keamanan kendaraan kesayangan.

"Safety dari maling, ya? Daihatsu punya yang namanya immobilizer key. Hanya kunci itu saja yang bisa menghidupkan mobil. Daihatsu sejak masuk ke Indonesia sudah immobilizer. Jadi, kalau kunci Anda hilang, yaa nanti pabrik akan membuatnya lagi", papar Eko Priyanto.

Eko Priyanto, Promotion Head Department Domestic Marketing Astra Daihatsu Motor saat menjelaskan kepada puluhan blogger, bagaimana Daihatsu Sirion melindungi para konsemennya dan kejahatan maling. 

Sementara itu, terhadap fitur keamanan dari kecelakaan, Daihatsu New Sirion Facelift 2015 menambah beberapa fitur, di antaranya dual SRS airbag. Sebagai informasi, seri Sirion sebelumnya tidak ada airbag, apalagi sampai berjumlah dua. Menyadari pentingnya keselamatan pengendara, Daihatsu menambah fitur airbag pada city car-nya yang mungil tapi sporty ini. Penambahannya tidak tanggung-tanggung, dua sekaligus untuk pengendara di bangku depan.

Untuk menghindari risiko benturan pada bagian dada atau kepala saat terjadi kecelakaan *amit-amit*, Daihatsu New Sirion Facelift 2015 juga dilengkapi dengan pretensioner and force limiter seat beltSeat belt di kursi bagian depan akan otomatis mengunci jika terjadi kecelakaan atau benturan hebat, sehingga menghalangi badan untuk bergerak ke depan dengan cepat. Mengenai keberadaan seat belt pada umumnya terletak di masing-masing jok, dua di baris depan dan tiga di baris belakang.

Ada juga fitur break pedal assist dan collapsible steering. Begitu terjadi benturan hebat, batang setir Daihatsu New Sirion Facelift 2015 akan langsung patah dan memendek. Pun begitu dengan pedal rem. 'Kan banyak yah di berita, pada saat terjadi kecelakaan, korban sulit dikeluarkan akibat kaki terjepit di atara dua pedal atau badan berhimpit di antara setir dan jok. Nah, bersama Daihatsu New Sirion Facelift 2015, risiko terjepit dan terbentur itu bisa dikurangi melaui fitur tiga fitur tersebut di atas.

Sensor mobil tetap ada dua, di bumper bagian depan dan belakang. Keberadaan sensor tidak berbeda jika dibandingkan dengan Daihatsu Sirion seri sebelumnya. Benda ini sangat penting, khususnya saat pengemudi mermarkirkan mobilnya.

Daihatsu Sirion untuk Sahabat (Berjiwa) Muda

Nah, sekarang sudah tahu 'kan keunggulan Daihatsu New Sirion Facelift 2015 jika dibandingkan dengan keluaran sebelumnya, termasuk juga para sahabatnya di berbagai merk? Dari kecanggihan tiga fiitur yang telah diurai, saya berkesimpulan, mobil ini memang cocok banget untuk sahabat (yang berjiwa) muda. Yess, berjiwa muda! Nggak hanya sekadar muda dari segi fisik, tetapi juga jiwanya.

Hal ini senada dengan pernyataan Eko Priyanto. "Kita memang memosisikan Sirion unuk sahabat muda. Orang yang activity-nya bersifat muda, yang kita anggap sesuai dengan konsep mobil, fun and friendly", terang Eko.

Dari konsep mobil yang fun dan friendly ini, kemampuan Daihatsu New Sirion Facelift 2015 untuk dijajal di jalan raya masih terbilang "bandel". Jangankan performanya di jalan raya, Daihatsu New Sirion Facelift 2015 ini punya basis massa untuk melakukan slalom, lho!

Daihatsu Sirion, mobil paling kompatibel untuk anak muda mengukir prestasi di bidang slalom.

Apa sih slalom itu? Slalom adalah balapan adu kecepatan melewati lintasan yang diatur sedemikian rupa menggunakan cone yang berwarna merah dan hijau serta berpatokan dengan waktu.
Untuk menghindari tabrakan antar pengemudi, Slalom dilakukan secara sendiri-sendiri.

Buat jiwa muda yang suka tantangan, kegiatan ini pas banget bikin sport jantung. Yaa dari pada balap liar di jalan raya yang punya banyak risiko, mending ikut slalom aja yang sudah jelas ada kejuaraannya, termasuk yang diselenggarakan oleh Daihatsu Indonesia.

Pada saat peluncuran Daihatsu New Sirion Facelift 2015 yang lalu, saya bersama-sama teman blogger mendapatkan kesempatan merasakan sensasi slalom. Rasanya seperti naik halilintar, ngeri-ngeri sedap bikin nagih. Hahahha...

Yang mengherankan, pada saat Daihatsu New Sirion Facelift 2015 beraksi dan berpacu dengan kecepatan, tidak sedikitpun ban mobil (depan maupun belakang) Sirion yang terangkat. Baik saat melakukan U-turn, zig-zag, atau angka delepan, ban mobil Sirion tetap napak di aspal. Waaahh Sirion memang kendaraan paling cocok untuk slalom. Dari suspensi, ban, power, juga handling-nya, semua menunjunag kebutuhan yang berjiwa muda dalam menguji adrenalin.

Mau U-turn, zigzag, figure 8, mobil Sirion paling OK diajakin slalom.

Selain aktivitas slalom, hal penting lainnya yang turut menguji adrenalin yang berjiwa muda adalah irit konsumsi bahan bakar. Mwahahaha.. Iya nggak jauh-jauh dari urusan dompet! Coba Anda bayangkan. Hidup di kota yang notabene macet ditambah lagi interior mobil nggak nyaman, plus boros bahan bakar, haduh gimana nggak bikin kepala tambah mumet? Nah beruntungnya Daihatsu New Sirion Facelift 2015 nggak begitu, ya.

Tidak ada perbedaan tipe mesin yang digunakan Daihatsu New Sirion Facelift 2015 dengan edisi sebelumnya. Artinya, di edisi ini Sirion tetap mengadopsi teknologi VVT-i dan DOHC dengan mesin 1300 CC. Perlu diketahui, kendaraan yang memiliki mesin VVT-i dan/atau DOHC mempunyai suara yang lebih halus dan performa mesin yang lebih baik. Pembakarannya juga lebih maksimal, sehingga iritnya juga maksimal. Hihihihii.

Di tahun 2012, berkat penggunaan teknologi VVT-i dan DOHC, Daihatsu Sirion mendapat penghargaan dari Kementrian Lingkungan Hidup RI pada kategori mobil dengan standar emisi gas buang terbaik dengan nilai mandatori tertinggi yakni sebesar 94,591. Bahkan, Daihatsu Sirion juga tercatat sebagai kendaraan dengan konsumsi bahan bakar teririt dengan perolehan 14,54 km per liter di antara 23 merk mobil yang diikutsertakan pada waktu itu. Nggak heran deh kalau klaim Daihatsu Sirion sebagai Mobil City Car Paling Irit Terbaik 2015 adalah benar.

Pemilihan teknologi VVT-i dan DOHC dengan mesin 1300 CC sangat tepat bagi Sirion sehingga bisa dijuluki Mobil City Car Paling Irit Terbaik 2015.

Bagaimana dengan harga? Di awal peluncurannya ini, harga Daihatsu New Sirion Facelift 2015 berkisar Rp 155 jutaan untuk tipe manual hingga Rp 166 jutaan untuk tipe matic. Ada harga, ada rupa dong ya. Dengan segala penambahan fitur dan bensin yang irit, Anda bisa menilai kelayakannya.

Ahh sudahlah, penampilan yang trendi, penambahan beragam fitur yang membuat nyaman dan aman pengemudi juga penumpang, irit bahan bakar, sangat kompatibel untuk slalom, membuat Sirion memang pantas dijuluki sebagai Mobil Anak Muda Paling Irit Terbaik 2015.

Kembali ke pertanyaan di awal, sudahkah Anda menemukan jawaban tentang mobil ideal untuk kategori city car? Yaa kalau ada yang mengakomodir keempat poin ideal, kenapa harus pilih yang lain lagi? Daihatsu New Sirion Facelift 2015 jawabnya!

Dari penambahan fitur yang disediakan oleh Daihatsu Indonesia, benar banget tagline peluncuran Daihatsu New Sirion Facelift 2015, "more reason for fun". Sirion selalu punya alasan lebih untuk bisa diajak bersenang-senang di tengah kehidupan kota yang notabene macet.




30 komentar:

  1. Aku baru aja beli mobil merk "sepupu"nya Daihatsu, Mak.. Kalo yang ini aku belum mampu belinya. Hehehe salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheh salam kenal Mak Vitaaa. Alhamduliklah masih punya mobil. Aku doain maak biar kita sama2 punya sirion. Mupeng bgt sama warna orensnyaaaa ^^

      Hapus
  2. Aku suka banget dr mobil ini keluasannya di dalam nis, apalagi jok depannya tinggi sampai kepala, enak bener buat leyeh2 sambil menikmati kemacetan. Apaladi audionya model kayak di studio hehhe..makin sip. Soal satu kunci utk satu mobil, emang repot sih kalo ilang kudu lapor dan bikin kunci ke dealer terdekat...secara gt loh suamiku suka lupaan jg kl naro kunci..ribet tp demi keamanan ya worth it aja :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah kunci immobilizer penting nih ya buat melatih kedisiplinan sama ingatan. Biar nggak lupa aaaann...

      Pewe ini mobilnya mbak meski baru nyobain nyetir sekitar 500 meter aja. Siapa tau smday punya mobil ini. tongkrongannya ketjeeee dan irit bahan bakar

      Hapus
  3. mini ya mak mobilnya,asik buat jalan2^^
    makasih sharingnya..salam kenal^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asiiiiikk buat selap seliiip.. irit dompet, nyaman dan safety maak :)

      Hapus
  4. wah mobil mini, asyiik buat tour tuh, semoga menang ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. buat tur, buat hang out, slalom, juga buat silaturrahmi.. semuanya bisa dehh. Hihihiii

      Hapus
  5. ya ampun keren banget mbak Nisa..ahhh bikin mupeng aja nih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Dwiiiii..
      Mudah2an someday bisa ikut kegiatan Sirion ini yaa. Mgkn taun ini belom rejeki, tpai next time. Insyaa Alloh :)

      Hapus
  6. Woww...gahar dan maskulin di balik bodynya yg imut...sukaaaa....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Embeeeerrr..
      Kecil nggak malu-maluin ya jadinya :D

      Hapus
  7. Sirion makin cantik ya, mbak. Asli, Sirion josss banget dipake untuk kota maupun luar kota. Kliatannya aja kecil bodynya, tapi dalemnya legaaa. Perawatannya juga nggak ribet dan murah meriaaah. hihihi...Saya juga udah make Sirion lama sejak 2009 dan masih awet.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naaahh ini dia testimony langsung dr costumer. Doain ya mak biar ejkeh bisa punya sirion jugaaa. Aamiin

      Hapus
  8. Ini gagah dan sporty banget...
    Ya lumayan bisa buat malam minggu nih mobil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malam minggu, malam jumat, malam reho dan malam malam lainnya juga oke bingiiiiiitt pake sirion, apalagi buat slalom.

      Hapus
  9. bener-bener city car yaaa....imut..tapi kayaknya lega ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kepengen sama sirion, tapi saya masih punya terios hheehhe mntep mbak πŸ˜‰

      Hapus
    2. kepengen sama sirion, tapi saya masih punya terios hheehhe mntep mbak πŸ˜‰

      Hapus
  10. dear all please help meπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    ada yang tau nggak jika immobilizer sirion d th 2008 belinya di mana??
    saya pusing harus mencari tau kesana kesini ... apalagi ini dealer liburan panjang natal dan tahun baru.

    saya sangat membutuhkan bantuan kalian.
    jika ada yg punya informasi tolong ya kirim sms ke sayaπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ 081215135613

    BalasHapus
  11. dear all please help meπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    ada yang tau nggak jika immobilizer sirion d th 2008 belinya di mana??
    saya pusing harus mencari tau kesana kesini ... apalagi ini dealer liburan panjang natal dan tahun baru.

    saya sangat membutuhkan bantuan kalian.
    jika ada yg punya informasi tolong ya kirim sms ke sayaπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ 081215135613

    BalasHapus
  12. masih khawatir dengan ketersediaan suku cadang mengingat doi cbu dari negeri jiran...

    BalasHapus
  13. Bagus. Elegan, Sporty.
    Gak malu2-in

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkomentar dengan sopan :)