Jumat, Desember 12, 2014

Inilah Dua Tips Penangkal Bala (Bencana)!

  2 comments    
categories: , , ,
Assalaamu’alaikum..

Sahabat, tahu nggak sekarang kita sudah memasuki bulan apa dalam penghitungan kalender Hijriyah? Hehehe, jujur saya aja baru engeh begitu sang guru mengingatkan para jamaah yang hadir di majelis ta’lim, Kamis (11/12) kemarin. Ternyata, sekarang kita sudah masuk di bulan Safar, tepatnya hari ke-18.

Nah, di zaman Arab jahiliyah banyak orang yang mengidentikkan bulan Safar dengan bulan yang penuh bala (bencana). Mungkin masih banyak juga di kalangan masyarakat kita yang percaya mitos “kalau mau ‘kerja’ (bikin acara) atau mengadakan perjalanan, jangan di bulan Safar. Nanti kenapa-napa”.


Konon katanya juga, pada zaman sebelum agama Islam turun,  ada puluhan ribu bala yang turun di bulan Safar. Mungkin karena kejadian ini, banyak yang percaya kalau bulan Safar kurang baik untuk melakukan pesta, hajatan, atau perjalanan. Yaa padahal sih, semua hari juga bulan selalu baik di mata Alloh.

sumber: http://dpmz.blogspot.com/2012/01/hikmah-sebalik-bulan-safar.html

Meski demikian,  jangan khawatir. Kita sebagai ummat Islam punya loh penangkal bala. Penangkal bala ini tidak hanya dilakukan saat bulan Safar. Di bulan-bulan lainnya juga boleh. Apa saja penangkalnya? Berikut tips dari Ustadzah Nurjanah yang hadir memberi materi.

Pertama, doa.

Kata Nabi, do’a itu adalah pangkalnya ibadah. Ada waktu-waktu yang doa’nya diijabah oleh Alloh, salah satunya saat sholat Tahajjud. Di waktu hening, kita bersujud, berdoa, memohon apa yang kita inginkan dari Alloh SWT.

Kedua, sedekah

Kata Nabi, sedekah dapat menolak 70 macam bala. Dari ketujuh puluh bala tersebut, yang paling ringan dan bisa dihapus oleh sedekah adalah penyakit kusta dan lepra.
Dalam hadits lainnya, Nabi juga bersabda, ada lima perkara yang didapat orang yang rajin bersedekah. Sedekah di sini tentunya diniatkan lillaahi ta’aala, semata-mata karena Alloh, bukan lainnya. Apa lima perkara itu?

  1. Hartanya segera ditambah lagi oleh Alloh.
    Siapa bilang dengan bersedekah, hartamu akan berkurang? Justru Alloh akan menambahkannya lagi! Allah juga berjanji akan melipatgandakan ganjaran sedekah hingga 700 kali lipat.
  2. Sedekah itu obat buat diri kita.
    Yup, kalau lagi sakit, bersedekahlah! Sedekah juga menjauhkan diri kita dari berbagai macam penyakit.
  3. Alloh akan segera mengangkat bala yang akan menimpa diri kita.
    Lagi-lagi kita diberi keselamatan di manapun kapan pun berada oleh Alloh. Yang tadinya, kita mau ketabrak mobil, karena sering bersedekah, Alloh hindarkan diri kita dari bala berupa kecelakaan lalu lintas. Pun begitu dengan berbagai macam bala lainnya.
  4. Ketika kita sedang menyeberang jembatan shiroothol mustaqiim, kita akan melewatinya secepat halilintar.
    Tahukah Anda berapa lama melewati jembatan shiroothol mustaqiim. Sedikitnya 500 tahun. Namun, itu kembali lagi keapda amal ibadah kita. Kalau rajin sedekah, yaa secepat kilat. Kurang dari 500 tahun. 
  5. Orang itu akan masuk ke syurga tanpa disiksa juga diperiksa.
    Ada yang membedakan umat Islam dan kafir saat hendak masuk surga. Umat Islam akan dijebloskan dahulu ke neraka untuk dicuci dosa-dosanya. Setelah bersih, baru dimasukkan ke dalam surga. Akan tetapi, bagi orang kafir, ia akan abadi di neraka. Nah, kalau kita rajin sedekah, kita nggak usah lagi merasakan yang namanya dicuci dulu dosa-dosanya. Lah wong melintasi jembatan shiroothol mustaqiim aja secepat halilintar. Bagaimana mau kecebur ke neraka?

sumber: https://algio.wordpress.com/2013/10/

Ustazah juga mengatakan, orang yang bersedekah secara sembunyi-sembunyi (ibarat tangan kanan memberi, tangan kiri tidak tahu), pahalanya lebih besar dibandingkan dengan kekuatan gunung, api, dan air.

Tahukan Anda seperti apa kekuatan gunung, api, dan air?
Pernah merasakan yang namanya Kiamat? Gunung di muka bumi ini diibaratkan sebagai mur. Jika murnya diangkat, lalu diterbalikkan, maka terjadilah seperti yang digambarkan dalam Surat Al-Zalzalah.

Ternyata kedahsyatan gunung masih ada yang mengungguli, yaitu api. Api kalau sedikit, kita bisa gunakan untuk memasak. Namun, bagaimana kalau banyak? Pernah lihat gedung bertingkat dilahap api? Ya, seperti itulah kedahsyatan api yang membakar benda di bumi. Lalu, bagaimana dengan api neraka yang panas berlipat-lipat dari bumi?

Di atas api, ada air yang lebih besar lagi kekuatannya. Api yang sebegitu panasnya, ternyata mampu diredam oleh air. Jumlah air yang berlebihan pula bisa mengahnyutkan material apa saja yang ada di hadapannya.

Udah tahu 'kan sekarang bagaimana dahsyatnya kekuatan gunung, api, dan bumi? Yaa bisa dibayangkan sendiri bagaimana dahsyatnya pahala sedekah yang melebih kekuatan ketiga benda tersebut,

Yuk, sama-sama kita galakkan rajin sedekah! #noteformyself


**Materi disampaikan oleh Ustazah Nurjanah dengan tambahan dan pengurangan dari penulis, tetapi maksudnya sama,

sumber: http://www.diamal.in/informasi/keutamaan-sedekah.html





2 komentar:

  1. Luar biasa ya, the power of sedekah. Semoga kita gak pernah lupa untuk menyisihkan sebagian dari harta kita :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin..
      tulisan ini jadi reminder buat aku juga mbak.

      Hapus

Terima kasih sudah berkomentar dengan sopan :)