Rabu, Juli 03, 2013

Perkenalkan! Dropbox, Hard Disk Virtual yang Bikin "File Sharing" Makin Mudah!

  No comments    
categories: 

Heyhooo.. I'm back again.
Sambil nunggu suami pulang, kali ini mau perkenalkan dropbox ke pembaca sekalian. Hihihii mungkin rada telat deh nyampeinnya secara sudah banyak yang menggunakannya. Namun, saya yakin kok masih banyak juga yang belum tahu tentang dropbox.

Yess.. dropbox istilah gampangnya adalah hard disk virtual. Kalau sekian tahun lalu, kita mengenal hard disk di komputer atau laptop, lalu ada hard disk eksternal berbentuk kotak tipis dan bisa dibawa ke mana-mana alias portable dengan kemampuan menyimpan hingga satu tera (eeeh, apa udah lebih dari satu yah? CMIIW). Naaah yang ini hard disk jenis lain lagi.



Dropbox, si hard disk virtual yang bisa diakses di mana pun


Hard disk virtual ini tidak berwujud, tetapi bisa Anda bawa ke mana pun tanpa ragu untuk ketinggalan. Cukup menggunakan email sebagai kuncinya, Anda bisa dengan bebas mengunggah, mengunduh, juga sharing file. Khusus untuk file sharing, Anda juga bisa berbagi dengan cukup memberikan link-nya saja. Yes, seperti kita mengunggah foto di media sosial macam Facebook, hanya saja arsip di sini hanya kita yang tahu. Aaaah.. life is so easy nowadays.

Lalu, bagaimana cara Anda bisa memiliki dropbox?
Caranya gampang! Buka situs dropbox, lalu klik sign up dan isi form yang dibutuhkan. Selanjutnya ikuti perintah yang diminta, mulai dari aktivasi akun hingga unduh dropbox untuk PC sampai selesai. Saya sendiri membuat akun ini karena undangan dari atasan saya. Sebagai pemula, Anda akan mendapatkan kapasitas memori 2 GB. Kalau mau nambah kapasitas memori (istilah kerennya upgrade), Anda harus membujuk kerabat Anda untuk ikutan memiliki dropbox. Bila berhasil, kapasitas memori dropbox Anda bisa bertambah sebesar 500 MB per orang. Nah, makannya si bos saya gencar bener nyuruh temen-temennya bikin dropbox via undangan yang dia kirimkan.

Sekarang, gimana cara menggunakan dropbox.. Ahh, ini lebih gampang lagi.
Begitu Anda menginstal dropbox di PC Anda, ya sudah lakukan saja copy paste seperti Anda memperbanyak file di PC Anda. Misal, copy  file yang Anda inignkan yang terdapat dalam micro SD Anda, lalu klik paste di dropbox.

Jika sudah, muncul tanda panah memutar berwarna biru dari file yang telah Anda salin. Ini artinya, file tersebut baru tersimpan di dropbox PC. Selanjutnya, buka akun dropbox Anda. Masukkan email yang menjadi akun dropbox. Nanti di sana akan muncul list file apa saja yang sudah pernah Anda buat.

Buka file yang baru saja Anda buat. File yang Anda copy secara perlahan akan terupdate di web dropbox step by step. Cara mengecek, apakah semua file di hard disk komputer ada di web dropbox adalah tanda ceklis warna hijau. Kalau semua file sudah bertanda ceklis hijau, apa yang ada di dropbox hard disk PC juga ada di situs dropbox yang Anda miliki.

Oiya, menyimpan file di dropbox juga bisa dikotak-kotakan berdasarkan nama. Pokoknya sama persis saat kita meng-copy file, hanya medianya saja yang berbeda.

Selanjutnya tinggal gunakan fitur sharing bila ingin membagikan file Anda ke orang lain. Caranya sorot file yang ingin dibagikan, nanti keluar tanda link. Klik tanda ink tersebut, lalu bagikan file yang Anda miliki ke orang lain.

Kalau biasanya kita ribet kirim file dalam ukuran yang besar (Yahoo! memberikan batasan hingga 25 MB untuk file sharing via email), dengan dropbox, cukup kirim link, file bentuk apapun dan sebesar apapun bisa Anda bagikan ke orang lain dengan mudahnya.

Do you wanna try dropbox?
Kasih tahu saya ya biar saya kirim undangan aplikasi dropboxnya :) 



0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkomentar dengan sopan :)