Minggu, Februari 08, 2015

Daihatsu Sirion, Si Kecil nan Lincah untuk Sahabat (Berjiwa) Muda

Assalaamu'alaikum...

Banyak yang bilang kalau hidup di Jakarta itu tua di jalan. Mau ke kantor yang jaraknya hanya satu kilometer bisa ditempuh berjam-jam, apalagi kalau tidak punya kendaraan sendiri. Macetnya itu lho, sya ampunnn! Belum lagi hal-hal aneh yang kerap ditemui di jalan, seperti oknum supir kendaraan umum yang mengemudi secara ugal-ugalan, oknum pengendara motor yang main potong kompas, termasuk kehadiran para tuna wisma yang suka membuat risih penumpang kendaraan umum. Ditambah cuaca terik, kendaraan umum yang penuh sesak, haus... Deh, rasanya pengen pindah dari Jakarta ajaaaaa!

Kondisi lebih beruntung bila Anda memiliki kendaraan pribadi, terutama kendaraan roda empat. Meski mengalami hal-hal serupa saat macet melanda, tetapi Anda masih bisa merasakan nikmatnya duduk nyaman di jok mobil yang empuk sambil ditemani lagu-lagu favorit dari stasiun radio kesayangan plus hembusan udara yang semriwing dari AC mobil. Ya kaaan?

Oleh karena itu, kalau punya rejeki untuk membeli mobil, saya bakal pilih deh mobil-mobil yang bentuknya mungil, lincah, juga hemat bahan bakar sebagai kendaraan saya berlalu-lalang di ibukota Indonesia. Lebih spesifiknya, saya akan pilih Daihatsu Sirion. Mengapa?

Daihatsu Sirion 

Bentuk Mungil Desain Sporty

Stress kena macet di Jakarta udah jadi hal yang biasa. Akan tetapi, apa upaya kita untuk mereduksi tingkat stress akibat macet ini? Itu yang penting. Kalau dari segi bentuk kendaraan roda empat, saya akan pilih kendaraan yang bentuknya mungil, yaa seperti Daihatsu Sirion ini.

Bentuk mungil membuat Daihatsu Sirion gampang selap-selip di jalan. Kalau lagi kena macet di jalan utama, saya bisa melewati jalan-jalan tikus bersama Daihatsu Sirion. Lebih mudah bukan untuk berlalu-lalang? Saya nggak perlu pusing mikirin mobil bakal menyenggol kendaraan lain atau tembok. Lah wong bentuknya mungil, jadi lebih ramping untuk masuk ke jalan-jalan tikus.

Kalau saya menemui kalan buntu? Yaa lebih mudah lagi posisi U turn-nya. Karena bannya kecil, otomatis daya putarnya juga lebih besar. Jadi sekali ambil ancang-ancang mobil memutar, langsung kena deh! Tidak perlu 2-3 kali usaha memutar balik. Bisa mempersingkat waktu juga kan?

Nah, bentuk mungil Daihatsu Sirion ini juga bukan asal mungil aja. Akan tetapi, desainnya sporty. Lihat saja tuh, lekukan-lekukan body Daihatsu Sirion nampak dinamis dan energik. Buat pengemudi perempuan seperti saya, lebih terlihat gagah dengan mobil mini Daihatsu Sirion ini.

Irit

Ini jadi faktor penting untuk saya dalam memilih segala hal, termasuk kendaraan pribadi. Harga barang lain sudah naik, otomatis saya harus menekan pengeluaran bahan bakar untuk kendaraan. Oleh karena itu, saya pilih Daihatsu Sirion yang telah mengadopsi teknologi VVT-i dan DOHC dengan mesin 1300 CC.

Sebagai informasi, kendaraan yang memiliki mesin VVT-i dan/atau DOHC mempunyai suara yang lebih halus dan performa mesin yang lebih baik. Pembakarannya juga lebih maksimal, sehingga iritnya juga maksil. Hihihihii.

Mesin Daihatsu Sirion yang menggunakan teknolodi DOHC dan VVT-i. (dok. http://www.daihatsupusat.com/spesifikasi-daihatsu-sirion/)


Khusus untuk mesin yang VVT-i, gas buangnya ramah lingkungan. Suplai bahan bakar dan udara yang diatur oleh sistem kerja katup membuat pembakaran menjadi sempurna, dan gas buang yang dihasilkan menjadi bersih. Kita bisa bantu mengurangi polusi di Jakarta 'kan? (sumber).

Masih ragu sama kemampuan Diauhatsu Sirion yang super irit? Nih ya, tahun 2012, Daihatsu Sirion mendapat penghargaan dari Kementrian Lingkungan Hidup RI sebagai katergori mobil dengan standar emisi gas buang terbaik dengan nilai mandatori tertinggi yakni sebesar 94,591. Daihatsu Sirion juga tercatat sebagai kendaraan dengan konsumsi bahan bakar teririt dengan perolehan 14,54 km per liter di antara 23 merk mobil yang diiktsertakan pada waktu itu. (sumber)

Lincah

Kecil-kecil cabe rawit, itulah yang biasa dijuluki terhadap sesuatu benda yang bentuknya mungil, tetapi memiliki kemampuan yang super. Pun begitu dengan Daihatsu Sirion. Meski body-nya mungil, tetapi lincah pergerakannya.

Untuk daerah perkotaan, mobil ini bisa dipakai buat ngebut dengan tetap memerhatikan standar safety riding. Kalau macet, mobil ini juga tetapi asyik dikendarai. Seperti yang saya bilang di atas, gampang banget mengendarai mobil ini di jalan-jalan tikus. Apalagi kalau bukan tujuannya untuk mempersingkat waktu dan jarak. Hemat, beb! ;)

Buat yang suka tantangan, mobil ini sering dipakai ajang balapan, lho! Bukan balapan kayak di sirkuit Sentul, melainkan slalom namanya. Slalom merupakan balapan adu kecepatan melewati lintasan yang diatur sedemikian rupa menggunakan cone yang berwarna merah dan hijau dan berpatokan dengan waktu. Pas banget buat kamu muda yang doyan drifter. Setelah sukses dengan event-nya di tahun-tahun lalu, tahun ini Daihatsu Sirion bakal kembali mengadakan Sirion Slalom Time Battle. Hadiahnya puluhan juta rupiah. Terbukti 'kan lincahnya Daihatsu Sirion ini?

Ahhh saya jadi pengen banget mengemudi keliling Jakarta bersama Daihatsu Sirion. Doakan saya ya agar minggu depan bisa merasakan nyamannya berkendara bersama Daihatsu Sirion. Nanti akan saya kasih tau juga bagaimana interior keren dari Daihatsu Sirion ini. Sengaja saya tidak tulis semuanya. Biar penasaran. Hihihihi..

Saya juga pengen banget tuh melihat aksi para drifter berkompetisi. Yaa kalau diizinkan berada di dalam mobilnya, jadi penumpang maksudnya, juga nggak mau nolak. Hehehe. Pengen tau banget bagaimana cara mereka melewati runtangan-rintangan itu, yaa zig-zag, u turn, memutar 360 derajat, figure 8, dan masih banyak lagi. Pokoknya, Daihatsu Sirion, si kecil nan lincah untuk sahabat (berjiwa) muda, seperti saya ;)





11 komentar:

  1. Kecil kecil keren ya mak sirion inih...semoga keinginannya terkabul ya mak, amin :)

    BalasHapus
  2. hayuuuu diajakin om kevin jadi tandem tuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuuuk! Nunggu kabar baik dari Daihatsuuuu #kode

      Hapus
  3. mau yang ungu, unyuuu....
    btw, iya yak, template blog kita sama..hahahaha
    aku ikutan juga nih mak, mampir yaa.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha ya kaaaannss, maaak :)
      muda2an kita terpilih ya mak. Hohoho

      Hapus
  4. biar kecil, mungil, tapi luas di dalam ya...cocok buat kamu yg bongsor dan aku yang berkelebihan berat badan...semoga sukses buat drivingnya ya nisa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jyaaahh.. berlebihan berat badan gimana deh Mbak Ika. Bisa aja dirimuhh
      Aamiin. makasih ya Mbaak buat doanya :)

      Hapus

Terima kasih sudah berkomentar dengan sopan :)