Kamis, Oktober 02, 2014

Lalai Mengerjakan Sholat, Siap-siap Terima 15 Jenis Hukuman!

  No comments    
categories: 
Assalaamu'alaikum..

Salah satu kegiatan saya pasca berhenti bekerja adalah mengikuti pengajian buibu setiap Kamis. Mengajinya sebentar kok, hanya dua jam. Satu jam membaca surat-surat Al-Quran, seperti Yaasin, Al-Waaqi'ah, Al-Kahfi, Al-Mulk, Ar-Rahman.

Kalau lagi musim haji seperti ini, kami membaca ratibul hadad utuk saudara-saudara yang pergi haji. Tujuannya agar saudara-saudara kita diberikan kemudahan dalam melaksanakan iadah haji dan kembali ke Tanah Air menjadi haji yang mabrur. Aamiin yaa robbal 'aalamiin.

Nah, satu jamnya lagi diisi ilmu-ilmu agama, yaa tentang ilmu fiqh, muamalah, akidah. In syaa Alloh mulai Kamis ini akan saya tulis di blog, apa-apa saja yang sudah diajarkan oleh guru saya. Mudah-mudahan bisa jadi pemberat kebaikan saya di akhirat kelak dengan saling mengingatkan di bidang kebaikan. Aamiin yaa robbal 'aalamiin..

Selama dua minggu ini kami membahas tentang hukuman yang diterima manusia bila SENGAJA melalaikan ibadah sholat. Teman-teman pasti udah tahu kan, sholat itu tiang agama. Yang namanya tiang, yaa harus kokoh. Kalau nggak kokoh, bisa goyang bangunan itu tanpa arah. Oleh karena itu, sholat menjadi amalan yang pertama kali dihisab (ditimbang/dihitung) sama Alloh di hari kiamat kelak. Trus kalau sholat banyak bolongnya gimana? Hitungan pertama saja sudah banyak yang bolong, bagaimana dengan ibadah yang lain?

"Amalan hamba yang pertama kali akan dihisab pada hari kiamat nanti adalah sholat. Apabila sholatnya baik, maka seluruh amalannya pun baik. Namun, apabila sholatnya jelek, maka seluruh amalannya pun jelek" (Hadits riwayat At-Thabrani)

Alloh berikan 15 macam hukuman apabila seseorang sengaja melalaikan sholat: 6 hukuman akan diberikan saat hambanya berada di dunia, 3 hukuman diberikan saat menjelang kematian, 3 hukuman diberikan saat hamba-Nya berada di alam kubur, dan 3 hukuman lagi akan diberikan saat hamba-Nya dibangkitkan di alam kubur.

Enam Macam Hukuman Saat Berada di Dunia

  1. Alloh cabut keberkahan umurnya,
  2. Alloh hapus tanda kesholehan di wajahnya,
  3. Sedikit pun amal yang dilakukannya, tidak akan bernilai pahala,
  4. Permohonan apapun yang diminta, tidak akan diterima oleh Alloh,
  5. Mudah dibohongi oleh orang lain,
  6. Tidak akan mendapatkan bagian dari doa-doa orang yang sholeh.
Tiga Hukuman yang Alloh Berikan Menjelang Kematian
  1. Dia mati dalam keadaan hina,
  2. Dia mati dalam keadaan lapar,
  3. Dia mati dalam keadaan haus sekalipun diberikan air minuman sebanyak lautan di dunia.
Di zaman Nabi, Alloh telah memberikan contoh kepada umat-Nya yang sengaja melalaikan sholat. Pada suatu hari ada seorang pemuda datang kepada Nabi. Ia datang kepada Nabi sambil menangis karena tak satu pun orang yang mau memandikan jenazah ayahnya. 

Akhirnya, Nabi mendatangi rumah kediaman. Betapa kagetnya Nabi begitu melihat wjud sang ayah seperti babi hitam. Nabi pun bertanya tentang amalan bapak tersebut. "Wahai anakku, amalan apa yang telah dilakukan ayahmu di dunia?" Kemudian si anak menjawab, "Ayahku sering meninggalkan sholat". 

Tiga Hukuman yang Diberikan Saat berada di Alam Kubur
  1. Alloh sempitkan kuburnya dan Alloh gencet tubuhnya hingga remuk tulang-belulang,
  2. Ada api yang akan membakar kuburnya sepanjang hari (pagi, siang, sore, malam hari),
  3. Alloh kirimkan kepadanya ular yanh bernama assujaa-ul aqro.
Assujaa-ul aqra digambarkan seperti ular yang kepalanya besar, botak, memiliki dua bola mata yang berasal dari api, dan kuku-kukunya terbuat dari besi. Sementara itu, panjang kuku ular panjangnya sepanjang kita berjalan kaki setiap hari. Maka si ular ini berkata kepada sang ahli kubur, "Aku adalah assujaa-ul aqra. Aku diperintahkan oleh Alloh karena engkau telah melalaikan sholat." Suara ular itu pun bbagaikan kilat yang menyambar.

Tiga Hukuman yang Diberikan pada Saat Dibangkitkan dari Alam Kubur
  1. Pada saat dibangkitkan dari alam kubur, manusia akan digiring ke Padang !ahsyar. Nah, orang-orang yang sengaja melalaikan sholat, Alloh seret mereka,
  2. Alloh tatap matanya dalam keadaan murka hingga terlepaslah kulit di wajahnya,
  3. Alloh butakan matanya saat berada di Padang Mahsyar meskipun pada saat di dunia ia bisa melihat dengan jelas.
Semoga kita terhindar yah dari kelima belas jenis hukuman tersebut.
"Orang yang sholat aja belum tentu benar, apalagi yang nggak sholat? Kata Alloh, nanti akan datang suatu masa di mana umatku rajin sholat, tapi hakikatnya tidak sholat. Nah, sholat yang bagaimana? Cek sendiri sama diri masing-masing!", kata ustadZ mengakhiri sesi melalaikan sholat.

Materi disampaikan oleh Ust. Ali

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkomentar dengan sopan :)