Kamis, Maret 20, 2014

Berkunjung ke Kantornya Google Indonesia

  No comments    
categories: 
Siapa yang tak kenal  dengan salah satu perusahaan teknologi raksasa bernama Google? Setiap orang yang pernah bersinggungan dengan internet pasti pernah memanfaatkan produk layanan dari Google. Benar begitu? Sebut saja Google Search, Google Maps, Google Mail, Youtube, siapa yang tak pernah menggunakannya?

Nah, seiring maraknya penggunaan produk Google bagi para pengguna internet, November 2013 lalu Google membuka kantor barunya di Indonesia yang beralamat di Gedung Sentral Senayan II Lantai 28, Senayan, Jakarta. Mengapa harus di Indonesia? Karena Indonesia masuk sebagai satu dari lima negara aktif pengguna internet, apalagi media sosial. That's why, Google tertarik untuk berinvestasi di Indonesia.

Google Indonesia Head Office (ceritanya :p)

Para pengguna Kompasiana pun diberi kesempatan untuk menggali ilmu di kantor Google. Yup, tak sekadar kunjungan, acara Kompasiana Visit dan Nangkring yang dilaksanakan Kompasiana tadi malam (28/2/2014) menambah ilmu pengetahuan para pengguna Kompasiana, khususnya di bidang sales engine marketing (SEM) dan salah satu layanan produk baru (sudah 2,5 tahun berjalan) Google, yakni Google Plus.

Acara diawali dengan makan bersama di ruang meeting Google Indonesia. Berhubung hari kian malan, setelah makan, sang empunya langsung mempersilakan para Kompasianer untuk bergabung di mini auditorium Google Indonesia bersama dua manager Google Indonesia. Selama kurang lebih 1,5 jam, para Kompasianer diajak sharing seputar produk Google di ruangan yang memiliki tempat duduk berwarna-warni dan sangat nyaman.

Hadir sebagai pembicara pertama adalah Mas Ricky Tjok, Online Campaign Manager Google Indonesia. Selama satu jam Ricky membahas tentang Search Engine Marketing ala Google. Selanjutnya, pembicara sesi kedua ada Mba Keke, Google Community Manager. Pada kesempatan ini, Mbak Keke membahas tentang fitur-fitur apa saja di Google plus yang bisa dimanfaatkan bloger atau komunitas untuk branding. Hhhm, ternyata banyak Kompasianer (termasuk saya) yang belum paham betul setiap fitur yang disediakan Google Plus :D

Add caption


Selesai sesi berbagi, acara dilanjutkan dengan keliling kantor Google. Yuk, kita lihat! Ada apa saja di dalam kantor Google Indonesia.

Karena terletak di Indonesia, kantor Google Indonesia didesain dengan nuansa seindonesia mungkin. Mula-mula, hal ini bisa dilihat pada berbagai corak batik pada bingkai display Google di meja receptionist. Yup, begitu Anda masuk, Anda langsung berhadapan dengan tulisan Google yang seolah-olah diibuat mengambang di atas ukiran kayu bercorak batik yang disusun secara acak.

Selain itu ada pula berbagai macam ruang meeting. Ruang meeting di atas ini dibuat kubikal atau terkotak-kotak. Bentuknya lucu dan nuansanya berbeda antarkubikal. Semacam kita sedang berada di restoran yang sangat mengandalkan privasi.

Nah, masih di area meeting bagian atas, ada beberapa matras yang berfungsi untuk tempat diskusi serta tidur sebentar jika karyawan mengantuk di siang hari. "Pernah kan mendengar tidur 10-15 menit di siang hari sangat bagus untuk mengembalikan stamina? Nah, matras ini fungsinya untuk itu", ujar Keke memandu acara Kompasiana Visit ke Google Indonesia.

Tak hanya di atas, ruang meeting juga bisa Anda temukan di bawah. Nama ruang meeting-nya nyeleneh dan pastinya Indonesia sekali! Ada Pangkalan Ojek, Gelora Asmara, dan Gudang Rezeki.

Selanjutnya Kompasianer diajak untuk melihat ruang kerja Google Indonesia. Ooops, bagian ini out of the record! Jadi, maaf saja saya tidak bisa cerita detail. Meski demikian, ada satu sisi menarik yang boleh diceritakan. Yup, apalagi kalau bukan becak menggantung! Kebayang nggak tuh? Ada becak menggantung di ruang kerja! Nggak takut ketiban apa yah, hihihi.

Di belakang ruang kerja ada yang  namanya Warung Mbah Google. Namanya saja warung, apalagi kalau bukan isinya kantin khusus untuk para karyawan  Google Indonesia. Meski namanya warung, tapi desain interiornya amat modern bak dapur-dapur di rumah bule. Sofa yang disediakan juga unik. Ada sofa dengan bahan dari jeans, lengkap dengan kantongnya. Ya, penampakannya seperti celana jeans bagian belakang. Ahh, unik deh desainnya!

Hal lain yang menarik di area dapur ini adalah menu yang disediakan untuk para karyawan berganti setiap harinya. Saya lupa urutannya seperti apa, tapi berdasarkan penjelasan dari Mba Keke, ada menu Indonesia, western, lalu ada pula negara-negara lainnya.

Di kantor ini juga terdapat zona karyawan untuk bisa santai sambil bermain game dan olahraga.

Asik yah ruangan kerja di Google Indonesia? Sesuai penuturan Mba Keke, ruangan kerja memang dibuat senyaman mungkin untuk para karyawan. Begitu juga lokasi. Sebenarnya Google tidak mengharuskan karyawannya bekerja di atas meja. Mereka boleh bekerja di mana saja dan kapan saja asal pekerjaan yang diselesaikan tepat pada waktunya.

Google Indonesia juga tidak menganjurkan karyawannya untuk lembur meskipun Google menyediakan cemilan yang bisa diisi ulang selama 24 jam.

Itulah hasil jalan-jalan saya bersama Kompasiana ke kantor Google.
Apakah kamu tertarik untuk bekerja di Google? Kirim aplikasimu sekarang juga! *LOH


0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkomentar dengan sopan :)