Selasa, Januari 13, 2015

Mengulik Tiga Hal Penting di Dunia Blogging bersama QfunBlogging

  12 comments    
categories: ,
Assalaamu'alaikum..

Menuntut ilmu bisa datang dari mana saja juga siapa saja. Di awal tahun 2015 ini saya perdalam ilmu ngeblog bersama tiga mamak kece yang sudah malang melintang di dunia ngeblog. Mereka mengulas tiga hal penting yang harus diperhatikan oleh para bloger. Dunia ngeblog jika diseriusin bisa menjadi sebuah profesi yang menjanjikan, lho. Dengan ketak-ketik di depan komputer saj, Anda bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah, bahkan bisa bernilai jutaan untuk satu buah tulisan.


Apa saja sih tiga hal penting tersebut? Konten, layout blog, dan perlakuan terhadap blog menjadi kunci penting agar bloger bisa sukses di dunia ngeblog. Bertempat di Gedung Cyber 1, Jakarta Selatan, Sabtu (10/1/2015), tiga puluh bloger hadir mendengarkan sharing dari tiga mentor tersebut.

Foto bersama peserta #QfunBlogging dengan ketiga mentor dan para perwakilan sponsor, Sabtu (10/10/2015) di Gedung Cyber 1, Jakarta Selatan. (dok. Dian Kelana)

Sesi pertama dibuka oleh Mak Haya Aliya Zaki. Ibu tiga anak ini menjelaskan tentang bagaimana membuat konten ngeblog yang bagus, bermanfaat, dan bisa dilirik klien. Tahukah Anda, menjadi seorang bloger juga harus memerhatikan konten yang ditulis.

Sebagai mom bloger yang juga editor, Mak Haya membagikan sedikit ulasan tentang EYD alias ejaan yang disempurnakan. Eits, EYD yang digunakan oleh bloger bukan seperti EYD dalam buku-buku skripsi, melainkan EYD yang digunakan dalam kalimat-kalimat standar yang biasa digunakan sehari-hari. Lebih asyik lagi, Mak Haya memberikan 11 poin agar tulisan bloger "bertenaga". Mak Haya memberikan tips, menjadi bloger sukses dipengaruhi oleh dua hal, skill dan networking.

Sesi selanjutnya ada si mamak cantik, Shintaries. Ibu yang dikenal sebagi jagonya dunia coding ini membagikan tips dan trik seputar pemilihan layout blog agar ranking peringkat blog naik, sehingga dilirik klien, termasuk di dalamnya SEO dasar.

Mak Shintaries lagi perkenalan diri dulu nih sebelum mulai sesi sharing tentang SEO dasar. 
Shintaries juga memaparkan pemanfaatan beragam media sosial terkait upaya bloger meningkatkan trafic blog di mesin pencari Google. Selain itu, Shintaries memaparkan tiga elemen Google lainnya yang wajib dipahami para bloger untuk optimalisasi situs blog.

Last but not least, ada Mbak Ani Berta. Bloger yang sudah malang melintang di dunia ngeblog sejak 2007 ini mengaku sudah banyak mendapat pekerjaan dari menulis di blog. Dari yang harga bayarannya puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Dari profesi bloger yang dipandang sebelah mata hingga disejajarkan dengan para jurnalis dari berbagai media arus utama (mainstream media). Dari penuturannya pula diketahui, ia bisa keliling beberapa kota di Indonesia berkat ngeblog.

Di awal pertemuan, Mbak Ani memaparkan fungsi media sosial yang bisa memiliki efek luar biasa terhadap pencitraan seseorang. Berdasarkan diagram presentasinya, media sosial memiliki tujuh fungsi: sharing informasi, sharing ide, networking, penyimpanan (arsip), kampanye sosial, edukasi, dan referensi.

"Tidak usah menjadi orang besar dulu untuk dikenal. Kita bisa melakukannya dari hal kecil, seperti sharing di  media sosial", ujarnya bersemangat kepada para peserta.

Pada kesempatan itu, Mbak Ani membagi tips seputar perlakuan terhadap blog. Apa yang harus dilakukan para bloger agar blog mereka bisa menghasilkan materi? Sesuai pengalaman ibu satu anak ini, ia pernah menerima job mengulas produk dan jasa, product launching. penyelenggara giveaway sutau brand, kampanye eltkabilitas tokoh, ghost writer, banner affiliation, dan adsense. Tidah hanya semata-mata materi, Mbak Ani tidak mengesampingkan fungsi utama ngeblog, yakni berbagi.

Senangnya dapat doorprize! Foto bersama antara tiga mentor dan para peraih door prize.

Bagi saya, satu yang paling terkenang dari sesi bersama Mbak Ani, perbanyaklah networking. Kurang lebih Mbak Ani berpesan seperti ini. Jika Anda sedang berada di sebuah acara kopdar, entah itu bloger gathering, launching produk yang mengundang bloger, atau kegiatan workshop seperti ini, berkenalanlah kalian satu sama lain. Hal yang paling sepele, saling follow akun Twitter untuk menambah follower.

"Kan lumayan nambah 29 follower dalam satu hari", tuturnya memulai sesi.

Ya, kebanyakan dari kita memang kerap asyik bermain dengan gadget masing-masing, cenderung abai saat berada di lingkunga baru. Mungkin karena malu juga kali ya untuk mengajar ngobrol orang yang baru dikenal. Hihihii, nngeles :p

Oh ya, tidak hanya ilmu yang dibagikan. Di kesempatan berharga tersebut, ketiga puluh peserta juga memperoleh ragam goody bag menarik dari sponsor (Digital Banking Sinarmas, Alikolo, Carmudi, dan QWords). Untuk mengasah kemampuan menulis, peserta juga diajak untuk  mengikuti lomba ngeblog reportase seputar sesi sharing yang baru saja diikuti juga lomba yang diadakan oleh ketiga brand. Seru banget! Belajar sambil praktik bersama ahlinya.

Jadi, sudah siapkah Anda untuk menyongsong kesuksesan di bidang ngeblog? Yuk, tingkatkan kualitas konten, desain blog, dan networking Anda! ;)

Ragam isi goody bag dari sponsor di QfunBlogging.

12 komentar:

  1. Waah lengkap reportasenya. Salam kenal mak. Saya juga ada di sesi tiga kemarin. LAgi mulai blogwalking nih. Kunjungi balik ya. Tengkyu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. oyaahh? Mak Nunung duduk di sebelah mana ya? Hihihi nggak engeh :D
      Siap kunjung balik, maaak :)

      Hapus
  2. kunjungan pertamaaa, salam kenal yaa. saya juga peserta sesi 3, duduk paling depan berkerudung merah :). Seru yaa acaranya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, Mak Mayaa..
      Salam kenal juga.
      Yess acaranya seru dan bermanfaat. Ilmunya yang paling penting si. Ehh networking juga deng, seperti kata Mak Haya :D

      Hapus
  3. Memang betul sekali menimba ilmu itu dari mana dan di mana saja. Kebetulan sebagai blogger Bunda menambah ilmu dari Fun Blogging Sesi#2. Salam kenal ya. Mampir ke blog Bunda (yang tahun ini belum ditanamin apa-apa, hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalaamu'alaikum Bundaaa..

      salam kenal juga, yaa.
      iya nih aku baru ikut yang sesi 3. mdh2an silaturrahmi makin terjaliin dari sini, ya Bun. Salut euuy sama semangat ngeblog bunda yang sudah lebih jauh makan asam garam :)

      Hapus
  4. aihh seru banget kayanya mak :). next time kalau ada lagi pengen ikutan ah

    BalasHapus
  5. Fun Blogging keren deh. Aku jd lebih pinter ngeblog hahaha

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkomentar dengan sopan :)