Jumat, Agustus 02, 2013

Udah Nggak Zamannya Lagi Tuker Uang Pas Lebaran, Pakai Rekening Ponsel Saja!

Kompasiana kembali adakan nangkring. Acara kopdar bulanan pengguna situs Kompasiana ini dilaksanakan Rabu (24/7) kemarin, di Pisa Cafe Mahakam, Jakarta dengan mengangkat tema update inovasi perbankan dari CIMB Niaga. Sekitar lima puluh Kompasianer hadir memenuhi ruangan. Meski beberapa dari mereka terlambat datang, tetapi acara tetap berlangsung semarak dan informatif. Kompasaina Nangkring Bareng CIMB Niaga ini dipandu oleh sang moderator, Iskandar Zulkarnaen dengan menghadirkan tiga pembicara dari para petinggi CIMBN Niaga.

Adalah rekening ponsel, sebuah produk nonperbankan yang baru saja diluncurkan oleh CIMB Niaga, Maret 2013 lalu. "Dengan rekening ponsel, kita bisa melakukan transfer dana ke seluruh Indonesia dan penerima bisa mendapatkan uang itu dari mesin ATM tanpa kartu," kata Gatot Subagyo, Corporate Communication Group Head CIMB Niaga, membuka diskusi.

Dari kiri ke kanan: Gatot Subagyo (Corporate Communication Group Head CIMB Niaga), Iskandar Zulakrnaen (Moderator dari Kompasiana), Harsya Deny Suryo (Corporate Affairs Head CIMB Niaga), dan Agung Ari WIbowo (Senior Assistant Vice President Corporate Communication CIMB Niaga) saat berbincang tentang update teknologi perbankan bersama Kompasianer dalam acara Kompasiana Nangkring Bareng CIMB Niaga, Rabu (24/7), di Pisa Cafe Mahakam, Jakarta. (dok. NURULLOH)


Gatot menambahkan, transaksi melalui rekening ponsel bisa dilakukan oleh para nonnasabah CIMB Niaga. Selain itu, transaksi rekening ponsel juga bisa dilakukan dari berbagai merk dan tipe ponsel.  "Yang penting, ada pesan yang diterima pengguna bahwa dirinya telah terima sejumlah uang dari pihak lain (nama pengirim uang dari rekening ponsel tertera)," lanjut Gatot.

Selanjutnya, penerima uang bisa pergi ke mesin ATM CIMB Niaga terdekat untuk mencairkan uangnya. Penerima cukup memasukkan nomer ponsel yang telah didaftarkan sebelumnya di kantor cabang Bank CIMB Niaga. Lalu, masukkan pin dan pass code. Seketika itu pula, penerima bisa memperoleh uang yang baru saja dikirimkan orang lain melalui ponsel.

Selain kemudahan bertransaksi dengan perangkat ponsel apa pun,  produk yang pertama kali ada di Asia ini juga memiliki keunggulan lainnya. Pengguna tidak dikenakan biaya administrasi apa pun layaknya para nasabah yang memiliki rekening di bank. Pengguna hanya dikenakan tarif normal pengiriman SMS yang digunakan bila bertransaksi.

Nah, terkait jelang lebaran, rekening ponsel ini amat berguna. Anda tidak perlu antre ataupun menukarkan sejumlah uang ke penjual uang receh di pinggir jalan. Cukup daftarkan nomer ponsel saudara Anda ke kantor cabang CIMB Niaga. Lalu Anda bisa tranfser angpao lebaran ke saudara di seluruh Nusantara dari ponsel yang Anda miliki.

Dinilai dari sisi keamanan, rekening ponsel memiliki nilai keamanan melebihi kartu ATM. Bila pengguna kartu ATM hanya memiliki pin, rekening ponsel memiliki dua lapis kode keamanan, yakni pin dan pass code.

"Bila saya tahu nomer ponsel dan pin atasan Pak Deny, saya tetap tidak bisa menggunakan rekening ponsel miliknya selama saya tidak pegang ponselnya. Sebab, pass code yang dimiliki Pak Deny dikirim langsung ke ponselnya," tutur Agung Ari Wibowo, Senior Assistant Vice President Corporate Communication CIMB Niaga dalam kesempatan yang sama.

Tidak hanya itu, lanjut Agung, beberapa upaya juga perlu dilakukan pengguna agar kerahasiaan dalam rekening ponsel ini tetap terjaga, misalnya segera mengganti standar pin yang diberikan costumer servicepada saat pertama kali mendaftar rekening ponsel, tidak menggunakan kode yang mudah ditebak orang lain seperti tanggal ulang tahun, tidak mudah memberikan nomer pin termasuk kepada anggota keluarga, dan penggunaan aplikasi password keeper yang terdapat di beberapa ponsel.

Hingga saat ini ratusan ribu orang telah menggunakan rekening ponsel. CIMB Niaga juga telah mengadakan kerja sama dengan 18 badan amal di Indonesia untuk mempermudah pembayaran zakat, infak, dan sedekah. Ke depannya, CIMB Niaga juga akan bekerja sama dengan beberapa merchant agar pencairan uang dari rekening ponsel tidak hanya dilakukan di mesin ATM CIMB Niaga.

"Ke depannya, uang juga bisa diambil di Alfamart, Indomaret, Seven Eleven, Pos Indonesia, sehinggafinancial exclusion ini benar-benar bisa terjangkau di seluruh Indonesia," ujar Harsya Denny Suryo, Head of Corporate Affairs CIMB Niaga di hadapan puluhan Kompasianer.

Kartu Berlagu

Tidak hanya membicarakan tentang rekening ponsel, pada kesempatan  yang sama, para Kompasianer bersama CIMB Niaga juga membicarakan produk inovatif lainnya yang bernama kartu berlagu. Sebagai perpaduan antara teknologi dan komunikasi yang juga melibatkan media sosial Facebook, Anda bisa mengirimkan ucapan perayaan-perayaan hari besar di Indomesia dalam sebuah lagu.

Penggunannya sangat mudah. Anda cukup masuk ke Facebook Fanpage CIMBIndonesia. Lalu, klik aplikasi Kart Berlagu. Di sana Anda akan diminta membuat kata-kata ucapan dalam bentuk 140 karakter. Kata-kata yang Anda buat ini akan diolah oleh tim CIMB Niaga menjadi sebuah lagu. Aliran musiknya pun bisa Anda pilih yang meliputi dangdut, pop, rock, maupun R&B.

Paling lambat dalam waktu dua jam ke depan, sebuah notifikasi akan muncul di akun Facebok Anda bila tim CIMB Niaga telah menerjemahkan ucapan Anda dalam sebuah lagu. Selanjutnya, Anda bisa bagikan kartu berlagu tersebut ke teman-teman Anda di Facebook.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkomentar dengan sopan :)