Selasa, April 08, 2014

Puas Bermain Bersama Alam di Cibalung Happy Land

Masih terlalu dini jika saya posting cerita jalan-jalan di awal minggu. Namun, nggak apa ya. Ini bisa jadi bahan persiapan dan rekomendasi buat temen-temen yang kelak mau menggunakan waktu liburnya bersama keluarga di daerah yang dekat-dekat dengan Jakarta, Bogor misalnya. 

Terletak di Desa Cibalung, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, berdirilah sebuah arena wisata alama dan water park yang bernama Cibalung Happy Land (selanjutnya disebut Happy Land). Di atas tanah seluas kurang lebih enam hektar ini, berdirilah tempat wisata yang memadukan wisata alam, water park, outbound, camping, kuliner, permainan, dan penginapan (vila) yang disertai dengan edukasi.

Minggu (6/4) lalu, saya bersama keluarga pergi ke Happy Land. Awalnya ingin mancing sambil mengajak para keponakan berenang. Jadi, kami pilih Cibalung Happy Land sebagi destinasi.

Menembus hujan di sepanjang jalan Tol Jagorawi, kami melajukan mobil ke arah Cihideung dari Jakrta pukul 13.00 WIB . Jalur yang kali lewati kala itu, Jakarta - Tol Jagorawi - keluar di pintu tol Bogor - belok kiri di pertigaan Baranangsiang - lurus terus hingga menemukan lampu merah yang juga terdapat bundaran (tempat membeli roti unyil Venus) - ikuti jalan satu arah - belok kiri saat melihat tikungan dan turunan tajam - ketemu stasiun Batu Tulis - ikuti terus jalannya hingga ketemu pertigaan, belok kanan, ada jembatan - ikuti teruuuuuuuss jalan yang panjang - belok kiri saat bertemu pertigaan dengan plang Happy Land Cibalung. Nah daari sini, Anda tinggal ikuti saja papan kecil penunjuk arah ke Cibalung Happy Land.

Lebih mudah lagi, bila Anda tahu lokasi wisata Kebun DurenWarso, tinggal lurus sedikit dari kebun duren ini, lalu belok kanan persis di pertigaan dengan plang Happy Land.

Peta menuju Cibalung Happy Land, Bogor (sumber: Cibalung Happy Land)


Oh ya, jalan yang ditempuh saat masuk ke gang ini juga masih panjang dan hanya muat satu mobil. Bayangkan, di beberapa ruas jalan, Anda akan berbatasan dengan jurang. Hiii.. Perlu kehati-hatian untuk nyupir menuju daerah wisata yang lengkap ini.

Nah, sesampainya di Cibalung Happy Land, kita harus bayar tiket. Pilihannya, boleh tiket masuk saja atau tiket terusan untuk bermain berbagai wahan di Happy Land. Kami pilih tiket masuk saja. HTM per orang Rp 10.000 dan kendaraan (mobil) Rp 5.000.

Karena perut belum terisi, kami makan siang (yang telat) dahulu di gazebo (duduk lesehan) yang telah disediakan. Jika tidak ingin duduk lesehan, Anda juga bisa menyantap makanan di meja-meja makan ala restoran konvensional.

Salah satu gazebo di Cibalung Happy Land (sumber: Cibalung Happy Land)


Kenyang makan, kami sholat Ashar di musholla yang nyaman. Kamar mandinya bersiiiih. Oiya, sebagai tambahan, mulai dari vila, gazebo, musholla semuanya berbentuk rumah panggung dari kayu-kayu. Mungkin ini demi kenyamanan pengunjung agar tetap hangat dalam balutan bagungan-bangunan bernuansa kayu.

Musholla di Cibalung Happy Land (dok. pribadi)

Yang senang lihat alam atau yang hijau-hijau pasti senang ke sini. Saya sendiri amat menikmatinya. Kebetulan pada saat berkunjung, hujan masih menemani kami. Cuaca dingin semakin terasa hingga menusuk tulang saya yang memang sedang tidak enak badan.

Saya menyusul para keponakan yang terlebih dahulu bermain air di water park Cibalung. Sembari menikmat daerah hijau Cibalung, saya sempatkan mengambil gambar di area ini. Benar-benar wilayah yang sejuk dan komplit untuk berbagai wahana.
Hamparan rumput hijau yang luas sebagai arena outbound (dok. pribadi)

Tinggal pilih, mau ke mana dan arena apa yang ingin dimainkan? (dok. pribadi)
Jika Anda berjalan semakin ke atas, Anda akan temui sengkedan yang di atasnya merupakan wilayah perkemahan ala Cibalung Happy Land (dok. pribadi)

Di sini tersedia flying fox, ayunan, tangga-tanggan di arena bermain. Juga ada area untuk ATV rider. Yang ingin berlibur sambil perah sapi, petik stroberi, lukis caping, bajak sawah, atau kegiatan agrowisata lainnya juga bisa di sini. Nah, Anda yang ingin fun gathering bersama karyawan atau keluarga, Happy Land menyediakan semua fasilitas itu. Anda tinggal menikmati permainannya saja :)

Lama berjalan, akhirnya kami sampai juga di waterpark Cibalung Happy Land. Sebelum waterpark, kita akan melewati area pemancingan juga saung-saung untuk piknik. Jadi, sembari mancing dan piknik, kita juga bisa melihat keseruan mereka-mereka yang sedang bermain air di waterpark.


Kolom pemancingan yang luas. Lokasi dekat dengan waterpark (dok. pribadi)


Berhubung hujan, arena waterpark saat itu sangat sepi. Kami serasa punya waterpark pribadi. Menurut kakak saya yang kerapa beberapa kali ke sini, akhir pekan biasnaya ramai kalau tidak hujan. Saya sendiri tidak mencoba water park-nya. Berdasarkan penuturan kakak saya yang mencoba perosotan tinggi, perosotannya masih kesat sehingga kurang lancar pada saat terjun. Hihihii mung karena baru kali ya :d

Oiya, HTM untuk waterpark-nya ini Rp 30.000 untuk akhir pekan dan Rp 25.000 untuk hari biasa.

Karena daerah wisata sudah mau tutup diiringi dengan hujan deras, sekitar pukul 17.00 WIB kami kembali ke Jakarta. Aaahh senang sekali berlibur di sini. Liburan yang singkat tapi bisa  memanjakan mata dan diri dengan kesenangan-kesenangan alam yang diciptakan Cibalung Happy Land.

Yuk, berkunjung ke sini ;)


Waterpark Cibalung Happy Land (dok. pribadi)

Cibalung Happy Land
Jl. Cihideung - Bogor
Kp. Cibalung, Ds. Cibalung 16730
T: (0251) 8211 - 711 / 8211 - 432
F: (0251) 8211 - 711
Email : cibalunghappyland@yahoo.co.id
Website: http://www.cibalunghappyland.co.id
Jam Buka:
  • Hari bisa: 09.00 - 17.00 WIB
  • Akhir pekan: 08.00 - 17.00 WIB




2 komentar:

  1. wah waterparknya itu jadi pengen nyebur haha

    BalasHapus
  2. Hahhahaaa... nyeburrrr aja mbaaaak. Gede bageee tempatnyaa :')

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkomentar dengan sopan :)