Jumat, Desember 19, 2014

Berkat Cipika, Jalan-jalan Tak Lagi Ribet!

Awal Desember 2014 lalu, saya menemani suami bepergian ke luar kota untuk perjalanan bisnis. Solo dan Jogja tepatnya. Biasanya, untuk perjalanan di Pulau Jawa, kami selalu menggunakan mobil. Namun, untuk perjalanan kali ini kami sengaja memilih moda transportasi kereta api. Niatnya si menekan budget, tapi di perjalanan juga tidak terlalu lama.

Nah, kalau bepergian dalam waktu beberapa hari begini otomatis kami juga harus mencari tempat untuk menginap. Paling mudah, enak, dan nyaman yaa di hotel atau guest house secara kami juga tidak ada kolega di daerah tersebut. Kami sempat bingung mau booking hotel di mana. Fee untuk transportasi bisa kami tekan dengan kereta api, tapi tempat inap? Kami harus cari-cari rekomendasi dulu, nih.

Akhirnya pada saat pergi ke Solo, kami memesan tempat inap berdasarkan sistem go show alias pesan langsung di tempat. Hiks, ternyata oh ternyata. Pesan hotel langsung di tempat lebih mahal ketimbang booking online. Ya sudah, apa boleh buat? Akhirnya, kami pesan juga karena sudah terdesak dengan jadwal perjalanan bisnis suami selanjutnya. Next, saya akan bookin online saja untuk urusan tempat inap.

Okay, selesai masalah tempat inap.
Yang namanya perjalanan ke luar kota, even itu jalan-jalan, pulang kampung, atau perjalanan bisnis seperti saya dan suami kemarin, oleh-oleh teteup nggak boleh ketinggalan donk ya. Nah, bagi kami yang memiliki waktu singkat untuk bersantai ria, sepertinya agak repot juga tuh kalau harus memikirkan oleh-oleh. Takutnya, perjalanan bisnis belum kelar, oleh-oleh belum dapat, lalu pulang dengan tangan kosong alias tidak membawa oleh-oleh. Hiks, penonton di rumah pasti kecewa :(

Memang benar, zaman sekarang teknologi sudah massive dan canggih. Tinggal searching di Google dengan keyword  tertentu, muncul daftar oleh-oleh suatu daerah, lengkap dengan alamat penjualnya. Meski demikian, yaa balik lagi soal waktu. Kalau perjalanan singkat seperti saya dan suami kemarin, pe er banget tuh cari-cari alamat untuk beli oleh-oleh. Untungnya si kemarin kami punya waktu setengah hari untuk menikmati kota Solo. Jadi, kami sempat berkeliling di pusat kota sekalian membeli oleh-oleh.

Eniwei, atas situasi yang kami alami ini, saya jadi kepikiran, kira-kira ada nggak ya toko oleh-oleh yang menyediakan jasa antar ke konsumennya? Yaa kayak kita beli online gitu. Tinggal tunjuk barang yang kita mau, lakukan konfirmasi, lalu kirim deh barangnya ke alamat yang sesuai pada hari yang ditentukan. Kalau ada, pasti enak banget tuh! Simpel, nggak pake ribet, dan nggak pusyiiiing mikirin oleh-oleh! Hehee..

Gayung bersambut.. Teman dunia maya saya yang juga seorang blogger memberi tahu tentang situs cipika.co.id. Awalnya si saya berpikir ini semacam situs online travel lainnya yang menjual tiket atau reservasi tempat inap beserta review-nya. Namun, di sini sisi menariknya. Ada bagain yang berbeda dari situs cipika ini. Apakah itu?

Halaman depan situs cipika.co.id. Situs Cipika bukan sekedar situs online travel biasa, lho. Kamu bisa beli oleh-oleh secara online di sini :)

Di sana terdapat menu “store” yang isinya menjual beragam makanan yang berasal dari berbagai kota di Indonesia. Waaah.. ini pas banget lho sama apa yang saya pikirkan tentang oleh-oleh saat bepergian. 

Di cipika.co.id, para pelancong tidak usah ribet lagi nih memikirkan oleh-oleh. Semua bisa dibeli secara online. Tinggal tunjuk mau yang mana, lakukan konfirmasi, bayar, lalu oleh-oleh siap dikirim dan dinikmati bersama orang-orang terkasih. 

Kalau Anda nggak mau banyak keluar ongkos kirim, oleh-oleh bisa dikirm ke alamat tempat menginap. Kalau Anda nggak mau ribet bawa oleh-oleh masuk ke cabin pesawat atau kereta, yaa langsung saja minta dikirim ke rumah nun jauh di sana. Semudah itu, kan? Mari kita lakukan simulasi pembelian!

Cara Membeli Oleh-oleh di Cipika.co.id

Pertama. Daftarkan akun Anda dengan klik Menu “Daftar” di pojok kanan atas halaman situs Cipika. Selanjutnya muncul pop up untuk mengisi data pribadi pengguna. Isikan data Anda dengan alamat email, password, dan kode angka di dalam box untuk memastika bahwa Anda bukan robot. Kalau nggak mau ribet ketak-ketik, langsung aja klik “Daftar dengan Facebook” di jendela pop up tersebut. 

Daftar dulu ya supaya bisa berbelanja di Cipika.

Jika pendaftaran berhasil dilakukan, Cipika akan melakukan konfirmasi ke email Anda. Lakukan aktivasi akun (klik link validasi akun yang tetera di email) agar Anda bisa segera digunakan berbelanja di Cipika.

Kedua. Nah, kalau sudah punya akun tinggal pilih deh kita mau beli oleh-oleh yang mana. Misal, Anda mau membeli bolu meranti dari Medan. Cari merchant yang menjual bolu meranti. Jika sudah, klik gambarnya untuk melihat produk, review dari konsumen, 

Mau makan bolu meranti nggak usah ke Medan dulu. Beli secara online di cipika.co.id juga bisa!

Ketiga. Jika tertarik untuk membeli, klik kotak bertuliskan “Beli Sekarang”. Selanjutnya klik gambar troli yang terletak di pojok kanan atas. Nanti akan muncul konfirmasi daftar belanjaan Anda. Tekan tombol “Hapus yang Terpilih” jika Anda merasa tidak cocok dengan barang yang dipesan. Tekan tombol “Lanjutkan Pemesanan” agar bolu meranti bisa sampai ke tangan Anda.

Keempat. Isi data diri Anda terkait pengiriman barang. Isi dengan benar dan lengkap, ya agar barangnya nggak nyasar. Nanti Anda sudah bayar, eee barangnya jatuh ke tangan orang lain gara-gara salah memasukkan data.

Masukkan data diri Anda yang benar dan lengkap agar barang yang ingin dibeli sampai ke tangan Anda dengan tepat.

Jika sudah mengisi data, akan muncul di layar rekap data diri, jenis dan jumlah barang yang dibeli, ongkos kirim lengkap dengan paket pengiriman (apakah reguler atau sehari sampai). Nah, enaknya lagi berbelanja di Cipika, harga yang tertera sudah termasuk ongkir. Jadi, kita nggak usah ribet lagi menjumlahkan harga barang dan ongkir.

Jika setuju dengan hasil rekap di atas, klik “lanjutkan”. Anda akan menuju layar konfirmasi pembayaran. Layar konfirmasi pembarayan ini juga akan dikirmkan ke email Anda. Selanjutnya tinggal lunasi pembayaran dan tunggu kedatangan barang yang Anda pesan.

Konfirmasi pembayaran dari cipika.co.id. Yuhuu tinggal pelunasan pembayaran.


Sebagai informasi tambahan, berhubung barang yang Anda pesan adalah makanan, sepertinya harus ekstra sabar dalam menanti. Semua makanan yang ada di etalase Cipika adalah home made juga fresh from oven. Jadi, kadang bisa terkendala dalam proses pembutan, pengemasan, atau pengiriman. 

Namun, ini hanya sebagian kecilnya saja kok. Semua merchant  yang ada di Cipika pasti sudah siap terima order dari para pengguna. Jika barang habis, status barang bertuliskan “sold out”. Para merchant tentu dengan senang hati memberikan produk mereka yang enak dikonsumsi kepada para konsumen Cipika. 

Jika dalam transaksi ada hal-hal yang ingin disampaikan, seperti menuliskan testimoni atau  mempertanyakan barang yang belum sampai, Anda bisa menuliskannya di kolom komentar. Nanti merchant akan membalas komentar Anda. Hal ini bisa jadi apresisasi sekaligus tanda “merah” kepada merchant jika produknya mengecewakan. Bagaimana? Di Cipika, semua dilakukan secara terang-terangan, bukan?

Punya komentar, keluhan, atau pertanyaan atas barang yang Anda pesan di cipika.co.id? Tuliskan saja di kolom komentar. Hal ini sekaligus menjadi notifikasi atas pelayanan merchant.

 Oh ya, selain order oleh-oleh, Anda juga bisa reservasi tempat menginap di cipika.co.id. Jadi, berdasarkan pengalaman saya, harga tempat inap lebih murah jika booking online, yaa booking  saja langsung di Cipika. Gampang kan? Sembari booking hotel, Anda juga bisa mencari oleh-oleh khas suatu daerah. Ibaratnya sekali dayung, dua-tiga pulau terlampui. Sekali buka cipika, pesen hotel dan membeli oleh-oleh bisa dilakukan.
 
Cipika, bikin jalan-jalan nggak pake ribet! ;)


**Pssst, cipika.co.id juga sudah ada aplikasinya di Google PlayStore juga iOS store. Tjusslah diunduh buat yang punya Android dan Apple smartphone.





6 komentar:

  1. Menarik banget nih Mba Nisa, saya mau belanja lagi ah.... udah coba sampainya cepat juga nih dua hari udah sampai :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, bener mbak.
      Untuk makanan ada yang lebih 2 hari. Mostly 7 hari. maklum fresh from oven. Tapi untuk produk lainnya 2 hari juga udah sampai.

      Selamat belenjoooonngg, mbak Ani :)

      Hapus
  2. Berkat cipika semua keribetan teratasi dgn baik ya mbak ^-^
    Salam kenal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaaaa..
      ternyata tagline dia "semua jadi mudah". dan itu bener banget ^^

      Hapus

Terima kasih sudah berkomentar dengan sopan :)