Postingan

Menampilkan postingan dari November, 2014

Orang Miskin Jangan Takut Tidak Masuk Surga!

Gambar
Assalaamu'alaikum..

Sebagai manusia kita kerap lalai. Melihat saudara atau tetangga punya sesuatu yang lebih dari kita, terkadang kita yang pusing. Kita yang sirik. Kita yang nyinyir. Kita juga pengen punya yang lebih itu atau bahkan lebih lebih lainnya dari si tetangga. Terus, bagaimana dengan nasib kaum yang serba kurang dari kita, ya?

Pernah nggak suatu waktu kita bertanya-tanya akan kehidupan ini? Misalnya.. Alloh, saya 'kan rajin sholat, tapi kok kehidupan saya gini-gini aja? Harta nggak nambah. Anak sekolah susah banget duitnya. Mau makan juga susah. Sementara si A, sholatnya jarang, ibadah on-off-on-off, tapi kok hidupnya enak banget? Gampang aja cari duit, bahkan serba berkecukupan lagi. Kalau keadaannya susah terus, bagaimana saya bisa beramal lebih? Gimana mau masuk surga dengan bersedekah? Buat hidup aja susah!

Mungkin pernah juga kita membatin dalam hati, "Dia orang kaya. Gampang aja pergi haji. Lah saya? darimana dapat uang?" atau "Dia orang ada. Ma…

Kompasianival 2013, My Last Big Project at K

Gambar
Minggu, 24 Nov 2013, 00.34 WIB

Saya baru saja tiba di rumah, kembali dari perhelatan besar gaweannya Kompasiana, apalagi kalau bukan Kompasianival. Tahun ini adalah tahun ketiga saya merayakan momen akbar ajang kopdar pengguna Kompasiana bersama para tim Kompasiana. Tahun ini pula, tahun yang amat berbeda bagi saya. Bisa dibilang, Kompasianival tahun ini adalah project terbesar sekaligus terakhir bagi saya di Kompasiana. I'm planning to resign in the end of Januari 2014. *yak, mataku mulai berkaca-kaca.
Kompasianival tahun ini juga amatlah berbeda sebab dilaksanakan tiga hari berturut-turut. Mengambil tempat di Fountain Atrium Gran Indonesia, Kompasianival tahun ini menghadirkan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), wakil Gubernur DKI Jakarta dan Abraham Samad (Ketua KPK RI). Alhamdulillah.. Saya dipercaya mengurus para pembicara. Yup, saya dikasih kepercayaan untuk mengurus terkait pembicara, mulai dari membuat surat, mengirim surat, follow up kehadiran, sampe akhirnya sang pembicara ha…

Post Card from Kabul

Gambar
Assalaamu'alaikum..

Kapan terakhir kali kamu berkirim surat? Pasti kebanyakan udah pada lupa. Hihihii.. saya sendiri paling ingat SD. Itu pun ketika saya menemukan tulisan tangan saya beberapa tahun lalu. Yaa di dalam surat itu tertulis cerita saya untuk abang yang lagi studi nun jauh di negeri seberang. Bahasanya make adinda gitu boooo'. Ajaran emak saya waktu itu. Hahaha..

Hare gene.. di jaman internet, SMS, telepon, WhatsApp, BBM, bahkan LINE yang telepon dan chatting gratis *bukaniklan*, masa iya masih mau pake kirim surat atau postcard yang datangnya bisa menghitung hari?

Alkisah suatu hari di wall Facebook saya, ada seorang warga negara Indonesia yang bekerja di PBB menawari teman-temannya, siapa yang mau dikirimin postcard dari Kabul? Ya udah, sebut aja namanya Kang Luigi Pralangga, salah seorang WNI yang menjadi bagian dari pasukan penjaga perdamaian PBB dan sedang bertugas di Kabul, Afghanistan.

Kemudian, isenglah saya tulis di komennya, minta dikirimin kartu pos. Piki…

Keutamaan Bulan Muharram

Gambar
Assalaamu'alaikum..

Selamat tahun baru islam 1436 Hijriyah, teman..
Nggak terasa sudah tahun baru (islam) lagi. Perasaan belum lama ini mata berbinar-binar ngeliat pawai obor menyambut tahun baru, eee sekarang udah tahun baru lagi. Apakah itu tanda berkurangnya keberkahan hidup, sehingga waktu begitu cepat berlalu? Mudah-mudahan saja tidak, ya..

Berkaitan sama bulan Muharram nih, sudah pada tahukah jika Muharram adalah satu dari 4 bulan yang istimewa? Yup, selain Ramadhan, Dzulhijjah, dan Sya'ban, Muharram juga menjadi bulan yang begitu diagung-agungkan oleh Rasululloh. Apa sih keistimewaan bulan Muharram ini? Yuk yak yuuukk dibaca lanjutan postingan sayaaa :)

Ada hari yang begitu istimewa di bulan Muharram ini. Kalo orang kita maaah nyebutnya Lebaran Anak Yatim. Kalau bahasa inteleknya Hari Asyu-Syura. Di hari ini (10 Muharram) umat Islam amat disunnahkan untuk berpuasa karena ada begitu banyak pahala yang disediakan oleh Alloh untuk mereka yang berpuasa. Di bulan ini pula, u…