Minggu, Januari 25, 2015

Kopdar Asyik Sambil Nambah Ilmu Ngbelog bareng Warung Blogger

Assalaamu'alaikum..

Sabtu (24/1/2014) kemarin saya mengikuti acara kopdar bareng Warung Blogger (selanjutnya saya singkat WB) yang bernama #KopiSusuWB. Buat yang belum tahu WB itu apa, ia adalah sebuah komunitas blogger dari berbagai macam platform. Anda bisa berbagi tautan link blog di halaman Facebook atau Twitter-nya. Lumayan, lho nambahin pembaca blog kita :)

Oke, balik lagi ke acara kopdar. Ternyata, acara yang diadain WB ini tidak hanya sekadar kopdar, tetapi juga menambah ilmu tentang cara membuat konten blog yang asyik juga bagaimana mendapatkan materi (uang) dari ngeblog, baik melalui teknik SEO atau memasang banner advertiser di halaman blog.

Acara yang dilaksanakan di Outback Steakhouse, Kuningan City ini berlangsung meriah dan penuh nuansa persahabatan. Kenapa meriah? Karena banyak hadiah yang disebar di acara ini. Alamak! Ada hadiah buku-buku novel, kaos WB, tumblr, modem, bahkan voucher makan di Outback Steakhouse senilai Rp 800.000. Hadiah-hadiah tersebut diperuntukkan bloger yang aktif bertanya, kompetisi live tweet terbaik, dan live report terbaik.

Para bloger yang udah siap nambah ilmu bareng WB.

Saya sendiri datang pukul 11.00 WIB dan langsung duduk di bangku yang tersedia. Acara diawali dengan perkenalan para admin WB. Tahukah Anda, ada 18 orang Admin WB yang mengerjakan berbagai masing tugasnya. Ada 8 admin yang bertugas me-retweet share posting-an bloger di Twitter. Ada pula admin yang bertugas khusus mengelola akun grup Facebook. Selain itu, ada admin yang bertanggung jawab bagi-bagi kuis dan hadiah setiap Kamis di Twitter, juga ada admin yang bertugas mengurusi web WB. Sayangnya, dalam kesempatan tersebut, hanya 11 orang yang hadir.

Berhubung acaranya menjelang makan siang, biar tambah semangat, para bloger dipersilahkan menyantap makan siang ala prasmanan dari Outback Steakhouse. Sebagai pembuka, peserta disediakan crream soup jamu yang dipadu dengan ayam. Supnya endeusssss pisan! Kuahnya kental, isinya banyak, rasanya lezat.

Sebelum masuk ke materi, makan siang dulu bareng Outback Steakhouse. Yummmy :9

Outback Steakhouse juga menyediakan berbagai aneka steak: black paper beef, ayam, juga ikan salmon. Menu setak ini juga dilengkapi dengan aneka sayuran (wortel, brokoli, dan ketimun), kentang, dan nasi. Sementara itu, teh manis selalu tersedia di meja minuman.

Setelah makan siang dan sholat, acara langsung ke materi. Sesi pertama, para bloger diperkenalkan oleh Accesstrade Indonesia. Yulius,hadir mewakili Accesstrade juga memberikan penjelasan kepada para bloger.

Accesstrade Indonesia adalah perusahaan advertiser dari Jepang yang baru satu tahun ini beroperasi di Indonesia. Cara kerja Accesstrade adalah mengajak para publisher (bloger juga media arus utama) untuk menaruh banner iklan yang tersedia di halaman Accestrade. Anda cukup membuat akun di Accesstrade, isi data pribadi secara lengkap, lalu pilih jenis iklan kategori apa yang bisa diimuat di halaman blog Anda.

Yulius, perwakilan dari Accesstrade, menjelaskan, bloger juga bisa dapat uang dengan berafiliasi bersama Accesstrade Indonesia.

Konsep afiliasi Accesstrade adalah cost per action (CPA), bukan cost per click (CPC). Enaknya sistem CPA ini, Anda bisa memilih iklan jenis apa yang sesuai dengan tema blog. Anda pun bebas meletakkan ragam bentuk dan jenis iklan di blog, seperti menaruh banner di badan postingan atau side bar blog juga menaruh link di badan tulisan.

Ada usaha, ada hasil dong! Para bloger harus mencari cara agar para pengunjung blognya melakukan aksi. Berapapun uang yang dihasilkan melalui action di Accesstrade akan ditransfer ke reking yang bersangkutan. Yang lebih asyik lagi, Accesstrade tetap mengedepankan konten. Jadi, bloger yang hanya asal ngarep klik dan aksi dari pengguna internet untuk berkunjung ke blognya, nggak masuk kategori tuh.

Karena (masih) content is a king dalam dunia blog, sesi selanjutnya ada materi creative writing dari Shintaries. Shintaries menjelaskan bagaimana menulis konten, sehingga menghasilkan sebuah tulisan yang enak dibaca. Tahukah Anda bila dalam menulis konten itu harus diselingi dengan  berbagai macam hal, tidak melulu tulisan.

Menurut Shintaries, menulis kreatif adalah bagaimana memadupadankan konten (tulisan, gambar, juga video) dalam sebuah tulisan yang utuh. Ambillah konten dari sudut pandang yang berbeda. Ini bisa menumbulkan nilai plus di mata pembaca juga juri apabila Anda sedang ikut lomba ngeblog.

Tulislah berdasarkan pengalaman pribadi. Bedanya bloger dengan jurnalis, bloger bisa menyisipkan apa yang ia rasakan terhadap suatu hal. Tuliskan dengan jujur dan objektif pengalaman yang Anda rasakan. Berikan juga informasi atas suatu hal yang Anda tulis.

Shintaries sedang memberikan tips menulis kreatif kepada para bloger.
Selanjutnya, kombinasikan tulisan-tulisan Anda dengan gambar dan/atau video yang menarik. Biar bagaimana pun, sesuatu hal yang disajikan dalam bentuk visual bisa membantu ingatan para pembaca terhadap suatu informasi atau topik. Pssst, kata Shintaries, tahun 2015 ini, diprediksikan vlog (video blog) bakal booming, lho! 

Selain dari segi konten, Shinta juga memberi tahu, deain blog juga penting agar pembaca betah berlama-lama di blog kita. Penggunaan dua tab, pemilihan font, lay out yang minimalis dengan background lembut nan cerah adalah sejumlah kiat desain blog agar "enak" dibaca dan dilihat mata.

Biar peserta nggak bosan dan tetap konsentrasi, MC, mewakili panitia, memberikan ice breaking menguji konsentrasi. Peserta diminta mengikuti instruksi yang diberi tahu MC. Kalau salah memraktikkan, ya sudah gugur. Dua peserta yang dianggap paling konsen mandapat hadiah jugaaaa. Senangnyaaa!

Anjar dan Bulan, dua sejoli yang paling konsen selama ice breaking #KopiSusuWB.
Di sesi terakhir, ada Kang Argun atau lebih dikenal @dewaSEO. Kang Argun memberikan tips bagaimana menerapkan SEO untuk kalangan bloger. SEO apaan sih? Search Engine Optimization (SEO) adalah usaha yang dilakukan netizen untuk menarik visitor ke situsnya melalui optmalisasi mesin pencari Google, bukan melalui media sosial. Sejatinya, berbeda loh penerapan SEO utuk bloger dengan perusahaan atau advertiser.

Eh, emang bloger perlu SEO juga? Ya perlu donk! Untuk menarik pembaca ke blog kita. Menulis di blog tentunya ingin dibaca masyarakat luas, termasuk di luar negeri, kan? Biar makin semangat menulis juga kalau ada yang respon. Ada 6 trik yang dijelaskan dewaSEO  terkait hal ini. Apa saja? Nanti saya tulis terpisah, ya. Doaian nggak malas nulis. Hihihiii..

Nggak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 16.00 WIB. Sesi pemberian materi di acara #KopiSusuWB pun selesai. Selanjutnya, panitia mengumumkan siapa-siapa saja yang berhasil menjadi juara di kompetisi live tweet (3 terbaik) juga live report (2 terbaik).

Saya sendiri nggak menang apa-apa, tapiiii ilmu yang saya dapat banyak hari itu. Terima kasih ya WB udah ngadain acara gratisan ini buat penggunanya. Oh ya, rencananya WB juga mau mengadakan kopdar akbar di akhir tahun 2015 ini. Mudah-mudahan acaranya sukses! Kalau bisa, acaranya seharian atau nginap (peserta boleh milih), di Jakarta, ada workshop penulisan juga. Yang penting lagi ttempatnya, agak leluasa ya biar bloger makin asyik kopdar dan ngobrol-ngobrolnya.

Salam...

34 komentar:

  1. Wah senangnya bisa kopdar dan dapat ilmu segambreng :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhadmulillah Mbak dapet kesempatan begitu :)

      Hapus
  2. Keren nih acara (Y)

    Ditunggu mbak 6 tips SEO nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Doain biar nggak males nulis.
      Banyak yg mau ditulis, tapi kalo kelamaan di depan lepi itu rasanyaaaa ... Hihihiii

      Hapus
  3. asyik banget acaranya, sayang aku gak bisa ikutan, nunggu kopisusu di Jateng ajaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Meski gak bisa ikutan, mudah2an sedikit ilmu yang aku tulis bs manfaat ya Mbak.
      Mudah2an WB ngadain kopdar juga di Jateng atau nanti dateng aja ke kopdar akbarrrr. Pasti lebih seruuuu! ;)

      Hapus
  4. Ah, saya tertarik dengan kata2 video blog tahun 2015 bakalan booming :) itu steaknya bikin ngiler makk....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sering bikin vlog, ya?
      Aaah daku aja masih edit foto standar, blm ke yg video.
      Wkwkwkw lagi laper jadi steaknya bikin ngilerrrrr :p

      Hapus
  5. Wah,. Pasti seru acaranya.. :)
    Saya tunggu 6 tip SEO-nya dari Kang Argun.. Penasaran saya yang beginian.. :)

    Salam hangat dari Bondowoso..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kasih bocoran dikit. Kata Kang Argun, ilmu SEO itu nggak ada yang pasti. Wkwkwkw :p

      Hapus
  6. waaa seru yaaa ilmunyaaa. Saya kemaren datang telat, jadi udah ga kebagian makanan seperti di foto :), ga bisa review makanan outback deh :). Tapiii yg penting saya ga ketinggalan acara utamanya :), materinya keren2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betullll. Yang penting ilmunya itu loh mak. GRATIS pulak! Hihihihii..

      Hapus
  7. Asyiknya Mbaaa, udah gratisan dapet ilmu pula.
    Sayang, sy kemarin ga ikut :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Meski ga ikut, mudah2an laporan saya ini terwakili ya.

      Hapus
  8. hmm, kopi susu wb ya?
    saya agak nyesel gak sempat ikut -___-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jyaaaahh.. kenapa nggak sempet?
      Mudah-mudahan pas kopdar akbar nanti bisa join ^^

      Hapus
  9. waahhh asyiik dan seru.. pasti betah yaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kopdar emang bikin seruuuu apalagi dikasih ilmu. Mateeeppp!

      Hapus
  10. Balasan
    1. Bahahahahaa.. kolesterooooolll kolesteroooooll :p

      Hapus
  11. Acaranya seru banget! Andaikan ada di Surabaya aku pasti ikutan :3
    Nice sharing ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba aja colek WB buat ngadain hal serupa di SBY. Siapa tau bisa mbak.

      Hapus
  12. langsung ngelirik makannya aku mbak hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha.. perut kenyang hati senang yaaa apalagi tambah ilmu gratisan :p

      Hapus
  13. hiks, ketinggalan acara ini krn hrs kerja sabtu kmrn :( Pgn deh diadain lgi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah2an cerita ini bisa mewakili keseruan kemarin.
      Ikut aja nanti kopdar WB di akbar akhir tahun, mbak.

      Hapus
  14. Ka ralat dikit ya. Admin twitter cuma 7, tiap harinya berbeda-beda. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh 7 ya? Kirain 8 plus yang si mas, admin urus2 kuis. Hehehe..
      OKe, aku perbaikin ya.
      Thanks atas koreksinya

      Hapus
  15. Balasan
    1. Hoaaaa.. dateng yaaa mbak Novaaaa.
      Mudah2an kl ada kopdar WB lagi kita bisa foto2aaann :)

      Hapus
  16. kalo dibayar per PAC ini harus aktif ngepromosiin ya. dibanding kalo per klik orang kadang suka penasaran ngeklik iklan hihi. :D makanannya bikin mupeng, mba. salam kenal ya

    BalasHapus
  17. Paling tertarik dengan menu makan siangnya, Kayaknya makan siangnya nikmat mbak, hmmmmm :D hehe

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkomentar dengan sopan :)